Skip to main content

Sejarah Kekristenan - Gereja Katolik dan Kristen Protestan

Sejarah Gereja Katolik dan Kristen Protestan. Kekristenan selalu memulai ibadahnya di gereja untuk memulai pertemuan dengan Tuhan Yesus. Gereja adalah tempat ibadah umat Kristen dan Katolik dalam melaksanakan kewajiban keagamaan mereka. Gereja belum dikenal luas oleh banyak orang, hal ini disebabkan oleh banyak orang yang belum memiliki agama dan masih percaya pada kebiasaan budaya nenek moyang kuno. Kemudian dimulai dengan perkembangan waktu, beberapa membawa ajaran Kekristenan sampai pengembangan gereja mulai terbentuk.

Gereja adalah sarana penting sebagai tempat Kristen untuk menjalankan ibadah dengan orang Kristen yang bertemu dengan Tuhan Yesus. Orang Kristen dapat menjalin hubungan yang sangat dekat dengan Tuhan, dan membuat hubungan mereka lebih dekat dengan perantara gereja.

Arti kata dan Makna Gereja 


Jika kita sudah tahu bagaimana Gereja telah mulai membangun dan mulai terbentuk pada waktu itu, kita juga harus mengakui apa arti gereja dalam hidup kita. Gereja adalah sebuah persekutuan dari banyak orang yang terpengaruh kepada Kristus. Gereja yang adalah sebagai kehidupan dan pelayanan kepada Yesus dan kepada Kristus di dunia. Persekutuan para murid Yesus dan ditambahkan dengan beberapa orang yang percaya dan yang telah mengaku kepada Kristus sebagai tuannya. Dengan Yesus yang telah terbukti yang mengalami kebangkitan, yang sering disebut gereja utama.

Jemaat utama ini mempunyai banyak Roh persekutuan, beberapa pelayanan, dan semua kesaksian yang kuat, supaya iman Kristian mula menyebar dari Yerusalem, seluruh wilayah Yudea, Samaria, dan sampai akhir dunia telah diterangkan. Paulus adalah salah seorang murid Yesus yang paling aktif dalam pesan Injil. Paulus mulai memberitakan Injil ke hampir semua wilayah Kekaisaran Romawi pada abad pertama, baik di antara diaspora Yahudi dan bukan Israel. Selain Rasul Paulus, murid yang lain juga.

Gereja setelah mendapatkan sedikit penjelasan tentang gereja, gereja itu sendiri juga memiliki arti sendiri bahwa kita harus tahu sebagai orang Kristen sebagai berikut:

  • Gereja mengetahui arti dari kasih, landasan gereja sebagai kehidupan orang dan kehidupan orang yang paling utama.
  • Gereja memiliki maknanya sendiri di semua orang Kristen dengan membentuk karisma sendiri di semua orang Kristen.
  • Gereja juga memiliki makna tersendiri dalam menghormati beberapa martabat manusia kita dengan tanggung jawab aktif dalam membentuk fungsinya masing-masing.


Gereja awal terbentuk


Orang Kristen juga dianiaya oleh negara Roma sekitar 240 tahun berikutnya. Kadangkala mereka menderita akibat kekacauan itu, yang juga merupakan kandang dari apa yang diperintahkan oleh pemerintah Roma. Kepemimpinan jemaat yang mula menjadi semakin hierakis dengan bilangan yang bertambah, ini terjadi sekitar pada abad kedua dan abad ketiga.

Perjanjian baru yang telah mulai disepakati, tetapi beberapa ajaran sesat yang telah diungkapkan mulai ditolak, dan terus mengalami penganiayaan yang terus meningkat. Kerusuhan ini terjadi di Roma yang telah merebut benda perak Kaabah Allah, sekitar 66 tahun ini. Mereka mula membuat rencana untuk meletakkan salibkan pasukan Yerusalem dengan mengutus tentera mereka. Detonasi pemberontakan pemberontak adalah bahwa tindakan Florus adalah api di dalam sekam.

Peperangan yang terjadi sebelum Jemaat terbangun (sebelum 30 TM)

Roma juga tidak pernah berurusan dengan sumur Yahudi sebelum pada abad sebelumnya. Roma dalam mendukung pertama Herodes oleh peramppasi kekuasaan sangat dibenci oleh Arkhelaus. Pemimpin yang keji itu agar bangsa itu mencari bantuan Roma untuk menggantikannya, ia sering dikenal dengan nama Arkhelaus. Dengan mengirimkan beberapa Gubernur pada gilirannya, Pontius, Pilatus, Feliks, Festus, dan Florus Roma akhirnya membantu mereka dan semua orang yang menderita dari gereja, mereka yang memiliki tugas mereka untuk menjaga perdamaian di daerah yang tidak stabil.

Pemberontakan yang wujud di Yerusalem kepada Kaabah dengan menyatakan menentang Roma dengan menghentikan persembahan harian untuk Maharaja. Yerusalem mulai menjadi korupsi tak lama setelahnya, pasukan Romawi diusir dan dibunuh. Juga negara Yehuda yang memberontak dan menyusuli dengan Galilea yang juga telah menjadi perunggu. Namun, sementara hasi-waktu yang tampaknya unggul Yahudi. 20.000 tentara yang berangkat dari Suriah diatur dari Komando garnisun Romawi. Orang Roma yang mula memerintah Yerusalem sekali lagi selama tempoh enam bulan itu, gagal dan harus kembali. Dengan meninggalkan beberapa tentara Romawi di sekitar hitungan 6.000, juga dengan beberapa persenjataan yang diadopsi dan diambil oleh orang Yahudi. Sekitar 30-34 A.D. pada permulaan Jemaat telah dibentuk bermula pada 50 hari selepas Yesus bangkit apabila dia disalibkan. Matius 16:18 bahwa ketika kita membaca ayat Alkitab ini Yesus yang mengatakan akan berjanji untuk mendirikan gereja-Nya.

Jemaat bermula pada hari Pentakosta (30-34 TM)

Gereja dimulai 50 hari setelah kebangkitan Yesus (sekitar tahun 30-34 MASEHI). Yesus telah berjanji bahwa ia akan menegakkan gereja-Nya, dan dengan munculnya Roh Kudus pada hari Pentakosta, Khotbah Petrus yang membuat 3000 orang hari itu akan dipilih untuk mengikuti Kristus dan dibaptis oleh Petrus. Orang Yahudi dan Yudais mula terjadi pertobatan yang pertama dengan memulai persekutuan orang yang menyatakan bahwa Yesus adalah satu-satunya Allah yang dia sembah dan dia dipuji, berpusat di Yerusalem.

Untuk itu Kristen awal di awal sering dipandang hanya sebagai sekte Yahudi, seperti misalnya sebagai orang Farisi, Saduki, atau Eseni bahwa kita biasa tahu cerita. Kemudian, apa yang dicintai oleh para rasul jelas sangat berbeda dari para radikal dan mereka yang sudah diajarkan oleh kelompok Yahudi lainnya. Yesus diberitakan sebagai Mesias bagi orang Yahudi, yang merupakan raja yang diurapi, yang telah bernubuat kedatangannya untuk menggenapi hukum Taurat dan menetapkan perjanjian baru berdasarkan kematiannya. Ada berita yang didakwaan bagi mereka, yang mengatakan bahwa Tuhan sendiri telah dibunuh oleh diri mereka sendiri, ini membuat banyak kemarahan orang Yahudi dan beberapa orang lain seperti Paulus.

Gereja dimulai di Ketahui banyak orang (tahun 325 m)

Paulus dan orang Yahudi mulai mengambil tindakan untuk menghancurkan mereka yang ada di beberapa jalan. Sebelum mereka menyadari diri mereka dan menjadi seorang pengikut yang sangat gigih dan kuat Yesus Kristus. Setelah itu awal tahun gereja mulai terjadi sejak perkiraan tahun 33 dengan pelayanan yang dilakukan oleh rasul Petrus, dalam 325 Paulus dan para murid Tuhan Yesus mulai memberitakan kisah tentang Yesus dan mulai terjadi pertobatan yang dilakukan oleh Kaisar Constantin e. Kemudian banyak orang Kristen mengalami pelecehan pada periode ini, mereka menderita penganiayaan fisik. Ayah gereja mulai menulis tentang Kekristenan yang pertama kali diajarkan yang menyelidik yang dapat diatasi.

Seiring berjalannya waktu pada hari Pentakosta yang sering diperingati, pintu gereja mulai terbuka kembali kepada orang bukan Israel. Penginjil yang sekali lagi dilakukan oleh Filipus berkhotbah kepada orang Samaria, dan banyak dari mereka percaya kepada Kristus. Rasul Petrus juga mulai berkhotbah lagi kepada Kornelius yang bukan seorang Yahudi, mereka pun tidak menerima pengurapan dan pencurahan Roh Kudus. Rasul Paulus, sering dikenal sebagai mantan penganiaya Gereja ini sekarang mulai memberitakan khotbah Injil di seluruh dunia Greko-Romawi, di samping itu Rasul Paulus juga membawa dan mengkhotbahkan Injil ini ke wilayah Roma sendiri, dan lanjutkan untuk Negara Spanyol. Yerusalem mula dimusnahkan sekitar 70, dan Alkitab dalam perjanjian baru telah lengkap dan mula mengedarkan beberapa jemaat.

Setelah belajar tentang sejarah Gereja kita sudah membaca, sebuah gereja yang telah mulai terbentuk di dunia yang sekarang tersebar luas dan terkenal di seluruh dunia . Gereja berikut ini pertama kali didirikan dan diperkenalkan sebagai berikut:

  • Gereja di Yerusalem

Wilayah Palestina yang dulunya dikenal sebagai negara bagian Yerusalem sekarang menggantikan nama negara ini. Gereja mulai terbangun di negara yang satu ini, para penginjil Injil oleh Petrus dan para murid Tuhan Yesus. Pemberitaan Injil yang mereka lakukan, menjadi Gereja ini mulai kembali hidup dan mempercayai orang untuk menyadari pentingnya ajaran Tuhan Yesus. Mengkhotbahkan Injil Filipus dan para murid Yesus lainnya juga mulai berlanjut ke Samaria dan beberapa di sekitarnya. Tapi setelah menunggu nama negara itu adalah pembagian dua negara di wilayah tersebut, dan ada beberapa wilayah gereja yang mulai dihancurkan.

  • Gereja di Roma

Khotbah yang dibuat oleh Petrus tidak hanya sampai di sana, Petrus yang sekali lagi berkhotbah tentang doktrin Kristus sampai wilayah Roma. Ketika itu dimulai dengan sebuah Khotbah oleh Petrus, banyak orang Roma yang telah banyak yang mulai mengalami pertobatan. Dan sejak saat itu banyak kesaksian diderita oleh orang Roma. Dan banyak orang mulai mendirikan gereja sebagai aturan mandat Tuhan, sehingga lebih banyak bangsa Romawi tahu ajaran Tuhan Yesus.

  • Gereja di Eropa

Setelah melanjutkan tugas yang dilakukan oleh beberapa murid Yesus, mereka melanjutkan melaksanakan tugas dan perintah yang telah Allah tetapkan. Mereka terus memberitakan Injil ke negara yang belum mengenali Tuhan mereka. Pertama kali Petrus mulai memberitakan Injil ke wilayah Roma, dan pemberitaan Injil dilanjutkan oleh Paulus kepada beberapa orang Asia kecil dengan terus ke bagian Eropa. Apolos yang mengkhotbahkan Injil ke Mesir, dan Filipus ke negara Utiopia kemudian melanjutkan ke ujung dunia. Masih banyak gereja yang sangat luas di negara Eropa.

  • Gereja di Mesir

Apolos satu adalah murid dari teman Petrus juga mengikuti jejak Petrus, memberitakan Injil kebenaran dari doktrin Tuhan Yesus. Apollos mulai memberitakan Injil ke negara Mesir, yang masih tidak tahu banyak tentang siapa dia. Pengenalan Apolos berhasil, sampai negara Mesir membentuk beberapa gereja dan saling bertaubat. Namun, perjalanan waktu gereja dihancurkan karena pengaruh pendatang baru. Jadi orang Mesir yang masih percaya dengan ajaran kuno di zaman kuno di kerajaannya.

  • Gereja di Utiopia

Selain negara Mesir bahwa Apolos telah berkhotbah tentang doktrin Kristus, Apolos juga melanjutkan untuk mengkhotbahkan ajaran Kristus ke beberapa tempat lain yaitu ke negara Utiopia. Keadaan Utiopia juga masih belum terbiasa dengan agama, mereka masih hanya mengenal keberadaan berhala dan penyembahan berhala. Melalui khotbah yang disebarkan oleh Apolos, sekarang ini menjadi banyak warga Utiopia yang semakin mengalami banyak pertobatan dan banyak pengantar untuk doktrin tentang kebenaran Yesus Kristus. Dengan semakin banyak pengikut Kristus, orang di wilayah Utopia mulai membangun beberapa gereja di dalamnya untuk lebih dekat dengan mengenal Tuhan Yesus.

  • Gereja di Roma

Doktrin Kristus menjadi dikenal di hadapan negara Roma dengan penginjilan Yesus murid, Paulus. Roma juga masih terkenal karena wilayahnya dengan pemerintah kerajaan, yang banyak di antaranya adalah orang Romawi yang tidak mengetahui arti Allah dan agama. Paulus, yang mulai memberitakan Injil kepada beberapa orang Roma. Mulai ada pertobatan pertama oleh Raja Romawi dan dengan mengikuti masyarakat Romawi. Sejak saat itu Raja Romawi mulai percaya kepada keselamatan Kristus, mulai membangun beberapa gereja.

Pengantar Gereja awal di Indonesia

Gereja yang terbentuk di Indonesia sebenarnya terbentuk menjadi dua bagian, yaitu Gereja Katolik, dan Gereja Kristen. Awal ajaran agama Katolik yang diajarkan oleh Portugis, ketika Portugis menjajah Malaka pada saat itu.

Ajaran Katolik dan Gereja Katolik (tahun 1509-1808)

Portugis yang mulai datang ke wilayah Malaka, ini sebenarnya ditolak oleh Malaka. Malaka yang tahu bahwa kedatangan Portugis datang hanya untuk membawa tentang ajaran agama. Pada saat itu, Malaka memiliki agama Islam yang telah diadopsi sejak dahulu kala. Malaka dan Aceh bekerja sama untuk memerangi negara Portugis.

Namun, kemenangan ketika itu terjadi pada Portugis, akhirnya negara itu mulai mendirikan gereja Katolik, dan menyebarkan beberapa ajaran-ajarannya kepada rakyat Malaka. Pada 1511, pemerintahan Portugis berakhir, Malaka berhasil mengalahkan negara Portugis. Orang Portugis dibunuh, dan beberapa bagian dari Portugis diperintahkan untuk memeluk ajaran Islam. Akhirnya mereka diasingkan di Ternate. Pada 1808, kolonisator Daendels dari Belanda mulai membebaskan agama untuk ajaran agama Katolik. Kemudian mulai kembali ke sana mengajar dan menyebarkan agama Katolik kembali.

Pengenalan doktrin kepada Kekristianan dan bentuk Jemaat Kristian (1860-sekarang)

Tahun ini negara Indonesia masih mengalami kolonialisme oleh negara Belanda, kemudian Belanda mulai memperluas wilayahnya. Belanda yang mulai juga mengajar Katolik Aga, dan semakin orang Indonesia mengikuti pengaruh Barat wilayah tersebut. Mulai dari segi ekonomi dan ilmu pengetahuan, seluruh masyarakat Indonesia mulai mengikuti pengaruh Belanda. Juga sekarang pengaruh gereja juga sekarang sangat berpengaruh bagi masyarakat Indonesia.

Pengkhotbahan Injil mulai disebarkan oleh negara Belanda, mereka yang membuat institusi yang menjadi zending ini. Zending secara luas berpengaruh dalam memberitakan Injilnya. Periode yang dimulai pada tahun 1870, ini adalah akhir dari sebuah bab baru di mana ada seorang pria yang datang dari Bali yang mulai mengajar tentang beberapa ajaran agama Kristen. Doktrin yang sama untuk mengenal Kristus, tetapi berbeda dalam beberapa peristiwa tertentu. Sekitar tahun 1941 untuk 1945 orang Indonesia mulai mendirikan bangunan gereja, sampai sekarang gereja dibentuk di mana-mana.

Sebuah gereja yang dibangun di Indonesia
Ajaran agama yang telah banyak disebarkan oleh berbagai sumber yang telah dijelaskan dalam artikel ini, mulai pengikut Kekristenan dan Katolik mulai membangun pendirian gereja. Pembentukan gereja yang mulai dibangun sebelum dimulainya Perang Dunia II mulai hari ini, sekarang gereja masih sendirian.

Pembentukan gereja sebelum Perang Dunia II (tahun 1930-1939)

Karena, banyak yang beriman kepada orang Kristen Agam, dimulai begitu banyak orang muda yang mulai mendirikan gereja. Di sini awal gereja dibangun sebelum Perang Dunia II:

  • HKBP (Kristen Batak Protestan) dibentuk sekitar 1930, dan dibangun oleh Persatuan Kristen Indonesia.
  • GKJ dan GKJW (Gereja Kristen Jawa/Wajen), dibentuk sekitar 1931, dan dibangun oleh masyarakat Jawa yang mengetahui ajaran agama ini.
  • CAMA, terbentuk sekitar 1932 Gereja ini mulai dikenal Indonesia di wilayah Kalimantan Timur dengan pendirinya masyarakat Borneo Timur.
  • GPI (Gereja Protestan Indonesia), Gereja ini menjadi dikenal di sekitar 1933. Pendirian gereja ini dimulai di wilayah Sulawesi Selatan.
  • GMIM (Gereja Masehi Injili di Minahasa), Gereja ini mulai terbentuk pada tahun 1934. Gereja ini mulai terbentuk di daerah Jawa Timur.
  • GKE (Gereja Injili), Gereja ini mulai terbentuk di 1939. GPM yang sama dan GDE sama terbentuk.
  • Setelah gereja ini terbentuk pada awal tahun, Gereja ini mulai diperkenalkan di beberapa wilayah lain di Indonesia dengan membentuk berbagai cabang dan gereja di berbagai daerah.


Membentuk gereja kembali selama Perang Dunia II dan setelah akhir (tahun 1939-1989)

Perang dunia kedua yang terjadi sekitar 1939-1945, ini adalah kasus refolution fisik. Sidang jemaat memulakan pemisahan jemaat lain. Akhirnya ada pendirian baru dan perubahan misi bentuk gereja sebagai berikut:

  • LAI (Indonesian Bible Society) mulai terbentuk pada tahun 1954, mulai didirikan di Universitas Satya Wacana.
  • GKPS (Gereja Kristen Protestan Simalungun) Gereja ini mulai terbentuk sekitar 1963, awalnya terletak di distrik Simalungun yang sekarang meluas ke beberapa daerah setempat.
  • GKPI (Gereja Protestan Indonesia) dan GMI (Gereja Metodis Indonesia), ini mulai terbentuk sekitar 1964.
  • GKII (Gereja kamp Injil Indonesia), mulai membangun dan membentuk sekitar 1983, Gereja ini terletak di wilayah Toraja.
  • PGI (persekutuan gereja Indonesia) mulai didirikan pada tahun 1984. Gereja ini telah menyebar di beberapa daerah di Indonesia sekarang.
  • GRII (Gereja Reformed Injili Indonesia), dimulai sekitar 1989. Pertama kali Gereja ini dibangun di wilayah Jakarta pertama.


Indonesia juga sekarang memiliki banyak cabang gereja yang telah tersebar luas di beberapa daerah di Indonesia, untuk itu kita harus menciptakan suasana yang harmonis dan damai. Integritas gereja hendaknya juga dalam kepedulian yang baik dan untuk dijaga dengan aman.

Hanya sedikit penjelasan dari artikel ini tentang sejarah Gereja Katolik dan Kristen menurut kebenaranNya. Juga dijelaskan tentang sejarah awal Gereja dapat terbentuk di negara Indonesia. Dengan mengetahui bertahun-tahun dalam gereja yang ada di seluruh wilayah negara.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar