--> Skip to main content

Renungan Kristen Tentang Adat Istiadat Dan Budaya Menurut Alkitab

Ada banyak orang Kristen yang sering kurang sadar akan ayat Alkitab tentang budaya. Ini bisa jadi karena tidak pernah menuangkan Tuhan dengan jelas pada ayat Alkitab. Bahkan sebagian besar hal ini hanya dituangkan secara tidak langsung. Oleh karena itu agak sulit untuk mempelajarinya. Dibutuhkan waktu untuk berdoa dan mencari jawaban dari Allah Apakah kebenaran harus dilakukan untuk tujuan budaya sesuai dengan pandangan Kristen tertentu. 

Jadi jika tidak menyakiti hati Tuhan tetapi di sisi lain juga tidak mengecewakan orang lain. Oleh karena itu, yang terbaik adalah memahami berikut beberapa ayat Alkitab tentang budaya yang diberikan secara tidak langsung.

Menurut Alkitab, budaya ini sering dinyatakan sebagai adat istiadat. Oleh karena itu, dalam kata istilah lebih kebiasaan menggambarkan budaya yang berlaku. Dengan kata tentang adat istiadat budaya itu pasti menjadi salah satu yang harus direnungkan Apakah harus dilakukan atau tidak. Karena beberapa orang menyebut asal-usul dosa menurut Alkitab. Jadi seharusnya tidak dilakukan.


1. Kisah Para Rasul 16:21

“dan mereka mengajarkan adat istiadat, yang kita sebagai orang Rum tidak boleh menerimanya atau menurutinya.”

Ada banyak perintah Allah yang secara tidak langsung mengundang orang Kristen untuk menghindari budaya atau adat istiadat leluhur. Dalam arti itu adalah budaya yang tidak sesuai dengan Firman Allah. Budaya yang baik, tetapi beberapa tidak sesuai dengan kata. Oleh karena itu perlu untuk menjadi bijaksana dalam merespon dan melakukannya.

2. Markus 7:9

“Yesus berkata pula kepada mereka: “Sungguh pandai kamu mengesampingkan perintah Allah, supaya kamu dapat memelihara adat istiadatmu sendiri.”

Seringkali budaya atau adat istiadat bertentangan dengan kehendak Allah. Inilah peranan Roh Kudus dalam memberikan jawaban Apakah budaya itu ada dalam Firman Tuhan. Seperti budaya menghormati orang tua tentu bukan hal yang salah. Tapi budaya menghormati semangat leluhur pasti bertentangan dengan ajaran Allah. Inilah yang harus diatasi dengan bijak agar tidak jatuh dalam kodrat dosa menurut Alkitab.

3. Matius 15:6

“orang itu tidak wajib lagi menghormati bapanya atau ibunya. Dengan demikian firman Allah kamu nyatakan tidak berlaku demi adat istiadatmu sendiri.”

Sebaiknya jika adat atau budaya tidak cocok dengan kata kemudian segera meninggalkannya. Bersekutu dengan Tuhan akan membantu tidak jauh dalam dosa melakukan budaya yang Allah tidak suka. Sama seperti penyembahan berhala, Jahweh menjadi tidak berkenan kepada kita umatNya. Oleh karena itu dengan berdoa atau bahkan puasa Senin Kamis oleh Kristen membantu kita untuk mendapatkan hikmat yang benar.

4. 2 Raja-Raja 17:33

“Mereka berbakti kepada TUHAN, tetapi dalam pada itu mereka beribadah kepada allah mereka sesuai dengan adat bangsa-bangsa yang dari antaranya mereka diangkut tertawan.”

Dalam bagian di atas, itu tidak memberitahu Anda bagaimana umat Allah masih mengikuti adat istiadat atau budaya bangsa lain dan ini dibenci oleh Allah. Oleh karena itu, seperti hari ini, ada beberapa budaya yang tidak sesuai kehendak Allah. Jadi harus dihindari. Janganlah mengotori tubuh Kristus dengan perbuatan tidak bercela dan dosa. Jadi kita selalu berkenan di hadapan Allah dan diberkati dengan berkat-berkat yang berkepanjangan.

5. 2 Raja-Raja 17:34

“Sampai hari ini mereka berbuat sesuai dengan adat yang dahulu. Mereka tidak berbakti kepada TUHAN dan tidak berbuat sesuai dengan ketetapan, hukum, undang-undang dan perintah yang diperintahkan TUHAN kepada anak-anak Yakub yang telah dinamai-Nya Israel.”

Di sini dikatakan bahwa bahkan bangsa Israel yang menyukai Tuhan sering lebih suka adat istiadat leluhur. Tapi budaya tidak sesuai dengan kata. Pada zaman sekarang orang Kristen harus berhati-hati untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Sikap Kristen terhadap budaya juga penting, tetapi firman Allah jauh lebih penting.

6. 1 Petrus 1:18

“Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas.”

Ayat ini adalah kunci bahwa kita orang Kristen telah ditebus dari dosa karena budaya dan adat istiadat leluhur. Oleh karena itu, Anda tidak harus kembali lagi. Hindari melakukannya dan patroli Tuhan saja dan FirmanNya. Kemudian kita akan menerima keselamatan dan kehidupan kekal yang dijanjikan Allah. Penebusan Yesus telah membantu kita untuk kebebasan dari dosa karena adat istiadat budaya leluhur kita pertama.

Silahkan Bergabung di Group Facebook ROHANI KRISTEN INDONESIA

Klik https://www.facebook.com/rohanikristenindonesia/ Untuk
mendapatkan info terbaru Dari Rohani Kristen indonesia dan berbagi
Pengalaman

 PENTING :Cara Cepat dan Mudah Mencari santapan rohani Kebutuhan Anda di https://www.isplbwiki.net/ silahkan klik disini https://www.facebook.com/rohanikristenindonesia/

Ini adalah beberapa ayat Alkitab tentang budaya dan penjelasan. Tidak banyak yang harus diberikan dan membahasnya secara langsung. Ada sesuatu yang harus dijelaskan secara terpisah dan dibutuhkan kebijaksanaan bagi anak Allah untuk mengetahui maksud dalam ayat. Oleh karena itu, Anda harus selalu ingat bagaimana berdoa dalam Roh dan meminta penjelasan tentang karunia Roh Kudus dalam memahami pikiran Allah melalui FirmanNya. Termasuk jika Anda ingin merenungkan lebih lanjut tentang budaya di sekitar kita. Beberapa diperbolehkan atau tidak menjadi. Dengan bimbingan dari Allah, pasti kita akan lebih mudah untuk menentukan yang Allah seharusnya dan yang tidak sebaik.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar