Skip to main content

Hukum Tentang Rentenir yang Mengambil Bunga Uang Menurut 10 Ayat Alkitab Kristen

Ayat Alkitab Tentang Rentenir yang Mengambil Bunga Uang. Kita mungkin sering mendengar tentang moneyer. Beberapa orang menyamakan pinjaman dengan middling. Rentenir adalah orang atau sekelompok orang yang memberikan uang pinjaman kepada yang membutuhkan. Namun, kegiatan ini tidak digunakan sebagai bidang untuk membantu, tetapi digunakan sebagai bidang bisnis. Rentenir berusaha untuk mendapatkan keuntungan dari pinjaman ini dengan mengambil bunga atau RIBA. Mereka biasanya mengambil bunga cukup tinggi untuk membuat mereka lebih menguntungkan. Namun, Alkitab sendiri memberikan beberapa hukum Moneyenir menurut Kekristenan. Berikut adalah beberapa ayat Alkitab pinjaman.

Yehezkiel 18:8-9
Tidak memungut bunga uang atau mengambil riba, menjauhkan diri dari kecurangan, melakukan hukum yang benar di antara manusia dengan manusia, hidup menurut ketetapan-Ku dan tetap mengikuti peraturan-Ku dengan berlaku setia ialah orang benar, dan ia pasti hidup, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Teks alkitabiah pinjaman ini jelas menyatakan hukum pembungaan uang dalam kekristenan. Hukum mengatakan bahwa orang yang tidak mengambil bunga adalah orang benar. Tuhan akan memberikan kehidupan kepada rakyat. Alkitab saat ini menggambarkan pemberian hidup sebagai pemenuhan janji keselamatan dalam Alkitab. Kita tahu bahwa keselamatan hanya dapat diperoleh oleh orang yang saleh. Oleh karena itu, ayat ini menyatakan bahwa kegiatan yang Moneyer tidak benar.



Ulangan 23:19-20
“Janganlah engkau membungakan kepada saudaramu, baik uang maupun bahan makanan atau apapun yang dapat dibungakan. Dari orang asing boleh engkau memungut bunga, tetapi dari saudaramu janganlah engkau memungut bunga supaya TUHAN, Allahmu, memberkati engkau dalam segala usahamu di negeri yang engkau masuki untuk mendudukinya.”

Teks alkitabiah dari para moneyreers ini sering dianggap diskriminatif dalam menerapkan hukum riba dalam kekristenan. Ayat ini tampaknya mengatakan bahwa pinjaman tidak dapat memberikan bunga kepada seorang kerabat, tetapi untuk unkindred diperbolehkan. Namun, kita perlu mengingat bahwa Yesus telah menyatukan kita dalam Kerajaan Allah. Kami adalah satu saudara dan lain. Oleh karena itu, siapa pun yang kita kenal hari ini, siapa pun yang kita temui saat ini, mereka adalah saudara. Dengan ini, Allah secara tegas mengatakan bahwa kita tidak dapat mengambil bunga kepada siapa pun.

Amsal 28:8
Orang yang memperbanyak hartanya dengan riba dan bunga uang, mengumpulkan itu untuk orang-orang yang mempunyai belas kasihan kepada orang-orang lemah.

Allah sendiri tidak pernah memberikan larangan untuk memberikan pinjaman. Bunga juga diperbolehkan. Namun, ayat Alkitab tentang rentenir ini ingin kita ingat bahwa kita harus tahu motivasi kita untuk mengambil bunga dari pinjaman orang lain. Tuhan ingin jika kita mendapatkan keuntungan melalui riba dan bunga, kita memberikannya kepada orang lain. Kami menggunakan manfaat ini untuk membantu orang lain kembali, bukan untuk keuntungan diri. Sekali lagi, Tuhan menghendaki kita menjadi fokus diri untuk menerapkan hukum kasih alkitabiah kepada sesama manusia.

Selain tiga ayat ini, masih ada beberapa ayat Alkitab tentang uang lainnya. Berikut adalah beberapa ayat Alkitab tentang moneyer kita dapat memahami.


Yehezkiel 18:17
Menjauhkan diri dari kecurangan, tidak mengambil bunga uang atau riba, melakukan peraturan-Ku dan hidup menurut ketetapan-Ku orang yang demikian tidak akan mati karena kesalahan ayahnya, ia pasti hidup.

Yehezkiel 22:12
Padamu orang menerima suap untuk mencurahkan darah, engkau memungut bunga uang atau mengambil riba dan merugikan sesamamu dengan pemerasan, tetapi Aku kaulupakan, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Nehemia 5:7 dan 9
Setelah berpikir masak-masak, aku menggugat para pemuka dan para penguasa. Kataku kepada mereka: “Masing-masing kamu telah makan riba dari saudara-saudaramu!” Lalu kuadakan terhadap mereka suatu sidang jemaah yang besar. … Kataku: “Tidaklah patut apa yang kamu lakukan itu! Bukankah kamu harus berlaku dengan takut akan Allah kita untuk menghindarkan diri dari cercaan bangsa-bangsa lain, musuh-musuh kita?

Yehezkiel 18:13
Memungut bunga uang dan mengambil riba, orang yang demikian tidak akan hidup. Segala kekejian ini dilakukannya, ia harus mati; darahnya tertimpa kepadanya sendiri.

Keluaran 22:25

Jika engkau meminjamkan uang kepada salah seorang dari umat-Ku, orang yang miskin di antaramu, maka janganlah engkau berlaku sebagai seorang penagih hutang terhadap dia: janganlah kamu bebankan bunga uang kepadanya.

Imamat 25:36-37
Janganlah engkau mengambil bunga uang atau riba dari padanya, melainkan engkau harus takut akan Allahmu, supaya saudaramu dapat hidup di antaramu. Janganlah engkau memberi uangmu kepadanya dengan meminta bunga, juga makananmu janganlah kauberikan dengan meminta riba.

Mazmur 15:5
Yang tidak meminjamkan uangnya dengan makan riba dan tidak menerima suap melawan orang yang tak bersalah. Siapa yang berlaku demikian, tidak akan goyah selama-lamanya.


Ini adalah beberapa ayat Alkitab tentang Moneyer. Alkitab dengan jelas menegaskan bahawa aktiviti moneyer itu tidak baik. Memberikan pinjaman tidak apa-apa. Mengambil bunga juga tidak dilarang. Namun, mengambil bunga terlalu tinggi sampai membuat sulit tidak baik di mata Tuhan. Allah menghendaki kita untuk memberikan kasih kepada sesama manusia. Tuhan ingin kita memiliki karakter Kristus yang merupakan penolong dan bukan batu sandungan.

Rentenir tidak baik karena mengambil bunga yang tinggi. Belum lagi moneylender dikenal karena tindakan yang menghina ketika meminta tagihan. Oleh karena itu, kita diharapkan terus dipenuhi dengan kasih dan mencirikan orang bijak dalam kekristenan untuk memberikan pinjaman. Semoga semua kemuliaan akan kepada Allah. Tuhan memberkati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar