Skip to main content

5 Cara Merubah (Convert) File PDF Ke Word agar bisa diedit

Cara Merubah (Convert) File PDF Ke Word agar bisa diedit. Bila dibandingkan dengan format dokumen lainnya, seperti file Microsoft Word, PDF lebih aman dan dapat didistribusikan atau dibuka pada perangkat apapun dengan tampilan yang sama (asalkan perangkat telah menginstal perangkat lunak PDF Reader). Selain itu, file ini tidak mudah untuk memodifikasi, baik konten dan juga tampilan teks, kecuali jika Anda memiliki perangkat lunak editor PDF. Selain itu, Anda dapat memberikan izin terbatas menggunakan password untuk menjaga keamanan file PDF.

PDF (Portable Document Format), adalah format file berbasis teks yang dibuat oleh Adobe System, Inc format file jenis ini sangat populer dan banyak digunakan oleh e-book (buku elektronik) karena dapat dibuka dengan mudah menggunakan berbagai aplikasi gratis PDF Reader. Untuk dapat membuka berkas PDF, Anda memerlukan perangkat lunak pembaca PDF yang tersedia secara luas. Perangkat lunak ini dapat dibayar atau perangkat lunak bebas, dan dapat diakses pada PC atau gadget.

Namun, meskipun PDF memiliki beberapa keuntungan, masih banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan file Word dalam urusan teks. Alasannya adalah karena sebagian besar pengguna komputer atau laptop telah membuat perangkat lunak Microsoft Office, paket perangkat lunak induk dari Microsoft Word, sebagai  "standar " perangkat lunak yang harus diinstal pada perangkat baru. Selain itu, pengguna dapat memanfaatkan fungsionalitas aplikasi pengolah kata yang terkandung dalam perangkat lunak Office. Jadi, terkadang file PDF perlu dikonversi ke file Word agar dapat diakses oleh mereka.
Cara Merubah (Convert) File PDF Ke Word agar bisa diedit

Nah, untuk mengkonversi file PDF ke file Word (file dengan ekstensi Doc atau docx), Anda dapat melakukan dua cara yang, offline dengan perangkat lunak dan online tanpa memerlukan perangkat lunak tambahan. Untungnya jika Anda adalah pengguna Microsoft Office 2013 dan di atas, karena Microsoft telah menyediakan fitur yang memungkinkan perangkat lunak dalam paket Microsoft Office untuk mencetak dokumen dalam format PDF.

Pada artikel ini, kami akan memberikan informasi tentang cara memindahkan file PDF ke Word. Di sini kita menyampaikan informasi:

1. online tanpa Software

Cara pertama adalah dengan menggunakan layanan Konverter dokumen online gratis. Saat ini, sudah ada banyak situs yang menyediakan layanan seperti ini dengan berbagai keuntungan dan kerugian. Seperti dalam cara mengkonversi JPEG ke PDF, Anda juga dapat mengkonversi file PDF ke Word dengan situs ini. Salah satu situs yang dapat Anda coba adalah "convertonlinefree ".

Keuntungan dari situs Convertonlinefree termasuk: Anda tidak perlu mendaftar, tidak perlu menggunakan alamat email untuk men-download file yang dihasilkan, batas ukuran dapat di-upload cukup besar yang 50MB, serta dua pilihan file output yang dapat dipilih, yaitu. Doc dan. docx. Jadi jika Anda masih menggunakan Microsoft Office 2003 atau yang lebih baru, Anda masih dapat menggunakan layanan ini. Caranya:

  • Kunjungi alamat website http://convertonlinefree.com/PDFToWORDEN.aspx
  • Tentukan jenis file output yang diinginkan. Berikut adalah caranya, pilih tab "PDF to DOC " atau "PDF ke DOCX ".
  • Selanjutnya klik Browse, dan Cari dokumen PDF yang ingin Anda Pindahkan ke Word.
  • Klik "Convert " dan tunggu hingga proses konversi selesai. Selanjutnya, akan muncul untuk mendownload file yang berhasil dimodifikasi. Klik "OK " untuk men-download ke komputer Anda.


2. UniPDF

Saat ini ada banyak software yang dapat digunakan untuk memindahkan file PDF ke file Word. Salah satunya adalah UniPDF. Salah satu jenis perangkat lunak utilitas yang kompatibel untuk komputer atau laptop terinstal Microsoft Windows OS 8, 7, Vista, XP dan 2000. Selain itu, perangkat lunak ini gratis dan mudah digunakan. Berikut adalah cara untuk menggunakannya.

  • Download dan instal UniPDF di komputer atau laptop Anda.
  • Jalankan aplikasi kemudian buka tab Settings pastikan pada bagian Word pilih. format Doc 
  • Selanjutnya kembali ke tab Beranda.
  • Dalam bagian format output, pilih Word, klik Tambah dan temukan file yang ingin Anda ubah dari PC Anda
  • Terakhir, klik Convert dan tunggu sampai selesai.

Sebenarnya, ada lebih banyak situs yang menyediakan layanan mengkonversi file PDF ke file Word. Namun, cara-gmn hampir mirip dengan yang kami jelaskan di atas.

3. Microsoft Office

Cara memindahkan PDF ini ke file Word dapat dilakukan jika pada laptop atau komputer Anda, telah terinstal Microsoft Office versi 2013 dan di atas, karena seperti yang telah kita jelaskan sebelumnya, bahwa sejak versi itu, Microsoft telah menyediakan sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk membuka, mengedit, dan menyimpan file PDF secara langsung di Microsoft Word. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Jalankan perangkat lunak Microsoft Word 2013 atau yang lebih baru yang tersedia di laptop atau komputer Anda
  • Pilih file > open menu, dan Cari dokumen PDF yang ingin Anda proses.
  • Selanjutnya akan muncul peringatan. Anda cukup klik "OK " dan tunggu proses konversi file selesai. Dokumen PDF terbuka dengan sempurna.
  • Pilih menu > file > "save as " untuk menyimpan file ke Word 97-2003 (DOC) atau format docx.


Salah satu keuntungan dari membuka file PDF menggunakan Microsoft Office adalah: setelah proses konversi selesai, Anda dapat langsung mengedit dokumen sebelum menyimpannya sebagai file Word. Kekurangannya adalah bahwa jika file PDF yang diproses terlalu besar (di atas 100 MB), biasanya file PDF akan terbuka segera. Bahkan dapat gagal karena memori yang tersedia tidak mencukupi. Pastikan Anda telah melakukan cara untuk menginstal Microsoft Office dengan benar, sehingga tidak bermasalah ketika Anda ingin membuka file PDF di Word.

4. menggunakan Adobe Acrobat Pro

Bagi Anda yang memiliki perangkat lunak Adobe Acrobat Pro, berikut cara memindahkan file PDF ke dalam file Word:

  • Jalankan perangkat lunak Adobe Acrobat Pro. (Ingat, Pro baik. Kalo versi lain, tidak ada fitur ini)
  • Kemudian buka file PDF yang ingin Anda ubah.
  • Pilih berkas > Simpan sebagai lainnya > Microsoft Word > pilih dokumen Word jika Anda ingin disimpan sebagai file DOCX, atau Word 97-2003 dokumen jika Anda ingin menyimpannya sebagai file doc.


5. online dengan Google Docs

Cara lain Anda dapat memilih untuk mengkonversi file PDF ke dalam dokumen dalam format docx (yang mendukung Office 2010, 2013, 2016) adalah dengan Google Docs.

Ini adalah salah satu yang paling mudah karena Anda hanya memerlukan akun Google. Kemudian, pergi ke halaman Google Docs dan meng-upload file PDF. Kemudian, Simpan atau download file sebagai file DOCX. Berikut adalah langkah:

  • Kunjungi halaman Google dokumen dan masuk dengan akun Google Anda.
  • Dalam template Galeri, cukup pilih Blank.
  • Kemudian pilih menu file > open.
  • Pilih tab Unggah dan Unggah file PDF dari komputer Anda dan tunggu hingga selesai.


Setelah dokumen berhasil diunggah dan pilih menu file – download AS – Microsoft Word (. docx) seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut dan pilih Simpan untuk menyimpan ke komputer.
Perlu dicatat, dari semua cara yang telah kita diuraikan di atas, tidak ada jaminan itu dapat menghasilkan file Word yang sama seperti file asli. Alasannya adalah karena dari beberapa upaya, terkadang ada file PDF yang menghasilkan kekacauan setelah dipindahkan ke kata, terutama jika file berisi banyak tabel.

Oh ya, lalu bagaimana jika file PDF yang akan diubah ke kata itu malah dilindungi oleh password? Oke, kali ini kami akan memberikan bonus untuk alamat password file PDF yang terkunci. Berikut adalah cara untuk memperbaikinya:

  • Membuka kembali situs di mana Anda men-download PDF, karena bisa menjadi cara untuk meng-upload file untuk melindungi file mereka dari pembajakan. Oleh karena itu, cobalah cek Anda di bawah tautan unduhan, Apakah ada persyaratan untuk mendapatkan kata sandi PDF yang dilindungi kata sandi.
  • Jika Anda lupa situs di mana Anda Donwload dan masih penasaran tentang konten PDF, Anda dapat membukanya tegas, baik dengan cara offline atau online.

Banyak artikel kami tentang cara memindahkan file PDF ke Word. Mudah-mudahan artikel kami dapat membantu Anda. Mungkin Anda ingin melirik perangkat lunak Office secara gratis dan berkualitas, seperti Open Office? Anda dapat mendengarkan keuntungan dan kerugian dari Open Office di situs ini.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar