--> Skip to main content

Tantangan Gereja Masa Kini Dari Luar dan Dalam serta Cara Mengatasinya

Tantangan Gereja Masa Kini Dari Luar dan Dalam serta Cara Mengatasinya. Tantangan zaman postmodern semakin besar di depan mata kita. Apakah ada tempat untuk pandangan alkitabiah pada zaman postmodern? Apakah kita memiliki kepercayaan dan nilai mereka dengan menjawab tanggapan Logis terhadap berbagai tantangan dari Gereja sekarang dan bagaimana mengatasinya? (Baca juga: pandangan iman Kristen pada gaya hidup modern)

Tantangan Gereja Advent saat ini


Secara luas, ada 3 tantangan yang paling penting yang harus dihadapi oleh remaja – Advent Kristen adalah sebagai berikut: 

1. Tantangan eksternal

Keberadaan zaman pasca-modern di era baru yang menimbulkan moralitas baru dengan standar pribadi, seperti LGBT, homose-ksual dan poligami. Standar pribadi telah menjadi agama baru menggantikan Kekristenan. Ini bertentangan dengan rancangan Tuhan dalam penciptaan manusia (Kejadian 2:18). 

Isu radikalisme keagamaan, seperti propaganda, terorisme dan berbagai gerakan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang berada dalam aksi ekstrem. Seolah-olah untuk sudut setiap gereja. Tidak hanya itu, juga menimbulkan gejala intoleransi keagamaan dan fanatisme serta eksklusivitas yang berlebihan dalam hubungan sosial keagamaan di masyarakat. Hari ini, banyak orang Kristen muda yang mudah terjebak dalam informasi yang keliru, provokasi dan berita palsu yang menjadi Viral di media sosial. Sehingga mereka dapat menjadi target utama perekrutan kelompok radikal yang mengembangkan jaringan, sebagai berikut:

  • Kebangkitan bidaah dan bidaah dengan tradisi bidat, seperti Gnostik, Mormonisme, Christian Science, Saksi Yehovah dan seterusnya. Ini bertentangan dengan peringatan Yesus kepada murid-muridnya (Mat. 24:3-14; 1Timotius 1:3; Roma 16:17). (Baca juga: pagan menurut Kekristenan)
  • Penganiayaan terhadap umat Kristen dianggap sebagai antisosial dan menyebabkan kerusuhan. Seperti yang diceritakan mengenai ketaatan kepada Stefanus (martir Kristen) dan sejumlah gereja di Yerusalem (Kis. 7:54-8:3). (Baca juga: hak asasi manusia menurut iman Kristen)
  • Orang yang semakin pandai dan hidup merasa seakan-akan mereka tidak lagi membutuhkan Tuhan. Ini bertentangan dengan kehendak Allah (Roma 12:16  "tetapi berikan dirimu pada hal yang sederhana. Jangan menganggap diri Anda pintar! ").
  • Hidup pemalasan sering terjadi, meskipun dipenuhi dengan berbagai kecanggihan peradaban dunia. Contohnya adalah bahwa banyak gereja mencerminkan dunia secara pragmatis untuk membenarkan segala cara. Hal ini bertentangan dengan gereja di Sardis telah mempertahankan reputasi mereka dengan cara kompromi (Rev. 3:4-6).

2. Tantangan internal
Pembagian Jemaat disebabkan masalah Wang, tafsiran yang berlainan, perbedaan dalam kepentingan kelompok dan seterusnya (1 Korintus 3:3). Divisi harus terjadi untuk melihat siapa yang memegang ujian. Tapi, jangan biarkan itu menjadi sumber pembagian. Kita harus ingat kenyataan bahwa Yesus tidak menginginkan perpecahan (Mat. 12:25). (Baca juga: janji Tuhan Yesus kepada orang percaya)

3. Tantangan individualisme
Orang super sibuk dengan dunia mereka sendiri. Sebuah contoh adalah generasi Milenium sering tergantung pada alat gadget yang paling canggih. Jadi gadget sudah sebuah alats ' Idol ' model baru. Dilihat dari setiap Jemaat jarang membawa Alkitab cetak karena Alkitab sudah merupakan Alkitab digital di HP atau iPad. Bahkan lebih menyedihkan selama kebaktian, mereka masih bermain media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan sebagainya. Ini adalah permulaan dari hedonisme dan materialisme yang sering dilakukan oleh orang Kristen (Yakobus 4:1 – 5:6; 1 Yohanes 2:15-17). 

Tidak ada kasih persaudaraan yang mempengaruhi persaingan individu bahkan antar bangsa. Contohnya adalah perzinahan dan perceraian. Banyak yang tidak peduli tentang orang lain dan tidak berkomitmen untuk memprioritaskan Alkitab sebagai pedoman kunci dalam hidup mereka. 

Kita sebagai anak Allah harus melakukan transformasi hati yang sesuai dengan pandangan John Stott yang berisi  "jantung masalah manusia adalah masalah hati manusia ". Bagaimana melakukan transformasi hati, termasuk:

  • Memerlukan kesediaan untuk dibentuk semula oleh Tuhan walaupun prosesnya tidak mudah. Kita perlu berdiam di hadapan Tuhan untuk memohon kepada Allah agar mengubah hati kita. Meskipun kita sebagai gereja memiliki tato mereka sendiri, kita akan didasari oleh Roh Kudus pada saat kita datang kepada Allah. Harus mengejar apa yang membawa kedamaian dan berguna untuk membangun satu sama lain (Roma 14:19). (Baca juga: etika Kristen)
  • Memberitakan Injil kepada siapapun yang belum percaya. Mengkhotbahkan INJL adalah suatu keharusan dan tugas bagi orang percaya untuk kemuliaan Tuhan bukan untuk kemegahannya sendiri (1Korintus 9:16) agar kita dapat memahami maksud dan rencana Tuhan (Mat. 28:19).
  • Haruslah bersatu dan Sehati dengan para hamba hamba yang lain (1 Korintus 1:10-17; 1 Korintus 3:9). Tetapi gunakanlah karunia yang kita miliki untuk membangun tubuh Kristus. Untuk membina jemaat, kita adalah tubuh Kristus dan Kristus adalah kepalanya (1 Korintus 12:27; Efesus 5:30; 2 Timotius 2:24). (Baca juga: cara memasukkan Kisten)
  • Gereja seharusnya tidak pernah bosan untuk terus mengingatkan jemaatnya di mana setiap manuasi harus berperilaku tepat di atas gadget, yaitu secara teratur dan indah jika kita menyingkirkan Gadget dan berkomunikasi secara verbal dengan keluarga kami di rumah atau oleh orang lain di tempat lain. 

Terlepas dari kesulitan dan tantangan yang sering dihadapi, kita harus tetap setia dalam menjalankan perintah-Nya dengan memiliki hati yang peka terhadap orang lain dan memiliki jiwa yang tulus sehingga siapa pun yang ingin bertobat dan diselamatkan kemudian memperoleh keselamatan, yang adalah karunia Allah (Yohanes 3 16 1 Timotius 2:4; 2 Petrus 3:9).

Pada intinya, kita harus menyajikan dan model cara berpikir tentang tantangan gereja sekarang dan bagaimana mengatasinya dengan mengklarifikasi budaya mereka bahwa iman Kristen (Roma 15:6; 1 Yohanes 5:4-5) harus relevan dengan semua pertanyaan dari tantangan. Mudah-mudahan gereja sekarang tantangan artikel dan bagaimana mengatasinya bermanfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar