Skip to main content

GEREJA SEBAGAI TUBUH KRISTUS - Ciri-ciri Gereja dan 10 Artinya

Mengapa gereja disebut sebagai Tubuh Kristus?. Dalam bahasa Yunani, Gereja ini Kyriake, yang berarti Tuhan. Kata  "milik Allah " menunjuk kepada mereka yang percaya kepada Tuhan Yesus sebagai Juruselamat. Dalam pengertian universal, Gereja adalah pengumpulan orang percaya. Kita sering mendengar bahwa gereja adalah tubuh Kristus.

Ini berarti bahwa gereja bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga sebagai tempat untuk merasakan dan menikmati tubuh Kristus. Justru, kita tidak hanya berkomitmen kepada Kristus saja, tetapi juga untuk berkomitmen kepada tubuh Kristus, iaitu jemaat. Jemaat sebagai tubuh Kristus tidak hanya membawa kepada satu bahagian tubuh. Namun, Semua bagian tubuh akan diarahkan dan dikoordinasikan di bagian lain.

1 Korintus 12:12-13  "karena sebagai tubuh adalah satu dan anggotanya banyak, dan semua anggota, meskipun banyak, adalah satu tubuh, bahkan begitu Kristus. Karena dalam satu Roh kita semua, baik Yahudi, dan Yunani, baik budak, dan bebas, dibaptis ke dalam satu tubuh dan kami semua diberi minum dari satu Roh. "

Berikut adalah arti penting mengapa Gereja sering disebut sebagai tubuh Kristus dalam Perjanjian Baru, tubuh Kristus mengandung makna, antara lain:

1. tubuh manusia Yesus Kristus

Di sini, orang Kristen diundang untuk menyangkal bahwa Kristus berasal dari daging. Kemarahan, menangis, tawa, dan kesedihan adalah bukti nyata bahwa Allah adalah manusia sejati. Karena dia juga merasakan apa yang dirasakan manusia. Hanya saja, kekuatan dirinya berbeda dari manusia biasa. Karena dia adalah utusan Allah. Anak harus menjadi manusia untuk menyelamatkan dan mendamaikan manusia. Kebangkitan Tuhan Yesus adalah kebangkitan tubuh bagi mereka yang percaya kepada-Nya.

2. roti Perjamuan terakhir

Roti yang kita terima melambangkan tubuh Yesus itu sendiri. Roti juga melambangkan pengorbanan yang Yesus buat untuk menebus umat manusia. Kami diundang untuk merayakan acara Perjamuan terakhir untuk memperingati Yesus. Sehingga kita bisa mengetahui tujuan orang Kristen yang hidup

3. selalu rendah hati

Sebagai manusia biasa, kita harus membiasakan diri untuk kerendahan hati. Yesus anak Allah sendiri rendah hati, mengapa kita sebagai manusia biasa tidak? Kerendahan hati dapat diungkapkan dengan membantu satu sama lain yang membutuhkan. Demikianlah, persatuan dan hidup dalam kedamaian akan terwujud.

4. saling melayani

Dia yang memiliki kemauan tinggi turun ke bumi untuk melayani umat manusia. Dia bahkan rela mempersamakan dirinya dengan manusia. Untuk mencapai kesatuan iman, kita dituntut untuk melayani orang Kristen satu sama lain. Jika kesatuan iman telah terwujud, kita bukan lagi orang yang mudah terombang-ambingkan. Terutama dengan permainan dan kelincahan manusia. Tapi itu adalah orang yang kuat dan harapan dalam mencintai cinta. Kerendahan hati dan melayani orang lain bukanlah pekerjaan yang sulit. Hal ini dapat diungkapkan dengan membaca kebaktian singkat tentang Kekristenan.

Arti dan Ciri-Ciri Lainnya Gereja Sebagai Tubuh Kristus


Lukas 22:19  "dan dia mengambil roti, bersyukur, memecahkannya, dan mengirimkannya kepada mereka, dan berkata, inilah tubuh-Ku yang diberikan kepadamu; Ini menjadi pengingat bagi saya. "Dengan melaksanakan Perjamuan terakhir, kita telah merasakan makna Easter. Sebagai satu tubuh, kita sebagai anggota Gereja dituntut untuk melakukan seperti yang Allah kehendaki. Perbuatannya tertulis di dalam kitab Efesus 4:1-16. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. gereja yang menjadi milik Yesus

Yesus adalah pendiri sejati gereja. Tanpa Kristus, mungkin Jemaat tidak wujud dan berkembang seperti sekarang ini. Ini dinyatakan dalam kitab Efesus 2:20  "yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru. " asal-usul gereja berasal dari sejarah Kekristenan. Gereja adalah kediaman Tuhan di bumi. Di gereja, kita dapat merasakan kasih Allah. Terutama ketika kita berdoa di rumahnya. Tubuh Kristus sendiri dicirikan oleh umat sekarang. Kita tidak boleh membawa jalan duniawi ke dalam Jemaat. Tetapi di jalan Tuhan Yesus sendiri.

2. gereja dibangun di atas kata

Gereja dibangun untuk memenuhi kehendak Allah. Bahkan tidak memenuhi kehendak manusia. Sebagai orang Kristen, kita harus bisa hidup dan menyatakan FirmanNya. Karena gereja itu sendiri dapat berdiri atas dasar kata. Dan kata dapat dirasakan dengan melakukan cara yang benar untuk berdoa agama Kristen. Yudas 1:20  "tetapi kamu, saudara-saudaraku yang Kukasihi, bangunlah dirimu di atas landasan iman-Mu yang Maha Kudus, dan berdoalah dalam Roh Kudus. "

3. Gereja adalah mempelai Kristus

Kata  "Bride " ditafsirkan sebagai pengantin. Intinya adalah bahwa ketika hari yang mulia, Yesus sebagai mempelai laki-laki akan datang untuk menjemput kita sebagai pengantin. Di mana dia akan datang untuk mengumpulkan semua orang percaya. Kemudian, kumpulkanlah itu dalam satu kesatuan dan Jadilah Raja segala raja selama-lamanya. Para malaikat akan bernyanyi dan sangkakala akan bergema. Ketika Anda menjadi Pengantin, kita harus lebih mampu mengikat diri kita dengan Yesus. Jangan bercerai. Karena pandangan Kristen tentang perceraian tidak baik.

4. Gereja adalah tempat Federal

Yesus menyuruh murid-muridnya untuk pergi memberitakan Injil ke segala penjuru bangsa. Mereka memberitakan Injil dalam persekutuan. Persekutuan di sini digunakan sebagai tempat untuk berkumpul, berdoa, dan melakukan jamuan makan bersama. Bagi para murid Allah, penemanan mengilustrasikan persekutuan sejati di surga.

Menjadi murid Kristus bukanlah hal yang sulit. Anda tidak diminta olehnya untuk memberitakan Injil ke seluruh dunia. Hal sederhana seperti menyebarkan sukacita dan damai telah membuat Anda menjadi murid Yesus.

Kisah 2:42  "mereka bertahan dalam pengajaran para rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. "

5. gereja menggambarkan kebangkitan dan kedatangan Yesus Kristus

Gereja memainkan peran untuk mewujudkan kasih Allah itu sendiri. Hal ini dibuktikan dengan layanan. Pelayanan ini diberikan dalam bentuk khotbah, yang melibatkan signifikansi kebangkitan dan kedatangan Yesus Kristus. Gereja harus mampu memberikan rasa nyaman kepada jemaat seperti yang ada dalam peran Gereja dalam masyarakat.

6. Gereja memberikan air hidup

Gereja dapat berdiri karena ditebus oleh darah Yesus Kristus. Untuk itu, Gereja memiliki misi untuk memuliakan nama Allah. Kita tahu bahwa Allah adalah sumber kehidupan, tetapi air hidup juga dapat diperoleh dari gereja. Berkhotbah dan mengajar di gereja adalah air hidup kita. Karena khotbah yang disampaikan setiap hari Minggu menyuruh kita untuk lebih dekat kepada Tuhan. Selain itu, Gereja juga mengajarkan apa yang Yesus inginkan dalam kehidupan orang Kristen. Sebagai kesimpulan, Jemaat sebagai tubuh Kristus dimanifestasikan dalam dirinya oleh:


  • Melakukan perbuatan baik
  • Memupuk kasih dan kasih sayang. Hidup dengan orang Kristen lainnya dalam ikatan perdamaian


Berikut adalah sekilas tempat ibadat sebagai tubuh Kristus yang telah kita bahas sebagai makna dan karakteristik tempat ibadat sebagai tubuh Kristus. Bagaimana Anda mengetahui arti tempat peribadatan sebagai tubuh Kristus? Mudah-mudahan informasi di atas dapat berguna dan meningkatkan pengetahuan Anda tentang Kekristenan ya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar