Skip to main content

Makanan Haram Yang tidak boleh dimakan Umat Kristen Serta Alasannya

Banyak pertanyaan sering muncul tidak hanya dari orang Kristen tetapi juga dari non-Kristen mengenai makanan apa yang dilarang dan halal menurut Kekristenan. Untuk menjawab pertanyaan, kali ini kita akan menyelesaikan peninjauan penuh terhadap makanan haram dalam kekristenan bagi Anda. Dalam Matius 15:11 ada tertulis,  "Dengarkan dan mengambil pelajaran: bukan itu yang masuk ke dalam mulut yang merupakan salah satu yang orang disthe, tetapi yang keluar dari mulut, itulah yang dilakukan orang. "

Penjelasan yang bisa kita lihat juga ada dalam Matius 15:17-18,  "“Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut turun ke dalam perut lalu dibuang di jamban? Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.” "Dalam kedua ayat itu dikatakan jika tidak ada makanan terlarang, tetapi itu tidak berarti bahwa semua makanan yang kita bisa makan dan harus lebih memilih makanan yang baik bagi tubuh yang telah diberikan kepada Allah sehingga kita dapat selalu berada dalam keadaan sehat.



Makna makanan haram menurut Rasul Paulus

Rasul Paulus juga mengatakan dengan tegas jika tidak ada makanan yang tidak bersih dalam kekristenan yang diciptakan oleh Allah yang najis. Rasul Paulus juga mengingatkan kita jika sesuatu akan datang dan jika itu adalah hari terakhir, maka semua orang harus waspada. (Baca juga: karakter Kristus)

Ini menyimpulkan jika ada ajaran yang menerapkan larangan untuk makan makanan yang diciptakan oleh Allah seperti sapi yang tidak boleh dimakan karena itu adalah suci atau daging yang tidak dapat dimakan pada hari tertentu karena itu adalah larangan dan daerah yang melarang mengkonsumsi satu jenis ikan yang dikatakan sakral maka ini adalah ajaran sesat, sebagai berikut:

  • Doktrin ini tidak bersumber dari Alkitab dan Rasul Paulus juga pertama kali memperingatkan itu. Karena saat makan halal dan dibuat Tuhan untuk dimakan maka bisa dikonsumsi.
  • Karena semua Allah telah dikuduskan dengan doanya dan semua yang Allah ciptakan adalah makanan dan hewan halal yang diciptakan oleh Allah, tidak ada orang yang najis ketika menerima syukur dan dikuduskan oleh Allah melalui doa.
  • Semua makanan yang diciptakan haruslah dikuduskan oleh perkataan itu dan juga doa agar makanan dapat atau boleh dimakan.
  • Banyak yang mengaku pengikut Kristus tetapi makan semua binatang yang disukai dan berkata jika dimulai dengan doa, maka semua binatang bisa makan dan doa-doa yang tidak benar akan membuat makanan tidak dapat dimakan atau najis. 

Makanan tidak boleh dimakan

Tuhan melarang beberapa makanan yang tidak bersih dalam orang Kristen tertentu untuk tidak dimakan tanpa alasan tetapi Tuhan hanya menginginkan orang yang sehat dan bahagia dan tidak mengalami penyakit. Sementara itu jelas untuk beberapa makanan yang tidak diciptakan untuk dimakan harus disimpan jauh seperti minuman keras, obat-obatan, rokok dan hal lain yang berbahaya bagi tubuh. Dalam rangka untuk menjadi lebih jelas, dapat dibuat pengelompokan tentang makanan yang dimakan adalah ciptaan Allah dan juga hewan kepada siapa Allah berkata untuk tidak dimakan adalah hewan najis dan bukan makanan. (Baca juga: berbagai agama menurut perkawinan Kristen)

  • 1. Unta
Dalam Imamat 11:4 ada tertulis, bahwa binatang yang tidak dimakan dari binatang yang melahap atau yang sedang melahap adalah unta, karena unta itu adalah untuk mengunyah yang berkembang biak, tetapi tidak dirobohkan sampai diharamkan.

  • 2. Kelinci
Dalam Imamat 11:6 tertulis juga bahwa kelinci itu juga dilarang kerana ia adalah binatang untuk mengunyah tetapi tidak boleh dimakan sampai diharamkan untuk dimakan. (Baca juga: sejarah penulisan Alkitab)

  • 3. Babi hutan
Dalam Imamat 11:7 ianya juga ditulis jika babi hutan adalah binatang buas, yang merupakan satu yang panjang, tetapi babi hutan tidak mengunyah trah itu sehingga Ianya dilarang untuk dimakan.

  • 4. Hewan tidak bersirip dan bersisik
Dalam Imamat 11:10 ada tertulis jika segala sesuatu yang tidak memiliki sirip atau sisik di laut dan juga sungai dan segala sesuatu yang hidup di air yang lain juga dilarang dan bangsa harus dilepaskan. Jika dilihat dari ayat ini maka hewan terlarang adalah udang karena bersisik tapi tidak bersirip, patin karena dikecokelatan tapi tidak bersisik, kepiting, cumi, ikan lele, belut dan sebagainya. (Baca juga: cara cepat Kristen)

  • 5. Unggas (jenis burung)
Dalam Imamat 11:13-23 hal ini disebutkan jika beberapa makanan dari jenis unggas yang tidak boleh dimakan dan sesuatu yang harus kecewa adalah elang, jenggot-ing, Sea Eagles, Red Eagles, Black Eagles, Semua gagak oleh jenis mereka, burung unta, burung hantu, burung camar, PUNGGUK burung, burung air , Storks dan semua binatang merayap dan bersayap.

Lalu Apakah semua unggas bisa dimakan, maka jawabannya bukan karena ada jenis unggas yang halal dan ada juga sejenis unggas yang dilarang dengan karakteristik unggas halal yang bisa dimakan adalah yang memiliki paha di bagian atas kaki sedangkan ha paha tidak boleh dimakan karena Haram. Hal ini dapat disimpulkan jika beberapa burung diharamkan, burung hantu, elang dan beberapa jenis unggas lainnya yang tidak memiliki paha lain.

  • 6. Hewan merayap
Dalam Imamat 11:23 dikatakan, "dan semua binatang merayap, bersayap, dan hewan berkaki empat adalah reforewings dari Anda. " dalam Alkitab juga telah dikatakan tegas jika semua binatang merayap adalah kecewa untuk manusia seperti kadal, cicak, ular, Komodo, kadal dan sebagainya. 

  • 7. Binatang berkaki empat
Dilihat dari Imamat 11:3-8 dan juga Ulangan 14:3-8 disebutkan bahwa binatang berkaki empat, tetapi Haram-----ekor adalah typhile tetapi bukan gemuruh atau gemuruh tetapi tidak untuk mengunyah, seperti kuda, kelinci, Pelanduk dan beberapa ciri hewan milik kategori ini .

  1. 8. Hewan yang berjalan dengan telapak
Dalam Imamat 11:27, 28 juga dituliskan jika semua binatang yang berjalan dengan telapak kaki dan semua binatang yang berjalan dengan empat kaki adalah Hram seperti orang Utan, monyet, anjing, kucing, Panda dan sebagainya. Dengan ulasan di atas diketahui jika tidak ada makanan yang tidak bersih yang diciptakan oleh Allah tetapi hal yang tidak bersih bukan Allah menciptakan makanan untuk konsumsi manusia dan seperti yang tertulis pada 1 Timotius 4:4,  "untuk semua yang Allah ciptakan adalah baik dan tidak ada orang yang najis jika diterima dengan Thanksgiving ,  "dan ayat ini adalah sambungan dari ayat ketiga yang menggambarkan makanan yang diciptakan oleh Allah.

Dari semua ciptaan Allah sangat banyak, ada beberapa hal yang dapat dikonsumsi dan tidak untuk dikonsumsi, yang dapat dikonsumsi adalah makanan dan yang tidak untuk dikonsumsi bukan makanan dan Allah hanya ingin membuat semua orang hidup dengan baik dan jauh dari semua penyakit adalah dengan makan makanan yang tidak diciptakan untuk dimakan tetapi untuk fungsi lain di bumi ini.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar