Skip to main content

Cara Memilih Kado Natal untuk Anak yang Sesuai dengan Ajaran Kristen

Cara Memberikan Kado Natal untuk Anak yang Sesuai dengan Ajaran Kristen. Untuk anak, hari Natal yang paling diantisipasi pasti hadiah Natal. Selain itu, kesan Natal dalam pikiran mereka selalu identik dengan sosok Santa Claus yang mencintai untuk memberikan hadiah kepada anak. Jadi ada begitu banyak orang tua yang mempersiapkan hadiah untuk anak mereka, dan merujuk kepada mereka sebagai hadiah dari Santa Claus.

Tapi sebagai orangtua, Apakah Anda tahu bahwa sosok Santa Claus sendiri dapat membuat anak menafsirkan Natal dengan makna yang salah? Jelas bahwa sosok Santa Claus tidak ada sama sekali dalam Alkitab. Kisah Santa Claus adalah hanya sebuah legenda dari Barat yang sering keliru bagi seseorang yang memiliki kekuatan seperti Tuhan Yesus. Hal ini dapat dilihat dari beberapa film Natal tentang Santa Claus seperti The Polar Express.

Tanpa pemberitahuan, anak akan lebih dikenang dengan sosok Santa Claus dibandingkan dengan sosok lain yang harus menjadi karakter utama dalam Natal, yaitu Tuhan Yesus. Tidak bahwa Santa Claus seharusnya tidak berada di sana pada hari Natal ya. Tapi itu sangat penting bagi orang tua untuk mulai memperkenalkan makna sebenarnya dari Natal untuk anak. Mungkin anak telah mendengar banyak cerita tentang Tuhan Yesus di sekolah minggu. Tapi itu tidak sakit jika kita menceritakan sejarah Natal atau hari kelahiran Yesus yang selalu diperingati setiap tahun. Di mana cerita dapat disampaikan pada saat mempersiapkan hadiah Natal kepada mereka dengan cara berikut:

1. Karunia Tuhan Yesus, tidak Santa Claus
Seluruh dunia tahu cerita tentang Santa Claus yang akan memberikan hadiah kepada anak yang berbuat baik pada hari Natal. Kita dapat menerapkan cerita ketika akan memberikan anak hadiah Natal. Trik dengan mengatakan kepada mereka bahwa yang memberikan hadiah adalah Tuhan Yesus, bukan Santa Claus. Jelaskan kepada mereka bahwa Tuhan Yesus memberikan karunia bukan hanya karena mereka telah menjadi anak yang baik. Tetapi karena Tuhan Yesus mengasihi mereka dengan sangat baik. Pengajaran ini akan membuat anak memahami kasih Yesus bagi mereka, sehingga mereka juga harus mengasihi Tuhan Yesus.

2. Ajarilah mereka untuk meminta karunia yang mereka inginkan dengan berdoa kepada Yesus
Sebelum Natal tiba, mintalah anak-anak untuk mulai memikirkan tentang karunia apa yang mereka inginkan pada hari Natal. Kemudian jelaskan kepada mereka bahwa Tuhan Yesus akan memberikan karunia itu seperti juga mereka berdoa dengan tekun. Ajari mereka cara yang benar dan tulus untuk berdoa. Itu dapat mengajarkan kepada anak, bahwa dengan berdoa, Tuhan akan mendengar semua permintaan dari hati mereka. Dan jangan lupa untuk mengatur hadiah dan memberikannya kepada mereka pada hari Natal.

3. Undanglah mereka untuk tidak hanya menerima karunia, tetapi juga untuk memberikannya kepada orang lain
Tidak perlu menyiapkan hadiah mahal, kita bisa membeli beberapa cokelat atau barang sederhana lainnya, dan mintalah anak-anak untuk memberikannya kepada teman mereka di sekolah. Hal ini dapat mengajarkan anak untuk berbagi cinta pada hari Natal.

4. Jelaskan kepada mereka bahwa karunia terbesar di hari Natal adalah kelahiran Juruselamat
Mungkin mereka akan mendengar ini selama sekolah minggu tetapi sebagai orang tua, itu baik jika kita menjelaskannya kembali kepada mereka. Ingatkan anak bahwa hal terpenting pada hari Natal bukanlah pohon Natal, Sinterklas, atau hadiah yang mereka terima. Tetapi jelaskan bahwa kelahiran Juruselamat mereka yang sesungguhnya adalah yang paling penting pada hari Natal.

Peran orang tua dalam mendidik anak sangat berpengaruh, terutama jika mendidik mereka dengan ajaran Kristen yang baik dan benar. Salah satunya adalah ketika kita memberikan hadiah pada hari Natal. Jika kita bisa menerapkan yang di atas, percayalah bahwa kita tidak hanya memberikan hadiah kepada anak. Tapi itu memberi mereka sesuatu yang penting bagi mereka, berita Injil kasih Tuhan Yesus yang telah dilahirkan ke dunia. Ini akan sangat dikenang oleh mereka dan makna Natal bagi mereka akan lebih berkesan.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar