--> Skip to main content

Bahasa Roh Menurut Ayat Alkitab Yang Perlu Dipahami Umat Kristen

Tanpa kita ketahui, sebenarnya ada banyak ayat Alkitab tentang lidah yang banyak dibahas baik dalam Perjanjian lama dan baru. Terutama sejak Tuhan Yesus datang ke dunia dan memilih para rasul untuk memberitakan Injil. Dikatakan bahwa Allah naik ke surga dan memberikan bentuk hadiah kepada murid-muridnya. Dengan demikian, salah satu karunia Roh Kudus adalah bahasa roh yang sulit dimengerti bagi orang Kristen awam. Jika Anda ingin tahu tentang dasar alkitabiah, berikut adalah beberapa ayat dari Alkitab yang cukup jelas.

1. 1 Korintus 14:14

“Sebab jika aku berdoa dengan bahasa roh, maka rohkulah yang berdoa, tetapi akal budiku tidak turut berdoa.”

Di sini dikatakan bahwa Firman Allah adalah untuk mengucapkan bahasa lidah yang berdoa adalah Roh yang ada di dalam Kristen AS. Itulah tujuan dari karunia Roh Kudus yang datang dari Allah. Oleh karena itu tidak semua orang dapat memiliki ini, tetapi semakin kita berbuat baik dan hidup suci, berkenan di hadapan Allah, maka hal ini sangat mungkin terjadi.



2. 1 Korintus 14:2

“Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah . Sebab tidak ada seorangpun yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia.”

Dalam bahasa roh umumnya manusia tidak akan tahu apa yang dikatakan orang itu. Tapi Allah pasti akan mengerti arti sebenarnya dari kata itu. Karena bahasa roh yang sejati adalah cara Tuhan berkomunikasi dan komunikasi pribadi dalam anak-anaknya dan umatNya. Oleh karena itu sebenarnya salah satu cara bahwa doa diberikan sesuai dengan iman Kristen yang lebih intim diungkapkan langsung kepada Allah.

3. 1 Korintus 12:10

“Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.”

Dari ayat ini jelas dikatakan bahwa Tuhan memberikan bentuk hadiah kepada umatNya. Salah satunya adalah bahasa roh. Tuhan yang lain juga melimpahkan karunia untuk menterjemahkan perkataan lidah. Salah satunya adalah melalui nubuat. Karena itu, adalah penting untuk menjalani kehidupan yang sakral dan menjadi berkenan bagi Allah. Karena ini adalah salah satu cara Allah dapat menyelami segala sesuatu dalam kehidupan kita dan memberikan kepada kita karunia-Nya. Bagi mereka yang dipenuhi dengan buah Roh Kudus dalam hidup, tentu juga akan memiliki kata dan sikap yang penuh dengan Roh Kudus.

4. Kisah Para Rasul 19:6

“Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.”

Bahasa lidah dapat diperoleh ketika seseorang bertanya dan berdoa kepada Allah. Dan hamba Tuhan adalah salah satu sarana yang digunakan Jahweh untuk memberikan perbedaan antara talenta dan karunia Roh. Sama seperti Tuhan menggunakan Petrus untuk memberikan karunia lidah kepada murid yang lain. Oleh karena itu, tidak ada salahnya dalam berdoa dan memohon kepada Allah. Mintalah hamba Tuhan di gereja untuk berdoa untuk mendatangkan karunia kepada kita. Jadi nanti kita akan dapat berbicara dengan bahasa roh.

5. 1 Korintus 14:13

“Karena itu siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia harus berdoa, supaya kepadanya diberikan juga karunia untuk menafsirkannya.”

Ketika Anda mendapatkan hadiah untuk berbicara dalam bahasa roh, orang itu harus tetap berdoa penuh hikmat. Karena tidak mudah memahami apa yang disampaikan oleh bahasa roh. Hanya melalui hikmat dan nubuatan ia boleh diberikan erti yang lebih baik sebagai kehendak Tuhan bekerja. Kalau tidak, itu tentu saja bisa menjadi interpretasi yang diberikan berbeda dari niat dan kehendak Allah. Jika Anda perlu berdoa dan berpuasa Senin Kamis menurut kekristenan dalam rangka untuk memahami niat Allah lebih baik.

6. Roma 8:26

“Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.”

Dengan lidah akan lebih mudah ketika kita menyampaikan sesuatu kepada Tuhan. Karena terkadang kita merasa bingung apa yang harus dikatakan kepada Allah. Tetapi Roh membantu kelemahan kita dalam mengatakan itu adalah lebih jelas kepada Allah. Oleh karena itu sangat penting untuk memahami kehendak Allah dan untuk menjadi akrab dengan Allah melalui doa-doa kita berbicara tentang satu dengan bahasa roh.

Ini adalah beberapa ayat Alkitab tentang lidah yang banyak dibahas terutama setelah Tuhan Yesus naik ke surga. Itu hendaknya sebagai orang Kristen berusaha untuk memperoleh bentuk-jenis karunia Roh. Dengan cara berdoa di dalam Roh dan memohon dengan sungguh kepada Allah, pastilah Allah tidak akan ragu untuk memberikannya kepada mereka umat-Nya yang bertanya. Karena itu tetaplah tekun dan sabar dalam doa. Maka Allah akan memberi dan memberikan Roh-Nya melalui perantara lidah. Amin.

Silahkan Bergabung di Group Facebook ROHANI KRISTEN INDONESIA

Klik https://www.facebook.com/rohanikristenindonesia/ Untuk
mendapatkan info terbaru Dari Rohani Kristen indonesia dan berbagi
Pengalaman

 PENTING :Cara Cepat dan Mudah Mencari santapan rohani Kebutuhan Anda di https://www.isplbwiki.net/ silahkan klik disini https://www.facebook.com/rohanikristenindonesia/
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar