Skip to main content

Ayat Alkitab Tentang Karakter dan Keteladanan Samuel dalam Kehidupan Sehari-hari

Terdapat banyak watak dan figur dalam Alkitab seperti karakter Daud. Setiap kisah yang mereka lalui dapat belajar dan memberikan pesan moral dalam kehidupan kita. Sebagai contoh, kita dapat belajar banyak dari kehidupan Joseph di dalam Alkitab. Salah satu figur lain yang perlu kita pelajari adalah Samuel. Kita tahu Samuel sebagai pemimpin bangsa Israel yang melayani sebagai nabi dan hakim. Melalui kepemimpinannya, ada berbagai sifat dan karakter Samuel yang bisa kita lihat.

Karakter Samuel

Di samping teladannya, Samuel juga memiliki beberapa karakter yang seharusnya kita miliki juga. Berikut adalah beberapa karakter Samuel.



Samuel memiliki kasih untuk orang lain

1 Samuel 15:35 Sampai hari matinya Samuel tidak melihat Saul lagi, tetapi Samuel berdukacita karena Saul. Dan TUHAN menyesal, karena Ia menjadikan Saul raja atas Israel.

Walaupun Saul tidak menuruti apa yang dikatakan Samuel, walaupun Samuel tidak lagi menemui Saul, namun Samuel tetap menjadi kasih bagi Saul. Dengan segala hal buruk yang terjadi kepada Saul, Samuel tetap penuh dukacita. Kasih yang Samuel tidak hanya diberikan kepada Saul. Samuel juga memberikan kasihNya sepenuhnya kepada semua orang Israel melalui segala sesuatu yang dia kerjakan pada umat itu.

Samuel taat sepenuhnya pada Allah
1 Samuel 8:10 Dan Samuel menyampaikan segala firman TUHAN kepada bangsa itu, yang meminta seorang raja kepadanya.

Ketaatan Samuel kepada Allah adalah yang paling mencolok dari teladan dan watak Samuel. Sejak kecil, Samuel hidup sesuai dengan kehendak Tuhan. Tiada satupun cerita Samuel dalam Alkitab memberitahu pemberontakan Samuel kepada Tuhan. Dia terus patuh dari hidup di Bait Suci sampai pengunduran dirinya sebagai pemimpin bangsa Israel. Bahkan ketika Samuel tidak senang dengan permintaan dari orang Israel meminta raja, Samuel tetap dalam pendapatnya karena Allah sendiri bertanya. Watak ini bersesuaian dengan maksud nama Samuel dalam Alkitab.

Samuel mengutamakan perintah Tuhan
1 Samuel 15:22 Tetapi jawab Samuel: “Apakah TUHAN itu berkenan kepada korban bakaran dan korban sembelihan sama seperti kepada mendengarkan suara TUHAN? Sesungguhnya, mendengarkan lebih baik dari pada korban sembelihan, memperhatikan lebih baik dari pada lemak domba-domba jantan.

Samuel tidak sekadar taat kepada Firman Tuhan. Selain itu, perintah Allah menjadi nomor satu dalam hidupnya. Dia memprioritaskan perintah Allah, apa yang Allah minta, dibandingkan dengan semua aturan dan hukum yang tertulis. Karakter ini sangat dihormati oleh Tuhan. Perintah Tuhan dapat kita pahami jika kita merasakan manfaat dari membaca Alkitab setiap hari.

Keteladanan Samuel

Samuel adalah orang yang selalu dianggap istimewa oleh teladannya. Samuel sejak kecil dibangun dalam kepemimpinan Tuhan sebagai pelayan. Ini menyebabkan kehidupannya terus melayani Tuhan dan menjadi penuh teladan. Berikut adalah beberapa contoh Samuel yang dapat kita lakukan dalam kehidupan kita.

Samuel tidak ragu menyatakan kebenaran
1 Samuel 3:18 Lalu Samuel memberitahukan semuanya itu kepadanya dengan tidak menyembunyikan sesuatu pun. Kemudian Eli berkata: “Dia TUHAN, biarlah diperbuat-Nya apa yang dipandang-Nya baik.”

Kisah pertama Samuel yang patut diteladani ketika Samuel masih kecil, tinggal bersama Eli. Samuel dipanggil Tuhan dan memberitahu rencana Tuhan tentang Eli. Apa yang Tuhan katakan tentang Eli bukanlah berita yang menyenangkan. Namun, Samuel tidak ragu untuk memberitahu Eli segalanya. Dia menjelaskan kepada Eli tanpa menutupi apa pun. Ini menjadi karakter Samuel yang sangat baik dan dianggap baik.

1 Samuel 13:13 Kata Samuel kepada Saul: “Perbuatanmu itu bodoh. Engkau tidak mengikuti perintah TUHAN, Allahmu, yang diperintahkan-Nya kepadamu; sebab sedianya TUHAN mengokohkan kerajaanmu atas orang Israel untuk selama-lamanya.

Contoh Samuel ini bukan saja pada masa mudanya. Ketika dia dewasa, dia tidak ragu untuk menegur Saul. Pada waktu itu, Saul telah menjadi raja yang bererti kuasa Saul cukup tinggi. Bagaimanapun, apa yang Saul lakukan tidak sesuai dengan kehendak Tuhan. Samuel tidak ragu untuk menyatakan bahawa Saul adalah salah.

Sebagai orang Kristen, kita juga perlu melakukan ini dan karakter Samuel. Kita telah diberi hikmat Tuhan untuk mengetahui dan mengerti firman Tuhan yang mengandung kebenaran. Kita tidak bisa cemas dalam hal ini. Kebenaran itu tidak hanya dapat diselamatkan oleh diri kita sendiri, tetapi kita perlu menyampaikan hal itu kepada orang lain. Kita harus menerapkan apa yang diperintahkan Tuhan dalam ayat Alkitab tentang kejujuran.

Samuel tidak menggunakan kekuasaan untuk kepentingan diri sendiri
1 Samuel 12:4 Jawab mereka: “Engkau tidak memeras kami dan engkau tidak memperlakukan kami dengan kekerasan dan engkau tidak menerima apa-apa dari tangan siapa pun.”

Samuel memiliki kuasa sebagai pemimpin Israel. Sebagai seorang pria yang terus-menerus dipuji dan dihormati, Samuel bisa meminta semua yang dia inginkan. Namun, Samuel tidak berbuat demikian. Dia hanya melihat apa yang Tuhan minta dia lakukan. Ini bukan saja kesaksian yang Samuel berikan, tetapi diakui oleh seluruh bangsa Israel. Samuel terus memberikan kasih kepada bangsa Israel dan tetap rendah hati.

Transparansi dan karakter Samuel ini juga perlu dilakukan dalam hidup kita, khususnya ketika kita menjadi pemimpin. Sebagai seorang pemimpin Kristen, kita harus memprioritaskan apa yang Tuhan ingin kita lakukan. Hikmat dari Allah yang perlu kita lakukan sebagai pemimpin. Kita tidak bisa menyalahgunakan kekuasaan karena kekuasaan adalah berkat yang diberikan Tuhan. Kita harus bekerja sesuai dengan apa yang dikatakan ayat Alkitab tentang etika kerja.

Silahkan Bergabung di Group Facebook ROHANI KRISTEN INDONESIA

Klik https://www.facebook.com/rohanikristenindonesia/ Untuk
mendapatkan info terbaru Dari Rohani Kristen indonesia dan berbagi
Pengalaman

 PENTING :Cara Cepat dan Mudah Mencari santapan rohani Kebutuhan Anda di https://www.isplbwiki.net/ silahkan klik disini https://www.facebook.com/rohanikristenindonesia/

Ini adalah beberapa dari ketepatan dan watak Samuel. Samuel adalah orang yang dikasihi Tuhan. Adasi dan watak Samuel ini membuat dirinya sangat dikasihi dan terus diiringi oleh Tuhan. Tentang kasih dan penyertaan Allah, kita selalu merindukan di dalam hati kita. Adalah penting bahwa kita datang untuk melakukan apa yang Samuel lakukan dalam hidupnya. Marilah kita mengubah hidup kita menjadi penyembahan yang benar sesuai dengan Alkitab. Semua kemuliaan bagi nama Allah. Tuhan memberkati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar