--> Skip to main content

Macam Macam, Asal, Tujuan dan Makna Arti Dari Bahasa Roh

Macam Macam, Asal dan Makna Arti Dari Bahasa Roh. 1 Korintus 12:10  "kepada yang satu, Roh memberikan kekuatan untuk menahan mukjizat, dan kepada orang lain dia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain dia memberikan karunia untuk membedakan berbagai Roh. Kepada yang satu dia memberikan karunia untuk berbicara dengan bahasa lisan Roh, dan kepada orang lain dia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa ucapan Roh. "

Banyak dari kita sering mendengar bahasa ucapan Roh. Bahkan dalam khotbah gereja, lidah sering diucapkan oleh pendeta atau pendeta. Ketika perayaan Ekaristi dimulai di gereja, kita dapat melihat banyak orang seolah-olah itu adalah untuk memiliki karunia Roh Kudus. Langsung juga mereka berbicara dalam bahasa asing yang kita tidak mengerti. Apa yang mereka bicarakan? Begitu penting adalah pidato Roh yang diucapkan?

Arti Bahasa Ucapan Roh

Bahasa ucapan Roh sering disebut lidah atau Glossolalia. Dalam bahasa Inggris, lidah berarti berbicara dalam bahasa roh. Apa arti bahasa lisan dari Roh? Memahami bahasa pidato sangat banyak. Berikut adalah beberapa definisi bahasa:



  • Bahasa Roh adalah ucapan asing yang dikeluarkan oleh salah satu indera manusia, di mana kata yang diucapkan sulit untuk memahami kita jarang mendengar
  • Lidah sering disebut sebagai bahasa penghubung antara manusia dan malaikat
  • Sebuah bahasa doa, di mana Roh berbicara langsung kepada Allah. Apa yang dikatakan Roh rahasia hanya diketahui oleh diri kita sendiri dan Tuhan Yesus
  • Bahasa lisan Roh adalah bahasa lisan sebagai manifestasi manusia yang digenapi oleh kuasa Roh Kudus


1 Korintus 13:1  "meskipun aku berbicara dengan semua lidah manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak punya cinta, aku sama seperti Gong dihormati dan canang gemerlapan. "

Asal Bahasa Ucapan Roh

Setelah mendengar seseorang berbicara dalam bahasa roh, muncul pertanyaan  "adalah bahasa roh dari Allah atau manusia?" dalam konsep ini, banyak orang salah paham. Ketika seseorang selesai berbicara bahasa lidah, banyak dari kita berpikir orang tersebut mengalami cacat mental atau gangguan jiwa. Jika Anda berpikir demikian, maka Anda telah berdosa. Apa yang berasal dari lidah? (Baca juga: pandangan iman Kristen pada gaya hidup modern)

  • Langsung berasal dari Allah
  • Kuasa Allah turun ke atas orang itu agar dia dapat berbicara dalam bahasa tutur Roh
  • Hanya umat pilihan Allah yang dapat melakukan ini. Jika Allah tidak bersedia, maka orang itu tidak akan mampu berbicara bahasa Roh.


Bahasa lisan dari Roh ini tidak dipelajari, karena itu datang langsung dari Allah. Bagi Anda yang ingin mempelajarinya, Anda harus diberi ijin dari Allah. Jika tidak, maka usaha Anda akan menjadi sembarangan. Untuk itu, Anda perlu dengan cermat meyakinkan diri sendiri dan bermaksud untuk mempelajarinya untuk kemuliaan Allah. Berikut adalah fakta yang menarik di sekitar lidah pidato:

  • Ketika berbicara dalam bahasa pidato Roh, otak bekerja sangat cepat. Mana otak berusaha untuk mengendalikan tubuh manusia dan emosi
  • Bahasa yang diucapkan dalam keadaan sadar, bukan dalam keadaan kerasukan
  • Orang yang mampu berbicara dalam bahasa roh memiliki kondisi emosional yang stabil, tidak seperti orang yang sama sekali tidak mampu berbicara tentang bahasa Roh
  • Allah langsung berbicara kepada seseorang secara pribadi


Lukas 11:13  "Jadi jika kamu orang jahat tahu memberikan hadiah yang baik untuk anak-anak Anda, apalagi Bapa Surgawi Anda! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang memintanya. "

Bagi Anda yang masih tidak yakin tentang belajar bahasa lidah, menghilangkan keraguan Anda mulai sekarang. Ketahuilah, mampu berbicara pidato Roh akan lebih mendekati Anda dengan Tuhan. Sekarang adalah waktu yang sempurna untuk mempelajari roh dan mengejar Tuhan. Berikut adalah manfaat yang akan diperoleh, antara lain:

  • Hidup memiliki arah dan tujuan karena Tuhan selalu hadir untuk membimbing kita
  • Mampu bersaksi tentang anugerah Allah yang sangat besar melalui perbuatan kasih
  • Dapat membangun diri sendiri
  • Membantu kita untuk mengucapkan keluhan hidup dengan bahasa yang hanya dapat dimengerti oleh diri kita sendiri dan Tuhan Yesus
  • Lebih mampu memuliakan nama Tuhan
  • Sebagai penyegaran jiwa


Markus 16:17-18  "tanda ini akan menyertai orang percaya: mereka akan mengusir Iblis dalam nama-Ku, mereka akan berkata-kata dalam bahasa roh bagi mereka, dan mereka akan menanggung ular itu, dan sekalipun mereka meminum racun kematian, mereka tidak mau menjadi celaka; Dan mereka akan menaruh tangannya ke atas yang sakit, dan pria itu akan disembuhkan. " 

Macam-Macam Bahasa Ucapan Roh

Bahasa lisan dari Roh yang diucapkan sering dibagi menjadi beberapa jenis. Pertama, adalah bahasa lisan dari Roh Kudus. Kedua, adalah bahasa alasan pikiran. Ketiga, adalah bahasa ucapan Roh Iblis. Penasaran dengan penjelasannya? Lihat penjelasan dari bahasa Roh Kudus di bawah ini:


  • 1. bahasa ucapan Roh Kudus


Bahasa ini jelas merupakan bahasa yang berasal dari Roh Kudus sendiri iaitu Etrtuang dalam anak manusia. Seperti dijelaskan di atas, pengucapan dibagi menjadi dua jenis, yaitu: bentuk bahasa asing dan bentuk yang sulit dimengerti. Meskipun jenisnya berbeda, namun masih dalam kasih karunia Roh Kudus.

Bahasa ucapan Roh Kudus diucapkan semata-mata karena Roh Kudus menginginkannya. Tidak dikuasai oleh intelek atau hati nurani manusia. Perkataannya juga bukan satu rangkaian perkataan manusia, melainkan satu set perkataan dari Roh Kudus. Mengapa? Karena Roh Kudus adalah kudus. Tidak mungkin untuk tunduk pada apa yang ada dalam pikiran manusia yang dipenuhi dengan dosa.

Bukti kuasa Roh Kudus ketika seseorang berdoa dalam tutur kata, antara lain:


  • Ketika berbicara, mulut orang akan diisi dengan asap putih yang melonjak ke langit. Asap ini berasal dari Allah sendiri.
  • Manusia sendiri dapat langsung berbicara kepada Allah Bapa.


Apa yang disampaikan oleh manusia adalah berdasarkan fakta yang berasal dari Allah. Jadi, perkataan yang diucapkan tidak dapat disangkal.


  • 2. bahasa pikiran


Dari namanya, bahasa ini berasal dari rasa pikiran manusia. Sebelum diucapkan, manusia menyusun perkataan ucapan Roh yang kemudian akan diucapkan. Ciri utama dari bahasa ini adalah memiliki pola suara, seperti: AB AB atau LM LM. Ketika seseorang terbiasa menggunakan bahasa pidato dari semangat pikiran, maka bahasa tersebut akan sangat mudah. Bahasa ini bukan berasal dari Roh Kudus, tapi "latah " bahasa, yang pertama kali dipelajari, menjadi spontanitas ketika berdoa.

Alasan seseorang belajar bahasa rasa pikiran, antara lain:


  • Karena tuntutan dari Gereja
  • Merasa malu karena dia tidak dapat berbicara tentang pidato Roh, dia mempelajarinya
  • Memang, bersemangat untuk belajar bahasa pidato
  • Untuk menjadi bangga diri karena ia mampu mengucapkan bahasa roh


Belajar bahasa roh yang baik didasarkan pada kemauan diri. Tidak berasal dari paksaan atau tuntutan dari pihak manapun. Tidak juga sebagai prestise untuk meningkatkan Haram dan martabat diri di depan banyak orang. Sebab, hanya Tuhan yang bisa meninggikan umatNya bukan umatNya. (

3. ucapan Roh Iblis

Bahasa terakhir ini adalah bahasa yang paling berbahaya. Jika manusia dikuasai oleh Iblis, maka dia bisa mengatakan hal yang sama. Perkataan yang tidak berasal dari bahasa yang mereka pikirkan, tetapi dari spontanitas yang sering dianggap berasal dari Roh Kudus. Bahkan bukan, karena bahasa berasal dari setan.

Apa karakteristik dari roh setan?


  • Mulut orang yang berbicara bahasa setan ini akan gelap hitam dan berbau busuk
  • Banyak dari perkataan ini menyakitkan
  • Perkataan yang diucapkan sangat pedas dan pahit


Dalam sebuah perkumpulan, mungkin ada satu atau dua pemimpin yang dikuasai roh jahat. Ini karena hati orang itu dipenuhi dengan semangat kenyang, kejahatan, kutuk, dan kepahitan. Meskipun demikian, ini bukanlah perkara bagi para orang suci yang berada dalam rumah Tuhan. Karena Roh Iblis akan segera lenyap oleh Roh Kudus.

Bahasa dalam doa pribadi bertujuan sebagai penguatan bagi diri sendiri. Bahasa ini muncul dengan sendirinya tanpa pikiran manusia. Bahasa ini diucapkan oleh lidah secara spontan dengan bahasa yang sulit dimengerti. Pada saat itu, anak manusia berdoa kepada Bapa dari hatinya yang terdalam berkat bimbingan Roh Kudus. Jika bahasa lisan Roh diucapkan di tengah jemaat, pasti bahwa bahasa tidak spontanitas. Sebelum diucapkan, bahasa jelas ditetapkan untuk menjadi satu kesatuan. Bahasa lisan dari Roh dalam Jemaat biasanya diucapkan oleh dua atau tiga orang secara bergantian. Setelah seseorang berbicara bahasa lisan Roh, yang lain harus mampu menafsirkan makna. Tujuannya adalah agar ia dapat meneruskan tujuan yang telah disampaikan supaya orang dapat memahami pesan Roh Kudus yang disampaikan.

Makna Pengucapan Bahasa Ucapan Roh

Bahasa ucapan Roh tidak diucapkan secara sewenang-wenang. Namun, diucapkan sesuai dengan pengucapan bahasa pidato. Orang yang berbicara bahasa pidato Roh tidak sembrono. Dia berbicara dalam bahasa roh karena Yesus Kristus berada dalam jiwanya. Tanda supranatural itu datang ketika seseorang telah bernubuat menurut apa yang ada di dalam Alkitab. Berbicara tentang tanda supranatural, berikut adalah jenis tanda supranatural yang berasal dari Alkitab:


  • 1. karunia berbicara dengan hikmat


Intinya adalah mampu berbicara dengan semua menggunakan pengungkapan spiritual. Ungkapan itu datang dari karunia pekerjaan Roh Kudus. Pekerjaan Roh Kudus ini akan terlihat pada hal-hal tertentu. Sebagai contoh, ada karya khusus dari Roh Kudus. (Baca juga: tanda silang Katolik)


  • 2. karunia iman


Iman yang dimaksudkan di sini bukanlah iman seperti dalam pengertian sehari-hari. Adalah iman yang dapat melakukan perbuatan menakjubkan yang berada di luar kemampuan manusia. Setiap orang akan menerima karunia iman yang berbeda. Mengapa? Karena ukuran iman antara satu orang dan lain berbeda.


  • 3. karunia berbicara dengan pengetahuan


Karunia ini berasal dari Roh Kudus, tetapi dalam konteks ilmu pengetahuan. Sebagai contoh, tentang orang, kebenaran alkitabiah, dan keadaan yang terjadi di masa lalu dan sekarang. Pengetahuan ini bukanlah pengetahuan yang dapat dipelajari. Tetapi lebih pada pengetahuan supranatural yang berhubungan dengan nubuat yang dibuat oleh seseorang. (Baca juga: arti dari doa Bapa kita)


  • 4. karunia menyembuhkan


Maksudnya adalah karunia untuk menyembuhkan orang sakit. Karunia ini mencakup karunia khusus, di mana Roh Kudus bekerja untuk seseorang. Dengan bantuan Roh Kudus, proses penyembuhan dapat dilakukan.


  • 5. karunia melakukan mukjizat


Ini adalah karunia yang sangat istimewa yang datang dari Roh Kudus. Namun, karunia ini hanya diterima oleh beberapa orang di dunia. Jumlah tersebut dapat dihitung. Karunia ini merupakan sifat supranatural yang dapat berhubungan dengan perubahan tatanan alam. Hampir sama dengan mukjizat Yesus


  • 6. karunia menafsirkan Roh Kudus


Ini adalah kemampuan yang diberikan oleh Roh Kudus untuk dapat memahami dan menafsirkan makna lidah diucapkan Roh. Sebuah bahasa yang berhasil ditafsirkan akan disampaikan kepada kerumunan sebagai panduan untuk nubuat. Karunia ini tidak datang dengan sendirinya. Tapi itu diberikan jika seseorang tidak berhasrat untuk dapat menafsirkan Roh. Untuk apa yang harus ditafsirkan, dapat berguna bagi orang lain.

1 Korintus 14:5 “Aku suka, supaya kamu semua berkata-kata dengan bahasa ucapan roh, tetapi lebih dari pada itu, supaya kamu bernubuat. Sebab orang yang bernubuat lebih berharga dari pada orang yang berkata-kata dengan bahasa ucapan roh, kecuali kalau orang itu juga menafsirkannya, sehingga Jemaat dapat dibangun.”

Tujuan Mempunyai Bahasa Ucapan Roh

Kata yang ditulis dalam Alkitab selalu bernilai dalam kehidupan manusia. Sampai semua yang ditulis dalam Alkitab berakhir harus dilaksanakan oleh manusia sebagai pedoman dalam hidup, termasuk bahasa pidato Roh ini. Karena bahasa ucapan Roh ini adalah bahasa kasih karunia, hanya dapat diucapkan oleh orang tertentu. Orang Kristen yang diberkati dengan kemampuan berbicara Roh harus sepenuhnya menyerah kepada Bapa di surga. Dia memiliki tanggung jawab kepada Bapa karena karunia ini tidak datang kepada hasrat manusia sendiri. Apa tujuan seseorang dapat berbicara dalam bahasa ucapan Roh?


  • Tanda dukungan Tuhan


Kekuatan berbahasa lidah berbicara hanya diberikan kepada orang-orang tertentu. Dengan kuasa lain yang berasal dari Tuhan. Kemampuan untuk berbicara dalam bahasa roh adalah petunjuk bahwa orang Kristen memiliki dukungan dari Allah Tritunggal untuk menyebarkan hadiah. Karunia ini adalah penuntun yang akan menuntun umat manusia untuk berjalan di jalan yang benar, jalan yang dikehendaki oleh Allah.


  • Sarana untuk menyebarkan Kabar baik


Yesus berkata bahwa murid-muridnya bisa memberitakan Injil setelah keberangkatan Yesus. Namun, kemampuan para murid sangat terbatas karena mereka bukan orang yang terpelajar pada saat itu. Ini adalah di mana Roh Kudus bekerja untuk para murid Yesus. Berkat Roh, mereka dapat berbicara dalam bahasa yang belum pernah mereka pelajari. Akhirnya, pengkhotbahan Injil tersebar di seluruh dunia. Dan semua orang tahu tentang Kabar baik yang datang dari Yesus Kristus.

Bagaimanakah para putra Allah? Sudah menjelaskan informasi tentang bahasa pidato Roh itu sendiri? Mudah-mudahan artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda tentang Kekristenan.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar