--> Skip to main content

Orang Sombong Menurut Ayat Alkitab yang Harus Dihindari

Ayat Alkitab Tentang Orang Sombong yang Harus Dihindari. Perbuatan yang kurang baik umumnya dicatat dalam tulisan suci. Ini adalah sama dengan ayat Alkitab tentang orang bangga bahwa Allah tidak suka. Karena perbuatan ini tidak sesuai dengan kehendak Tuhan dan sering menyebabkan kehancuran. Oleh karena itu, yang terbaik adalah memahami apa yang Tuhan inginkan dan meminta Alkitab kepada umatNya agar tidak menerapkan sifat dosa sesuai dengan Alkitab yang arogan atau hati yang tinggi. 

Untuk menjadi lebih jelas, berikut adalah beberapa ayat Alkitab tentang orang bangga bahwa kita harus tahu yang terbaik.

1. 1 Korintus 13:4

“Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.”

Orang Kristen selalu diajarkan untuk melakukan prinsip cinta Alkitab kepada semua orang dan sesama manusia. Oleh karena itu disebutkan bahwa sombong bukan bagian dari cinta. Jadi sikap arogan ini harus dihilangkan dan dihapus. Setiap orang Kristen yang cinta pasti akan lebih rendah hati dan menjauh dari kesombongan atau hati yang tinggi.



2. Amsal 21:4

“Mata yang congkak dan hati yang sombong, yang menjadi pelita orang fasik, adalah dosa.”

Di sini jelas disebutkan bahwa kesombongan ini adalah sejenis dosa menurut Alkitab. Karena itu perbuatan sombong itu dikatakan sebagai perbuatan orang fasik. Sementara Allah sendiri membenci apa yang dilakukan orang fisik karena mereka tidak sesuai dengan kehendak-Nya. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari sikap arogan dan tinggi hati. Selalu berdoa untuk menjadi lebih rendah hati dan untuk mencintai orang lain dengan baik.

3. Yesaya 5:15

“Maka manusia akan ditundukkan, dan orang akan direndahkan, ya, orang-orang sombong akan direndahkan.”

Dalam buku itu lebih jelas bahwa Allah akan menghukum mereka yang melakukan atau menerapkan arogan. Oleh karena itu Cobalah untuk menjaga sikap pergi. Karena jika itu terjadi arogan maka mungkin bahwa Allah akan merendahkan dirinya di depan banyak orang. Untuk memahami bahwa di dunia ini tidak ada yang lebih besar dari Allah sendiri.

4. Mazmur 101:5

“Orang yang sembunyi-sembunyi mengumpat temannya, dia akan kubinasakan. Orang yang sombong dan tinggi hati, aku tidak suka.”

Allah jelas mengatakan benci yang sombong. Perbuatan ini tidak cocok dengan buah Roh sehingga Allah tidak. Oleh karena itu orang Kristen harus menghindari sifat hati yang tinggi atau sifat orang yang sombong menurut Kekristenan. Maka Tuhan menghendaki dan berkenan kepada kehidupan kita.

5. Yesaya 2:17

“Manusia yang sombong akan ditundukkan dan orang yang angkuh akan direndahkan; hanya TUHAN sajalah yang maha tinggi pada hari itu.”

Dalam ayat ini kita orang Kristen belajar bahwa tidak ada yang lebih tinggi dan lebih besar dari Tuhan sendiri. Oleh karena itu, orang Kristen seharusnya tidak merasa luar biasa karena kita tidak memiliki apa-apa bila dibandingkan dengan Allah sendiri. Manusia lemah dan bukan apa-apa, oleh karena itu kita tidak boleh menerapkan arogan karena Allah akan merendahkan orang seperti itu.

6. 1 Samuel 2:3

“Janganlah kamu selalu berkata sombong, janganlah caci maki keluar dari mulutmu. Karena TUHAN itu Allah yang mahatahu, dan oleh Dia perbuatan-perbuatan diuji.”

Tuhan selalu tahu apa yang kita lakukan. Termasuk jika kita congkak. Kemudian Allah akan merasa benci dan akan menghukum sesuai dengan perbuatan kita. Salah satunya adalah jika kita tinggi dan bangga. Maka Allah akan mengetahui hal ini dan dapat memberikan hukuman. Inilah yang membuat manusia harus selalu berusaha untuk melakukan sifat rendah hati menurut Alkitab dan mengasihi orang lain dengan menghindari sikap sombong.

7. Amsal 16:5

“Setiap orang yang tinggi hati adalah kekejian bagi TUHAN; sungguh, ia tidak akan luput dari hukuman.”

Dikatakan dalam ayat bahwa tinggi hati atau perasaan arogan sebenarnya adalah suatu hal yang Allah dianggap sebagai perbuatan keji. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa Allah tidak menyukai sifat sombong umat manusia. Jadi Anda selalu berdoa untuk dijaga menjauh dari sombong dan perbuatan hati yang tinggi. Mintalah untuk diberi kerendahan hati karena pada dasarnya manusia bukanlah apa-apa dibandingkan dengan Allah yang besar dan berkuasa.

8. Amsal 16:18

“Kecongkakan mendahului kehancuran, dan tinggi hati mendahului kejatuhan.”

Dalam ayat ini juga menyebutkan betapa kesombongan atau tingginya hati atau suatu yang congkak dalam diri seseorang dapat mendatangkan kehancuran dan jatuh ke dalam kehidupan seseorang. Inilah yang membuat pentingnya umat Kristen selalu berusaha untuk melakukan cara berdoa yang benar untuk diberikan hati yang penuh kasih dan rendah hati. Sejauh ini dari congkak dan sombong. Baik untuk kekayaan atau intelek. Ingatlah bahwa semua ini berasal dari Tuhan saja. Jadi tidak pantas jika umat Tuhan bermegah. Melainkan bersyukur dan melakukan perbuatan baik.

Silahkan Bergabung di Group Facebook ROHANI KRISTEN INDONESIA

Klik https://www.facebook.com/rohanikristenindonesia/ Untuk
mendapatkan info terbaru Dari Rohani Kristen indonesia dan berbagi
Pengalaman

 PENTING :Cara Cepat dan Mudah Mencari santapan rohani Kebutuhan Anda di https://www.isplbwiki.net/ silahkan klik disini https://www.facebook.com/rohanikristenindonesia/

Ini adalah beberapa ayat Alkitab tentang orang bangga bahwa Allah tidak suka. Oleh karena itu, dianjurkan untuk menghindari arogan dan sikap hati yang tinggi. Sebisa mungkin selalu patuh pada hasrat Allah dalam kehidupan manusia kita di dunia. Jadi kita cocok dan berkenan di hadapan Allah. Dengan berdoa dan memiliki kepemimpinan karunia Roh Kudus pastilah akan lebih mudah bagi kita untuk membuang atribut duniawi seperti kesombongan. Jadi kita dapat menjadi lebih rendah hati dan menjadi terang bagi sesama manusia.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar