Skip to main content

Kumpulan Contoh Flowchart Program Lengkap

Contoh Flowchart Program. Diagram alur adalah presentasi tentang proses dan logika aktivitas penanganan informasi yang sistematis. Sementara Flowchart dalam program ini adalah grafik dengan simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara rinci dan menggambarkan hubungan antara proses (atau instruksi) dengan proses lain dalam sebuah program (Widia, 1983:4).Dalam membuat sebuah program, kita perlu mengetahui definisi algoritma, Flowchart, dan Pseudocode. 

Nah, dalam membuat program, dibutuhkan sebuah konsep yang menjelaskan proses yang dilakukan oleh program. Daripada menggunakan penulisan tekstual yang panjang dan memusingkan, konsepnya dapat dijelaskan dalam bentuk sebuah gambar, yang biasa disebut Flowchart. Dengan diagram alur, pemrogram dapat membuat program dengan cara terarah. Nah, apa yang dimaksud dengan Flowchart?

Mengapa dalam membuat sebuah program harus membuat Flowchart pertama? Dengan menggunakan Flowchart, Anda akan disederhanakan untuk memahami alur proses dari program atau manajemen informasi. Ini karena dalam diagram alir ada hal berikut:

1. Relationship atau Hubungan

Flowchart dapat memberikan sistem yang singkat, jelas, dan efektif untuk prosedur Logis program. Hubungan yang ada pada setiap komponen sistem, dapat dijelaskan secara visual melalui Flowchart. Keunggulan dari Flowchart menggunakan teknik rendering grafis lebih mungkin untuk dipahami oleh kebanyakan orang daripada penjelasan dalam bentuk teks atau tulisan, terutama dalam menggambarkan logika kompleks.

2. analisa

Dengan penjelasan rinci dalam bentuk model atau grafik, orang yang melihat Flowchart dapat dengan mudah melihat masalah yang diselesaikan oleh sistem informasi atau juga dapat memusatkan perhatian pada area tertentu dari sistem informasi.

3. komunikasi

Simbol yang digunakan dalam Flowchart telah mengikuti standar tertentu yang telah diakui dan digunakan secara umum. Oleh karena itu, fungsi Flowchart dalam pemrograman mengkomunikasikan logika masalah atau dalam mendokumentasikan logika ke dalam sistem.

Setelah Anda mempelajari gagasan algoritma pemrograman, maka Anda perlu memahami apa Flowchart yang. Nah, sehingga Anda dapat memahami Flowchart dengan jelas, berikut adalah simbol yang digunakan dalam Flowchart, di mana simbol ini telah digunakan oleh semua program yang telah dibuat dan digunakan saat ini.


Penjelasan Flowchart:

Dari gambar menu utama Flowchart di atas, pertama akan muncul Menu utama program sampai respon dari program ketika pengguna memilih opsi di menu utama. Menggunakan simbol dan caption, Flowchart di atas menguraikan langkah yang dapat diambil pengguna sebagai berikut:

  • Pengguna memulai program. Hal ini ditembak dari "Start " kondisi yang diwakili oleh simbol Terminator, yang menandakan awal atau akhir kegiatan suatu proses. Pada titik ini, simbol Terminator menggambarkan aktivitas awal program pada tampilan halaman menu utama.
  • Program ini kemudian akan menampilkan halaman utama, di mana ia diwakili oleh simbol proses yang berfungsi untuk menggambarkan sebuah proses.
  • Setelah halaman menu utama muncul, pengguna disediakan dengan beberapa pilihan menu untuk memilih dari. Setiap Menu diwakili oleh simbol keputusan, yang fungsinya adalah untuk menggambarkan sebuah keputusan atau tindakan yang akan dilakukan di bawah kondisi tertentu. Kondisi yang diambil bisa benar (true) atau false
  • Jika pengguna memilih  "Home ", pengguna akan tetap berada di halaman utama. Hal ini ditunjukkan oleh simbol dari konektor garis yang mengarah ke  "melakukan menu utama ".
  • Jika pengguna memilih  "konsultasi ", pengguna akan pergi ke halaman konsultasi yang ditunjukkan dengan simbol referensi di luar halaman, yang berfungsi untuk menghubungkan simbol dengan simbol lain pada halaman yang berbeda.
  • Sedangkan, jika pengguna tidak memilih  "konsultasi " tapi malah memilih  "Kamus Istilah ", maka pengguna akan dibawa ke  "Kamus Istilah " halaman pada halaman yang sama. Hal ini diwakili oleh simbol referensi pada halaman yang menghubungkan simbol dengan simbol lain pada halaman yang sama.
  • Jika pengguna tidak memilih  "istilah kamus " tapi memilih  "login ", maka pengguna akan pergi ke halaman  "ADM " atau halaman administrator.
  • Dan jika pengguna tidak memilih semua tampilan menu utama yang ada, pengguna dapat menyisih dari program yang ada. Hal ini diwakili oleh simbol Terminator  "END ".


Sementara pada gambar di bawah ini, gambar diagram alur konsultasi, di mana Flowchart diterapkan jika pengguna memilih  "konsultasi " pada Flowchart sebelumnya. Flowchart ini mengilustrasikan alur proses konsultasi ketika menu konsultasi dijalankan. Deskripsi simbol pada Flowchart di atas tidak berbeda jauh dari Flowchart sebelumnya. Hanya, dalam Flowchart ini ada proses menentukan simbol, yang berfungsi untuk menggambarkan proses yang masih dapat dijelaskan dalam algoritma.

2. persamaan matematika

Setelah Anda memahami fungsi algoritma, Anda kemudian dapat menerjemahkan algoritma itu ke dalam gambar Flowchart. Contoh ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menterjemahkan algoritma ke dalam Flowchart. Berikut ini adalah Flowchart untuk menghitung nilai Y persamaan y = 2x + 6


3. Flowchart menghitung area lingkaran

Flowchart di bawah ini adalah contoh lain yang menunjukkan bagaimana menerjemahkan algoritma ke dalam Flowchart. Berikut adalah Flowchart untuk menghitung area lingkaran dengan rumus L = πr2:

Algoritma:

  • Program dimulai
  • Tentukan nilai PHI dan R
  • Hitung L = Phi x R2
  • Hasil cetakan L
  • Program selesai
  • Flowchart:




4. Flowchart menghitung area Segitiga

Berikut adalah contoh diagram alur untuk menghitung luas segitiga, di mana dikenal sebagai nilai ALAS = 10 dan nilai tinggi = 8. Pada Flowchart ini, untuk mendapatkan nilai awal dari BASE dan HEIGHT menggunakan proses kotak, karena nilai BASE dan HEIGHT sudah ditentukan.


5. Flowchart Program Perulangan

Berikut adalah contoh Flowchart untuk mencetak kata  "Algorithm " lima kali. Dalam program ini, FLOWUP harus menggunakan simbol keputusan untuk menentukan apakah perintah  "Print algoritma " telah dilakukan lima kali. Untuk mengetahui apakah perintah PRINT telah dilakukan 5 kali variabel penyimpanan nilai penghitung diperlukan. Dalam Flowchart ini, variabel dilambangkan oleh X, di mana nilai awal adalah = 1.


6. diagram alur Persamaan kuadrat

Berikut ini adalah contoh Flowchart untuk mencetak bentuk P ^ 2 + Q ^ 2, di mana nilai P dan Q adalah akar dari Persamaan kuadrat AX ^ 2 + BX + C = 0. Dengan catatan, diketahui sifat Persamaan kuadrat P + Q =-B/A dan P * Q = C/A, sementara P ^ 2 + Q ^ 2 = (P + Q) ^ 2 – 2 (P * Q).


Setelah membuat Flowchart, langkah berikutnya adalah menulis kode program berdasarkan Flowchart yang dibuat atau Flow Chart. Anda dapat menggunakan berbagai bahasa pemrograman yang Anda kuasai. Penting, Anda harus tahu dulu konsep dasar dalam pemrograman. Karena setelah seseorang telah menguasai konsep dasar pemrograman, masa depan akan mudah untuk belajar bahasa pemrograman lain.

Beberapa artikel kami kali ini tentang program Flowchart contoh. Mudah-mudahan artikel ini dapat berguna bagi Anda yang ingin mempelajari definisi diagram alur dan contoh dalam program.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar