Skip to main content

Pengertian Allah Tritunggal - Ajaran Gereja Mahakudus Dalam Rumusannya

Pengertian Allah Tritunggal - Ajaran Gereja Mahakudus Dalam Rumusannya. Judul yang saya adopsi kali ini dalam perjalanan ajaran gereja tentang Trinitas kudus atau juga dikenal sebagai Trinitas dalam kekristenan adalah salah satu topik yang paling sering diperdebatkan dalam masyarakat kita. Yang perlu Anda ketahui dan ingat adalah bahwa kita sebagai manusia memiliki pengetahuan yang terbatas dan pemahaman tentang Allah dan semua desain dalam hidup kita. Ketika kita mengetahui segala sesuatu, kita mungkin meragukan bahkan tidak percaya pada keberadaan Allah. Apa yang telah Tuhan sampaikan melalui tulisan suci adalah dia hanya meminta kita untuk percaya dan merenungkan bahwa rencananya pastilah akan indah pada waktunya.

Tritunggal yang Kudus sendiri berarti bahwa ada satu Allah dengan tiga pribadi. Mungkin pengertian Tritunggal Kudus bisa sama dengan hal lain, hanya mengambil contoh sebagai matahari. Matahari dapat memancarkan energi panas, dan membantu untuk menerangi bumi, tetapi matahari tetap satu matahari meskipun memiliki dua fungsi yang berbeda. Tentunya akan ada perbedaan persepsi dan perspektif atau bagaimana memikirkannya, tetapi jelas sekali Allah Bapa mengutus Yesus Kristus sebagai pernyataannya tentang dirinya yang membuat kita percaya kepada Trinitas yang Kudus. Tri berarti tiga, dan tunggal berarti satu. Ketika umat Tritunggal Kudus adalah Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus. Saya akan mencoba untuk memberikan setiap deskripsi pribadi sesuai dengan formulasi dengan apa yang dapat Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Allah Bapa

Allah Bapa adalah orang pertama dalam orang ketiga dalam Tuhan Triune. Kami pertama kali datang untuk mengenal Allah Bapa karena Yesus sendiri sering berdoa kepada ayahnya di surga. Sama seperti Yesus berkata,  "Barangsiapa yang telah melihat aku telah melihat Bapa" (Yohanes 14:7, 9). Dengan mengakui Tuhan Yesus melalui semua perumpamaan yang dia buat dan berusaha mengenal Yesus lebih dekat dengan merenungkan ayat dalam Kitab Suci, kita juga segera mengenal Allah Bapa sendiri karena mereka adalah satu.

Sebelum mengenal Allah Bapa melalui Yesus, Allah Bapa adalah Allah yang sama yang membentuk bumi dan menciptakan kehidupan di bumi, membimbing bangsa Israel keluar dari Mesir dan adalah Allah yang sama yang membimbing dan mengangkat Abraham sebagai Bapa dari semua bangsa. Dan karena kasihNya yang besar, Allah Bapa mengutus Yesus sebagai manusia kedua.

2. Allah Putra

Anak Allah adalah orang kedua dalam jemaat yang mengajar Trinitas Kudus. Dan seperti yang kita tahu, dia adalah Yesus Kristus sendiri. Salah satu tujuan atau arti dari kelahiran Yesus Kristus atau kedatangan Yesus kepada dunia adalah untuk menjembatani hubungan Allah dan manusia yang rusak oleh dosa. Keberadaan Yesus yang datang di tengah kita membuat kita menjadi lebih memahami orang Tuhan. Tentang bagaimana Tuhan sendiri ingin menjadi seperti seorang pria dan merasakan semua yang kita rasakan.

Karakter Kristus sendiri juga 100% Allah dan 100% manusia dan ini adalah apa yang membantu para rasul untuk lebih dekat kepada Kristus. Kedatangan Kristus kepada dunia membuat kita mengenal umat Tuhan lebih jauh lagi, mengetahui betapa baiknya Allah itu, dan betapa besarnya Tuhan akan keselamatan penciptaannya. Ketika itu adalah sebuah ide, Allah adalah seperti yang luas, tak berpenghuni laut, dengan Yesus, kita dapat memahami sedikit lebih jelas kesamaan dan atribut dari Allah yang baik untuk membantu menyelamatkan kita dari dosa-dosa yang mengirim kita kepada kematian dan kematian.

3. Allah Roh Kudus

Dan orang ketiga adalah Tuhan Roh Kudus. Allah Roh Kudus adalah Roh Allah sendiri yang bekerja untuk membimbing dan menemani kita sepanjang hidup. Untuk keberadaan Roh Kudus kita dimungkinkan untuk melakukan berbagai kebajikan dan untuk menghasilkan beberapa buah Roh untuk Inklusi-nya. Roh Kudus menolong kita dan memampukan kita untuk melakukan sesuatu yang baik secara maksimal. Sama seperti peristiwa pada malam Pentakosta di hari Yesus, banyak murid-Nya berkabung dan ketika pencurahan Roh Kudus dalam bentuk lidah, murid Yesus menjadi lebih diperkuat dan dihibur. Untuk memperoleh karunia Roh Kudus yang memiliki dampak besar pada kehidupan kita, pastilah kita harus semakin dekat kepada Allah dan mematuhi perintah-Nya.

Dan hal yang perlu Anda ingat-ingat adalah Allah tetap sama dari masa lalu sampai lama-waktu. Dia akan tetap mengasihi dan menemani umat manusia untuk mendapatkan keselamatan yang datang darinya. Ini adalah beberapa hal tentang ajaran gereja tentang Tritunggal Kudus yang saya dapat menyampaikan kepada Anda. Mudah-mudahan, dengan diskusi tentang topik yang sering dibahas dalam masyarakat ini Anda dapat memiliki lebih banyak niat untuk mengenal Allah lebih dekat. Dan di samping itu, itu mungkin tujuan kita bagi gereja tidak hanya untuk mendengarkan para imam atau pendeta yang berkhotbah dan melupakan apa yang diberitakan, tetapi dapat merenungkan dan menyerap dan menerapkan semua hal baik yang telah disampaikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Terima kasih atas kesetiaan Anda untuk tinggal di sini bersama kami dan membaca berbagai artikel Kristen kami telah disajikan. Mudah-mudahan artikel kami dapat membantu Anda untuk mendapatkan perendaman spiritual yang lebih baik dan dapat membantu Anda untuk secara bertahap mengembangkan iman dan kepercayaan pada Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar