--> Skip to main content

Evaluasi Diri Harus Dilakukan Menurut 4 Ayat Alkitab

Ayat Alkitab Tentang Evaluasi Diri Harus Dilakukan. Sering kali, banyak orang dari Allah selalu merasa benar. Tapi ada banyak ayat Alkitab yang secara langsung meminta bahwa umat Allah selalu siap untuk menjadi diri evaluasi. Oleh karena itu, ada beberapa ayat Alkitab tentang evaluasi diri sehingga umat Allah ingat untuk tidak bangga, masih melakukan sifat rendah hati sesuai dengan Alkitab dan selalu melihat kesalahan mereka sendiri dan mencoba untuk memperbaiki mereka. 

Ini akan membantu kita menjadi orang yang lebih baik. Untuk lebih jelasnya lihat berikut ini adalah beberapa ayat Alkitab tentang evaluasi diri yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.



1. Matius 7:3

“Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?”

Kita harus selalu melihat perbuatan kita sendiri. Jangan mudah menghakimi orang lain tetapi melupakan tentang diri Anda sendiri dan mencoba untuk mengubah untuk kebaikan diri sendiri. Umat Allah yang baik adalah mereka yang berusaha untuk memahami perbuatan mereka sesuai dengan keinginan Allah atau tidak. Dengan demikian, itu dapat berubah lebih baik sesuai dengan perkataan seseorang yang dipenuhi Roh Kudus dalam kehidupan kita.

2. 2 Korintus 10:12

“Memang kami tidak berani menggolongkan diri kepada atau membandingkan diri dengan orang-orang tertentu yang memujikan diri sendiri. Mereka mengukur dirinya dengan ukuran mereka sendiri dan membandingkan dirinya dengan diri mereka sendiri. Alangkah bodohnya mereka!”

Anda harus selalu melihat kepada Tuhan jika Anda ingin menjadi introspektif. Selalu melihat apa yang Tuhan katakan dan selalu membuat apa yang Firman Allah sebagai alasan dan dasar untuk evaluasi diri. Jadi kita dapat melihat apakah perbuatan kita sesuai dengan kata atau tidak. Hindari sifat Seombong oleh Kristen atau hati yang tinggi karena ini adalah hal yang tidak disukai Allah.

3. Wahyu 2:5

“Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat.”

Jelas untuk mengatakan bahwa Allah menghendaki kita untuk mengevaluasi perbuatan kita dan bertobat dari orang Kristen agar Tuhan tidak marah pada kita. Karena kalau sampai Tuhan tidak suka, maka Tuhan bisa memberi kita hukuman.

4. Wahyu 3:19

“Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah!”

Intropection berarti melihat kekurangannya di dalam diri kita, termasuk apa saja jenis dosa sesuai dengan Alkitab dan kesalahan kita. Kami sarankan untuk tunduk kepada Allah dan membiarkan Allah sendiri mengingatkan kita kesalahan kita. Jadi hidup kita akan dibenarkan oleh-nya saja. Untuk itu adalah tanda bahwa Allah mengasihi kita.

Ini adalah beberapa ayat Alkitab tentang evaluasi diri bahwa orang Kristen harus dilakukan. Mencoba untuk mengevaluasi diri sendiri apakah itu sesuai dengan Firman Allah adalah sangat penting. Agar dengan demikian dapat meningkatkan iman dan pengharapan Allah. Melalui cara berdoa dalam Roh dan memohon kepada pimpinan karunia Roh Kudus, ini tentunya sesuatu yang dapat dilakukan dengan mudah. Jangan pernah merasa arogan atau tinggi, tetapi tetap rendah hati dan melakukan seperti yang seharusnya dalam melihat apakah kita sesuai dengan kehendak sang ayah atau tidak.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar