Skip to main content

Membaca Alkitab Setiap Hari Memiliki 7 Manfaat yang Kita Dapatkan

Manfaat Membaca Alkitab Setiap Hari yang Harus Kita Dapatkan. Alkitab adalah sebuah kitab yang memuat berbagai Firman Tuhan. Setiap perintah, setiap kehendak-Nya, setiap kesaksian Allah, semuanya tertulis di dalam Alkitab. Sebagai orang yang mengaku percaya kepada Allah Bapa, anak, dan Roh Kudus, adalah penting bahwa kita membaca Alkitab. Alkitab tidak hanya dimaksudkan untuk dibaca selama kebaktian hari Minggu, tetapi Alkitab harus dibaca setiap hari. Ada berbagai manfaat membaca Alkitab setiap hari. Manfaat ini tentu baik bagi kita untuk mendapatkan. Berikut adalah berbagai manfaat membaca Alkitab setiap hari.

1. Firman Tuhan membawa kita pada keselamatan sejati.
2 Timotius 3:15 Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

Matius 4:4 Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”


Alkitab menolong kita untuk memperoleh keselamatan. Ingatlah, bukan Alkitab yang memberikan keselamatan. Alkitab hanya memberi jalan bagi kita untuk mencapai keselamatan itu. Hanya Tuhan saja yang mampu memberi kita keselamatan. Namun, kita perlu mengenal Tuhan terlebih dahulu untuk mendapatkan iman di dalam Kristus Yesus. Itulah sebabnya mengapa kita perlu membaca Alkitab setiap hari. Alkitab mampu memberi kita kehidupan rohani melalui keselamatan.

2. Firman Tuhan menguatkan kita dari cobaan.
1 Yohanes 2:14 Aku menulis kepada kamu, hai anak-anak, karena kamu mengenal Bapa. Aku menulis kepada kamu, hai bapa-bapa, karena kamu mengenal Dia, yang ada dari mulanya. Aku menulis kepada kamu, hai orang-orang muda, karena kamu kuat dan firman Allah diam di dalam kamu dan kamu telah mengalahkan yang jahat.

Alkitab ditulis untuk memberi kita kekuatan dalam mengalahkan kuasa jahat. Setiap pencobaan yang dapat kita miliki dilanggar melalui kebenaran Firman Tuhan. Hal ini seperti manfaat membaca Alkitab setiap hari yang Yesus lakukan ketika tergoda di padang gurun setelah puasa 40 hari 40 malam. Hal ini juga dapat dilakukan ketika kita membaca dan merenungkan Firman Tuhan setiap hari. Firman Tuhan, terutama dalam ayat Alkitab untuk motif kehidupan, menolong kita untuk melewati setiap pencobaan yang datang kepada kita, dengan menimbang apa pun.

3. Firman Tuhan meneguhkan iman kita tentang keselamatan dan hidup kekal yang sudah kita terima.
1 Yohanes 5:13 Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal.

Sebagai orang Kristen tentu saja kita tahu bahwa Yesus datang untuk memberikan keselamatan dan berjanji hidup kekal setelah kematian. Semua orang Kristen tahu hal ini, tetapi tidak semua orang Kristen yakin akan hal itu. Minimal, mereka tidak yakin bahwa mereka memiliki keamanan itu. Pembacaan rutin Alkitab akan membantu untuk meneguhkan iman keselamatan kita. Alkitab menolong kita lebih dekat kepada Tuhan dan percaya kepada janji keselamatan sesuai dengan ayat kepercayaan Alkitab.

4. Firman Tuhan menguatkan iman kita tentang kuasa doa.
Yohanes 15:7 Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Selain membaca Alkitab, kita juga selalu didorong untuk berkomunikasi dengan Tuhan melalui doa. Salah satu hal yang dapat kita ungkapkan dalam doa adalah permohonan kita. Meskipun demikian, kita sering merasa ragu mengenai doa kita. Manfaat harian lainnya membaca Alkitab adalah membantu kita untuk percaya bahwa Tuhan mendengarkan doa kita. Dia berjanji untuk memberikan apa yang kita minta dan kita percaya bahwa dia akan mematuhinya.

5. Firman Tuhan membantu kita untuk menjadi semakin serupa dengan Allah.
Yohanes 17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.

Yohanes 15:3 Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.

Mazmur 119:9 Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakukannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.

Firman Jahweh yang tertulis di dalam Alkitab adalah kebenaran. Ketika kita memegang kebenaran secara teratur membaca Alkitab dan melakukannya, kita telah menjadi dikuduskan. Kekudusan yang kita terima sebagai karunia dari Allah harus waspada. Pemazmur dengan jelas mengatakan bahwa kita bisa menjaga anugrah dengan berperilaku sesuai dengan firman Jahweh. Kita mungkin tidak dapat mengetahui bagaimana kita harus berperilaku jika kita malas membaca Alkitab.

6. Firman Tuhan mampu menyukakan hati dan memberikan damai sejahtera.
Mazmur 19:9 Titah TUHAN itu tepat, menyukakan hati; perintah TUHAN itu murni, membuat mata bercahaya.

Yohanes 16:33 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

Firman Tuhan mampu memberi kita sukacita bahkan ketika kita merasa kita tidak lagi memiliki harapan. Firman Tuhan juga memberi kita kedamaian ketika kita merasa kita memiliki begitu banyak masalah. Alkitab mengandungi pelbagai motivasi yang nyata, bukan sekadar dorongan yang kosong. Sebagai contoh ketika kita merasa patah hati, kita akan menjadi kuat dan segera pulih setelah membaca ayat Alkitab tentang kesedihan hati. Membaca Alkitab juga membantu kita untuk tidak menanggung semua hal saja, tetapi untuk belajar memberikannya kepada Allah seperti dikatakan dalam ayat Alkitab tentang menyerah.

7. Firman Tuhan mampu memberikan jalan keluar dan keberhasilan.
Mazmur 119:105 Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.

Yosua 1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

Bukan sekadar perasaan sukacita dan kedamaian. Firman Tuhan dapat memberikan jalan keluar dan sukses seperti juga Tuhan berkata dalam ayat Alkitab tentang keberhasilan. Ketika kita berada di zaman kejatuhan, zaman kegelapan kita, Firman Tuhan dalam Alkitab adalah seperti Pelita, lampu, lampu, yang menolong kita keluar dari masa itu. Di tengah semua kekhawatiran kita, Firman Allah mampu memberikan keberhasilan dari apa yang kita lakukan. Tentu saja hal ini harus disertai dengan kerja keras, seperti yang tertulis dalam ayat Alkitab motivasi kerja, dan mematuhi Firman Allah.

Itulah manfaat membaca Alkitab setiap hari. Manfaat membaca Alkitab setiap hari tidak hanya kita rasakan dalam kehidupan rohani kita, tetapi kita juga dapat melakukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal yang penting untuk diingat tidak cukup bagi kita untuk hanya membaca Alkitab. Kita perlu sungguh merenungkan dan juga melakukannya dalam kehidupan kita. Mintalah Roh Kudus untuk selalu membimbing kita dalam rangka untuk mendapatkan manfaat membaca Alkitab setiap hari. Semua kemuliaan bagi nama Allah. Tuhan memberkati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar