Kumpulan Motto Hidup Islami dan Maknanya yang Bisa Dijadikan Penerang Kalbu

Kumpulan Motto Hidup Islami dan Maknanya yang Bisa Dijadikan Penerang Kalbu
Kumpulan Motto Hidup Islami dan Maknanya yang Bisa Dijadikan Penerang Kalbu
Kumpulan Motto Hidup Islami dan Maknanya yang Bisa Dijadikan Penerang Kalbu. Butuh koleksi motto Islam sebagai prinsip dan slogan hidup Anda? Tidak perlu bingung mencari inspirasi dari mana. Di sini kami telah mengumpulkan kutipan yang dapat digunakan sebagai motto.Memiliki moto hidup Anda sebagai prinsip dan moto kehidupan memang bisa membuat hari-hari Anda menjadi lebih fokus dan bergairah. Motto agama-gaya seperti ini juga bisa digunakan sebagai pengingat kepada Sang Pencipta.

Ada yang diambil dari hadis Nabi Muhammad SAW, keluarga dan teman-teman Nabi, kepada tokoh Islam dunia. Beberapa diambil dari Al-Qur'an.

Tidak hanya satu, Anda dapat mengambil beberapa atau bahkan semuanya sebagai slogan baru Anda. Ayo langsung di bawah!
Kumpulan Motto Hidup Islami dan Maknanya yang Bisa Dijadikan Penerang Kalbu


DAFTAR ISI
Kumpulan Motto Hidup Islami Singkat Bermakna
Kumpulan Motto Hidup Islami dan Maknanya
Kumpulan Motto Hidup Islami Keren tentang Cinta
Kumpulan Motto Hidup Islami tentang Ilmu dan Pendidikan
Kumpulan Motto Hidup Islami dari Al Quran
Mana Motto Hidup yang Paling Sesuai Denganmu?

Kumpulan Motto Hidup Islami Singkat Bermakna
Kumpulan Motto Hidup Islami - Imam Husain

1. Amalan yang Dicintai Allah
Amalan yang lebih dicintai Allah adalah amalan yang terus-menerus dilakukan walaupun sedikit.
Nabi Muhammad S.A.W

2. Orang yang Paling Pemaaf
Orang yang paling pemaaf adalah ia yang mau memaafkan meski bisa membalas dendam.
Imam Husain

3. Lebih Baik Diam
Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia berkata baik atau diam.
Nabi Muhammad S.A.W

4. Menghindari dunia
Zuhud bukan berarti kamu tidak boleh memiliki sesuatu, melainkan tidak ada satu hal pun yang boleh memilikimu.
Ali bin Abi Thalib

5. Tentang Kesabaran
Sabar bukan tentang berapa lama kau bisa menunggu. Melainkan tentang bagaimana perilakumu saat menunggu.
Anonim
KETERANGAN
1. Tidak, jangan ragu untuk beribadah karena Anda merasa belum siap? Menginginkan amal, tetapi tidak berhasil karena Anda hanya memiliki gopek. Ingin membaca Al-Quran, tetapi batalkan karena Anda merasa hanya memiliki 5 menit. Sebenarnya, tidak masalah jika saat ini Anda hanya bisa memuja sedikit. Asalkan Anda secara rutin melakukan dan mencoba memperbaikinya dari waktu ke waktu. Daripada amal Rp 5 juta hari ini tapi setelah itu Anda tidak pernah beramal lagi?

2. Akan lebih mudah untuk memaafkan seseorang jika Anda tidak dapat melakukan apa-apa lagi. Tetapi, bagaimana jika Anda benar-benar memiliki kesempatan untuk membalas dendam? Apakah Anda akan menggunakannya, atau bahkan mencoba untuk menguasai nafsu dan memaafkannya? Jika Anda memilih yang kedua, Anda digolongkan sebagai orang yang paling pemaaf seperti yang dijelaskan oleh koleksi hidup motto Imam Husain.

3. Lidahnya lebih tajam dari pedang. Mungkin Anda sudah sering mendengar pepatah pendek yang bijak itu. Meski tidak bertulang, ia bisa melukai hati dan mengiris luka yang sulit diobati. Karena itu, selalu berhati-hati dalam lidah. Rasulullah bahkan mengatakan bahwa kita harus diam jika kita tidak bisa memberikan kata-kata yang baik.

4. Zuhud sering diidentifikasi dengan meninggalkan dunia untuk mengejar akhirat. Sampai-sampai, banyak kesalahpahaman bahwa kita harus hidup tanpa kekayaan untuk bisa memiliki sifat zuhud. Al bin Abi Thalib memberikan penjelasan melalui salah satu koleksi motto kehidupan Islam ini. Zuhud tidak berarti kita tidak harus memiliki harta sama sekali. Tapi, jangan biarkan harta menguasai dan menjauhkanmu dari tujuan yang sebenarnya, akhirat.

5. Hayo, yang mengaku sabar tetapi suka marah sendiri jika doanya tidak diberikan oleh Tuhan? Ya, pada akhirnya kamu terus menunggu. Tetapi jika selama itu Anda hanya memaki-maki saja, ya tidak begitu sabar namanya. Dari Anda menunggu jadi tidak berpahala dan hanya buang-buang waktu, yuk belajar kesabaran. Yaitu dengan memperbaiki tingkah laku seperti yang dikatakan salah satu koleksi motto kehidupan Islam pendek.


Kumpulan Motto Hidup Islami dan Maknanya

Kumpulan Motto Hidup Islami - Imam bin Al Qayyim

1. Cara Allah Menjawab Doa
Allah selalu menjawab doamu dengan 3 cara. Pertama, langsung mengabulkannya. Kedua, menundanya. Ketiga, menggantinya dengan yang lebih baik untukmu.
Anonim

2. Lebih Buruk dari Kematian
Menyia-nyiakan waktu lebih buruk dari kematian. Karena kematian memisahkanmu dari dunia sementara menyia-nyiakan waktu memisahkanmu dari Allah.
Imam bin Al Qayim

3. Dunia yang Ibarat Bayangan
Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu.
Ibnu Qayyim Al Jauziyyah

4. Menghisab dan Menimbang Diri Sendiri
Hisablah dirimu sendiri sebelum kau dihisab. Timbanglah dirimu sendiri sebelum kau ditimbang. Dan bersiaplah untuk hari besar ditampakkannya amal.
Umar bin Khattab


5. Bagaimana Dirimu Terlihat
Semakin kau peduli bagaimana dirimu terlihat di hadapan Allah, semakin kau tak peduli bagaimana dirimu terlihat di hadapan manusia.
Yasmin Mogahed
KETERANGAN
1. Yakinlah bahwa Tuhan tidak akan menolak doa Anda. Sebaliknya, Tuhan akan menjawabnya dalam tiga cara. Itu segera berikan, tunda, atau ganti dengan yang lebih baik. Jika tidak langsung diberikan, jangan terburu-buru kecewa dan putus asa. Yakinlah bahwa Tuhan tahu apa yang terbaik untuk Anda. Dan mungkin, Tuhan ingin mengajari Anda tentang kesabaran dalam menunggu.

2. Terkadang kita terlalu fokus pada aktivitas yang muncul di benak, sebenarnya tidak terlalu berguna. Sejauh ini, kita menjadi melupakan kewajiban kepada Sang Pencipta. Tidak ada apa-apa, sesekali bersenang-senang dan mencari hiburan. Tapi, usahakan jangan berlebihan dan kemusan. Jadikan kutipan ini sebagai pengingat dan dorong diri Anda untuk memanfaatkan waktu Anda sebaik-baiknya.

3. Saat mengejar bayangan, kita sering lupa bahwa dia hanya terbentuk ketika matahari ada di sana. Begitu juga ketika mencoba untuk mencapai tujuan. Kita sering dipenuhi dengan nafsu dan kemudian melupakan akhirat dan Sang Pencipta. Bahkan, kesuksesan tidak akan membuat Anda mendapatkan berkat Tuhan. Jadi selain berusaha, jangan lupa untuk berdoa dan meminta rezeki dari-Nya.

4. Setelah dikecewakan oleh seseorang, terkadang kita terlalu fokus dengan semua hal buruk yang mereka miliki. Kita lupa bahwa kita sendiri juga tidak sempurna dan tanpa cela. Pada suatu titik waktu, kita akan menghadapi perhitungan terbesar di dunia. Saat itulah semua amal dan dosa kita ditimbang sebelum akhirnya mendapatkan balasan. Alih-alih terlalu asyik dengan keburukan orang lain, mari kita fokus pada memperbaiki diri Anda terlebih dahulu.

5. Ada, di antara Anda yang ragu untuk memakai jilbab atau ibadah karena takut dianggap suci? Mungkin Anda perlu membuat koleksi motto kehidupan Islami ini sebagai godaan halus untuk diri Anda sendiri. Jika Anda memikirkannya, apakah pendapat mereka berguna untuk kehidupan setelah kematian Anda? Jangan biarkan kekhawatiran Anda yang menjauhkan Anda dari pahala dan bahkan mengarah pada dosa.

Kumpulan Motto Hidup Islami Keren tentang Cinta

Kumpulan Motto Hidup Islami - Anonim Pernikahan

1. Pria yang Tepat Dinanti
Pria yang tepat tidak akan menjauhkanmu dari Tuhan. Kalau ia menjauhkanmu dari Allah, berarti ia pria yang salah.
Abdul Bary Yahya

2. Jangan Mencintainya
Jangan mencintai seseorang yang tidak mencintai Allah. Kalau ia bisa meninggalkan Allah, ia juga bisa meninggalkanmu.
Imam Syafi’i

3. Sudah Bersama Sejak Awal
Sepasang kekasih tidak pada akhirnya bertemu di suatu tempat. Mereka sudah saling mengisi satu sama lain sejak awal.
Rumi

4. Terakhir Kali
Selalu tinggalkan orang-orang yang kau cintai dengan kata-kata indah. Mungkin inilah terakhir kalinya kau melihatnya.
Mufti Ismail Menk



5. Hanya yang Kuat yang Mampu
Semua orang bisa jatuh cinta. Tapi hanya mereka yang kuatlah yang bisa menjaganya tetap halal.
Anonim
KETERANGAN
1, Kalimat di atas cocok untuk wanita Islam yang ragu-ragu menentukan siapa pangeran ideal mereka. Jangan hanya melihat wajahnya aja, perhatikan juga akhlaknya.Tampang mungkin ganteng dan bikin klepek kaya klepek aliando. Tetapi jika dia benar-benar mengundang Anda untuk berbuat dosa, hmm ... apakah Anda yakin dia yang terbaik untuk Anda?

2. Mirip dengan kutipan sebelumnya, buatlah moral menjadi pertimbangan utama untuk memilih pangeran ideal Anda. Jika dia berani meninggalkan Tuhan, akankah dia yakin dia tidak akan meninggalkanmu? Jika dia benar-benar menyukaimu, dia akan menginginkan yang terbaik untukmu. Termasuk salah satunya dengan membimbing Anda untuk selalu lebih dekat dengan Yang Maha Kuasa.

3. Buatlah kesal karena dia masih belum bertemu dengan pangerannya, jangan khawatir. Selalu ingat motto hidup Islami tentang cinta dari Rumi ini.Kalau Anda ditakdirkan bersama, yakinlah suatu saat nanti Anda akan bersatu. Sambil menunggu, teruslah berdoa dan cobalah untuk menstabilkan diri Anda sehingga Anda benar-benar siap ketika saatnya tiba.

4. Yang dicintai di sini tidak hanya terbatas pada lawan jenis. Tetapi juga ayah tersayang Anda, ibu, saudara, dan sahabat. Setiap kali Anda berpisah, jangan biarkan kemarahan disimpan dalam diri Anda. Selalu berpisah dengan kata-kata indah. Tidak ada yang tahu, mungkin kamu akan benar-benar terpisah selamanya.

5. Anda yang sudah sering belajar agama mungkin tahu bahwa dalam Islam sebenarnya tidak ada konsep pacaran. Satu-satunya cara untuk melegalkan cinta hanya melalui pernikahan. Masalahnya, jika Anda muda, mungkin belum siap untuk melakukannya sekarang. Tingkatkan puasa dan ibadah untuk memperkuat iman Anda sampai saatnya tiba.

Kumpulan Motto Hidup Islami tentang Ilmu dan Pendidikan
Kumpulan Motto Hidup Islami - Ali bin Abi Thalib

1. Karunia Paling Lengkap
Karunia Allah yang paling lengkap adalah kehidupan yang didasarkan pada ilmu pengetahuan.
Ali bin Abi Thalib

2. Bertindak Tanpa Ilmu
Seseorang yang bertindak tanpa ilmu ibarat bepergian tanpa petunjuk. Dan sudah banyak yang tahu kalau orang seperti itu sekiranya akan hancur, bukan selamat.
Hasan Al Basri

3. Musibah Paling Besar
Bencana akibat kebodohan adalah sebesar-besarnya musibah seorang manusia.
Imam Al Ghazali

4. Hanya yang Bermanfaat
Ilmu pengetahuan itu bukanlah yang dihafal, melainkan yang memberi manfaat.
Imam Syafi’i

5. Keutamaan Mengajarkan Ilmu
Barang siapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.
H.R. Muslim
KETERANGAN
1. Kutipan islami yang dikutip di atas dari Ali bin Abi Thalib adalah benar. Meski Anda mungkin tidak merasakannya, sebenarnya kita tidak akan bisa hidup normal tanpa ilmu. Bayangkan saja jika tidak ada bahasa, ilmu alam, ilmu agama, dll. Mungkin hidup kita hanya akan didasarkan pada naluri. Lalu, apa gunanya otak berpikir? Apa yang membedakan kita dengan mamalia lain?

2. Apakah Anda pernah bepergian ke luar negeri atau tempat asing tanpa petunjuk? Apa yang terjadi pada saat itu? Kemungkinan besar Anda akan tersesat. Cukup sampai ke tujuan jika Anda sudah menggunakan otak Anda atau bertanya lebih banyak lagi. Demikian pula, jika Anda tidak menggunakan pengetahuan saat berakting. Anda bahkan mungkin membuat kesalahan yang merugikan dan menghancurkan diri sendiri. Jadi, motivasi Anda untuk selalu belajar dan menambah ilmu.

3, Masih memperbaiki jika hanya dirimu yang kalah. Tapi, bagaimana jika orang lain juga terpengaruh? Ironisnya, sebenarnya itu bisa dicegah jika ingin menggunakan akal sehat dan pengetahuan Anda. Tidak heran Imam Al Ghazali menggolongkan bencana ketidaktahuan sebagai bencana manusia terbesar.

4. Menemukan pengetahuan itu penting. Tetapi melatihnya dalam kehidupan sehari-hari jauh lebih penting. Coba bayangkan bahwa Thomas Alva Edison hanya menyimpan pengetahuannya di hati dan otaknya sendiri. Ada kemungkinan bahwa hingga kini kita masih menggunakan lampu teplok atau obor untuk melaksanakan aktivitas kita sehari-hari.

5. Selain diterapkan dalam kehidupan nyata, Anda juga sangat disarankan untuk membagikan pengetahuan Anda dengan orang lain. Jangan pelit, apalagi khawatir pengetahuan Anda akan berkurang. Biasanya jika Anda mengajarkan sesuatu kepada orang lain, Anda akan lebih mudah mengingatnya. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan hadiah tambahan sekaligus.

Kumpulan Motto Hidup Islami dari Al Quran

Kumpulan Motto Hidup Islami - QS Al Insyirah 5 - 6

1. Allah yang Lebih Mengetahui
Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.
QS Al Baqarah 216

2. Kemudahan Setelah Kesulitan
Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.
QS Al Insyirah 5 – 6


3. Mengubahnya Sendiri
Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.
QS Ar Ra’d 11


4. Hanya Sesuai Kesanggupannya
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai kesanggupannya.
QS Al Baqarah 286

5. Allah Maha Melihat
Tidakkah dia menyadari bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?
QS Al Alaq 14

KETERANGAN
1. Manusia hanya bisa merencanakan, tetapi Tuhan itu menentukan. Meskipun hasilnya tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan, cobalah untuk menerimanya. Yakinlah, Tuhan adalah perencana terbaik. Apa pun yang Dia rencanakan untuk Anda harus memiliki tujuan dan pelajaran tertentu yang dapat Anda pelajari.

2. Setiap kali Anda bermasalah, ingatlah Al-Quran Al-Insyirah ayat 5-6. Keduanya diturunkan oleh Allah untuk memperlebar dada Nabi Muhammad SAW, yang baru saja meninggalkan istri tercintanya, Siti Khadijah, yang meninggal. Anda tidak salah, ayat ini diulang dua kali. Artinya, sudah dipastikan bahwa dalam setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Sekarang, tetaplah bergantung pada diri sendiri. Ingin putus asa, atau mencari jalan keluar?

3. Jika Anda masih ingin putus asa, jangan salahkan siapa pun jika nasib Anda terus begitu saja. Dalam Al-Qur'an sendiri telah dijelaskan bahwa Allah tidak akan mengubah kondisi orang-orang sampai mereka mengubahnya sendiri. Jadi apa yang kamu tunggu? Cepat bangkit dari keterpurukan Anda. Jangan biarkan jurang keputusasaan mengikat Anda dan menghalangi Anda mencapai tujuan Anda.

4 Bagaimana jika godaan itu datang seolah-olah tidak ada akhirnya? Apakah Anda masih belum putus asa? Mungkin berat. Lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Namun yakinlah, Tuhan tidak akan membebani kemampuan Anda. Meskipun dari luar tidak terlihat, yang lain juga memiliki masalah sendiri. Hanya, levelnya mungkin berbeda dari apa yang Anda rasakan. Jadi, jangan pernah merasa bahwa Anda sendiri menderita.

5. Akhirnya, ada QS Al Alaq ayat 14 yang akan kita bahas dalam kumpulan moto kehidupan Islami ini. Selalu ingat ayat ini setiap kali Anda ingin melakukan tindakan tercela, apa pun itu. Itu mungkin tidak akan ada yang tahu. Tetapi Tuhan adalah Sang Pelihat? Apakah Anda tidak malu dan tidak takut akan dosa ketika disaksikan oleh Sang Pencipta?

Mana Motto Hidup yang Paling Sesuai Denganmu?

Mana yang paling kamu suka dari kumpulan motto hidup Islami di atas? Adakah favoritmu, atau malah suka dan ingin menerapkan semuanya?

Nggak masalah kalau kamu suka semuanya selama hal itu bisa membuat hidupmu jadi lebih baik. Kamu juga bisa memakainya sebagai motto hidup mahasiswa untuk skripsi agar teman-temanmu juga ikut termotivasi.