--> Skip to main content

Kumpulan Contoh Algoritma Pemrograman Dasar untuk Latihan Dan Jawabannya

Algoritma pemrograman adalah urutan logis tertentu langkah untuk memecahkan masalah. Hal ini ditekankan dalam urutan logis langkah, yang berarti bahwa algoritma harus mengikuti urutan tertentu, dan langkah tidak boleh diloncat. Pengertian lain dari algoritma adalah urutan langkah logis dalam resolusi sistematis dari masalah dikompilasi.Dalam dunia pemrograman, menguasai algoritma adalah hal yang penting. Karena algoritma adalah fokus untuk masalah. Lalu, apa pengertian algoritma pemrograman?

Asal usul kata itu sendiri berasal dari nama abu Ja'far Mohammed Ibn Musa Al-Khowarizmi, ilmuwan Persia yang menulis Kitab restorasi dan pengurangan ( "Al Jabr W'al-Muqabala ") yang diterbitkan dalam 825 AD.

Dalam algoritma, plot pemikiran dalam memecahkan masalah dituangkan secara tertulis. Hal pertama yang ditekankan adalah aliran pikiran, sehingga algoritma seseorang juga dapat berbeda dari algoritma orang lain. Sementara penekanan kedua ditulis, itu berarti bahwa alur bisa menjadi kalimat, Gambar, atau tabel tertentu.

Algoritma itu sendiri memiliki beberapa fitur penting agar dapat digunakan untuk memecahkan masalah, termasuk:


  • Algoritma harus berhenti setelah bekerja pada sejumlah langkah tertentu
  • Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat dan tidak ambigu
  • Algoritma memiliki masukan nol atau lebih.
  • Algoritma memiliki nol atau lebih output.
  • Algoritma harus efektif. Arti setiap langkah tertulis harus sederhana sehingga dapat dilakukan dalam waktu singkat dan masuk akal.

Dalam bidang komputer, fungsi algoritma sangat diperlukan untuk memecahkan berbagai masalah pemrograman, terutama dalam komputasi numerik. Tanpa algoritma yang dirancang dengan baik, proses pemrograman akan salah, patah, lambat dan tidak efisien. Menerapkan langkah-langkah dalam algoritma adalah sistem komputer. Agar orang dan komputer untuk berkomunikasi, orang yang memberikan perintah ke komputer kumpulan instruksi yang dikumpulkan dalam program. Dalam menyelesaikan masalah, komputer perlu merumuskan beberapa langkah pemecahan masalah dalam serangkaian instruksi. Set instruksi ini dipahami oleh komputer yang disebut program.

Untuk menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa komputer, alat ini diperlukan untuk menjembatani komunikasi antara keduanya. Alat yang digunakan adalah bahasa pemrograman. Setiap bahasa pemrograman memiliki tingkat tersendiri, tergantung pada bagaimana bahasa dapat diterapkan secara langsung oleh manusia sebagai pengguna. Tingkatan bahasa pemrograman dapat dikategorikan menjadi 3 jenis, yaitu:


  • Bahasa tingkat tinggi (HLL). Contoh: Pascal, C, Java, PHP, ASP
  • Bahasa tingkat sedang (MLL). Contoh: Assembly
  • Bahasa tingkat rendah (LLL). Contoh: Kode mesin


Dari berbagai bahasa pemrograman, bagaimana memberikan instruksi yang berbeda. Namun demikian, semuanya bertujuan untuk menghasilkan output yang sama. Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman akan dikonversi menjadi bahasa mesin menggunakan penerjemah. Metode berikut menerjemahkan bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin dalam pemrograman:


  • Interpreter, yaitu menerjemahkan baris per baris instruksi. Bahasa BASIC menggunakan metode ini.
  • Kompilator, yang menerjemahkan setelah semua instruksi ditulis. Bahasa Pascal, dan C adalah beberapa contoh bahasa pemrograman yang menggunakan metode ini.

'
Dalam mempelajari pemrograman, Anda harus memahami perbedaan antara belajar pemrograman dengan belajar bahasa pemrograman. Belajar pemrograman berarti Anda belajar tentang metode pemecahan masalah, kemudian tuangkan dalam notasi tertentu yang mudah dibaca dan dimengerti. Sementara belajar bahasa pemrograman berarti Anda belajar untuk menggunakan bahasa, aturan tata bahasa, instruksi yang digunakan, serta prosedur untuk operasi kompilator, untuk membuat sebuah program yang ditulis ke dalam bahasa tersebut.

Penulisan algoritma harus terdiri dari 3 bagian berikut:


  • Algoritma judul; Sebuah bagian yang terdiri dari algoritma nama dan penjelasan (spesifikasi) tentang algoritma. Nama harus singkat dan menggambarkan apa algoritma tidak.
  • Deklarasi bagian untuk mendefinisikan semua nama yang digunakan dalam program. Nama dapat nama pengaturan, ganti nama, jenis, prosedur dan fungsi.
  • Deskripsi bagian ini menjelaskan langkah pemecahan masalah yang ditulis menggunakan notasi yang akan dijelaskan selanjutnya.


Penulisan algoritma itu sendiri tidak tergantung pada spesifikasi bahasa pemrograman dan kemampuan komputer yang menjalankannya. Algoritma notasi bukan bahasa pemrograman notasi, tetapi algoritma dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman. Jadi apa adalah beberapa algoritma pemrograman dasar yang harus Anda kuasai? Berikut contoh:

1. algoritma narasi

Contoh: algoritma Kelulusan_mhs

Pertanyaannya adalah: mengingat nama dan nilai siswa. Jika nilai siswa lebih besar dari atau sama dengan 60 maka siswa dinyatakan lulus. Sedangkan jika nilainya lebih kecil dari 60, maka siswa dinyatakan tidak lulus.

Algoritma akan sebagai berikut:
Baca nama dan nilai siswa.
Jika nilai > = 60 kemudian
Caption = lulus
Tetapi jika
Caption = tidak lulus.
Tulis nama dan deskripsi

2. algoritma pseudo Code

Contoh algoritma Kelulusan_mhs

Pertanyaannya adalah: mengingat nama dan nilai siswa. Jika nilai siswa lebih besar dari atau sama dengan 60 maka siswa dinyatakan lulus. Sedangkan jika nilainya lebih kecil dari 60, maka siswa dinyatakan tidak lulus.

Deklarasi jenis data akan sebagai berikut:
Nama = string
Nilai = bilangan bulat
Caption = string

Algoritma akan sebagai berikut:
Baca (nama, nilai)
Jika nilai > = 60 kemudian
Caption = ' lulus '
Lain
Caption = ' jangan lulus '
Menulis (nama, deskripsi)

3. algoritma Flowchart

Berikut adalah beberapa contoh dari algoritma Flowchart. Fungsi Flowchart dalam pemrograman adalah untuk memfasilitasi programmer ketika merancang sebuah program komputer. Berikut ini adalah contoh:

Menentukan angka ganjil atau genap
Ada sejumlah bernama  "integer " yaitu 0, 1,-1, 2, dan seterusnya dan nomor asli adalah 1, 2, 3, 4, 5, dll. Kedua jenis angka sering digunakan dalam penghitungan. Algoritma ini akan menentukan apakah nomornya ganjil atau genap > berikut adalah Flowchart dari algoritma tersebut:
Kumpulan Contoh Algoritma Pemrograman Dasar untuk Latihan Dan Jawabannya

Dari Flowchart diatas, penjelasannya adalah sebagai berikut:

Angka genap adalah bilangan bulat yang akan habis atau tidak ada sisanya jika dibagi 2 (dua). Sementara angka ganjil adalah bilangan bulat yang tidak akan habis bila dibagi 2 (dua) atau ada pembagian yang tersisa.

  • Algoritma tahun Kabisat

Tahun lompatan adalah tahun yang memiliki tambahan 1 hari yang bertujuan untuk memungkinkan kalender untuk beradaptasi dengan negara astronomi. Pada tahun lompatan, Februari memiliki 29 hari. Tahun yang dapat dibagi dengan 4 adalah tahun lompatan. Berikut adalah algoritma untuk menentukan tahun lompatan jika disajikan dengan Flowchart seperti di bawah ini:

  • Menghitung harga yang harus dibayar setelah mendapatkan diskon


Contoh Flowchart saat ini adalah Flowchart dari algoritma untuk menentukan biaya pembeli untuk membayar setelah 10% diskon. Persyaratan untuk mendapatkan diskon adalah jumlah total pembelian Rp. 1.500.000,-. Berikut ini adalah flowchartalgorithm:

Kumpulan Contoh Algoritma Pemrograman Dasar untuk Latihan Dan Jawabannya
Jumlah barang memiliki sifat dinamis menurut masukan pengguna. Pada intinya, jika Total pembelian kurang dari 1.500.000, maka pembeli tidak akan mendapatkan diskon.

  • Flowchart menghitung area lingkaran

Algoritma Flowchart di bawah ini adalah contoh dari Flowchart untuk menghitung luas lingkaran dengan rumus L = πr2:

Algoritma:

Program dimulai
Tentukan nilai PHI dan R
Hitung L = Phi x R2
Hasil cetakan L
Program selesai
Flowchart:

  • Flowchart menghitung area Segitiga

Berikut adalah contoh program Flowchart untuk menghitung luas segitiga, di mana nilai ALAS yang diketahui = 10 dan nilai tinggi = 8. Pada Flowchart ini, untuk mendapatkan nilai awal  "ALAS " dan  "HIGH " Gunakan kotak proses, karena nilainya  "ALAS " dan  "HIGH " sudah ditentukan sebelumnya.

Beberapa artikel kami kali ini sekitar contoh algoritma pemrograman dasar. Mudah-mudahan artikel kami kali ini bisa menjadi bahan material Anda untuk belajar pemrograman dasar.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar