--> Skip to main content

Kumpulan Doa Persiapan Pernikahan Kristen

Doa Persiapan Pemberkatan Nikah.Berkat perkawinan adalah prosesi yang paling ditunggu oleh setiap pasangan pengantin. Tentu saja sebelum melewati pemberkatan pernikahan, pasangan itu perlu menjalani proses yang panjang. Dari mempelajari prinsip dasar pernikahan Kristen, memenuhi persyaratan pernikahan dengan orang Kristen, memenuhi syarat untuk menikah di HKBP, konseling pra-nikah, untuk sumpah perkawinan Kristen. Sebuah berkat perkawinan dapat menjadi gerbang sepasang Pengantin dalam rilis Komite-nya. 

Tidak heran jika berkat perkawinan sering dirayakan dengan meriah. Setiap budaya juga memiliki caranya sendiri dalam melakukan suatu pemberkatan pernikahan. Perlu diingat bahwa prosesi ini masih harus memperhatikan ayat Alkitab tentang perkawinan Kristen. Perasaan bahagia sering mendekati mempelai wanita yang sedang mengalami berkat pernikahan. Oleh karena itu, jika waktunya tiba, kita hendaknya berterima kasih kepada Tuhan atas karunia dan nikmat-nya. Salah satu cara kita bersyukur adalah dengan berdoa.

Doa Persiapan Pemberkatan Nikah


Suku Batak Toba memiliki kebiasaan tersendiri dalam mengadakan pesta pernikahan. Sebelum mereka pergi ke gereja untuk menerima berkat bagi kedua mempelai wanita, biasanya keluarga mempelai wanita dan pria berkumpul di rumah mempelai wanita terlebih dahulu.

1. doa berikutnya akan diperpanjang oleh paman (tulang) pesta pengantin pria. Doa adalah sebagai berikut:

 "Tuhan Yesus Kristus anak Allah bertakhta di dalam Kerajaan Sorga. Kami berterima kasih, di pagi hari kami Pengantin dari dua pengantin dapat bersama-sama di tempat ini. Tuhan, pada saat ini kita akan berangkat ke BAITMU, Gereja suci untuk memohon kepada-Mu berkat perkawinan untuk anak kita (memanggil Pengantin pria dan pengantin wanita dan keluarganya). Engkau bersama kami dalam perjalanan atau di gereja. Semoga berkat peribadatan anak kita dapat berjalan dengan lancar. Semoga Tuhan menikah dan menerima hubungan anak kita untuk menjadi pasangan. Pasangan yang menikah yang takut kepada Allah. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus kita berdoa dan bersyukur, Amin.

2. jika DOA di atas diucapkan oleh orang Batak, maka doa berikut dimaksudkan untuk umum. Mengutip dari "perkawinan doa untuk kedua brides" oleh Dr Louis H. Evans, di sini adalah suara doanya.

Bapa di surga, terima kasih untuk suami ini, (sebut namanya), dan istri (disebut namanya), dan komitmen mereka untuk perkawinan Kristen. Sewaktu kita memandang ke depan, kita berdoa agar masa depan mereka tidak akan pernah kekurangan kepercayaan yang membuat pernikahan yang kuat. Berkatilah suami ini, (sebut namanya). Memberkati dia sebagai penyedia dan pelindung. Dukung dia dalam semua tekanan yang datang dengan tugas mengurus keluarga. Semoga dia begitu hidup sehingga Istriny dapat menemukan di dalam dirinya surga yang benar-benar terlewatkan oleh hati seorang wanita. Berkatilah istri ini, (sebut namanya). Memberinya kelembutan yang membuatnya besar, rasa pemahaman yang mendalam, dan iman yang kuat kepada-Mu. Memberinya keindahan batin yang tidak pernah-memudar jiwa, kemudaan abadi yang ditemukan dalam berpegang teguh pada hal yang tidak pernah dimakan usia. Semoga dia menjadi begitu hidup sehingga suaminya berkenan menghormatinya di Bait Suci hatinya.

Itulah beberapa doa persiapan pemberkatan pernikahan. Selain harapan, doa juga dapat menjadi ungkapan rasa syukur kita terhadap Tuhan. Oleh karena itu, di saat yang paling bahagia seperti pernikahan, berdoa tidak boleh dilupakan.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar