--> Skip to main content

Makna Pentakosta Bagi Kehidupan Umat Kristiani

Makna Pentakosta bagi Orang Kristen. Dalam Kekristianan terdapat pelbagai perayaan tentang kebesaran Tuhan. Dari Allah turun ke dunia dalam bentuk manusia yang lahir dari seorang perawan sampai Allah hadir dalam bentuk Roh Kudus. Setiap perayaan yang benar adalah sesuatu yang menggembirakan bagi orang Kristen. Melalui kelahiran Tuhan Yesus, orang Kristen diberi kepastian bahwa mereka akan selamat. Melalui kematian Kristus, orang Kristen diberi pengertian bahwa Allah mengasihi. Akhirnya, Allah hadir dalam bentuk Roh Kudus juga membuat manusia harus sadar akan kasih Allah yang tidak pernah pergi, meskipun orang itu sangat berdosa.

Hari Pentakosta adalah hari di mana Roh Kudus jatuh. Pada mulanya, hari Pentakosta diperingati oleh orang Yahudi di mana ia dinyatakan kepada mereka bahawa mereka diwajibkan untuk merayakan hari itu. Setelah 7 minggu mereka merasa bahagia, merayakan kebangkitan Kristus, mereka juga telah merayakan hari Roh Kudus. Sukacita sering menjadi hiasan pada hari Pentakosta. Setiap orang tentu saja menyukai kedatangan Roh Kudus, Roh yang selalu memberi mereka rasa kehadiran Allah. Ada berbagai makna Pentakosta bagi orang Kristen. Dalam artikel ini, akan menampilkan 3 makna besar dan umum orang Kristen merayakan hari Pentakosta 



1. komunitas iman

Masyarakat tentu berhubungan dengan Asosiasi dan Aliansi. Asosiasi dan aliansi yang dirujuk di sini adalah bagaimana iman seorang Kristen membuatnya bersatu dengan Kristen yang lain. Biasanya, komunitas terbentuk karena adanya kecocokan atau kesamaan tujuan. Namun, pada pengikut Kristus, komunitas iman itu sendiri adalah sebagai manifestasi dari kinerja Roh Kudus. Tuhan telah memilih mereka untuk bersatu dalam memuji dan melayani Tuhan. Oleh karena itu, merek menjadi bersemangat dalam memuliakan Tuhan dengan komunitas terbentuk, sebagai berikut:

  • Komunitas iman itu sendiri sebenarnya didirikan pertama kali Anda diperkenalkan oleh orang tua Anda tentang berdoa di gereja. Di gereja, kita dapat mengambil orang dari latar belakang yang berbeda dan kemampuan dan kekuatan yang berbeda juga, datang untuk memuliakan ayah.
  • Dalam masyarakat juga Anda akan semakin terlibat untuk terus tumbuh melalui cinta. Roh Kudus juga selalu memberkati pekerjaan dan pelayanan Anda (baca: lambang-simbol Kristen).
  • Roh Kudus adalah sumber iman Anda. Ketika Anda jatuh karena hasrat daging yang tiada habisnya, Roh Kudus datang untuk mengingatkan Anda.
  • Roh Kudus bisa datang dalam bentuk apapun, termasuk teman Anda. Dia bisa tinggal di tubuh teman Anda untuk mengingatkan Anda bahwa Anda berada di ambang dosa.
  • Selain itu, Roh Kudus juga berdiam di dalam diri Anda, di mana Anda dimungkinkan untuk berkomunikasi dengan Tuhan sehingga Anda memahami apa yang Tuhan inginkan. 


Dalam sebuah komunitas iman, itu juga tak terbantahkan bahwa masih ada orang yang tetap untuk memilih kegelapan meskipun cahaya dari apa pun Roh Kudus telah dibahas. Itulah yang menyebabkan munculnya sebab besar karena memang orang itu telah menerima baptisan. Ketika seseorang telah menerima pembaptisan, itu berarti dia mengizinkan Allah untuk hadir dalam kehidupannya. Meskipun demikian, persyaratan dari perkara pembaptisan di beberapa gereja berbeda, tetapi tujuan dari perkara pembaptisan adalah untuk mendaftarkan seseorang untuk menjadi anggota kerajaan surga.

2. ucapan syukur yang tak berujung

Sementara merayakan hari Pentakosta, memang benar bahwa orang Kristen harus bersyukur atas kemuliaan Allah. Dalam kehidupan sehari-hari kita telah menghadapi berbagai masalah, apakah masalah kita dengan diri kita sendiri atau bahkan masalah dengan orang di sekitar kita. Setiap orang harus memiliki karakter yang berbeda, itulah sebabnya mengapa perpediasi sesekali tidak dapat dihindari, ada mereka yang dirugikan dan sangat terjatuh. Jika Anda adalah pesta yang jatuh, berseru kepada Kristus dan bersukacita karena Roh Kudus telah diturunkan kepadamu, sebagai berikut:

  • Masalah lain yang sering terjadi pada manusia adalah ketidakmampuan untuk bersyukur. Manusia memang memiliki sifat egois yang membuat sulit untuk menyadari bahwa berkat yang diterimanya adalah karena kebaikan Allah.
  • Berbagai ego dan arogansi terjadi dan membuat hubungan antara manusia yang lebih umum. Dengan turunnya Roh Kudus atau umumnya dirayakan sebagai hari Pentakosta, sebagai manusia yang tepat kita ' tahu diri kita ' dan tahu siapa kita sebenarnya.
  • Dengan Roh Kudus di dalam hati kita masing-masing seharusnya sudah cukup alasan mengapa kita harus terus bersyukur.
  • Hal ini juga penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa alam yang tidak terpenuhi adalah salah satu sifat yang dibenci oleh Allah.
  • Sifat ini biasanya menyebabkan seseorang merasa bahwa ia layak mendapatkan lebih dari semua itu. Cinta sangat minim untuk dilihat di antara mereka yang egois.
  • Setiap orang pasti memiliki pengalaman gelap di mana tidak ada yang peduli tentang hal itu bahkan berpura-pura peduli. Hal ini tentu sangat Miris karena hati orang Kristen harus dipenuhi dengan cinta bahkan tidak kebencian 


Roh Kudus datang untuk membersihkan hati mereka. Kehadiran Roh Kudus juga merupakan salah satu tanda bahwa Allah senantiasa berada di mana pun kita berada. Manusia tidak melihat, tetapi Allah melihatnya dengan jelas. Inilah yang sering terjadi pada seorang koruptor yang mencuri uang rakyat. Memang, tidak ada manusia menyadari kesalahannya pada waktu itu, bahkan banyak yang malah mendukungnya. Inilah yang harus dicuci sesegera mungkin. Dengan menginginkan harta orang lain seperti yang dilakukan oleh para korelator, itu tidak selalu mencerminkan seorang Kristen yang selalu bersyukur atas kebijaksanaan Allah. 

3. misi pembebasan Allah untuk manusia

Setiap orang harus berbuat dosa, bahkan bayi sudah dikenakan biaya. Meskipun secara logis, mereka tidak melakukan apa pun yang merugikan orang lain. Namun, dosa keturunan nenek moyang manusia sangat sulit untuk melepaskan, bahkan sangat tidak mungkin dilepaskan dari seseorang. Karena dosa, wajah Jahweh tercemar karena itu adalah manusia yang membentuk wajah Jahweh. Allah tentu menginginkan anak-anak yang patuh dan patuh pada perintahNya. Namun, di antara kehidupan beberapa orang malah menganggap bahwa peraturan adalah salah satu yang dibuat untuk kepentingan pelanggaran. Memang, Allah telah mengubah umat manusia untuk tetap suci karena ia telah mengorbankan Tuhan Yesus untuk datang ke dunia dan menderita. Penderannya juga terlihat ketika manusia terus berbuat dosa. Tindakan dosa sebenarnya adalah perbuatan yang menandakan bahwa seseorang menolak bahwa Allah memiliki beberapa ulasan berikut:

  • Di penjara, kita pasti akan menemukan banyak tahanan di sana. Para tahanan sebenarnya adalah seseorang yang telah terbukti menyalahgunakan apa yang ia miliki, baik hidupnya dan hartanya.
  • Pencuri, pembunuh dan anggota kriminal lainnya diamankan di sana. Jika seseorang meminta untuk membebaskan satu tahanan di sana tanpa syarat, pasti akan ada banyak bahkan semua orang tidak akan setuju dengan berita.
  • Dikatakan bahwa manusia berdosa di hadapan Jahweh. Dosa yang telah merusak hubungan manusia dengan Tuhan. Bagaimana mungkin untuk masuk ke dalam logika berpikir, Allah akan membebaskan kita yang adalah orang berdosa berat tanpa harapan pahala apapun selain kembali ke jalan-Nya?
  • Memang, ini adalah pertanda bahwa Allah Maha Penyayang. Memang dia sangat marah dengan dosa kita, tetapi dia adalah yang paling mengampuni 


Dengan turunnya Roh Kudus ke dalam dunia, membuktikan bahwa Tuhan menghendaki kita semua bebas. Bebas dari dosa dan konsekuensi dari dosa semacam itu. Pembebasan memang misi Allah bagi umat manusia. Seolah-olah tidak peduli seberapa bebas kita, Allah tidak pernah berubah untuk cinta yang setia. Penyelamatan harus sudah ada sebelum hari kemerosotan Roh Kudus. Di dalam Gereja awal terlihat kuasa Allah dalam misi pembebasan dunia 

Setelah mengetahui tiga arti besar dari hari Pentakosta bagi orang Kristen, pasti Anda menjadi semakin memahami misi Allah. Karya pembebasannya yang menyelamatkan manusia dari dosa. Dia menurunkan Roh Kudus ke dalam dunia, yang pada mulanya datang dalam bentuk nyala api. Nyala api yang menggambarkan kuasa Allah karena meskipun itu ada di kepala para murid Tuhan Yesus, tidak ada rambut sedikitpun dari pembakaran mereka 

Hari Roh Kudus adalah salah satu bukti nyata bahwa Allah akan selalu menepati janjiNya. Misi yang ia rencanakan pasti akan selalu dilakukan. Informasi mengenai makna Pentakosta bagi orang Kristen. Dengan artikel ini, diharapkan bahwa Anda dapat memahami makna Pentakosta bagi orang Kristen yang sejati. Semoga bermanfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar