--> Skip to main content

Arti Roh Kudus: Fungsi, Tugas, Karunia dan Turunnya Roh Kudus dan Pengaruhnya

Roh Kudus adalah sumber kebenaran dan sudah ditulis dalam Alkitab,  "Aku akan bertanya kepada Bapa, dan ia akan memberikan penolong lain, bahwa ia mungkin bersamamu selamanya, bahkan Roh kebenaran. Dunia tidak bisa menerimanya, karena dunia tidak melihatnya dan tidak mengenalnya. Tetapi Anda mengenalnya, karena dia bersama Anda dan akan berdiam di dalam Anda? (Yoh 14:16-17).

Makna Arti dari Roh Kudus

Ada banyak makna dari Roh Kudus kepada kita sebagai orang Kristen di dunia ini dan pada kesempatan ini, kita akan meninjau secara menyeluruh apa arti Roh Kudus.

1. Roh Kudus adalah Jahweh
Rasul Paulus telah mengajarkan kepada kita apakah para malaikat adalah makna dari Roh Kudus yang melayani manusia dengan tujuan untuk bisa memperoleh keselamatan [Ibrani 1:14]. Namun, Roh Kudus sendiri bukan malaikat yang murni rohani tetapi Roh Kudus itu sendiri adalah Allah.

Dalam kitab Yohanes dituliskan jika Allah adalah Roh [YOH. 4:24] dan Rasul Paulus juga menulis hal yang sama, "karena Allah adalah Roh; Dan di mana ada Roh Allah, ada kebebasan  "[2Korintus 3:17]. Kita sebagai manusia yang merdeka dari dosa dan ini bisa terjadi karena Roh Kudus telah memberi kita pemahaman langsung tentang umatNya dan tujuan kita untuk menjadi mandiri adalah untuk dapat mengarahkan hati kita pada hal yang berhubungan dengan surga. (Baca juga: perbedaan dalam kekristenan dan Katolik)

2. Roh Kudus adalah pemberi kehidupan
Roh dapat ditafsirkan dengan nafas bagi tubuh kita yang merupakan tanda kehidupan. Jadi Roh memiliki arti hidup. Dalam Perjanjian lama tertulis jika Roh Allah sendiri telah memberikan kehidupan kepada semua makhluk yang berada di muka bumi. Ketika Allah memberikan kehidupan kepada umat manusia, ia bernapas semangatnya. Dalam Kej 2:7 juga ditulis  "ketika Tuhan Allah membentuk manusia dari debu bumi, dan menghungkam hidup ke hidungnya; Jadi orang itu menjadi makhluk hidup. "

Rasul Yohanes juga memberikan penegasan jika memperoleh kehidupan kekal, jadi kita adalah manusia yang dilahirkan dari air dan juga Roh [Yohanes 3:5], karena Roh akan memberikan hidup dan Roh Kudus yang telah diberikan kepada kita semua, maka kasih Allah juga telah dicurahkan ke dalam setiap hati kita agar kita dapat memperoleh kehidupan.

3. Roh Kudus berasal dari Bapa 
Makna Roh Kudus adalah satu dengan Allah Bapa dan anak. Anak adalah perkataan atau hikmat yang datang dari Allah dan Roh Kudus sendiri adalah kasih yang datang dari Allah Bapa dan anak. Inilah yang menyebabkan Roh Kudus datang dari Bapa dan anak dan bukan hanya dari Allah Bapa. 

4. Roh Kudus, ayah dan anak untuk dimuliakan
Karena Roh Kudus selaras dengan Allah dan anak, anak dilengkapi dengan baik jika Roh Kudus dan dua lainnya harus dimuliakan dan disembah. Yesus juga telah memberikan petunjuk kepada kita jika orang ketiga Allah sudah terikat dalam kesatuan yaitu Tritunggal Kudus dan Yesus juga mengatakan "membaptis mereka dalam nama Bapa anak dan Roh Kudus [Mat. 28:19].

5. Roh Kudus mengatakan melalui mediasi seorang nabi
Arti dari Roh Kudus berkata dengan mediasi para nabi adalah untuk menekankan Apakah Roh Kudus adalah Jahweh. Roh pribadi sendiri berbicara melalui para nabi dan ini juga reaffirmated oleh Petrus,  "karena tidak pernah Apakah nubuat yang dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh bisikan Roh Kudus orang berbicara dalam nama Allah." [2Pet 1:21] dan juga nabi Yesaya yang juga menyadari jika Roh Allah sendiri telah mengutus-nya [Yesaya 48:16].

6. Roh Kudus adalah pembimbing dan penerus pikiran
Sebelum peristiwa Pentakosta disebutkan jika para rasul dicengkeram dalam perasaan takut, dikatakan bodoh dan hati yang lamban. Namun, setelah Pentakosta adalah turunnya Roh Kudus atas para rasul, Roh Kudus memberikan pemahaman dan memperkuat mereka sehingga rasa takut yang dirasakan berubah menjadi keberanian. Mereka yang awalnya bingung dengan rencana keselamatan Allah tiba-tiba diterangi oleh terang Allah pada hari Pentakosta yang memberikan pemahaman tentang rencana keselamatan dalam cara yang menyeluruh.

7. Roh Kudus pemberi terang dalam kegelapan
Roh Kudus juga memberikan terang dalam kegelapan sehingga menjadikan kita manusia dapat melihat dengan jelas tentang kehidupan dan Roh Kudus juga menolong kita untuk dapat mengarahkan pandangan kita ke sorga. Roh Kudus telah memberi kita pemahaman dan kesadaran sehingga kita dapat memahami bagian mana yang paling penting dalam hidup untuk pergi ke surga. Bantuan belas kasihan adalah terang yang dapat menerangi dan menggerakkan orang berdosa. Cahaya yang dilakukan di sini mencakup banyak cara untuk menerangi kecerdasan dengan membaca Kitab Suci, kehidupan yang kudus dan bacaan lainnya, mendengarkan khotbah, melihat kehidupan yang baik yang datang dari orang di sekitar, nasihat yang diberikan penasehat rohani, benda seni Kristen , penderitaan, penyakit dan sebagainya.

8. Roh Kudus tidak memaksa
Roh Kudus juga tidak memiliki sifat memaksa kita untuk menjadi manusia tetapi lebih menghormati kehendak bebas yang kita rasakan. St Agustinus juga telah menulis,  "dalam manusia ada kehendak bebas dan kasih karunia Allah, di mana tanpa bantuan rahmat Allah, bebas tidak akan berbalik kepada Allah atau tumbuh di dalam Tuhan." Namun, karya kasih karunia Allah ini juga tidak melanggar keinginan bebas kita , karena Allah sangat bersungguh-sungguh dalam menghormati keinginan bebas dari setiap manusia. Jadi kita sebagai manusia memiliki hak untuk bekerja sama atau menolak rahmat yang diberikan Allah.

Seperti Perawan Maria telah begitu sempurna sampai akhir dengan selalu menjawab dia pada setiap panggilan dari Allah, Saul yang menerima rahmat Allah dan ingin bekerja sama kemudian sebagai seorang Rasul dalam memberitakan kabar gembira kepada orang bukan Yahudi, para rasul yang ingin bekerja sama dengan rahmat Allah sehingga  untuk mengikuti dan menjadi murid Yesus dan seterusnya.

9. Roh Kudus bekerja di setiap manusia
Arti dari Roh Kudus juga bekerja pada seluruh umat manusia tanpa kecuali, dari orang Suci, orang berdosa, Katolik, Kristen dan non-Kristen sekali. Tanpa Roh Kudus, semua tidak akan bisa datang kepada Allah dan Allah sendiri akan ingin jika semua orang bisa diselamatkan dan mendapatkan kebenaran. Inilah yang menyebabkan Roh Kudus juga bekerja dalam pendosa, orang Suci, Katolik, Kristen dan non-Kristen satu kali. (Baca juga: arti dari kebangkitan Yesus)

10. Roh Kudus memberikan kehidupan rohani
Namun, jika kita hidup tanpa Roh Kudus, maka hidup kita adalah seperti patung dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya. Kehidupan ilahi dapat dalam jiwa ketika Roh Kudus masuk ke dalam setiap jiwa manusia dengan rahmat yang memungkinkan orang untuk mengetahui, cinta, dan menikmati Allah dan ini adalah kehidupan supranatural. (Baca juga: tujuan dari orang Kristen yang hidup)

11. Roh Kudus memurnikan dosa yang berat
Seperti besi yang dimurnikan oleh api, jiwa kita juga disucikan oleh api Roh Kudus. Belas kasihan yang menguduskan tidak akan ada dalam hubungannya dengan dosa berat dan Roh Kudus hanya dapat berdiam dalam diri orang yang tidak dalam keadaan berat dosa. Tetapi untuk contoh yang menolak belas kasihan Allah dapat dilihat dari Raja Herodes yang telah mendengar kabar gembira dari Magi Timur, tidak ingin bekerja sama dengan kasih karunia Allah, orang muda yang kaya tidak ingin bekerja sama dengan rahmat Allah dan menolak apa yang Kristus adalah off untuk mengikutinya.

12. Roh Kudus menyatukan dengan Allah
Orang yang mempunyai Roh Kudus akan digabungkan bersama dengan Kristus sebagai satu cabang bersama dengan pokok anggur. Ini adalah sifat kita untuk bergabung bersama-sama dengan Roh Kudus seperti setetes air dituangkan pada anggur sehingga air dapat diwarnai, rasa dan aroma anggur. Roh Kudus akan membuat kita mengambil bagian dalam kodrat Ilahi. Melalui perbuatan Roh Kudus, kita akan diubahkan oleh Roh Kudus menjadi sebahagian daripada Tuhan.

13. Roh Kudus menerangi pikiran
Roh Kudus juga mencerahkan pikiran dan pikiran kita dan kehendak seperti sinar matahari yang berhasil menembus potongan kristal dan keluar menjadi sinar yang lebih terang dan lebih kuat. Terlebih lagi, Roh Kudus memberi kita terang dalam iman dan menerangi api kasih ilahi. Roh Kudus juga telah memberikan tiga kebajikan ilahi dan membuat kita dapat bekerja sama dengan dorongan-nya dengan memberikan ketujuh karunia Roh Kudus. (Baca juga: Alpha dan Omega)

14. Roh Kudus mengubah seluruh kehidupan rohani manusia
Dengan Roh Kudus, maka seseorang tidak lagi berpikir tentang hal duniawi seperti kepuasan makanan, minum, mengejar ambisi dan kesenangan. Roh yang hidup akan memberikan arahan kepada sebagian besar pikirannya kepada Allah dan memberikan dorongan untuk mengasihi Allah. Orang yang sudah menerima Roh Kudus tidak lagi menyukai hal duniawi dan merasakan penderitaan juga bisa diterima dengan rasa damai yang datang dari dalam dan dengan penghiburan yang tak terucapkan karena Roh Kudus yang menjadi penghibur utama baginya.

15. Roh Kudus pemberi kedamaian sejati
Dengan Roh Kudus, manusia dapat memperoleh kedamaian bahkan melampaui pikiran manusia itu sendiri. Seseorang yang telah diterangi oleh Roh Kudus adalah seperti ketika seseorang berjalan di bawah matahari yang terik dan ini berbeda jika seseorang yang tidak memiliki cahaya Roh Kudus akan ditutupi oleh dosa dan ia seperti yang berlaku untuk dijalankan dalam badai cuaca.

Karunia Roh Kudus, seperti yang dikatakan oleh nabi Yesaya dalam Yesaya 11:2 terdapat tujuh karunia Roh Kudus, iaitu:

  • Kebijaksanaan.
  • Pemahaman.
  • Mungkin.
  • Saran.
  • Pengenalan akan Tuhan.
  • Kesalehan.
  • Roh takut akan Allah.


Buah Roh Kudus, sementara Roh Kudus sendiri juga memiliki 12 Roh Kudus bagi kita orang percaya di dalam dia, yaitu:

  • Sukacita.
  • Cinta.
  • Kebaikan.
  • Perdamaian.
  • Kesabaran.
  • Kemurahan hati.
  • Kebajikan.
  • Loyalitas.
  • Kelembutan hati.
  • Penguasaan diri.
  • Kesederhanaan.
  • Kemurnian.


Pandangan Roh Kudus

Ketika Roh Kudus turun ke atas kita, ia juga membawa kehidupan rohani yang baru. Allah adalah Allah atas segala bentuk kehidupan dan dengan kehadirannya hidup yang dipancarkan. Kehadiran Roh Kudus di dalam jiwa kita bisa berarti kehadiran jiwa dalam setiap tubuh kita. Setiap jiwa kita memiliki kehidupan alami yaitu dengan akal sehat dan akan, dapat menghargai segala sesuatu yang benar dan indah dan baik. Pandangan Roh Kudus sendiri sangat bervariasi dari sudut pandang yang berbeda.

  • 1. Pantekostalisme
Gerakan Kristen yang disebut Pentekostalisme ini berasal dari peristiwa Pentakosta, pencurahan Roh Kudus ketika para murid Yesus berkumpul di Yerusalem. Pentakostalisme memberikan penekanan kepada Roh Kudus dan percaya jika Roh Kudus masih dicurahkan sampai sekarang.

Banyak Pentakostalisme yang percaya dengan baptisan Roh Kudus adalah peristiwa dimana Roh Kudus diterima oleh orang Kristen dengan cara yang baru. Dalam hal ini, orang itu akan dapat membuat tanda, mukjizat dan hal-hal ajaib lainnya yang bertujuan untuk memberitakan Injil dan banyak Pentakostalisme yang juga percaya jika tanda yang jelas dari karunia kemampuan untuk berbicara dalam bahasa roh. (Baca juga: peranan Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya)

  • 2. Gereja Katolik Roma
Sudut pandang dari Katekismus Gereja Katolik menjelaskan para rasul ' pengakuan iman saya percaya kepada Roh Kudus. Roh ini yang menyatakan bahwa Allah membuat kita semakin mengenal Kristus dan Firman kehidupan-Nya. Namun, Roh Kudus tidak berbicara melalui dirinya sendiri, tetapi melalui pengantara para rasul dan nabi, sehingga membuat kita mendengar Firman Allah. Perkataan ini akan mempersiapkan kita untuk menerima dia dalam iman dan Roh kebenaran yang akan menyatakan Kristus kepada kita. Sikap hati nurani ilahi yang rendah hati ini kemudian memberikan penjelasan tentang mengapa dunia tidak dapat menerimanya karena dia tidak melihat dia dan tidak mengenalnya. Adapun orang percaya dalam Kristus, itu akan mengenalnya karena Roh Kudus selalu menyertai kita.

  • 3. Ortodoks
Ortodoks Timur mempermaklumkan jika Bapa adalah sumber keilahian kekal dan dia kemudiannya lahir juga sebagai anak yang juga abadi dan darinya juga dari Roh Kudus yang kekal. Adapun doktrin Tritunggal Mahakudus jika ia ringkas dalam lambang iman adalah dispensasi, yang merupakan istilah ejean yang diberikan dari banyak kelompok modernis dalam Injil Ortodoks bahwa kita hidup di jaman Roh atau usia gereja , cabang Daud yang menganggap Roh Kudus sebagai ibu dan menafsirkan ianya berdasar pada bahasa Ibrani dan bukan dari bahasa Yunani atau Latin. 

  • 4. Pandangan Kristen non-Trinitas
Sementara dalam kepercayaan dari banyak agama non-Tritunggal seperti Saksi Yehuwa dan Unitarian, Roh Kudus adalah Roh Allah atau kekuatan aktif yang berasal dari Allah dan bukan sebagai pribadi. Dalam gereja Mormon, Roh Kudus dikatakan adalah anggota ketiga dan khusus dalam Allah dan keberadaannya terpisah dari ayah dan anak dan memiliki tubuh rohani. Sementara ayah dan putra adalah individu yang dibangkitkan dan memiliki tubuh kekal dengan tulang dan daging seperti manusia.

  • 5. Lihat di Islam
Sementara dalam Islam, Roh Kudus dikenal dalam Islam juga tetapi dengan makna yang berbeda. Dalam Islam, Roh Kudus yang dirujuk oleh Ruhul Kudus lebih mengacu pada Gabriel yang membawa Wahyu dari Allah dan disampaikan kepada para nabi.

Ini adalah ulasan lengkap dari kita mengenai arti Roh Kudus dan pandangannya dari berbagai agama. Mudah-mudahan hal ini dapat berguna dan meningkatkan pengetahuan Anda tentang arti Roh Kudus untuk hidup kita. Tuhan Yesus memberkati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar