--> Skip to main content

Pikiran Negatif yang Perlu Disingkirkan Menurut 6 Ayat Alkitab

Ada tiga makhluk hidup yang diciptakan Allah untuk memenuhi bumi, yaitu binatang, tumbuhan, dan manusia. Namun, dari ketiganya, hanya manusia yang diberikan pikiran. Pikiran menjadi hadiah bagi manusia untuk dimanfaatkan dengan yang paling. Selain pikiran, Tuhan juga memberikan kehendak bebas manusia. Tuhan tidak menciptakan manusia sebagai robot yang kaku. Manusia memiliki pilihan untuk melakukan berbagai kehendak, termasuk dalam berpikir.

Ada dua jenis pikiran: pikiran positif dan pikiran negatif. Pikiran positif tentu memberikan pengaruh yang baik untuk kehidupan manusia. Pikiran positif memberikan semangat dan rasa optimisme untuk menjalani hidup. Sebaliknya, pikiran negatif memberikan pengaruh buruk. Pikiran negatif hanya memberikan rasa pesimis dan malas dalam kehidupan hidup. Bahkan pikiran negatif dapat membawa seseorang ke dalam fase depresi yang harus selalu diatasi dengan mengatasi depresi sesuai dengan Kekristenan. Namun, tidak dapat disangdari bahwa pikiran negatif selalu siap untuk menghantui kita. Kemanapun kita pergi, dimanapun kita berada, pikiran negatif itu akan selalu datang.

Ayat Alkitab tentang pikiran

Ketika pikiran negatif datang menghantui kita, kita memiliki pilihan. Apakah kita ingin membiarkan pikiran memenuhi kita atau kita ingin menghalau itu dari kehidupan kita? Sebuah pilihan yang sangat baik untuk mengusir pikiran negatif seperti dari diri kita sendiri.

Pilihan yang sangat baik juga untuk menghalau dia dengan bersandar pada kuasa Allah dan bukan kekuatannya sendiri. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui ayat Alkitab tentang pikiran negatif sebagai landasan kita. Berikut adalah beberapa ayat Alkitab tentang pikiran negatif yang dapat membantu kita mengusir mereka dari kehidupan kita.

Filipi 4:8
Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Teks alkitabiah dari pikiran negatif ini menjadi salah satu petuah terakhir dari Euodia dan Sintikhe di Philippi. Inti dari nasihat terakhir (Philippians 4:2-9) adalah bagaimana untuk menjaga perdamaian. Pada permulaan perikop ini, Paulus mengingatkan Euodia dan Sintikhe untuk menjadi hati Tuhan (Filipi 4:2). Ungkapan  "Jadi akhirnya " menunjukkan ayat 8 ini sebagai Rangkuman perikop.

Semua yang benar, mulia, adil, Suci, manis, tidak gurih, kebajikan dan patut dipuji merujuk pada segala sesuatu yang merupakan salah satu dari jenis dan tunggal dalam Tuhan. Tentu saja pikiran negatif tidak termasuk dalam kasus ini. Oleh karena itu, sebagai orang Kristen, kita perlu mengusir pikiran negatif yang datang kepada kita. Ingatlah bahwa kita harus menjadi lajang dalam Tuhan. Dengan mengusir pikiran negatif, Allah, sumber kedamaian, akan bersama kita (Filipi 4:9).

2 Korintus 10:5
Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus,

Perikop berjudul  "sikap Paulus " adalah pernyataan dari sikap Paulus pada komentar dari sekelompok Rasul tentang dirinya. Para Rasul berpikir bahwa Paulus hanya berani bersikap tegas dan keras melalui surat. Namun, Paulus menjelaskan bahwa bukanlah sikap keras dan kasar yang penting untuk diingat. Hal yang penting untuk diingat adalah ketika mengkhotbahkan Injil, pikiran Allah yang perlu kita ungkapkan, bukan pencarian yang aman.

Para Rasul harus berani untuk memperkenalkan Allah dengan cara apapun yang sesuai dengan keinginan Allah. Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk dapat melakukan hal ini adalah untuk menaklukkan pikiran kepada Kristus sehingga Kristus sendiri memenuhi pikiran. Hal ini telah menjadi etika pelayanan Kristen.

Jadi kita sebagai orang Kristen, utusan kecil di dunia ini. Kita perlu menyaksikan kebesaran, kemuliaan Allah. Semoga melalui kita orang lain untuk mengenal Allah. Oleh karena itu, kita harus membiarkan Kristus memenuhi pikiran kita. Bagaimana Kristus dapat memenuhi pikiran kita ketika kita masih terkendali oleh pikiran negatif? Buang pikiran negatif dan biarkan Kristus mengisinya.

Yakobus 4:7
Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!

Ayat ini dalam perikop berjudul  "nafsu dan persahabatan dengan dunia ". Perikop ini mengingatkan kita bahwa kita tidak bisa berteman dengan dunia dan menjadi sahabat Allah bersama-sama. Jadi, bagaimana kita bisa menaklukkan nafsu dan persahabatan dengan dunia? Sepenuhnya tunduk kepada Allah. Ingatlah bahwa Allah berkuasa atas segala sesuatu. Kristen harus takut kepada Allah. Sesungguhnya dalam arti takut akan Allah.

Hal ini juga berlaku untuk pikiran negatif kita. Teks alkitabiah dari pikiran negatif ini memberitahu kita bahwa satu-satunya cara untuk menghalau itu adalah untuk tunduk kepada Allah. Jadilah seorang Kristen yang setia kepada Allah dan iman yang lengkap di dalam dirinya. Pikiran negatif adalah bagian dari dunia ini, kita tidak bisa menjadi satu dengan itu.

Mazmur 94:19
Apabila bertambah banyak pikiran dalam batinku, penghiburan-Mu menyenangkan jiwaku.

Ayat Alkitab tentang pikiran negatif ini menunjukkan berapa banyak dunia ini penuh ketidakadilan. Seringkali ketika kita melihat ketidakadilan, kita hanya sebagai pesimis, langsung memiliki banyak pikiran negatif bahwa dunia ini tidak dapat kembali baik. Namun, pemazmur ingin mengingatkan bahwa itu bukanlah pikiran negatif yang seharusnya kita miliki.

Semakin banyak ketidakadilan, semakin kita seharusnya memahami bahwa kasih Allah tak ada habisnya bagi kita. Dia selalu memberikan penghiburan kepada kita dan penghiburan itu menyenangkan bagi jiwa. Dengan demikian, apa pun kondisi terburuk yang kita hadapi, kita harus mencari Tuhan dengan penghiburan, bukannya terpaku dalam pikiran negatif. Selain itu, kita juga perlu bertindak dengan bijak untuk menghadapi ketidakadilan tersebut dengan mengingat ayat Alkitab dengan bijak.

Roma 8:5-6
Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh. Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.

Perikop yang berjudul  "hidup oleh Roh " mengingatkan kita bahwa ketika seorang Kristen telah menerima Kristus dengan benar dan menerima janji keselamatan di dalam Alkitab, ia menerima kuasa Roh Kudus dari Jahweh dengan berbagai tujuan karunia Roh Kudus.

Ini berarti ia tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tidak lagi hidup untuk dunia, tetapi hidup bagi Allah yang dipimpin oleh Roh Kudus. Pikiran negatif tentu tidak sesuai dengan kehidupan Roh Kudus. Pikiran negatif adalah hal daging dan mamus kita sampai mati. Oleh karena itu, Pikirkanlah tentang apa yang dari Roh, maka kita akan mendapatkan kedamaian.

Amsal 4:23
Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Ayat ini ada dalam perikop berjudul  "Counsel untuk mencari hikmat ". Menjaga hati adalah bagian dari pencarian kebijaksanaan. Menjaga hati ini memiliki maksud yang sama dengan menjaga pikiran kita dari hal yang negatif. Jangan biarkan kita ingin diserang oleh pikiran negatif. Ingatlah bahwa bagaimana kita mengisi hati kita, bagaimana kita mengisi pikiran kita, demikian juga kehidupan kita dapat dilihat oleh orang.

Itu adalah ayat Alkitab tentang pikiran negatif. Tidak ada bagian tunggal dari Alkitab yang memungkinkan kita untuk membiarkan pikiran negatif menetap di dalam diri kita. Oleh karena itu, berseru kepada Allah dan membuang pikiran negatif itu sepanjang jalan. Selain itu, adalah kebiasaan menenangkan hati dan pikiran dalam berbagai cara untuk menenangkan hati dan pikiran sesuai dengan Alkitab. Tuhan memberkati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar