Skip to main content

Cara Memperbaiki Wifi Laptop yang Tidak Bisa Connect

Laptop Tidak Bisa Connect WiFi? Begini Cara Mengatasinya Banyak tempat umum sekarang memiliki akses Wi-Fi gratis. Mulai dari lingkungan sekolah, kampus, kantor pelayanan publik, kafe, Restoran, bahkan sampai kedai kopi juga menyediakan layanan hotspot Wi-Fi gratis untuk menarik pengunjung untuk datang ke tempat mereka.Ketika mengakses WiFi dengan hotspot, Anda mungkin mengalami kendala teknis. Jadi, tidak jarang Anda memiliki masalah dalam bentuk laptop Anda yang tidak dapat terhubung WiFi. Kendala teknis ini dapat menghambat pekerjaan Anda yang membutuhkan internet cepat.

Saat ini, yang adalah orang yang tidak membutuhkan koneksi WiFi? Dengan WiFi, kita dapat mengakses Internet melalui smartphone atau laptop tanpa khawatir menguras kuota. Wi-Fi itu sendiri adalah teknologi yang memanfaatkan gelombang radio untuk bertukar data di bawah protokol jaringan 802,11.

Konsep ini bekerja sama dengan jaringan seluler, di mana ada pemancar yang memancarkan sinyal untuk mengakses layanan internet. Perbedaannya adalah bahwa fungsi pemancar pada jaringan Wi-Fi dijalankan oleh perangkat yang disebut titik akses router nirkabel.
Cara Memperbaiki Wifi Laptop yang Tidak Bisa Connect

Oleh karena itu, Anda perlu tahu bagaimana mengatasi laptop tidak dapat terhubung WiFi. Ehh, tapi apa yang perlu membongkar laptop untuk memecahkan masalah hardware? Hmmm tidak terlalu diperlukan, karena sebagian besar masalah laptop tidak dapat terhubung ke WiFi yang disebabkan oleh masalah dalam pengaturan atau perangkat lunak saja.

Laptop Tidak Bisa Connect WiFi? Begini Cara Mengatasinya


Pertama, Anda harus terlebih dahulu menganalisis penyebab laptop tidak dapat terhubung WiFi. Penyebabnya dapat bervariasi, termasuk:

  1. Lampu indikator jaringan nirkabel pada laptop Anda tidak menyala atau merah terang. Itu berarti, WiFi di laptop Anda dalam keadaan off.  Tetapi jika lampu indikator tetap menyala merah saat diaktifkan, mungkin ada kerusakan pada perangkat keras WiFI di laptop Anda. Selain itu, biasanya akan muncul Palang Merah pada ikon WiFi di laptop OS yang Anda gunakan.
  2. Perangkat modem atau titik akses di mana hotspot WiFi Anda berada dalam bermasalah atau tidak aktif. Hal ini dapat dilihat dari lampu indikator perangkat, jika perangkat yang terlihat untuk Anda.
  3. Driver WiFi pada laptop Anda tidak diinstal
  4. Pengaturan jaringan internet pada laptop Anda ada yang salah. Biasanya terjadi jika Anda adalah pengguna internet yang menggunakan SSH atau proxy tertentu. Ketika menggunakan akses WiFi publik, Anda lupa untuk mengatur ulang. Pengaturan untuk koneksi internet menggunakan SSH atau proxy dilakukan secara manual. Sedangkan, laptop WiFi adapter menerima IP address dan pengaturan lainnya secara otomatis karena bantuan teknologi DHCP.
  5. Anda salah memilih titik akses WiFi yang tersedia. Hal ini dapat terjadi jika Anda mencoba untuk terhubung dengan titik akses aktual yang digunakan untuk mengarahkan jaringan dengan jalur akses lain.
  6. Anda memasukkan password yang salah untuk masuk ke jaringan WiFi.
  7. Mode pesawat pada laptop dalam kondisi di. Hal ini berlaku untuk Windows 8 laptop OS-AC atau versi untuk itu.
  8. Ada Deskripsi  "akses terbatas " pada jaringan WiFi yang Anda gunakan.
  9. Tidak ada Deskripsi  "WiFi Unidenteridentifikasi "
  10. WiFi adapter driver menghilang tiba-tiba.
  11. WiFi terhubung dengan laptop, tetapi Anda tidak memiliki internet terbuka.
  12. WiFi mendadak tidak dapat dihubungkan karena daftar jaringan WiFi


Setelah Anda tahu penyebab laptop Anda tidak dapat terhubung ke WiFi, maka Anda mengetahui bagaimana menanganinya. Di sini kita akan memberikan cara untuk memecahkan laptop tidak dapat terhubung WiFi yang disebabkan oleh masalah pengaturan dan perangkat lunak pada laptop. Untuk masalah perangkat keras, Anda harus bertanya kepada orang yang lebih cerdas. Nah, inilah informasinya:

1. pengaturan jaringan internet laptop Anda salah

Untuk mengatasinya, Anda harus mengubah mode jaringan internet laptop dari pengaturan manual ke pengaturan otomatis (mode DHCP). Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Klik ikon WiFi di sudut kanan bawah layar Windows Anda.
  2. Klik  "Buka jaringan dan pusat berbagi "
  3. Klik  "Ubah adapter setting " terletak di sudut kiri atas jendela Network and sharing Center.
  4. Klik pada adapter WiFi, kemudian pilih Properties
  5. Klik dua kali pada  "Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
  6. Pilih  "mendapatkan dan alamat IP secara otomatis " dan  "mendapatkan alamat server DNS secara otomatis ". Tujuan dari adapter WiFi adalah untuk mencari IP address dan pengaturan DNS secara otomatis menggunakan DHCP.
  7. Klik OK dan tutup.


Cobalah untuk mengakses situs web di browser laptop Anda. Jika situs web yang diinginkan terbuka, maka masalah Anda teratasi

2. ada Deskripsi  "akses terbatas " pada jaringan WiFi
Satu masalah ini dapat disebabkan oleh tiga kemungkinan, yaitu: alamat IP yang Anda Dapatkan secara otomatis dari titik akses telah kedaluwarsa; Posisi laptop Anda terhadap titik akses terlalu jauh sehingga mempengaruhi sinyal WiFi Capture pada laptop Anda; Dan jumlah besar cache data WiFi pada laptop Anda yang menyebabkan bug di penerimaan sinyal WiFi di laptop Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan langkah berikut:

  1. Klik  "Start Menu " >  "Control Panel ".
  2. Setelah memasukkan  "Control Panel " jendela, pilih  "jaringan dan internet " >  "Network and sharing Center ".
  3. Di jendela  "Network and sharing Center ", klik  "Manage Wireless Networks ".
  4. Di jendela  "Manage Wireless Networks ", Anda akan melihat beberapa data cache dari WiFi yang telah Anda gunakan sebelumnya. Pada bagian ini, tugas Anda adalah untuk menghapus semua cache WiFi. Kemudian, pilih salah satu dari cache dan klik  "Remove ". Lakukan hal yang sama sampai semua cache WiFi telah dihapus.


Bagi Anda pengguna Windows 8, Anda dapat mendengarkan bagaimana mengatasi akses WiFi terbatas lebih rinci jendela 8 di situs kami. Hal yang sama berlaku untuk Anda Windows 10, karena kita pernah dibahas bagaimana mengatasi WiFi sebelumnya terbatas Windows 10 di situs ini.

3. ada Deskripsi  "WiFi Unidenteridentifikasi " (dengan ikon tanda seru)

Dalam hal ini, laptop Anda tidak menerima alamat IP serta server DNS dari hotspot WiFi yang Anda gunakan. Hal ini menyebabkan laptop Anda tidak dapat mengakses internet pada jaringan lokal atau internet. Untuk memperbaikinya, Anda harus memutus sambungan WiFi, lalu menyambungkannya kembali. Anda dapat melakukan langkah berikut:

  1. Klik ikon WiFi di sudut kanan bawah layar laptop Anda.
  2. Klik nama titik akses WiFi yang akan diputuskan
  3. Klik tombol  "Putuskan hubungan "
  4. Setelah status WiFi tidak terhubung, klik  "Connect " tombol lagi pada titik akses baru. Nah jalan adalah sama dengan cara menghubungkan WiFi ke laptop normal.
  5. Cobalah untuk mengakses situs web di browser laptop Anda. Jika situs web yang diinginkan terbuka, maka masalah Anda teratasi.


4. Instal ulang driver

Jika semua cara di atas masih tidak bekerja untuk memecahkan masalah laptop WiFi Anda, itu berarti masalah adalah di driver dari adaptor WiFi pada laptop Anda. Berikut langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Buka Start Menu, kemudian klik kanan pada My Computer dan Pilih Manage
  • Jendela properti sistem akan muncul. Di jendela tersebut, pilih pengelola perangkat.
  • Di jendela pengelola perangkat, cobalah untuk mencatat bagian  "adapter jaringan ", kemudian klik kanan pada nama adaptor WiFi di laptop Anda.
  • Pilih Uninstall. Anda tidak perlu khawatir, karena ketika proses deteksi ulang sistem, driver akan secara otomatis diinstal ulang.
  • Klik kanan pada jendela Device Manager, lalu pilih  "scan untuk hardware changes " untuk memulai proses deteksi ulang sistem.
  • Setelah deteksi ulang selesai, Anda dapat menutup jendela Device Manager.
  • Cobalah untuk mengakses situs web di browser laptop Anda. Jika situs web yang diinginkan terbuka, maka masalah Anda teratasi.

Bicara tentang WiFi, jika Anda ingin berbagi koneksi internet dari laptop Anda menggunakan WiFi, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi WiFi untuk laptop yang telah kita bahas di situs ini.

Begitu banyak informasi yang dapat kita berikan tentang laptop tidak dapat terhubung WiFi. Mudah-mudahan informasi yang kami berikan bermanfaat bagi Anda. Memiliki keberuntungan dan keberuntungan yang baik.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar