Skip to main content

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Datanya Sama Sekali

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca datanya Sama Sekali. Salah satu contoh masalah yang dapat terjadi pada flash drive adalah Flash terbaca. Penyebab Flash tidak dapat dibaca karena beberapa hal, dari virus yang terinfeksi, colokan USB yang kotor, flash drive yang ternyata buatan, sampai ada masalah dengan hardware di Flash.Masalah ini tampaknya telah umum di masyarakat, terutama di kalangan siswa yang dikenal untuk benar flash ini. Kemudian, jika masalah menimpa Anda, bagaimana cara mengatasinya? Hanya bersantai sahabat saya, pada kesempatan ini, kami akan berbagi informasi kepada Anda tentang cara untuk memperbaiki flash drive yang tidak dapat dibaca. Bukannya berlama-lama, mari kita lihat informasi di bawah ini.

Siapa yang tidak tahu FlashDisk? Kalo supercharge deh masih ada yg gak tau flashdisk? FlashDisk adalah media penyimpanan data yang terdiri dari kumpulan memori flash dan memiliki port USB tipe terintegrasi, dapat berupa USB 2,0 atau 3,0. Dengan flash drive, Anda dapat menyimpan file dalam kapasitas besar tetapi dengan ukuran fisik minimalis. Karena itu, flash drive sangat diperlukan bagi mereka yang membutuhkan penyimpanan data yang cepat dan portabel di mana saja.

Namun, jika Anda menggunakan flash dengan sembarangan, itu akan mempengaruhi kinerja lampu kilat Anda. Jika Anda sering menghubungkan Flash tanpa mengetahui ada antivirus di komputer yang terhubung, Simpan lampu kilat di tempat yang rentan, maka ada kemungkinan besar lampu kilat Anda akan bermasalah.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Datanya Sama Sekali


Cara Pertama

Cara kali ini masih menggunakan Windows built-in Tools. Tapi kali ini, Anda cukup menambahkan flashdisk Anda secara manual ke sistem Windows. Hal ini berlaku jika flash drive Anda hanya crash ringan dan ada masalah dengan plug and play di komputer atau laptop. Yup, ini sistem plug and play adalah apa yang membuat Anda dapat dengan mudah menghubungkan flashdisk ke komputer atau laptop. Anda tidak perlu mengganggu menginstal driver karena ketika terhubung pertama, Flash akan menginstal driver secara otomatis ke dalam sistem komputer. Nah, berikut adalah cara untuk membuat USB dibaca pada komputer secara manual:

  • Sambungkan flash drive ke port USB di komputer atau laptop
  • Kemudian, buka menu panel kontrol. Bagaimana, klik start > Control Panel (Windows Vista & 7). Dengan cara lain, tekan tombol Windows + R pada keyboard Anda, lalu ketik  "Control " (tanpa tanda kutip) dan tekan tombol Enter pada keyboard Anda.
  • Pilih Pengelola perangkat
  • Pilih tindakan > ADD Legacy hardware
  • Di jendela yang muncul, klik berikutnya
  • Kemudian pilih  "Cari dan instal perangkat keras secara otomatis"
  • Jika USB flash drive Anda terdeteksi, menu autorun akan muncul, serta pernyataan bahwa USB Flash mendukung koneksi data yang lebih cepat
  • Ini akan disertai dengan munculnya  "removable hardware " ikon di baki sistem. Berikutnya, drive baru akan muncul di Windows Explorer atau komputer saya. Jika Anda tidak percaya, Anda hanya membukanya.
  • Jika dua hal ini sudah muncul, maka proses dengan cara ini tidak akan lagi dilanjutkan. Anda cukup klik Batalkan di tampilan berikutnya.
  • Namun, jika lampu kilat masih tidak dapat dibaca, ulangi langkah 2 hingga 5. Perbedaannya adalah, di langkah 5, Anda memilih  "Instal perangkat keras yang saya pilih secara manual dari daftar "
  • Pilih beberapa opsi perangkat keras yang tersedia pada daftar yang muncul di jendela. Karena kita ingin menambahkan Flashdisk USB, pilih USB controller atau Storage.
  • Klik OK.


Cara Kedua

Ini bisa dibilang cara yang cukup mudah. Anda hanya perlu menghubungkan Flash ke port USB di komputer atau laptop dan Anda akan menggunakan alat Windows default, Computer Management. Inilah cara-gmn:

  1. Hubungkan flashdisk ke port USB di komputer atau laptop Anda
  2. Pilih mulai, lalu ketik jalankan dan tekan tombol Enter pada keyboard
  3. Pada menu berjalan, ketik  "COMPMGMT. MSC  "(tanpa tanda kutip), kemudian tekan tombol Enter pada keyboard.
  4. Setelah jendela  "Computer Management " muncul, pilih Storage > Disk Management.
  5. Jika lampu kilat dalam kondisi baik, maka lampu kilat akan terdeteksi sebagai drive baru. Meskipun Flash membaca 0 byte, sistem setidaknya komputer Anda tahu bahwa Flash terhubung ke komputer Anda.
  6. Klik kanan pada drive flashdisk “korban”, lalu pilih “Create partition”.
  7. Format Flash dengan mengklik kanan dan pilih format.


  • Catatan: untuk melakukan cara

Ini, Anda harus memastikan bahwa backup data pada flash disimpan di masa lalu. Karena setelah Anda memilih format, semua data dalam Flash akan dihapus secara otomatis. Jadi pertimbangkan itu matang jika Anda ingin melakukan format Flash.

Cara ketiga

Cara memperbaiki Flash yang tidak terbaca saat ini adalah menggunakan alat HDD format tingkat rendah. Dengan menggunakan alat ini, kemungkinan besar lampu kilat yang rusak dan tidak terbaca akan kembali normal. Cara memperbaiki flash dengan alat ini sebenarnya adalah cara yang paling ekstrem. Jadi, lebih baik bagi mereka yang sudah menyadari hardware komputer. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Hubungkan flash drive di komputer atau laptop
  • Unduh  "HDD GURU Low level format " perangkat lunak
  • Setelah didownload, instal perangkat lunak di komputer atau laptop
  • Kemudian, jalankan perangkat lunak dengan akses administrator. Klik kanan pada perangkat lunak, kemudian pilih  "Run as Administrator ".
  • Di jendela perangkat lunak, pilih USB, lalu klik  "Lanjutkan "
  • Tunggu proses perbaikan Pendisk untuk menyelesaikan. Setelah itu, Anda dapat memformat flash dengan cara seperti biasa, yaitu klik kanan pada flash drive di Windows Explorer > pilih format. Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak format Flash pihak ketiga yang dirilis secara luas.


Dari beberapa cara untuk memperbaiki Flash yang telah kita bahas di atas, itu sebenarnya cara paling sederhana itu adalah cara pertama. Tetapi jika Flash masih tidak terdeteksi, Anda dapat menggunakan cara kedua dan ketiga, meskipun langkah-langkahnya cukup banyak neraka. Yah setidaknya hasil Flash Anda dapat kembali dibaca dan digunakan kembali seperti biasa benar?
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar