--> Skip to main content

Buah-buah Roh Kudus dalam Ayat Alkitab Galatia 5:16-26

Buah-buah di dalam Roh Kudus sering kita dengar dari kita masih anak. Guru sekolah minggu di gereja selalu menyebutkan buah Roh dan menjelaskannya. Itulah sebabnya mengapa kita sering meremehkan atau menganggap enteng makna buah Roh Kudus. Setiap pendeta di gereja memberitakan tentang hal itu kita terkadang berpikir topik buah Roh Kudus adalah topik yang sangat biasa. Tapi apakah kita mengerti lebih banyak tentang buah Roh Kudus dan membawanya ke kehidupan? Mari kita mendapatkan kembali sama dalam Alkitab.

Jenis-jenis Buah-buah Dalam Roh Kudus

Jangan meremehkan artikel ini! Jika Anda terus membacanya Anda akan mengalami mukjizat, kedamaian, sukacita, dan berkat lainnya. Berikut adalah buah dari Roh Kudus.


1. Cinta Kasih
Urutan pertama dari buah Roh yang tercantum dalam Alkitab. Mengapa cinta? Karena ada tertulis,  "Inilah hunian ketiga, yaitu iman, pengharapan, dan kasih, dan yang terbesar dari mereka adalah kasih." (1 Korintus 13:13) di dunia ini yang paling terbesar adalah kasih. Karena tanpa kasih dari semua perbuatan manusia tidak ada makna di mata Tuhan. Misalkan kita memberikan uang kepada pengemis karena dipaksa. Meskipun pengemis diterima dengan sukacita dan ucapan syukur kepada Allah, tetapi dalam pandangan Tuhan itu adalah kejahatan. Karena, di sana kita mengharapkan pujian manusia dan tidak tulus dalam memberi. Cinta mengalahkan segalanya. Dengan kasih kita dapat memperoleh berkat, promosi, sukacita, dll. Melakukan sesuatu dengan kasih akan mendatangkan dampak yang besar. Selain itu dengan cinta, semua yang kita lakukan akan lebih indah.

2. Sukacita
Apa perbedaan bahagia dengan sukacita? Jika bahagia sesaat kemudian sukacita hidup selamanya. Sukacita adalah kumpulan kebahagiaan yang Allah telah berikan kepada manusia. Sukacita muncul karena ada Allah di dalam hati kita. Kehidupan pribadi dengan Allah juga menimbulkan rasa sukacita yang besar. Dengan sukacita Tuhan, hari yang sulit akan terasa ringan dan jiwa yang sedih akan merasa lega.  "Bersukacita selalu di dalam Tuhan! Sekali lagi saya berkata: Bersukacitalah!  "(Filipi 4:4)

Tuhan mengajari kita untuk selalu bersukacita di dalam dia. Jika sukacita ada dalam kehidupan kita maka berkat Allah pastilah akan dicurahkan dengan cepat. Sukacita juga berkaitan erat dengan rasa syukur. Dengan rasa sukacita yang Tuhan berikan maka kita dapat lebih memahami hidup kita dan untuk bersyukur untuk itu. Karena semua peristiwa dalam kehidupan kita bukanlah suatu kesalahan. Demikianlah ada tujuan yang baik dari Allah yang harus kita pahami dan sukacita akan membantu kita memahami niat baik. Kami hanya percaya pada rancangan Allah bahwa semua akan dibuat indah. (Baca juga: pengertian dosa menurut Alkitab)

3. Perdamaian
Kita sering mendengar kata seperti ini  "istirahat damai ". Apa sebenarnya arti kalimat itu? Perkataan ini sering ditemui ketika orang mati. Dengan niat bahwa orang itu meninggal dengan damai dan mendapat tempat terbaik di surga. Jika orang yang meninggal membutuhkan perdamaian, maka kita juga membutuhkannya.

Perdamaian adalah tidak ada perang; Tidak ada kerusuhan; Safe Serene tenang negara bermusuhan; (KBBI). Kedamaian yang dapat kita temukan dalam Roh Kudus. Roh Kudus adalah orang yang memberi kita kedamaian dalam hidup. Pribadi-nya yang lembut akan menyentuh hati kita dan sejak saat itu kita merasakan kedamaian yang tidak dapat kita gambarkan dengan perkataan. Seperti aliran air yang ada di dalam hati kita, demikian juga perasaan kesejukan damai Roh Kudus. Rasa damai menjadi abadi dalam hidup kita jika hubungan dengan Roh Kudus membuat kita terjaga setiap hari. Ketika teduh setiap pagi adalah salah satu cara untuk membangun hubungan kualitas yang lebih baik dengan Roh Kudus. Menikmati hidup dalam damai akan membuat hari kita lebih bermakna. (Baca juga: Sejarah Gereja Katedral)

4. Kesabaran
Beberapa orang pernah berkata dan bertekad bahwa kesabaran adalah batas. Apakah itu benar? Kesabaran adalah tidak ada batasan. Mengapa kesabaran menjadi batas? Karena kita sendiri membuat kendala seperti itu. Kesabaran dapat dimiliki oleh semua orang, tetapi tidak semua orang dapat menjaganya. Kesabaran adalah sikap di mana kita memilih untuk menahan ego kita dan memilih untuk.  "Bersukacita dalam pengharapan, bersabar dalam kesusahan, dan tekun dalam doa!" (Roma 12:12)

Tuhan memberikan pengajaran bagi kita untuk bersabar dalam kesusahan. Karena, kita sering mengeluh ketika kita sulit dan memakai Tuhan. Sebenarnya, Allah memberikan kesusahan dalam hidup kita sehingga dalam hidup kita kita dapat sabar untuk perubahan kemudian. Karena itu, Roh Kudus akan menolong kita untuk bersabar. Kesabaran Roh Kudus berbeda dengan kesabaran yang dilakukan dunia. Kesabaran Roh Kudus adalah abadi sementara kesabaran dunia bersifat sementara. Dengan meminta pasti Roh Kudus akan memberi kita kesabaran. 

5. Belas kasihan
Rahmat berasal dari kata dasar yang murah. Tetapi itu bukanlah maksud belas kasihan yang sesungguhnya. Belas kasihan adalah kebaikan; Kelimpahan hati kebaikan; Sifat cinta dan kasih sayang; (KBBI). Sikap yang memberikan kepada orang lain apa yang kita miliki dengan rasa ketulusan. Orang yang memiliki belas kasihan adalah orang yang tidak mengharapkan untuk dihargai oleh orang yang dibantu. Belas kasihan berhubungan dengan belas kasihan. Karena tanpa belas kasihan kita tidak bisa memiliki belas kasihan. Misalkan seseorang melihat orang yang sakit parah. Karena orang itu bergerak dalam hatinya oleh belas kasihan Tuhan maka sikap belas kasihan muncul. Belas kasihan dapat ditemukan dalam Roh Kudus. Roh Kudus yang ada di dalam hati kita memberi kita belas kasihan dan belas kasihan. Jadi dengan belas kasihan Roh Kudus kita memiliki rasa empati yang lebih dengan orang yang membutuhkan bantuan kita. 

6. Kebaikan
Kebaikan adalah seperangkat sikap yang baik. Sikap yang baik tanpa niat jahat terhadap seseorang. Sikap yang baik untuk semua orang harus disertai dengan hati yang tulus.  "Jangan kalah terhadap kejahatan, tetapi berikan kejahatan dengan kebaikan! " (Roma 12:21) kebaikan dapat mengalahkan kejahatan. Misalkan, teman kita selalu melakukan sesuatu yang jahat atau buruk pada kita, maka yang harus kita lakukan adalah membalas dengan kebaikan yang tulus. Itu akan membuat dirinya mengerti dan mengerti bahwa ia telah berbuat salah selama ini. Sejahat-jahatnya seseorang ketika ada Roh Kudus di dalam hatinya, ia juga memiliki kebaikan. Dengan kebaikan, hidup Anda akan menjadi lebih bermakna.

7. Loyalitas
"Karena Tuhan itu baik, kasih-Nya yang setia selama-lamanya, dan kesetiaannya tetap turun-temurun." (Mazmur 100:5) kesetiaan yang dimiliki oleh Tuhan adalah kekal bagi manusia. Karena, meskipun manusia meninggalkan Allah tetapi Allah tidak akan pernah meninggalkan manusia. Kesetiaan Allah melebihi kesetiaan manusia. Bukti kesetiaan Allah adalah bahwa ia selalu menjaga dan melindungi kita.

Jika Tuhan meninggalkan kita, maka kita mungkin tidak peduli dan perlindungan atau bahkan Allah tidak peduli tentang kita lagi. Kesetiaan ini juga dimiliki oleh Roh Kudus. Roh Kudus selalu setia kepada kita meskipun kita sering menyakitinya. Mari kita sama-sama belajar untuk memiliki kesetiaan seperti Tuhan. Meskipun sulit, kita masih harus mencoba.

8. Kelembutan
Buah dari Roh Kudus adalah orang yang lembut dan penuh kasih. Oleh karena itu, jika ia memberi kita pengertian maka Roh Kudus tidak akan memaksakan kalau kita tidak mau mentaati perintah Roh Kudus. Memiliki kelemahlembutan sebagai Roh Kudus adalah tambahan bagi kita. Pribadi yang lembut bisa mengalahkan pribadi yang keras dan mudah marah. Sekeras apapun batu jika diuji dengan air terus menerus maka batu itu juga akan dimusnahkan. (Baca juga: dosa turunan menurut Kekristenan)

9. Penguasaan diri
Penguasaan diri adalah penting sehingga kita dapat berbaur dan beradaptasi dengan orang lain dengan kepribadian yang berbeda dengan kita. Mengendalikan diri sendiri tidak berarti bahwa kita hendaknya tidak menyingkirkan buah dari pikiran kita. Menguasai diri sendiri memiliki arti untuk tidak selalu mematuhi semua keinginan kita sendiri tetapi juga memahami apa yang orang lain inginkan juga. Kita juga perlu agar kita dapat dikendalikan sendiri di hadapan Allah. Mengapa? Karena, sering kita menuntut Tuhan tanpa memahami apa yang Tuhan inginkan dalam hidup kita.

Kita menuntut janji, nubuat, berkat, mukjizat Tuhan tanpa memahami apa yang harus kita lakukan untuk kemuliaan nama Tuhan di atas bumi. Selalu kita menuntut tetapi tidak menjalin hubungan dengan Allah. Itu seperti kita kepada orang lain. Mendadak kami menuntut sesuatu tetapi kami tidak pernah bertemu sebelumnya dengan orang itu. Bagaimana kita dapat memberikan permintaan kita jika dia tidak mengenal kita? Justru itu, penguasaan diri adalah satu penutup lengkap buah Roh Kudus yang harus kita miliki. (Baca juga: kematian menurut Kekristenan)

Pembahasan ayat per ayat, mengenai buah Roh dalam Alkitab:

Galatia 5:16
 "Maksudku: hidup oleh Roh, dan Anda tidak akan mematuhi hasrat daging. "

Hidup oleh Roh adalah hidup dengan bersandar kepada Roh Kudus. Setiap saat Roh Kudus berada di dekat kita. Bersandar kepada Roh Kudus adalah bahwa hidup kita selalu kita berada di atas Roh Kudus bagi dia yang mengambil alih. Sementara tidak mematuhi hasrat daging bukanlah untuk mematuhi hasrat atau nafsu apa pun. Kehidupan kita harus dipenuhi dengan Roh bukan dengan daging. Itu berarti bahwa kehidupan kita harus sepenuhnya berada di tangan Roh Kudus dan mengurangi atau bahkan menghilangkan setiap hasrat daging kita.

Galatia 5:17
 "Karena keinginan daging bertentangan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh yang bertentangan dengan keinginan daging – karena mereka bertentangan – sehingga engkau tidak melakukan apa yang engkau kehendaki." "hasrat Roh Kudus dan hasrat daging kita, suatu hal yang kita kembali dua hal yang sangat kontradiksi dan tidak dapat bersatu. Roh memiliki pikiran dan jalan sendiri sementara tubuh atau daging memiliki pikiran sendiri juga yang datang dari akal sehat kita.

Galatia 5:18
 "Tetapi jika kamu menyerahkan dirimu untuk dituntun oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat. " maksud ayat ini adalah untuk memberikan diri kita untuk dituntun oleh Roh Kudus dan bukan di bawah hukum agama atau adat.

Galatia 5:19-21
Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, najis, nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, kemarahan, kepentingan diri sendiri, percideraan, semangat pemutus, kedengkian, drun't, dan sebagainya. Untuk semua yang saya peringatkan Anda-seperti yang telah saya buat pertama-bahwa siapa pun yang melakukan hal seperti itu, ia tidak akan memiliki bagian dalam Kerajaan Allah. "

Galatia 5:22-23
 "Tetapi buah Roh adalah kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum terhadap hal itu.  "Ayat ini membahas apa buah yang dimiliki oleh Roh Kudus. Semua yang disebutkan dalam ayat juga harus dalam hidup kita. Agar hidup kita dikuasai oleh Roh dan bukan dengan daging.

Galatia 5:24
 "Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. " sebagai orang percaya kita harus meninggalkan semua hal duniawi dan menerima hal rohani. Crucify Meat adalah hal yang sulit dilakukan secara instan. Butuh proses yang panjang sampai kita sungguh bersandar kepada bimbingan Roh Kudus. Tetapi jika kita sungguh-betul bermaksud maka kemampuan Tuhan akan diberikan.

Galatia 5:25
 "Jika kita hidup oleh Roh, baik kehidupan kita juga dipimpin oleh Roh," Roh Kudus akan menuntun kehidupan kita, jika kita memiliki hasrat untuk meninggalkan kebiasaan lama kita dan sepenuhnya menyerahkan segala sesuatu dalam kehidupan kita kepada Roh Kudus.

Galatia 5:26
 "Dan marilah kita tidak marah, jangan kita saling menantang dan saling mendengarkan. " biasanya seseorang akan menjadi rasa hormat yang gila atau pujian gila adalah seseorang yang dianggap handal, memiliki banyak bakat, kekayaan yang kaya, dll. Yang sangat hormat akan menyebabkan orang untuk menjadi ambisius untuk mengejar pujian orang lain. Dalam Galatia 5:26 disebutkan bahwa kita tidak saling menantang dan mendengar karena mereka menyebabkan permusuhan.

Makna Dari Buah-buah Roh

Buah Roh Kudus yang ditemukan dalam Galatia 5:16-26 adalah ajaran tentang sifat dan karakter Roh Kudus itu sendiri. Buahnya sudah termasuk semua perbuatan baik yang ada. Selain buah Roh Kudus juga ada perbuatan daging yang patut kita Cegah. Dagingnya lemah dan Roh penurut adalah benar. Tetapi kita harus mampu mengalahkan semua keinginan daging kita. Jadi hasrat daging berada di bawah Roh. Ini adalah arti buah Roh yang harus Anda ketahui:

  • Memiliki setiap karakter Roh Kudus dalam hidup kita mungkin menjadi hal yang sulit. Terkadang kita sudah memiliki niat untuk menjauh dari daging tetapi kita masih terjatuh dan menyerah. Kemudian di sini adalah bagian Tuhan untuk bekerja.
  • Ajukan tuntutan Tuhan agar kita dapat menjadi pribadi seperti Roh Kudus. Jika kita ingin diperkuat Tuhan akan memberi. Jika kita ingin diberi hikmat maka Tuhan juga memberi.
  • Cukup kita hanya berdoa dengan iman dan ketulusan dalam Allah. Dengan demikian, perlahan-lahan kita akan dituntun untuk mencapainya. Sampai suatu titik, kita tidak menyadari bahwa pribadi kita telah berubah.

Apa yang disebutkan dalam Galatia 5:16-26 jika kita dapat memahami dan melonggarkan lebih dalam, maka buah pertobatan akan muncul dalam hidup kita. Tapi itu tergantung pada setiap orang. Beberapa menghasilkan 100 persen, 60 persen, atau bahkan tiga puluh persen.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar