--> Skip to main content

10 Tokoh Alkitab yang Patut Wajib Umat Kristiani Teladani Karena Bersikap Adil

Tokoh Alkitab yang Patut Wajib Umat Kristiani Teladani. Kita, manusia, sering mempertanyakan apa sebenarnya tujuan kita diciptakan di dunia ini. Tapi jawabannya sangat jelas. Tuhan sedang mengerjakan penciptaan manusia untuk meluaskan Kerajaan Sorga di bumi. Dia menginginkan kemuliaan Allah untuk hadir di dunia, dirasakan oleh semua orang. Kita hanya dapat melakukannya jika kita melakukan semua Firman Tuhan dalam kehidupan kita. Firman Tuhan kita bisa mengerti, kita bisa belajar, melalui Alkitab yang sudah tersedia bagi kita. Kita perlu membaca Alkitab setiap hari dan lebih melakukannya dengan semua pujian dan syukur.

Yesaya 1:17 belajar berbuat baik; Carilah keadilan, kendalikan yang jahat; Ambillah hak anak yatim, bertarunglah dengan apa yang dari janda itu! Amos 5:15 bencilah yang jahat dan yang baik; dan menegakkan keadilan di pintu gerbang; Barangkali Tuhan, dewa semesta alam, akan mengasihi sisa keturunan Yusuf. Mikha 6:8  "Hai manusia, yang telah diberitahu kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang diminta Tuhan dari apdamu: tetapi untuk melakukan dengan adil, untuk mengasihi kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati terhadap Allahmu? "

Yesaya 1:17 belajar berbuat baik; Carilah keadilan, kendalikan yang jahat; Ambillah hak anak yatim, bertarunglah dengan apa yang dari janda itu! Amos 5:15 bencilah yang jahat dan yang baik; dan menegakkan keadilan di pintu gerbang; Barangkali Tuhan, dewa semesta alam, akan mengasihi sisa keturunan Yusuf. Mikha 6:8  "Hai manusia, yang telah diberitahu kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang diminta Tuhan dari apdamu: tetapi untuk melakukan dengan adil, untuk mengasihi kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati terhadap Allahmu? "

Ada banyak hukum dan peraturan yang Tuhan Sajikan melalui pembacaan Alkitab. Dari banyak aturan, salah satu hukum yang telah disampaikan Allah adalah untuk berjuang untuk keadilan. Kita harus melaksanakan keadilan dimanapun Allah menempatkan kita. Hukum ini bahkan Allah telah menyampaikan berkali-kali. Dengan menegakkan keadilan, kita menjadi Surat terbuka Kristus. Kita melakukan tugas kita sebagai garam dan terang dunia ketika kita menyuarakan keadilan seperti cara gereja advokat untuk keadilan dalam masyarakat. Namun, Allah tidak hanya memberikan kita perintah untuk menegakkan keadilan. Tuhan juga menjadi teladan bagi kita melalui kisah keadilan dalam Alkitab sehingga kita tidak akan merasakan kesulitan apapun dan kemudian menolak untuk menegakkan keadilan. Berikut adalah beberapa contoh tokoh Alkitab yang adil untuk menjadi contoh bagi kita.

1. Salomo
1 Raja 3:28 ketika semua orang Israel mendengar penghakiman hukum yang diberikan raja, maka mereka takut kepada raja, karena mereka melihat bahwa hikmat dari Allah ada di dalam hatinya untuk melakukan keadilan.

Kebanyakan kita pastinya sudah tahu siapa Salomo. Salomo adalah raja yang dikenali sebagai hikmat Salomo. Selain itu, ia juga dikenal sebagai tokoh alkitabiah yang adil. Keadilan-nya terbukti jelas ketika ia harus memberikan keputusan tentang hak kepemilikan bayi.

Suatu hari datanglah dua wanita yang menghadap raja Salomo. Keduanya melahirkan anak itu dan berdiam di dalam rumah. Namun, di pagi hari, salah satu anak itu mati. Kedua wanita mengenali anak yang hidup sebagai anaknya. Raja Salomo kemudiannya memberikan keputusan untuk memotong anak itu menjadi dua. Seorang wanita menerima keputusan itu karena merasa keputusan itu adil. Namun, wanita lain menolak dan lebih memilih untuk memberikan anak kepada wanita lain. Melalui kedua pendapat itu, raja Salomo memutuskan bahwa pemilik anak itu adalah wanita kedua. Cerita ini menunjukkan keadilan Salomo dalam membuat keputusan.

2. Amos
Amos 5:7 Hai kamu yang mengubah keadilan menjadi gelders, dan yang mengambil kebenaran ke tanah!

Meskipun Alkitab memiliki sebuah buku tentang Amos, tidak banyak orang yang begitu akrab dengan Amos. Amos adalah orang biasa yang bekerja sebagai gembala dan kolektor buah ara. Walaupun dia orang normal, Amos diutus oleh Tuhan untuk memberitakan FirmanNya. Allah meminta Amos untuk menyampaikan kebenaran kepada ketidakadilan sosial Israel. Tentu saja Tuhan tidak sembarangan memilih Amos. Amos pasti telah dipilih kerana dia seorang figur alkitabiah yang adil.

3. David

2 Samuel 8:15 Demikianlah Daud memerintah atas seluruh Israel dan menegakkan keadilan dan kebenaran kepada seluruh umatNya.

Daud adalah raja orang Israel kedua menggantikan Saul. Sejak permulaan, karakter Daud selalu bersandar pada Firman Tuhan. Ia adalah seorang raja diagung-agungkan. Daud bukanlah raja yang biasa-biasa saja. Berkat Tuhan selalu turun ke atas dirinya selama masa pemerintahannya bagi bangsa Israel. Tuhan juga memberkatinya sebagai sosok yang adil dalam Alkitab. Sebagai seorang raja, Daud dikenal selalu menjunjung tinggi keadilan dan kebenaran.

4. Deborah
Hakim 4:9 Deborah berkata:  "Yah, aku lakukan! Hanya, engkau tidak akan memiliki kehormatan dalam perjalanan yang telah engkau lakukan, karena Tuhan akan memberikan Sisera ke dalam tangan seorang wanita.  "Kemudian Debora bangun dan pergi bersama Barak ke Kedesh

Debora adalah seorang wanita yang menjadi hakim bangsa Israel yang diberitahu dalam ayat Alkitab tentang wanita bijak. Ketika dia ingin mengalahkan Sisera, Tuhan meminta Deborah untuk maju melawan bangsa itu. Namun, Barak ingin membantu Debora. Kita mungkin berpikir bahwa Barak memiliki bagian. Namun, Debora tetap menyatakan bahwa Sisera adalah bagian darinya karena Allah sendiri yang mengaturnya. Deborah menyajikan dirinya sebagai sosok yang adil dari Alkitab, bukan pada keadilan manusia, tetapi keadilan Allah.

5. James
Lukas 9:54 ketika kedua murid-Nya, Yakobus dan Yohanes, melihatnya, mereka berkata,  "Tuhan, maukah engkau agar kami dapat mengirimkan api turun dari surga, untuk menghancurkan mereka? "

Yakobus, seorang yang adalah murid Kristus, sering diberikan julukan Yakobus yang adil. Sepanjang pelayanannya, Yakobus adalah orang yang saleh. Dia terus berdoa untuk setiap Jemaat. Yakobus dikenal melalui kebenaranNya yang pertama dengan Yohanes. Ketika dia mendengar orang Samaria menolak Yesus, Yakobus dan Yohanes berusaha untuk bersikap adil. Mereka berpikir bahwa orang Samaria ini perlu mendapatkan hukuman. Namun, keadilan ini ternyata keadilan manusia, bukan keadilan Allah sampai Yesus menegor mereka.

6. Zakharia
Lukas 1:6 kedua-duanya adalah benar di hadapan Allah, dan hidup sesuai dengan perintah Tuhan dan ketetapan tanpa cela.

Zakharia adalah Bapa kepada Yohanes Pembaptis. Rupanya, tidaklah dengan sembarangan bahwa Allah memilih Zakharia dan Elisabet, istrinya, untuk menjadi orangtua Yohanes Pembaptis. Baik Zakharia maupun Elisabet keduanya benar di hadapan Allah. Mereka hidup sesuai dengan perintah dan ketetapan Allah, yang berarti mereka adalah sosok yang adil dalam Alkitab.

7. Yusuf dari Arimatea
Lukas 23:50 adalah seorang lelaki bernama Yusuf. Dia adalah anggota majelis agung, dan yang baik sekali lagi adalah benar.

Dalam bahasa aslinya, kata ' True ' yang digunakan dalam ayat ini juga merujuk kepada keadilan. Ini bermakna bahawa Yusuf dari Arimatea adalah sosok alkitabiah yang sangat adil. KebenaranNya juga ditunjukkan dengan ketidaksetujuan dari pengadilan dan tindakan pada penyaliban Yesus. Dia akhirnya memilih untuk membantu menguburkan Yesus.

8. Rahab
Yakobus 2:25 dan tidak demikian juga Rahab,, yang dibenarkan oleh-Nya, ketika ia menyembunyikan mereka yang diberitahu di rumahnya, dan membantu mereka melewati jalan lain?

Sama seperti sebelumnya, kata ' benar ' dalam ayat ini juga merujuk pada keadilan menurut bahasa aslinya. Rahab adalah, tetapi juga merupakan figur alkitabiah yang adil.

Suatu hari, ketika Yosua, pemimpin bangsa Israel, ingin mengintai Yerikho, ia mengirim dua pengintai. Dua pengintai itu bermalam di rumah Rahab. Apabila raja Yerikho memerintahkan Rahab untuk menyerahkan pengintai, Rahab tidak akan. Sebaliknya, ia memberi jalan bagi pengintai untuk melarikan diri. Hal ini dianggap sebagai hal yang benar bagi Allah, tindakan yang benar untuk kemenangan bangsa Israel.

9. Yesus Kristus
Yohanes 2:16 untuk Merpati dia berkata:  "Ambillah hal ini dari sini, supaya jangan kamu menjadikan rumah ayahku tempat untuk dijual. "

Kita pasti tahu bahwa Yesus adalah sosok yang sangat lemah lembut. Namun, rupanya Yesus adalah orang yang bisa marah. Namun, kemarahan Yesus didasarkan pada penegakan keadilan. Yesus ingin menghapus ketidakadilan yang terjadi di Bait Suci. Para imam di Bait Suci melakukan transaksi jual beli dan merugikan orang miskin yang ingin memberikan pengorbanan. Kemarahan Yesus ini menunjukkan dirinya sebagai sosok yang adil dalam Alkitab.

10. Allah Bapa
Mazmur 9:9 Ia menghakimi dunia dengan keadilan dan menghakimi bangsa-orang dengan kebenaran.

Tidak heran Yesus, sang anak, menjadi sosok alkitabiah yang adil. Allah Bapa juga merupakan sosok yang adil dalam Alkitab. Kita mengenal Allah Bapa sebagai yang paling adil. Dia menghakimi dunia penuh keadilan. Tidak pernah Tuhan mendiskriminasikan memberikan penghakiman. Demikian juga dengan penghakiman yang akan terjadi di akhir dunia kemudian.

Ini adalah beberapa figur alkitabiah yang adil. Kita dapat melihat bahwa setiap sosok yang saleh adalah orang yang setia terhadap Firman Allah. Tidak satupun dari mereka melanggar Firman Allah. Mereka mengasihi Tuhan dengan begitu baik dan terus pada Firman Allah. Satu hal lagi yang perlu kita pelajari adalah kita harus menegakkan keadilan sesuai dengan keadilan Allah. Sering kita hanya berpikir dengan pikiran kita sendiri. Kita menjunjung keadilan menurut diri kita sendiri, bahkan mereka yang memperoleh manfaat dari diri kita sendiri. Sesungguhnya, seperti garam dan terang dunia, kita perlu melihat dari kacamata Allah. Kita harus menegakkan keadilan sesuai dengan kehendak Allah. Oleh karena itu, sama seperti Salomo, kita harus terus meminta hikmat dan hikmat dari Allah. Kita juga harus mengemulasi figur Alkitab ini dengan menyuarakan keadilan. Semoga semua kemuliaan bagi nama Allah. Tuhan memberkati.

Ini adalah beberapa figur alkitabiah yang adil. Kita dapat melihat bahwa setiap sosok yang saleh adalah orang yang setia terhadap Firman Allah. Tidak satupun dari mereka melanggar Firman Allah. Mereka mengasihi Tuhan dengan begitu baik dan terus pada Firman Allah. Satu hal lagi yang perlu kita pelajari adalah kita harus menegakkan keadilan sesuai dengan keadilan Allah. Sering kita hanya berpikir dengan pikiran kita sendiri. Kita menjunjung keadilan menurut diri kita sendiri, bahkan mereka yang memperoleh manfaat dari diri kita sendiri. Sesungguhnya, seperti garam dan terang dunia, kita perlu melihat dari kacamata Allah. Kita harus menegakkan keadilan sesuai dengan kehendak Allah. Oleh karena itu, sama seperti Salomo, kita harus terus meminta hikmat dan hikmat dari Allah. Kita juga harus mengemulasi figur Alkitab ini dengan menyuarakan keadilan. Semoga semua kemuliaan bagi nama Allah. Tuhan memberkati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar