Skip to main content

Perbedaan Gereja Kristen Pantekosta Dan Bethel Yang Perlu Diketahui

Bagi sebagian orang Kristen, tidaklah mudah untuk menangkap perbedaan dari Gereja Bethel dan Pantekosta. Ini karena pada pandangan pertama bagi orang Kristen yang belum pernah melayani di kedua Gereja ini, konsep sekilas akan lebih atau kurang sama. Namun, di antara cara hidup gereja modern satu dengan yang lain memiliki perbedaan, terutama dalam liturgi dan administrasi gerejaNya. 

Oleh karena itu, tentu saja, ada hal yang tidak persis sama. Demikian pula di antara kedua gereja. Bagi Jemaat baik di gereja Bethel atau gereja Pantekosta pasti mengerti apa bedanya. Adapun mereka yang tidak jelas, kami sarankan bahwa Anda melihat beberapa perbedaan antara Bethel dan gereja Pantekosta yang tidak selalu mudah untuk tahu.


1. liturgi

Yang pertama adalah tentang liturgi Gereja yang tidak persis sama antara satu dan yang lain. Gereja liturgis di Bethel akan sedikit berbeda jika dibandingkan dengan tata cara liturgis gereja Pentakosta. Secara umum, konsep ini hampir sama dengan memiliki pembagi pujian dan penyembahan, kemudian di tengah kata dan kemudian kesimpulannya. Namun, jika dilihat secara khusus, perbedaannya akan ditemukan dalam nyanyian pujian yang umumnya tidak sama. Oleh kerana itu, ianya kadangkala jika penyembahan Jemaat Betel maka ibadat dalam Jemaat Pantekosta mempunyai kesukaran apabila mengikuti perbedaan pujian dan penyembahan dalam liturgi yang dinyanyikan.

2. Administrasi 

Dalam hal administrasi keduanya juga memiliki perbedaan besar. Tidak seperti Gereja Katolik yang memiliki satu sumber, Gereja Kristen memiliki administrasi sendiri berdasarkan sistem dan pemilik gereja. Oleh karena itu seperti Bethel gereja dan gereja Pantekosta di bawah naungan gereja yang berbeda. Jadi secara administratif seperti ketika melamar berkat perkawinan di gereja Betania akan berbeda dari Gereja Pantekosta. Oleh karena itu, perlu untuk administrasi untuk melihat bahwa tidak ada kesalahan jika ada urusan penting dengan gereja secara administratif.

3. Penggembalaan

Dalam hal penggembalakan keduanya juga memiliki cara yang berbeda. Hal ini biasanya terlihat dari sebutan untuk kemuridan dan penggemat. Beberapa menyebut ComCEL atau beberapa menyebutkan sebagai FA. Ada juga perbedaan pendeta dan imam yang melayani dalam pemberitaan kata dan merumamnya di gereja. Semua tergantung pada kebijakan di setiap gereja. Meskipun tujuan yang sama, tapi itu perlu diketahui oleh orang Kristen yang berencana untuk memiliki jemaat di salah satu gereja ini untuk membuatnya lebih mudah untuk menyesuaikan.

Ini adalah beberapa perbedaan mendasar gereja Bethel dan Pantekosta dan harus dipahami di kalangan orang Kristen. Ini adalah untuk memudahkan informasi mengenai tatacara ibadah antarjemaat yang tidak mungkin sama sepenuhnya. Tapi pastikan semua bersumber pada hal yang sama dan percaya karya penyaliban Agung Yesus. Tetaplah berdoa dan mintalah kepemimpinan dari karunia Roh Kudus. 

Hal ini sangat penting untuk dapat memilah gereja yang sesuai untuk mana kita tumbuh. Karena pada dasarnya gereja yang bersumber dari Kristus tentu saja sama. Tapi sedikit perbedaan dalam ibadahnya tidak bisa nyaman bagi banyak orang Kristen.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar