Skip to main content

Terjadinya penciptaan dalam manusia, Tujuan dan Proses Penciptaan Dalam Manusia Berdasarkan Alkitab

Allah adalah pencipta dan dalam Alkitab bahwa Kejadian 1:1 ditulis jika  "pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi ". Allah juga telah menyatakan keberadaannya melalui penciptaan yang sudah tertulis di dalam Alkitab, Mazmur 19:2  "langit mengatakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya ". Dalam ciptaan ini menunjukkan keberadaan Allah dan juga tanggung jawab yang harus kita lakukan.

Manusia pertama diciptakan langsung oleh Allah tanpa hubungan fisik pria dan wanita juga. Pada waktu itu, Tuhan Allah membentuk manusia dari debu dan juga tanah dan ia memberikan nafas hidup dan dengan demikian manusia menjadi makhluk hidup, [Kejadian 2:18]. Allah kemudian juga mengatakan jika  "hal ini tidak baik jika manusia sendirian, aku akan membuat penolong baginya yang bernilai dia ". [Kejadian 2:18].

Terjadinya penciptaan dalam manusia

Penciptaan di dalam Allah yang dimulakan dengan menciptakan langit dan juga bumi seperti mana ia berada dalam [Kejadian 1:1]. Langit memberitahu tentang bagaimana kemuliaan Tuhan maka Allah juga meneruskan penciptaan sehingga hari ke-6. Sementara asal-usul penciptaan manusia juga merupakan suatu keterlibatan Allah seperti yang sudah tertulis di [Kejadian 1:26],  "" Tuhan berkata:  "Marilah kita membuat manusia dalam gambar dan rupa kita ".

Dalam bagian Alkitab dijelaskan tentang manusia yang diciptakan dengan debu dan tanah, di mana kata itu menunjuk kepada jiwa manusia yang diciptakan oleh Jahweh dengan menghemakan ke dalam hidung yang dilakukan oleh Jahweh sendiri sehingga manusia bisa menjadi makhluk hidup. Berikut adalah penjelasan tentang penciptaan dalam manusia pada hari kelima:

  • Ciptaan dalam manusia membuat kita menjadi tempat yang mulia di alam semesta dan bukan merupakan penutup ciptaan Allah, tetapi penciptaan manusia memiliki arti memenuhi seluruh pekerjaan yang telah Allah lakukan pada 5 hari yang lain dan kita sebagai manusia diberi perintah untuk memenuhi bumi dan menaklukkan Bumi dan memerintah dengan semua makhluk.
  • Manusia menjadi ciptaan Allah yang paling sempurna karena diciptakan dengan tangan Allah sendiri tidak seperti makhluk lain yang Allah lakukan dengan firman-Nya


Tuhan juga memberi manusia kuasa atas ciptaan yang lain. Bukti lain dari perbedaan manusia dengan makhluk lain adalah bahwa manusia diciptakan menurut gambar Allah. Pria dan wanita diciptakan oleh Allah dengan mandat yang sama yaitu memiliki keturunan dan memerintah atas alam. Pria tidak diciptakan untuk wanita atau sebaliknya sehingga kehidupan manusia telah menjadi latar belakang manusia sejak mereka diciptakan.

Tujuan Penciptaan Dalam Manusia

Allah tidak menciptakan manusia dari binatang tetapi dari debu dan bumi, orang dewasa Adam dan Hawa tidak terjadi karena proses perkembangan menjadi dewasa. Ketika orang pertama kali jatuh dalam dosa, maka kutukan dikenakan di tanah dan dosa mencemari tanah.

Adam adalah orang pertama yang diberikan kekuasaan untuk memberikan nama dan mengklasifikasikan semua jenis binatang tetapi tidak satupun dari mereka bisa berfungsi sebagai penolong yang solid. Memberikan nama yang dimasukkan ke dalam rencana untuk segala sesuatu dan menunjukkan superioritas Adam pada ciptaan lain dan memberikan nama adalah kelanjutan dari pekerjaan Tuhan yang dilakukan oleh manusia dan ini adalah apa yang manusia memiliki hubungan terikat dengan alam. 

Proses Penciptaan Dalam Manusia Berdasarkan Alkitab

Manusia menjadi satu-satunya ciptaan Allah untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia itu sendiri, jadi Tuhan menciptakan pria dan wanita. Manusia diciptakan untuk berhubungan dan juga saling melengkapi dengan cinta. Kedua jenis manusia memiliki derajat yang sama di mata Allah dan Allah memperkenalkan perkawinan monogami sebagai kesatuan daging. (Baca juga: perbedaan dalam kekristenan dan Katolik)

Tujuan Allah dalam menciptakan manusia adalah untuk memuliakan Allah sehingga alasan mengapa manusia diciptakan adalah serupa dengan gambar Allah. Untuk menggenapi rencana Allah, maka pada permulaan penciptaan manusia, Allah memberkati Adam dan Hawa dalam sebuah pernikahan dengan Firman, "bertambah banyak dan bertambah banyak; Isi bumi dan menaklukkan itu, dan mengalikan ikan di laut dan burung di udara, dan atas semua binatang yang merayap di atas bumi. "

Beberapa proses sampai manusia dapat terbentuk sampai sekarang ini dalam cerita Alkitab:

  1. Silsilah yang dipertanyakan di sini bersifat jasmani dalam hal menghasilkan keturunan jasmani sebagai penggenapan rencana Allah di dunia.
  2. Allah menciptakan manusia untuk menjadi berkat, berguna bagi orang lain dan juga penuh dengan keberhasilan, Allah ingin manusia dapat mengembangkan segala sesuatu yang Allah telah berikan kepada manusia sebagai contoh dari bakat yang telah diberikan dapat digunakan dan dikembangkan untuk melayani Dia, memuliakan nama Allah dan membangun tubuh  Kristus.
  3. Allah menciptakan semua kerajaan dan manusia untuk rencananya, hikmat dan juga kasih Allah. Jadi jika seseorang mengatakan Tuhan menciptakan manusia secara spontan tidak benar, karena kata itu secara spontan mengandung makna yang tidak direncanakan dan bagi kita yang percaya kepada Jahweh, maka tidak akan ada perkataan yang spontan atau tidak direncanakan.
  4. Penciptaan adalah langkah pertama dalam pemberian Allah, ketika Allah menyatakan dirinya dalam ciptaan dan ia juga memberikan Wahyu sendiri terutama sebagai ayah dan kemudian mengirim anaknya lahir dari ayah sebelum semua abad, lahir dan tidak dibuat dan apapun sesuai dengan lemak dia dan Hawa rything dibuat olehnya.
  5. Pada akhirnya dengan mengutus Roh Kudus Allah yang menghidupkan dan datang dari ayah dan anak, ia juga memberikan wahyu dari dirinya kepada semua orang tapi 3 langkah ini adalah salah satu begitu benar, Kristus dikatakan sebagai anak sulung dari semua diciptakan dan karena dalam Dia kemudian menciptakan segala sesuatu dan semua wer e diciptakan olehnya dan baginya. 


Dengan demikian peninjauan kita dapat memberikan waktu ini tentang latar belakang penciptaan dalam manusia menurut Alkitab. Mudah-mudahan review yang kami berikan hari ini dapat membuat kita semua sebagai manusia lebih sadar dan memahami apa yang kita diciptakan dan apa tanggung jawab kita selama hidup di dunia ini adalah untuk memuliakan namanya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar