Skip to main content

Gereja Scientology Yang Kontroversial : Sejarah, Aliran Ajarannya

Sampai hari ini, Gereja memiliki banyak aliran dan doktrin, termasuk Gereja Scientology: sejarah, aliran ajaran-ajarannya, dan kontroversial. Gereja yang satu ini cukup menarik perhatian orang Kristen, mulai dari membangun bagaimana memimpin ibadah Kristen untuk doktrin doktrinal, untuk banyak dianut oleh seniman Hollywood. Tapi dalam perjalanannya, pasti ada banyak kontroversi dari prinsip yang dibawa dan disajikan oleh aliran Gereja ini. Oleh karena itu, jika Anda ingin lebih memahami apa doktrin yang diyakini oleh gereja yang satu ini, Anda harus melihat penjelasan di bawah ini tentang Gereja Scientology: sejarah, aliran ajaran-ajarannya, dan kontroversial.

Sejarah Gereja Scientology

Ditinjau dari satu Sejarah Gereja ini, sebenarnya Gereja Scientology baru saja mulai ada atau muncul pada tahun 1954. Gereja ini awalnya sekelompok organisasi yang didirikan dan dipimpin oleh Lafayette Ronald Hubbard. Dalam perkembangannya, gereja yang satu ini mampu menarik perhatian banyak selebritis Top. Tercatat bahwa pengikut ajaran gereja termasuk John Travolta untuk Tom Cruise dan Katie Holmes. Gereja ini tidak memanifestasikan dirinya sebagai sebuah gereja saja, tetapi juga sebagai organisasi yang bergerak dalam hal bisnis. Oleh karena itu, Gereja mencari dan menangkap jemaat yang kaya dan memiliki pendapatan yang besar. Tujuannya adalah untuk membantu gereja tumbuh lebih banyak dan untuk memperbesar organisasi dari sisi bisnis juga.

Tentunya ini adalah hal yang mengejutkan bahwa Gereja Scientology memperoleh perhatian yang cukup besar. Sampai akhir tahun 2007 Gereja ini juga membuka cabang di Birmingham, Inggris dan tetap tumbuh sampai tahun 2017. Tapi pada akhirnya, dalam 2013 ajaran gereja ini dikatakan gereja yang membawa atribut bidaah Kristen sehingga dianggap sebagai salah satu sekolah bidat yang dilarang masuk dan berkembang oleh pemerintah Amerika Serikat (AS). Selain itu, ajaran ini dilarang masuk ke Indonesia dan juga dinyatakan sebagai ajaran sesat yang tidak diperkenankan untuk berkembang.

Ajaran Gereja Scientology

Banyak orang Kristen mungkin belum mengerti apa yang merupakan konsep dari ajaran yang satu gereja ini. Pada dasarnya keyakinan yang diajarkan kepada jemaatnya dianggap salah satu hal yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan. Hal ini bahkan hampir sama sekali tidak pantas dan menyimpang dari ajaran Alkitab. Inilah yang membuat gereja ditolak di berbagai negara dan menimbulkan kontroversi. Dalam doktrin ini disebutkan bahwa teori Adam dan Hawa tidak benar. Gereja ini juga percaya bahwa Yesus adalah sebuah implan asing yang berasal dari luar angkasa.

Dan bahwa manusia sebenarnya adalah keturunan makhluk luar angkasa. Ini adalah salah satu hal yang membuat banyak orang yang berpikir futuristik percaya. Seperti ini terdengar lebih menarik daripada teori alkitabiah asal-usul umat manusia menurut agama Kristen Adam dan Hawa. Tidak hanya itu, di dalam gereja juga mengajarkan kekerasan fisik dan memungkinkan pendidikan militer untuk anak. Jadi mereka memiliki fasilitas rahasia untuk mendidik anak usia dini dalam masalah militer yang keras dan disiplin. Tentu saja tidak hanya tidak sesuai dengan ajaran yang benar dari gereja, aliran ini juga tidak sejalan dengan peraturan pemerintah mengenai wajib dinas militer pada anak. Oleh karena itu, gereja dan organisasinya tidak dapat berkembang lebih jauh oleh banyak negara di dunia.

Gereja kontroversi Scientology

Doktrin dan fakta bahwa gereja meminta dan memungut banyak uang dari jemaatnya tentu menyebabkan banyak kontroversi. Bahkan salah satu yang cukup ramai dengan orang yang dibicarakan ketika Katie Holmes tuntutan perceraian dari Tom Cruise untuk tidak setuju bahwa anak Suri akan dididik secara militer pada usia yang sangat kecil, yang berusia 6 tahun. Kontroversi lain juga muncul dari pernyataan gereja lain yang mengatakan gereja meminta banyak uang dari jemaat untuk membangun organisasi sendiri dan bangunan gereja.

Jadi ada saat-saat itu menjadi unsur paksaan dan tidak lagi menjadi Gereja sukarela. Hal ini diketahui bahwa bangunan gereja dan organisasi Scientology cukup besar dan mewah. Jadi sangat wajar bahwa jemaat mengeluh dari pengerukan uang besar praktisi keagamaan yang rata-rata orang dengan pendapatan besar. Belum lagi kasus kekerasan dan ketidakteraturan doktrin secara luas diberitahukan oleh gereja bekas di gereja. Yang pada dasarnya adalah Gereja ini mengesampingkan prinsip cinta Alkitab seperti yang diajarkan oleh doktrin Kristen yang benar.

Itu adalah beberapa informasi yang berkaitan dengan Gereja Scientology: sejarahnya, aliran ajaran-ajarannya, dan kontroversial. Tidak semua yang menggunakan atribut dan nama gereja berakhir dengan doktrin yang benar. Pada jaman ini Iblis mengancam melalui berbagai macam tradisi sesat dalam kekristenan. Oleh karena itu adalah penting bahwa orang Kristen sendiri menjadi bijaksana untuk menentukan mana yang benar dan yang tidak. Oleh karena itu, menjaga manfaat berdoa bagi orang Kristen untuk memutuskan yang terbaik. Sertakan karunia Roh Kudus dalam setiap momen pengambilan keputusan dalam kehidupan kita, sehingga pada akhirnya iman kita dapat tumbuh dengan lebih sempurna dan memilih apa yang benar seperti yang Tuhan hasratkan dalam kehidupan kita.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar