--> Skip to main content

Kesembuhan Orang Sakit yang Dijanjikan Allah Menurut Ayat Alkitab

Sebagai orang Kristen, ketika menemukan kerabat atau hubungan yang sakit, pasti akan mengerti dengan benar bagaimana ayat Alkitab penyembuhan orang sakit sesuai dengan firman yang Allah ungkapkan. Ini akan membuat kita mampu memberikan kenyamanan maksimal dan manfaat berdoa bagi umat Kristen sesuai dengan Firman Tuhan.

Tapi terkadang kurang dikenal dan dipahami dengan jelas. Oleh karena itu, memahami Firman Allah yang sesuai untuk penyembuhan diperlukan. Untuk lebih jelasnya, lihat berikut beberapa ayat Alkitab penyembuhan orang sakit yang paling sering diberikan untuk kenyamanan.

1. Yeremia 17:14

“Sembuhkanlah aku, ya TUHAN, maka aku akan sembuh; selamatkanlah aku, maka aku akan selamat, sebab Engkaulah kepujianku!”

Bagi mereka yang akrab dengan Kitab Yeremia, pasti mengerti bahwa nabi Yeremia adalah utusan Allah untuk memberitakan keselamatan penebusan yang akan diberikan oleh Tuhan Yesus. Oleh itu, nabi Yeremia telah diutus oleh Tuhan untuk mengingatkan bangsa Yehuda. Dalam salah satu ayal-nya ada pernyataan tentang keyakinan nabi Yeremia bahwa Allah berkuasa untuk menyembuhkan.

Padahal kita tahu, ini adalah fakta yang berlangsung di Abda ke-6, bahwa nabi Yeremia harus mempercayakan kesembuhan-Nya kepada Allah. Jika nabi Yeremia bisa percaya kepada Jahweh, maka kita harus orang percaya juga menaruh pengharapan akan kesembuhan kepada Jahweh. Dengan ayat ini kita orang Kristen diperkuat untuk mencari penyembuhan atas semua penyakit kepada Allah saja. Karena hanya Tuhan Jahweh yang mampu memberikan kesembuhan melalui lambang pengurapan orang sakit.

2. Mazmur 103:3

“Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu.”

Tidak hanya dalam kitab Yeremia, dalam Perjanjian lama, pemazmur juga menyatakan bahwa Tuhan Allah adalah sumber penyembuhan untuk semua penyakit. Oleh karena itu, kami merekomendasikan penyakit sakit yang kita hadapi hanya kepada Allah. Ingatkan kerabat kita atau teman dekat yang sakit untuk menaruh harapan hanya pada Allah.

Karena seperti yang tertulis di Alkitab, bahwa ketika Allah mengampuni Allah itu juga kuat untuk menyembuhkan. Pertama mengakui segala dosa kita. Lakukan bagaimana untuk bertobat Kristen dan kemudian meminta Tuhan untuk rahmat. Dengan demikian Allah akan memberikan karunia nyata penyembuhan untuk semua rasa sakit kita menderita.

3. Mazmur 147:3

“Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka.”

Pemazmur juga menyatakan bahwa bukan hanya luka atau penyakit fisik saja yang dapat disembuhkan oleh Allah. Tetapi Tuhan juga mampu menyembuhkan luka semua orang yang percaya kepada-Nya. Ada banyak orang Kristen yang mungkin merasa kecewa dalam hidup mereka atau masa lalu. Merasa terluka oleh orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Di sinilah Allah bekerja. Sakit fisik maka ada banyak teknologi medis yang mampu menyembuhkan.

Tapi luka batin adalah luka yang sulit untuk menyembuhkan. Tetapi jika kita percaya kepada Jahweh, maka Jahweh akan berusaha untuk membalut luka kita dengan segenap hati dan welas asih kita. Percaya bahwa Allah adalah penuh belas kasihan dan penuh kasih, sehingga apa pun rasa sakit yang kita derita, maka Allah tidak akan dapat melihat air mata kita yang jatuh karena sakit. Jadi hanya membutuhkan iman dan kepercayaan. Dengan cara berdoa dalam Roh dengan sungguh-sungguh bahwa Tuhan akan menyembuhkan rasa sakit kita baik secara jasmani maupun psikologis.

5. Yeremia 33:6

“Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah.”

Janji Allah kepada nabi Yeremia tidak hanya sampai pada tingkat janji kesembuhan. Tapi Tuhan bahkan menjanjikan kesehatan bagi setiap orang percaya yang percaya kepadanya. Ini adalah salah satu ayat alkitabiah penyembuhan orang sakit yang kita dapat memegang kebenaran. Dengan ini patokan kita sebagai orang percaya untuk tetap yakin bahwa Allah menjanjikan kita kesejahteraan dan penyembuhan penyakit sakit yang kita alami.

Jadi jika penyakit tidak boleh putus asa dan tetap percaya pada Tuhan saja. Bahwa tidak ada yang sulit bagi Allah dan bahwa Allah akan menyatakan kesembuhan dari penyakit kita. Selama kita menyerah dan percaya, adalah harapan untuk mengatakan doa kepada Allah. Jadi Tuhan akan memberikan jalan untuk menenangkan hati dan pikiran sesuai dengan Alkitab perdamaian dan karunia penyembuhan dalam hidup kita.

6. Pengkhotbah 3:3

“Ada waktu untuk membunuh, ada waktu untuk menyembuhkan; ada waktu untuk merombak, ada waktu untuk membangun.”

Siapa yang tidak mengetahui perkataan yang tertulis dalam kitab Pengkhotbah. Dalam buku ini selalu jelas mengungkapkan bahwa untuk segala sesuatu ada waktu. Termasuk waktu seseorang diperbolehkan untuk menderita penyakit atau penyakit di mana Tuhan akan memberikan kesembuhan. Oleh karena itu, adalah penting untuk memahami waktu yang Allah ungkapkan dalam kehidupan kita. Sering kali banyak orang percaya berpikir hanya dari sudut pandang sudut pandang mereka sendiri. Bahwa mereka menjadi lelah menunggu penyembuhan datang dari Allah.

Sekarang, tentu ini adalah penghiburan yang diberikan Jahweh kepada kita melalui FirmanNya. Anda tidak harus berkecil hati jika Anda belum mendapatkan obat. Sebagai pengkhotbah mengatakan bahwa segala sesuatu memiliki waktu termasuk untuk penyembuhan bahwa Tuhan berjanji. Jika masih belum sembuh, mungkin masih ada Tuhan untuk menyatakan dalam hidup kita. Jadi yakinlah dan setia, lakukan jalan doa diberikan menurut Kekristenan bahwa waktu penyembuhan yang Allah berikan akan segera datang ke waktunya.

7. Matius 19:2

“Orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia dan Iapun menyembuhkan mereka di sana.”

Dalam Perjanjian Baru ternyata bahwa Allah juga menyatakan karunia penyembuhan yang telah diungkapkan melalui mukjizat yang dilakukan oleh Tuhan Yesus. Oleh karena itu dengan bukti ini bahwa kita harus menjadi orang percaya untuk bergantung pada Firman Allah yang menjanjikan penyembuhan. Jika Allah telah memberikan kesembuhan sebelumnya, maka Allah akan mampu menyembuhkan umat-Nya sampai hari ini.

Oleh karena itu ini adalah ayat yang merupakan dasar bahwa kasih Allah umat-Nya begitu besar. Jadi apa pun rasa sakit yang dialami maka Allah akan mampu menyembuhkan kita semua. Apa pun jenis penyakit yang kita derita tidak boleh berkecil hati. Karena Allah akan mampu menyembuhkan semua penyakit yang paling parah. Asalkan kita memiliki iman dan percaya maka tidak ada yang mustahil bagi Allah untuk dilakukan dalam hidup kita.

8. Matius 8:7

“Yesus berkata kepadanya: “Aku akan datang menyembuhkannya.”

Kesembuhan yang Allah berikan dalam perjanjian baru juga diungkapkan melalui Kitab Para Rasul-Nya. Apalagi dalam Injil Matius dimana dimanifestasikan apa yang Tuhan pernah lakukan kepada mereka yang percaya kepada-Nya. Di sana tertulis bagaimana Tuhan menyembuhkan mereka yang percaya kepada-Nya. Tentu saja kita telah membaca dalam Injil Matius bagaimana Allah menyembuhkan orang yang lumpuh, menyembuhkan orang buta dan bahkan membangkitkan orang dari kematian.

Mukjizat yang membuat kita anak-nya senantiasa percaya bahwa Allah berkuasa untuk memberikan mukjizat penyembuhan. Karena itu, jangan pernah meragukan Tuhan. Jika pada zaman dahulu kala para rasul Allah telah menyembuhkan berbagai penyakit, tentu saja, saat ini Tuhan juga mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada. Meskipun dunia tampaknya berubah dan ada banyak penyakit sakit yang semakin berbahaya, tetapi semua penyakit ini tentu masih bermakna daripada kuasa Allah.

9. Kisah Para Rasul 19:12

“Bahkan orang membawa saputangan atau kain yang pernah dipakai oleh Paulus dan meletakkannya atas orang-orang sakit, maka lenyaplah penyakit mereka dan keluarlah roh-roh jahat.”

Bukan hanya penyembuhan mukjizat dari Allah. Tetapi di sini para rasul yang adalah wakil dan murid Allah dapat melakukan mukjizat penyembuhan juga. Esensi dari ayat ini adalah bahwa tidak hanya Allah yang mampu menyembuhkan, tetapi setiap orang percaya juga memiliki kekuatan penyembuhan. Oleh karena itu, tidak pernah ragu untuk berdoa bagi orang lain yang sakit. Apabila kita percaya dan diurapi oleh Tuhan, maka perkataan lidah bibir kita akan memerintah untuk menyembuhkan orang sakit.

Jadi dengan iman kesembuhan menjadi jelas. Hal ini penting untuk diketahui, bahwa mukjizat ini dapat terjadi melalui pengantara setiap orang yang memiliki iman kepada Allah. Bahkan kita semua mampu menyembuhkan saudara dan sahabat kita melalui kuasa Tuhan yang turun ke atas kita. Dan itu bukan tanpa landasan, tetapi firman Tuhan sendiri memperkuat pernyataan melalui mukjizat yang telah dibuat para rasul di masa lalu.

Ini adalah beberapa ayat Alkitab untuk penyembuhan orang sakit yang dapat digunakan sebagai patokan untuk menghibur tetangga kita yang sedang mengalami penyakit. Karena Allah selalu menjanjikan kedamaian dalam hidup kita. Tentu saja tidak ada satu hal pun yang terjadi dalam kehidupan kita tanpa izin Tuhan sendiri. Ini adalah dasar dari iman kita dalam penyembuhan yang Tuhan janjikan. Jadi jika Anda menemukan penyakit sakit, Anda tidak boleh putus asa terlebih dahulu. Tanyakan kepada Allah dan biarlah karunia Roh Kudus bekerja dalam kehidupan kita. Dengan demikian, masuknya Allah dalam kehidupan kita akan memungkinkan penyembuhan bagi penyakit yang kita derita.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar