Skip to main content

Peran Gereja Dan Umat Kristiani Dalam Masyarakat Majemuk

Peran Gereja Dan Umat Kristiani Dalam Masyarakat Majemuk. Sebagai warga negara Indonesia, kita diberi kebebasan untuk menganut agama dan keyakinan masing-masing. Tidak ada larangan bagi manusia untuk memeluk agama ini dan itu. Keragaman suku, bangsa, ras, dan agama menjadikan Indonesia sebagai negara yang unik. Perbedaan ini tidak berfungsi sebagai perselisihan, melainkan sebagai alat yang menyatukan bangsa untuk menjadi lebih kuat dan saling menghormati. Selain memberitakan iman dan karya cinta, Gereja juga harus berani tampil di tengah kehidupan masyarakat. Terdapat dua bentuk penampilan yang harus dilakukan oleh Jemaat, antara lain:

Partisipasi gereja dalam masyarakat


Gereja bukan hanya tempat untuk memuji dan memuliakan Tuhan, tetapi juga sebagai tempat untuk membangun persekutuan cinta antara manusia. Gereja juga harus berfungsi sebagai tempat perlindungan bagi umat manusia.

1. Diakonia (Pelayanan)
Pada titik ini, Anda diminta untuk mengikuti serangkaian kegiatan yang diorganisasi oleh gereja yang tujuan utamanya adalah untuk melayani. Untuk kegiatan pelayanan untuk menjadi sukses, Anda harus bekerja dengan tim untuk mewujudkannya. Contoh tindakan Layanan meliputi:

  • Membantu korban bencana alam
  • Ikuti kegiatan amal bagi Brother dan Sister kita yang miskin, difabel, terabaikan, dan penuh kasih
  • Mencoba untuk hidup dengan orang yang menderita kusta


Apakah Anda melayani kerabat Anda? Meskipun terlihat kecil, itu tidak berarti banyak bagi mereka yang membutuhkannya. Ketiga contoh ini harus dirampungkan dengan memupuk empati, kepedulian, dan sikap tulus untuk melakukan kegiatan sosial demi seluruh umat manusia. Matius 20:28  "sama seperti anak manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani, dan untuk memberikan nyawa-Nya sebagai tebusan bagi banyak orang. "

2. Persekutuan (Koinonia)
Persekutuan berarti bersedia untuk berbagi dengan orang lain dalam perakitan. Sebagai orang percaya, kita selalu dipanggil untuk berpartisipasi dalam persekutuan untuk mengencangkan persaudaraan. Dalam persekutuan ini kita dapat mengungkapkan kehadiran Yesus Kristus. Tali antara Anda dan orang lain mungkin ditenun oleh mediasi Kristus dalam kuasa Roh Kudus-Nya.

Contoh kegiatan yang mencerminkan aliansi, seperti:

  • Menghadiri kegiatan pendalaman iman (PA)
  • Bergabung dengan remaja gereja
  • Bergabunglah dengan Asosiasi lingkungan, ibu, ayah, dan orang tua


1 Yohanes 1:3  "apa yang telah kita lihat, dan yang telah kita dengar, kami telah berkhotbah kepada Anda juga, agar kamu boleh memiliki persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan ayah dan dengan anaknya, Yesus Kristus. "

3. Dejections (KERYGMA)
Khotbah berarti membawa kabar gembira kepada seluruh umat manusia. Lukas 22:27  "untuk siapa yang lebih besar: yang makan atau melayani? Bukankah dia yang duduk makan? Tetapi aku ada di tengah-tengahmu. " 

Berikut adalah peran Gereja dalam pelayanannya sebagai sebuah komunitas:

  • Sebagai contoh, katekesis Baptis, penerimaan sakramen Tobat, Sakramen Pernikahan, sakramen perkawinan, dan kegiatan iman.
  • Dengan melakukan kegiatan Dakwah, kita bisa dikatakan untuk menolong umat Tuhan memperdalam kebenaran Firman Tuhan.
  • Dengan demikian, umat Allah dapat hidup secara kekal, tidak mudah goyah, dan tetap setia pada ajaran Tuhan Yesus.
  • Matius 10:7  "Pergilah dan katakan: Kerajaan Sorga sudah dekat. "


Sejarah Gereja adalah persekutuan yang hadir di tengah kehidupan masyarakat Universal. Dalam kehidupan kemasyarakatan dan negara, Gereja memiliki tugas berkhotbah dan peran aktif untuk selalu memberikan nilai positif bagi rakyatnya. Nilai positifnya tentu masih sesuai dengan apa yang Tuhan Yesus ajarkan. Di sini, Gereja dituntut untuk menunjukkan siapa dan bagaimana karakteristik Tuhan Yesus.

4. lyturgia (liturgi)
Dalam kehidupan gereja, peribadatan adalah sumber dan pusat untuk memiliki iman kepada Yesus Kristus. Kegiatan liturgi yang sering kita lakukan pada hari Minggu, ketika kita beribadat di gereja. Sebagai orang Kristen, kita bisa masuk ke dalam iman melalui kegiatan liturgis di gereja. Doa, lambang, lambang, dan perayaan di gereja adalah bagian dari liturgi.

Contoh kegiatan liturgis di gereja meliputi:

  • Ikutilah ketetapan itu pada hari Minggu
  • Bergabunglah dalam kegiatan paduan suara
  • Menjadi putra dan putri altar


Dengan Fellowship, kita sebagai manusia diharapkan akan diintegrasikan dengan orang lain. Tidak melihat ras, suku, bangsa, dan latar belakang. Karena pada intinya, kita ingin bersatu dengan mereka dalam rangka mewujudkan Kristus Yesus dalam hidup.

5. martyria (penginjilan)
Sebelum Tuhan meninggalkan dunia, dia pernah mengatakan kepada para murid-Nya untuk menjadi kesaksiannya dalam mengkhotbahkan Injil. Tugas itu dilakukan oleh para murid. Kita sebagai anak Tuhan juga dituntut untuk melakukan perkara yang sama, iaitu untuk menjadi saksi Kristus di tengah masyarakat. Hal ini dapat diwujudkan dengan menjalankan pekerjaan keselamatan Jahweh dalam hidup kita. Cara pelayanan gereja sebagai peranan dalam masyarakat majemuk:

  • Mengabarkan Injil kepada seluruh bangsa dan menjadi garam dan terang dunia di tengah masyarakat. Lakukanlah sehingga Anda disenangi oleh orang di sekitar Anda.
  • Mazmur 19:7  "hukum Tuhan adalah sempurna, menyegarkan jiwa; Aturan Tuhan teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tidak berpengalaman. "


Yesaya 8:20  "Carilah petunjuk dan kesaksian! Barangsiapa tidak berbicara menurut Firman, ia tidak bangkit di pagi hari. "

Sebagai putra Allah, kita senantiasa dituntut untuk berbuat baik kepada orang lain, sama seperti apa yang gereja lakukan, dan apa yang telah Yesus Kristus lakukan kepada kita. Ulangan 7:9  "sebab itu kamu akan mengetahui bahwa Tuhan, Allahmu, dia adalah Allah, Allah yang setia, yang memegang perjanjianNya dan rahmat-Nya kepada orang yang mengasihi dia dan memegang perintah-Nya, kepada beribu-ribu keturunan."

6. manifestasi iman
Iman adalah hubungan kasih yang terjalin antara manusia dan Allah. Untuk mengungkapkan iman dan kepercayaan Yesus Kristus, kita dapat menyadarinya dalam bentuk pengorganisasian kegiatan sosial di gereja. Di sini, Gereja harus mampu mendemonstrasikan dan mempraktikkan bentuk pelayanan yang Yesus lakukan selama dia tinggal di dunia. Berikut adalah suatu bentuk iman dalam penciptaannya dalam peranan Gereja:

  • Tidak hanya gereja, Anda sebagai umat Allah juga diperlukan untuk mewujudkan iman Anda sebagai bukti jika Anda seorang Kristen. Manifestasi iman ini dapat menjadi penyerahan mutlak kepada Yesus sang Juruselamat.
  • Anda harus selalu menyerahkan seluruh hidup Anda kepada Tuhan, Biarlah dia yang selalu memerintah atas Anda.
  • Manifestasi iman juga harus disertai dengan hati yang tulus dan hasrat untuk beriman kepada Tuhan. Tanpa dua hal ini, manifestasi iman yang sama adalah kosong. Manifestasi iman harus ditunjukkan dalam tindakan nyata. Karena iman tanpa perbuatan adalah Nil.


Galatia 2:16  "kamu tahu bahwa tidak ada orang yang dibenarkan oleh melakukan hukum Taurat, tetapi hanya melalui iman kepada Yesus Kristus. Karena itu, kita juga percaya kepada Jahshua Kristus, bahwa kita bisa dibenarkan karena iman di dalam Kristus dan bukan dengan melakukan hukum Taurat. Sebab tidak ada seorangpun yang dibenarkan oleh perbuatan hukum Taurat. "

7. pengungkapan iman
Komunikasi adalah salah satu cara untuk mengungkapkan iman Kristus Yesus. Pengungkapan iman dapat diungkapkan dalam bentuk yang khas dan eksplisit, misalnya dalam khotbah, pelayanan, dan perayaan Ekaristi setiap kali diadakan di gereja. Berikut adalah bagaimana peran Gereja mengekspresikan iman dalam masyarakat:

  • Pengungkapan iman adalah suatu bentuk dari hasrat iman yang dapat kita peroleh ketika kita berada dalam lingkungan masyarakat. Iman dinyatakan secara nyata, tetapi tidak sehalus alias menunjukkan sikap iman.
  • Kepercayaan dari gereja dalam memberitakan kesaksian dan kepastian iman Kristus kepada semua orang Kristen dan semua masyarakat majemuk lainnya.
  • Gereja akan aktif untuk masyarakat sehingga setiap masyarakat dapat saling memberikan rasa kepercayaan iman yang percaya dari hatinya untuk Tuhan


Selain itu, gereja akan membentuk gereja yang luar biasa dan nyata dalam pelayanan penuh kasih kepada masyarakat. Selain itu kita sebagai masyarakat juga harus saling mengenal apa peranan kita sebagai masyarakat dalam menjalin hubungan dengan gereja

Itu adalah sekilas dari artikel tentang peran Gereja dalam masyarakat yang dapat Anda ketahui. Mudah-mudahan dengan ini Anda dapat mengetahui apa peran sejati gereja.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar