Skip to main content

Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru – Apa Persamaannya?

Persamaan Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru yang Harus Diketahui. Pada pandangan pertama, kita mungkin sudah tahu perbedaan antara kitab Perjanjian lama dan perjanjian baru. Hal yang mencolok yang membedakan dua buku adalah dalam hal waktu penulisan dan konten secara keseluruhan. Perjanjian lama ditulis beberapa abad sebelum kedatangan Yesus Kristus ke dunia, sementara Perjanjian Baru ditulis dari zaman Yesus sampai beberapa hari setelah kebangkitan-Nya.

Dalam hal isinya, perjanjian lama mengatakan perintah dan ajaran diungkapkan kepada para nabi di hadapan Yesus. Sementara dalam Perjanjian Baru, Allah memberikan perjanjian barunya melalui peristiwa Yesus Kristus. Tentu saja, kedua buku memiliki perintah dan janji yang berbeda.

Menurut beberapa sumber dikatakan bahwa Alkitab adalah Wahyu progresif. Alkitab adalah keseluruhan kitab. Jadi, antara satu buku dan lain saling melengkapi. Kita tidak dapat menentukan buku mana yang lebih penting. Kita tidak bisa hanya membaca Perjanjian Baru dan menganggap perjanjian lama tidak sah.

Karena kita hanya bisa memahami kitab Perjanjian Baru dengan sempurna ketika kita telah memahami kitab Perjanjian lama. Sebagai contoh, kita tidak akan mengerti alasan mengapa Tuhan Yesus datang dan kita tidak akan mengenali Yesus sebagai Mesias ketika kita tidak membaca Perjanjian lama. Karena dalam Perjanjian lama ada nubuat dari anak Allah, bahwa bangsa kuno tahu dan percaya bahwa Yesus adalah Mesias.

Sekarang kita akan tahu apa perbedaan antara perjanjian lama dan perjanjian baru melalui artikel ini. Deskripsi berikut perbedaan antara perjanjian lama dan baru:

Waktu Penyampaian Hukum Allah

Kedua Perjanjian ini memiliki tujuan dan waktu yang sama dengan memberikan hukuman kepada mereka yang

Sebelumnya disebutkan bahwa kedua buku tersebut memiliki waktu penulisan yang berbeda. Secara historis, perjanjian lama ditulis antara 1400 SM dan 400 SM, sementara Perjanjian Baru ditulis dalam 45-95. Inilah sebabnya mengapa pada zaman Yesus ada Taurat. Meskipun demikian, penulisan kitab-buku tersebut tidak ditulis pada satu waktu, tetapi lebih bervariasi menurut latar belakang cerita.

Selain waktu penulisan, penulis masing-masing buku juga berbeda. Dari 39 buku dalam Perjanjian lama, setiap kitab ditulis oleh orang yang berbeda. Sebagai contoh, Mazmur ditulis oleh Daud dan Kitab Amsal ditulis oleh Salomo. Demikian juga untuk perjanjian baru, sebagian besar penulis adalah murid Yesus.

Isi Secara Umum

Dalam Perjanjian lama, ditulis tentang penciptaan alam semesta dan makhluk hidup. Hal ini juga diceritakan bagaimana manusia pertama dapat jatuh ke dalam dosa. Adam menyalahgunakan mandat yang diberikan Allah dan melanggar perintah-Nya untuk tidak memakan buah pengetahuan. Kemudian, di dalam Perjanjian lama juga dituliskan bagaimana Allah menentukan umat pilihan, iaitu bangsa Israel. Kita dapat membaca sejarah bagaimana bangsa Israel dapat keluar dari perbudakan di Mesir dan mencapai tanah Kanaan. Dalam perjalanan ke tanah perjanjian, Allah memberikan sepuluh perintah. Namun, manusia gagal mentaati perintah Jahweh, sehingga mereka berada di bawah penghukuman Jahweh.

Dan dalam Perjanjian Baru, Allah memberikan perjanjian barunya. Dia mengutus Yesus Kristus sebagai perantara antara Allah dan manusia. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa hubungan manusia dengan Allah telah rusak oleh dosa. Kemudian Yesus datang untuk mendamaikan. Dan manusia tidak bisa membantu dirinya sendiri karena konsekuensi dosa sesuai dengan Alkitab, sehingga Allah mengungkapkan rahmat melalui peristiwa Yesus Kristus. Yesus menanggung dosa dan kutuk bahwa manusia harus menerimanya.

Pengampunan dosa

Dalam Perjanjian lama, bangsa Israel menyembelih terhadap binatang kurban dengan imbalan dosa. Penghukuman dosa yang harus diterima manusia akhirnya diberikan kepada binatang yang tidak berdosa. Namun, dalam Kitab Imamat dikatakan bahwa penghapusan dosa di dalam Perjanjian lama tidaklah sempurna. Penghapusan dosa hanyalah refleksi dari penghapusan dosa masa depan.

Dan itu digenapi dengan peristiwa kematian Yesus Kristus ke Perjanjian Baru. Karena Allah begitu besar adalah kasih manusia, ia merendahkan dirinya dan mengambil daging untuk dikorbankan untuk membasuh dosa umat manusia. Namun demikian, Yesus mati sekali dan untuk semua. Bagi orang yang ingin mendapatkan pengampunan dosa di dalam kekristenan, ia harus percaya kepada Jahshua dan mengikutinya. Karena Yesus adalah satu-satunya jalan dan kebenaran dan kehidupan. Jadi dapat dikatakan, bahwa salah satu perbedaan antara perjanjian lama dan baru adalah dalam hal korban untuk penghapusan dosa.

Hukum Taurat dan Hukum Kasih

Allah memberikan sepuluh perintah kepada Musa di Gunung Sinai. Dan hukum Taurat ada dalam kitab Perjanjian lama. Jahweh mengatakan kepada Musa bahwa perintah itu diaplikasikan kepada bangsa Israel.

Namun, ketika dalam Perjanjian Baru, Tuhan Yesus meringkas perintah ke dalam dua hukum kasih di dalam Alkitab. Pertama, perintah untuk mengasihi Allah dengan segenap hati dan segenap jiwa saya. Dan kedua, perintah untuk mengasihi orang lain. Kedua hukum ini tidak dapat dipisahkan. Jika seseorang mengaku mengasihi Allah, dia akan secara otomatis mengasihi sesamanya.

Namun, apakah ini berarti bahwa hukum cinta menggantikan hukum? Tidak sama sekali. Hal ini dikatakan kepada perjanjian baru bahwa Yesus datang bukan untuk menghapus hukum, tetapi untuk memenuhinya. Tidak ada satu hal pun dalam hukum kasih yang melanggar hukum Taurat. Karena kenyataannya, dari sepuluh perintah Allah, ketika diringkas menjadi satu kata, kata itu adalah kasih. Karena Allah adalah kasih.

Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa Alkitab adalah keseluruhan buku, sehingga kita tidak bisa hanya belajar satu buku. Di samping itu, Kitab Alkitab juga ditulis dari penulis dan pengaturan yang berbeda dari cerita. Kita dapat menjadi salah persepsi ketika tidak mendalami seluruh isi Alkitab. Yah, mungkin beberapa artikel tentang perbedaan antara Testaments lama dan baru. Mudah-mudahan artikel ini dapat berguna untuk pembaca. Terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar