Skip to main content

Tugas Gereja Dalam 3 Bentuk Pelayanan Koinonia

Gereja membantu kita sebagai orang Kristen sehingga kita dapat memiliki ukuran pertumbuhan rohani yang semakin besar dan menjadi masa depan manusia yang lebih baik. Ada berbagai hal yang dilakukan oleh gereja, dan hal ini memiliki beberapa bentuk pelayanan dan salah satu bentuk pelayanan itu sendiri adalah bentuk Kementerian koinonia. Berbicara tentang koinonia atau persekutuan, mungkin banyak orang akan mempertimbangkan bahwa apa yang dapat kita lakukan untuk mengimplementasikan bentuk pelayanan ini adalah hanya untuk mengikuti penyembahan yang diadakan di setiap gereja.

Tapi rupanya, bentuk layanan ini sebenarnya lebih mendasar dan menargetkan kita untuk melakukan hal-hal kecil yang dapat kita lakukan sehubungan dengan persekutuan. Apa yang gereja ingin lakukan adalah untuk membuat transformasi bahwa orang dari bus lebih baik dan tetap berada di jalan Allah. Karena ada beberapa jenis layanan yang dilakukan oleh gereja, maka berikut ini adalah beberapa bentuk layanan jenis koinonia yang dapat kita lakukan.

1. Ikuti doa lingkungan

Bentuk pertama layanan koinonia yang bisa kita lakukan adalah mengikuti doa lingkungan yang biasanya diadakan secara rutin dari satu keluarga ke yang lainnya. Dengan mengikuti doa di lingkungan, kita secara langsung dan secara sadar ingin mengambil bagian dalam persekutuan bersama – sama seperti Anda dengan berdoa bersama, memuji, dan memuliakan nama Tuhan, Tuhan sendiri hadir di tengah kita lebih banyak ketika kita mengimplementasikan dan melakukan internalisasi cara berdoa yang benar.

Dalam doa lingkungan juga kita dapat mengambil bagian untuk membantu mempersiapkan persiapan yang diperlukan mulai dari pengaturan acara, menetapkan tempat, untuk makan bersama dengan para saudara kita. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat aliansi merasa lebih dekat dan nyaman untuk dilakukan ketika kita berpartisipasi dalam mengambil bagian dan menjalankan sesuatu dalam ketulusan.

2. hadiri acara yang diselenggarakan gereja

Gereja akan membantu orang untuk tumbuh dan berkembang dalam iman mereka dan kepercayaan kepada Tuhan Yesus. Selain itu, Gereja juga membantu orang untuk menjadi orang yang lebih baik di masa depan. Ada beberapa bentuk layanan koinonia yang diselenggarakan oleh gereja dengan tujuan yang baik. Dan sebagai orang, adalah baik untuk menghargai dan mengetahui penyebab baik bahwa gereja ingin capai untuk kebaikan kita semua. Dalam waktu satu tahun, Gereja dapat menyelenggarakan banyak acara mulai dari retret, berkemah spiritual, seminar, dan banyak hal lainnya.

Ada juga contoh peran Gereja sebagai lembaga sosial karena mengundang orang percaya untuk menggalang dana dan menyumbangkan sedikit uang kepada saudara dan saudari kita yang kurang beruntung. Mengikuti peristiwa yang diorganisasi oleh gereja juga membuat kita aktif dalam aliansi berikut. Semua peristiwa yang diorganisasi oleh gereja juga akan membantu orang dalam pengembangan iman dan kepercayaan karena akan ada khotbah, atau meditasi yang disampaikan oleh penyelenggara acara atau bahkan langsung disajikan oleh pendeta paroki atau pendeta.

3. Ikuti kaum muda di gereja

Salah satu tantangan gereja saat ini adalah kurangnya minat remaja putra dan putri untuk mengambil bagian dalam pengembangan gereja. Banyak dari mereka cenderung untuk memikirkan kepentingan pribadi dan tampaknya dapat menyelesaikan semuanya sendiri. Menanggapi ini, beberapa orang yang sangat prihatin terhadap keadaan gereja berusaha untuk menjadikan pertemuan remaja lebih menarik sehingga akan ada lebih banyak remaja dan remaja putra yang menginginkan dan berperan serta dalam penemanan iman.

Sebagai remaja putra atau remaja putri, kami juga memperoleh manfaat dari keberadaan persekutuan ini karena kami telah berhasil melakukan salah satu dari sekian banyak bentuk layanan koinonia yang dapat kami lakukan. Ketika kami berakhir di akhirat dan mengambil bagian dalam kegiatan pemuda dan perempuan muda, maka hanya dengan memberikan gambaran tentang apa acara akan berada di kursus berikutnya kami telah memberikan kontribusi kepada Kementerian koinonia. Jadi, kita perlu berkecil hati ketika kita tidak bisa mengadakan persekutuan yang besar karena dengan ide kita kita telah membuat kontribusi yang baik dengan niat baik pula.

Beberapa informasi mengenai bentuk layanan koinonia yang dapat saya bagikan kepada Anda. Ingatlah bahwa untuk melakukan semua jenis pelayanan, kita tidak perlu memikirkan apa pun yang terlalu besar untuk dilembagakan terlebih dahulu. Pikirkan terlebih dahulu tentang apa yang dapat kita lakukan, karena tanpa sesuatu yang kecil, hal yang besar tidak akan terwujud. Dan dengan mengkhawatirkan hal kecil yang sesuai dengan kemampuan kita, kita akan mampu melakukan pelayanan sepenuh hati kita untuk kemuliaan Allah. Terima kasih atas waktu yang Anda berikan, mudah-mudahan semua artikel dan berbagai kebaktian Kristen yang ada di website kami dapat membantu Anda untuk menumbuhkan iman dan kepercayaan pada Tuhan. Tuhan Yesus memberkati kita semua.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar