--> Skip to main content

7 Ayat Alkitab Tentang Kebijaksanaan dan Karakter Salomo

Dalam Alkitab, ada banyak cerita tentang angka masa lalu bahwa kita dapat menjadi pembelajar. Melalui cerita tersebut, kita dapat memahami berbagai kehendak Allah. Kita juga dapat mempelajari berbagai contoh dari angka ini. Sebagai contoh, kita bisa belajar dari karakter Daud atau dari kehidupan Yusuf di dalam Alkitab. Selain Daud dan Yusuf, kita juga boleh belajar dari Salomo. Salomo sendiri terkenal kerana hikmat dan watak Salomo.

2 Samuel 12:24 Kemudian Daud menghibur hati Batsyeba, isterinya; ia menghampiri perempuan itu dan tidur dengan dia, dan perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki, lalu Daud memberi nama Salomo kepada anak itu. TUHAN mengasihi anak ini

2 Tawarikh 5:1 Maka selesailah segala pekerjaan yang dilakukan Salomo untuk rumah TUHAN itu. Kemudian Salomo memasukkan barang-barang kudus Daud, ayahnya, dan menaruh perak, emas dan barang-barang itu dalam perbendaharaan rumah Allah.


Salomo adalah anak Daud dan Batsyeba selepas anak pertama pasangan itu mati. Salomo dikasihi oleh Tuhan kerana Daud bapanya. Salomo, sebagai raja ketiga Israel, menjadi seorang pemimpin yang membina Bait Tuhan. Bagaimanapun, ternyata Salomo masih seorang manusia. Ada perkara yang tidak boleh kita Tiru dari Salomo. Berikut adalah beberapa hikmat dan watak Salomo dalam Alkitab.

Kebijaksanaan Salomo

Salomo adalah seorang figur alkitabiah yang sangat terkenal dengan kebijaksanaannya sesuai dengan isi ayat Alkitab yang berhikmat. Malah dalam buku Katolik, terdapat kitab Kebijaksanaan Salomo yang mengandungi pelbagai hasil hikmat dan watak Salomo. Dalam Alkitab, ada setidaknya tiga cerita yang memberitahu Kebijaksanaan Salomo.

Salomo meminta hikmat kepada Allah.
1 Raja-raja 3:9 Maka berikanlah kepada hamba-Mu ini hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umat-Mu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat, sebab siapakah yang sanggup menghakimi umat-Mu yang sangat besar ini?”

Di sepanjang kehidupannya, Salomo dua kali berhadapan dengan Tuhan. Pada pertemuan pertamanya, Tuhan mempersembahkan kepada Salomo untuk meminta apa yang dia miliki. Sebagai seorang manusia, Salomo dapat meminta kekayaan, umur panjang, atau apa saja yang menguntungkan dia. Namun, bukannya semua, Salomo memilih untuk meminta hikmat, kemampuan untuk menimbang sesuatu. Ini dianggap baik oleh Tuhan. Keputusan Salomo justru menunjukkan hikmat Salomo. Dengan bijak, ia memanfaatkan kesempatan yang diberikan Allah kepada keuntungan setiap orang, bukan hanya keuntungan pribadinya.

Salomo menemukan ibu yang sebenarnya dari seorang anak.
1 Raja-raja 3:27 Tetapi raja menjawab, katanya: “Berikanlah kepadanya bayi yang hidup itu, jangan sekali-kali membunuh dia; dia itulah ibunya.

Dalam Pericope 1 Kings 2:16-28, dua perempuan memberitahu Salomo untuk datang. Mereka berperang untuk bayi, mencoba meyakinkan Salomo dari siapa ibu bayi itu sebenarnya. Ini adalah hal yang sulit karena tidak ada tes genetik dikenal atau hal lain. Keputusan hanya dapat bergantung pada kejujuran wanita. Namun, keduanya memberikan kesaksian serupa sehingga sulit untuk menentukan siapa yang benar.

Tidak dicurigai, Salomo menggunakan cara yang cerdik untuk membuat keputusan. Salomo menawarkan untuk memotong bayi itu, membaginya dengan sama. Tanggapan dua perempuan berbeda. Seorang wanita setuju, seorang wanita tidak setuju, memilih untuk tidak membunuh bayi. Hikmat dan watak Salomo nampaknya jelas apabila dia memutuskan bahawa perempuan yang tidak ingin bayi itu dibunuh adalah ibu bayi itu.

Salomo menerima kunjungan ratu negeri Syeba.
1 Raja-raja 10:3 Dan Salomo menjawab segala pertanyaan ratu itu; bagi raja tidak ada yang tersembunyi, yang tidak dapat dijawabnya untuk ratu itu.

Hikmat dan watak Salomo tersebar luas di seluruh bahagian dunia, termasuk Ratu Syeba. Ratu ingin menguji hikmat dan karakter Salomo. Dia datang kepada Salomo dengan memberikan pelbagai teka-teki. Di luar biasa, Salomo dapat menjawab setiap persoalan sehingga Ratu Syeba mengakui hikmat dan watak Salomo.

Karakter Salomo

Salomo dikenal karena kebijaksanaannya. Bagaimanapun, karakter Salomo bukan sekadar hikmat. Ada karakter lain dari Salomo, karakter yang baik atau karakter yang buruk. Berikut adalah beberapa karakter Salomo.

1 Raja-raja 3:28 Ketika seluruh orang Israel mendengar keputusan hukum yang diberikan raja, maka takutlah mereka kepada raja, sebab mereka melihat, bahwa hikmat dari pada Allah ada dalam hatinya untuk melakukan keadilan.

Sudah sangat jelas bahwa adalah bijaksana untuk menjadi khususnya Salomo karakter. Dia mampu menjadi hakim kebijaksanaan yang luar biasa berkat penyertaan dan kelegaan dari Allah. Dia juga mempunyai buku yang menyaksikan hikmat Salomo.

Rendah hati.
1 Raja-raja 3:7 Maka sekarang, ya TUHAN, Allahku, Engkaulah yang mengangkat hamba-Mu ini menjadi raja menggantikan Daud, ayahku, sekalipun aku masih sangat muda dan belum berpengalaman.

Salomo adalah anak Daud. Daud sudah memiliki kuasa yang luar biasa. Kekayaan Daud tidak sedikit. Namun, ini tidak membuat Salomo sombong. Salomo masih ingat bahawa menjadi raja bukan sekadar hubungan keluarga dan kekayaan. Dia membutuhkan pengalaman, kebijaksanaan, dan bantuan Allah. Dia tidak malu untuk mengakui kekurangan dan meminta pertolongan Tuhan. Sikap rendah hati Salomo menjadi bentuk penyembahan yang benar menurut Alkitab.

Tidak mampu menahan hawa nafsu.
1 Raja-raja 11:3 Ia mempunyai tujuh ratus isteri dari kaum bangsawan dan tiga ratus gundik; isteri-isterinya itu menarik hatinya dari pada TUHAN.

Terlepas dari hikmat dan karakter Salomo di hadapan rakyat, Salomo sendiri gagal mengaplikasikan hikmat dalam kehidupannya sendiri. Dia tidak mampu menahan nafsu untuk istri dan selir sebanyak mungkin. Bahkan, ia tidak ragu untuk meninggalkan Tuhan hanya untuk istri dan selir. Hal ini tidak baik dianggap oleh Allah. Apa yang Salomo lakukan tidak sesuai dengan ayat Alkitab tentang rumah.

Itulah hikmat dan watak Salomo. Kita menyadari bahwa sebagai manusia, Salomo tidak bisa menjadi manusia yang sempurna. Dia masih jatuh ke dalam dosa. Namun, kisah Salomo mengatakan dalam Alkitab adalah contoh bagi kita untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Tuhan telah memberikan karunia hikmat kepada Salomo. Bahwa kebijaksanaan harus dapat memakainya terbaik untuk menjaga dirinya dekat dengan Allah. Demikian juga dengan kami. Setiap karunia yang Allah telah berikan kepada kita, seharusnya untuk menjaga hubungan kita dengan Allah.

Bagaimanapun, kita juga boleh meniru hikmat Salomo. Seperti Salomo, kita tidak bisa hanya memikirkan kepentingan diri kita sendiri. Kita tidak dapat terus-menerus meminta hal yang menyenangkan dari hati kita kepada Allah. Memohon hikmat Allah untuk menjalani kehidupan ini. Hikmat dan hikmat bisa kita dapatkan sebagai keuntungan membaca Alkitab setiap hari. Selain cerita Salomo, kita juga dapat belajar tentang hikmat ayat Alkitab tentang wanita bijak. Semua kemuliaan bagi nama Allah. Tuhan memberkati.

Silahkan Bergabung di Group Facebook ROHANI KRISTEN INDONESIA

Klik https://www.facebook.com/rohanikristenindonesia/ Untuk
mendapatkan info terbaru Dari Rohani Kristen indonesia dan berbagi
Pengalaman

 PENTING :Cara Cepat dan Mudah Mencari santapan rohani Kebutuhan Anda di https://www.isplbwiki.net/ silahkan klik disini https://www.facebook.com/rohanikristenindonesia/
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar