--> Skip to main content

Cara Menghubungkan Wifi Secara Manual dan Otomatis di Laptop Paling Mudah

Cara Menghubungkan Wifi Secara Manual dan Otomatis di Laptop Paling Mudah. Sebenarnya, WiFi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, tetapi juga komunikasi data lainnya, seperti transfer data antar perangkat. Mentransfer data dari smartphone ke laptop, misalnya, akan lebih praktis dan cepat jika menggunakan Wi-Fi yang tepat dibandingkan dengan kabel. Kita tidak perlu repot dengan kabel yang lupa untuk menyimpan di mana. Transfer data antar perangkat smartphone jauh lebih cepat saat menggunakan WiFi, daripada menggunakan Bluetooth. Terutama jika data dalam ukuran transfer hingga Giga byte nomor 

Kata WiFi jelas tidak asing bagi pengguna internet. Dan ketika mendengar kata WiFi, kebanyakan orang pasti akan memikirkan internet. Ya, WiFi yang berdiri untuk Wireless Fidelity adalah jaringan komputer tanpa kabel yang sering kita gunakan untuk mendapatkan akses internet. Seperti arti kata, Wireless = Cordless, dengan jaringan WiFi, kita tidak perlu terganggu dengan kabel ketika kita ingin menghubungkan laptop/PC ke jaringan internet.  Kisaran ini juga cukup luas, tergantung pada router. Jauh lebih efisien dan praktis daripada jika menggunakan kabel LAN. 

Kali ini akan berbicara tentang WiFi. Bagi Anda yang mencari tahu bagaimana menghubungkan WiFi untuk mendapatkan akses internet, Anda perlu membaca artikel ini sampai selesai. Karena dalam artikel ini, dosenIT akan menjelaskan langkah bagaimana mendapatkan akses internet dengan menghubungkan laptop Anda ke jaringan WiFi dalam beberapa cara. Selain itu, akan dibahas juga tentang pemecahan masalah yang Anda temui. Bila Anda tidak dapat berhasil menghubungkan WiFi ke laptop Anda. Baca juga: masalah yang sering terjadi pada jaringan LAN.
Cara Menghubungkan Wifi Secara Manual dan Otomatis di Laptop Paling Mudah

Berikut adalah cara untuk menghubungkan WiFi termudah:

Cara Hidupkan wifi pada laptop

WiFi di laptop biasanya dapat menyala atau mati. Jika WiFi di laptop Anda mati alias tidak diaktifkan, laptop tidak akan dapat menangkap sinyal WiFi yang ada di sekitar laptop Anda. Untuk itu Anda harus menghidupkan WiFi pada laptop Anda pertama 

Tapi sebelum Anda harus memastikan tetap, bahwa laptop Anda memiliki fasilits WiFi. Laptop output sekarang tidak memiliki fasilitas WiFi, tetapi pada laptop fasilitas jadul WiFi jarang ditemukan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengaktifkan WiFi di laptop Anda:

Menggunakan tombol WiFi

Pada beberapa laptop, biasanya menambahkan tombol khusus untuk menyalakan atau mematikan WiFi pada laptop. Jika WiFi pada laptop dimatikan, coba cari tombol itu. Kemudian mengubah posisi tombol yang mati, menjadi hidup sehingga fasilitas WiFi pada laptop Anda dapat digunakan. Biasanya ada lampu indikator WiFi pada laptop, yang akan menyala ketika WiFi dalam keadaan hidup. Jadi Anda dapat memeriksa apakah WiFi Anda telah dinyalakan atau mati berdasarkan Flash lampu indikator WiFi (juga membaca: fungsi modem ADSL).

Menekan tombol FN + tombol fungsi pada keyboard

Jika Anda tidak menemukan tombol fisik untuk mengaktifkan atau menonaktifkan WiFi pada laptop Anda, Anda juga dapat mengaktifkan WiFi melalui tombol pada keyboard laptop Anda.  Keyboard laptop pada umumnya memiliki tombol FN, untuk mengaktifkan fungsi tertentu pada laptop. Seperti fungsi untuk menyesuaikan kecerahan layar, mengatur tampilan layar ketika terhubung ke proyektor, dan banyak fungsi lainnya termasuk fungsi untuk menyalakan laptop WiFi. Baca juga: fungsi tombol keyboard.

Untuk mengaktifkan WiFi di Axioo laptop saya, saya harus menekan tombol FN + F11. Sementara pada laptop merek lain berbeda lagi, beberapa harus menekan FN + F2, beberapa juga harus menekan tombol FN + F12. Jadi yang tombol Anda tekan tergantung pada jenis laptop yang Anda miliki. Untuk mengetahui dengan mudah, Anda hanya perlu mencari tombol tampilan seperti gambar sinyal.

Melalui panel kontrol

Jika Anda memiliki kesulitan untuk menemukan tombol untuk menghidupkan WiFi pada keyboard, atau jika tombol FN pada layar Anda tidak dapat berfungsi/rusak, Anda dapat mengaktifkan WiFi melalui kontrol panel. Cara berikut:


  1. Buka menu panel kontrol. Jika Anda menggunakan Windows 7, Anda dapat mengaksesnya melalui Start Menu > Control Panel. Sementara pada Windows 8 di atas, Anda dapat mengaksesnya melalui Charm Bar setting > Control Panel.
  2. Pada menu panel kontrol, buka opsi jaringan dan internet > jaringan dan pusat berbagi
  3. Klik opsi Ubah pengaturan adapter yang terletak di sebelah kiri di jendela jaringan dan pusat berbagi.
  4. Anda akan menemukan beberapa ikon, seperti ikon LAN (local area Connection), serta ikon Wireless Network Connection.
  5. Klik kanan pada ikon Wireless Network Connection.
  6. Beberapa opsi akan muncul, klik Aktifkan untuk mengaktifkan WiFi
  7. Untuk mematikan WiFi lagi, Anda dapat melakukan hal yang sama, kemudian klik opsi Disable. 


Cara Koneksikan wifi


Setelah WiFi di laptop Anda dihidupkan, maka Anda harus menghubungkan/terhubung laptop WiFi Anda ke salah satu hotspot WiFi yang tersedia untuk laptop Anda untuk dihubungkan ke internet. Baca juga: jenis jaringan komputer jenis. Untuk terhubung ke WiFi, Anda dapat melakukan hal berikut:

Melalui task bar

  1. Di ujung kanan taks Bar ada ikon WiFi, klik ikon.
  2. Kemudian jendela nirkabel akan muncul.
  3. Jika belum terhubung, maka ikon wirelees mengatakan Connection adalah avaliable, maka akan muncul tidak terhubung.
  4. Di bawah ikon itu akan muncul pilihan hotspot di dekat Anda yang terjangkau oleh laptop WiFi.
  5. Klik hotspot yang akan Anda Hubungkan dengan WiFi laptop Anda
  6. Opsi Connect akan muncul, klik opsi.
  7. Jika WiFi menggunakan password, maka akan muncul kotak dialog Security Key
  8. Masukkan password WiFi di bidang yang tersedia. Kemudian klik OK.
  9. Sistem akan bekerja. Tunggu sebentar, WiFi Anda akan terhubung segera.


Melalui control panel

Jika Anda tidak menemukan ikon nirkabel pada taskbar Anda, Anda dapat bukannya Wireless Windows dan menghubungkan WiFi melalui Control Panel. Berikut cara menghubungkannya:

  1. Buka menu panel kontrol. Jika Anda menggunakan Windows 7, Anda dapat mengaksesnya melalui Start Menu > Control Panel. Sementara pada Windows 8 di atas, Anda dapat mengaksesnya melalui Charm Bar setting > Control Panel.
  2. Pada menu panel kontrol, buka opsi jaringan dan internet > jaringan dan pusat berbagi
  3. Klik opsi Ubah pengaturan adapter yang terletak di sebelah kiri di jendela jaringan dan pusat berbagi.
  4. Anda akan menemukan beberapa ikon, seperti ikon LAN (local area Connection), serta ikon Wireless Network Connection.
  5. Klik kanan pada ikon Wireless Network Connection.
  6. Beberapa pilihan akan muncul, klik Connet/Disconnet untuk menampilkan jendela nirkabel
  7. Setelah jendela kawat muncul, Anda akan menemukan pilihan Hostspot yang terjangkau oleh laptop Anda.
  8. Klik hotspot yang akan Anda Hubungkan dengan WiFi laptop Anda
  9. Opsi Connect akan muncul, klik opsi.
  10. Jika WiFi menggunakan password, maka akan muncul kotak dialog Security Key
  11. Masukkan password WiFi di bidang yang tersedia. Kemudian klik OK.
  12. Sistem akan bekerja. Tunggu sebentar, WiFi Anda akan terhubung segera.


Selain dua cara yang disebutkan di atas, Anda juga dapat mengakses jendela menu nirkabel dengan menekan tombol FN dan tombol fungsi (F2/F11/F6/..) pada keyboard. Memang tombol berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan WiFi, tetapi ketika menyalakan WiFi melalui tombol, secara otomatis jendela menu Wirelees akan muncul (Baca juga: jenis keyboard komputer tipe

Troubleshooting
Jika WiFi pada laptop Anda masih tidak dapat terhubung meskipun WiFi telah di, mungkin ada masalah yang terjadi pada WiFi di laptop Anda, atau pada penyedia router WiFi hotspot. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebabnya untuk laptop Anda 

Driver Wifi

Ketika menginstal laptop dengan Windows 7 dan di atas, kita biasanya tidak perlu menginstal driver hardware yang mendukung komputer, seperti Sound, VGA, TouchPad, dan lain-lain, termasuk driver WiFi. Namun dalam beberapa kasus, driver default Windows tidak benar sesuai dengan perangkat keras. Untuk itu Anda masih perlu menginstal driver WiFi default laptop Anda, yang biasanya termasuk dalam bentuk CD ketika membeli laptop.

Selain driver yang mengalami korupsi juga dapat menyebabkan WiFi Anda tidak dapat dihubungkan, untuk itu Anda perlu Merepairnya, atau menginstal ulang driver WiFi pada laptop Anda (Baca juga: Bagaimana memilih komputer server).

Router

Jika Anda yakin bahwa laptop Anda tidak bermasalah, itu bisa menjadi fungsi yang bermasalah Routerlah. Untuk memastikan, Anda dapat menyambungkan WiFi ke hotspot dari router lain, atau hotspot dari ponsel cerdas Anda misalnya. Jika Anda dapat terhubung dengan baik pada hotspot selain hotspot router, maka router bermasalah. Baca juga: perbedaan router dan switch.

Pengaturan statis IP

Terkadang IP dari Addres Anda gunakan ketika terhubung dengan konflik WiFi hotspot, sehingga WiFi laptop Anda tidak dapat terhubung dengan benar. Untuk itu Anda perlu me-reset IP address dan DNS Server pada laptop Anda. Anda dapat mengaksesnya melalui Control Panel > Network dan internet > Networking dan sharing Center > Change adapter >

Wireless Network Connection > properti. Jika Anda tidak terbiasa dengan itu, Anda harus sangat berhati-hati untuk membuat perubahan pada IP Addres Anda. Baca juga: fungsi router Mikrotik, fungsi VPN.

Virus

Laptop yang terkena virus/malware dapat menyebabkan laptop Anda tidak terhubung ke WiFi.  Untuk mengatasinya Anda harus melakukan Winsock reset. Cara mengetik jalankan pada menu mulai, kemudian ketik CMD untuk membuka wantian perintah. Setelah jenis netsh Winsock reset pada prompt perintah kemudian restart laptop Anda.

Dengan demikian artikel tentang cara menghubungkan WiFi ke laptop ini, Anda perlu mengaktifkan WiFi laptop pertama melalui tombol WiFi, FN + tombol fungsi pada keyboard, dan Control Panel. Setelah itu Anda dapat menghubungkan WiFi laptop Anda, melalui task bar atau Control Panel.

Akhir kata, mudah-mudahan artikel ini dapat membantu Anda dalam mendapatkan informasi yang Anda butuhkan. Jika Anda memiliki pertanyaan, penambahan, atau komentar yang membangun, jangan ragu untuk, meninggalkan pesan. Jangan lupa untuk berbagi ya jika Anda merasa artikel ini berguna. Dan terima kasih..
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar