--> Skip to main content

Siapa Lucifer?, Kejatuhan Lucifer Menurut Ayat Alkitab Menjadi Refleksi bagi Kita

Ayat Alkitab tentang Kejatuhan Lucifer Menjadi Refleksi bagi Kita. Dalam kisah Kristen, kita tidak hanya mengenal figur-watak alkitabiah seperti karakter Daud. Kita juga belajar tidak hanya tentang kehidupan Yusuf di dalam Alkitab atau figur lainnya. Kita juga akan mengetahui sosok malaikat dan Iblis. Malaikat yang sering kita dengar namanya adalah malaikat Gabriel. Sementara Iblis yang sering kita dengar adalah Lucifer. Namun, siapa yang sebenarnya Lucifer? Apakah Alkitab menceritakan kisah Lucifer atau itu hanya dongeng yang dibuat oleh manusia?

Siapa Lucifer?

Kita tahu ada tujuh titik dosa. Salah satunya adalah kesombongan. Lucifer digambarkan sebagai Iblis yang mewakili dosa kesombongan ini. Ini ditentukan karena Lucifer dikenal karena keconganannya. Sebelum membaca ayat Alkitab tentang kejatuhan Lucifer, kita perlu mengetahui sebelumnya siapa itu Lucifer.

Sebelum bumi dan segala isinya dibuat, Allah pertama kali menciptakan malaikat. Malaikat diciptakan oleh Allah untuk melakukan penyembahan yang benar sesuai dengan Alkitab untuk Allah. Malaikat membantu Tuhan untuk membuat orang memahami janji keselamatan dalam Alkitab bahwa Allah sedang bekerja untuk manusia. Namun demikian, Allah masih memberikan Malaikat kehendak bebas yang sama seperti bagaimana ia memberikannya kepada kita, manusia. Allah tidak akan memaksa siapa pun untuk melayani-Nya. Itu membutuhkan pelayanan dengan hati yang tulus, bukan sekadar suatu kewajiban.

Di antara para malaikat yang diciptakan, ada seorang malaikat bernama Lucifer. Nama Lucifer tidak ditulis dalam Translation Bible LAI (Perhimpunan Alkitab Indonesia). Namun, nama Lucifer pernah dalam terjemahan Alkitab KJV (King James Version). Nama Lucifer dalam KJV menterjemahkan sebagai bintang timur dalam terjemahan Bible LAI. Lucifer diberitahu sebagai malaikat yang bijak. Dia bahkan dianggap sebagai malaikat dengan status tertinggi.

Kejatuhan Lucifer

Jika Lusifer adalah malaikat yang bijak, statusnya tinggi, bagaimana dia akhirnya dikenal sebagai Iblis? Teks alkitabiah kejatuhan Lucifer menghubungkan bahwa Lucifer tidak puas dengan segala yang dia miliki. Dia akhirnya berusaha untuk menyamai Allah. Dia sangat bangga dengan semua yang ia miliki bahwa ia kemudian mengenakan kehendak bebas dari Allah untuk meninggalkannya. Lucifer melakukan itu menentang ayat Alkitab tentang kesombongan manusia. Berikut adalah kumpulan ayat Alkitab tentang kejatuhan Lucifer.

Yesaya 14:12-15
“Wah,  engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa! Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara. Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi! Sebaliknya, ke dalam dunia orang mati engkau diturunkan, ke tempat yang paling dalam di liang kubur.

Teks alkitabiah dari kejatuhan pertama Lucifer adalah terjemahan dari ayat Alkitab KJV yang mencantumkan nama Lucifer. Seperti dijelaskan, Lucifer kemudiannya dikenali sebagai bintang timur. Ayat ini menjelaskan bagaimana Lucifer mengungkapkan kesombongan-nya. Dalam kesombongannya, ia akhirnya terdegradasi ke dunia orang mati.

Lukas 10:18
Lalu kata Yesus kepada mereka: “Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit.

Ayat ini juga menggambarkan kesaksian Yesus tentang Lucifer. Petir dari langit menggambarkan cahaya yang dibawa oleh Lucifer. Nama Lucifer dalam bahasa Latin mempunyai maksud pembawa terang yang berasal dari kata Lux yang bererti cahaya dan Ferre yang bererti membawa.

Yehezkiel 28:17-18
Engkau sombong karena kecantikanmu, hikmatmu kaumusnahkan demi semarakmu. Ke bumi kau Kulempar, kepada raja-raja engkau Kuserahkan menjadi tontonan bagi matanya. Dengan banyaknya kesalahanmu dan kecurangan dalam dagangmu engkau melanggar kekudusan tempat kudusmu. Maka Aku menyalakan api dari tengahmu yang akan memakan habis engkau. Dan Kubiarkan engkau menjadi abu di atas bumi di hadapan semua yang melihatmu.

Teks alkitabiah kejatuhan Lucifer dalam buku Yehezkiel ini menjelaskan alasan untuk kejatuhan Lucifer. Lusifer dilemparkan oleh Allah dari kerajaan surga karena kesombongan-nya. Dia merasa begitu indah, memiliki kebijaksanaan sehingga ia berusaha untuk bersinar namanya. Tetapi tugas Lusifer hendaknya adalah untuk menyembah nama Allah.

Wahyu 12:7-9
Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya, tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga. Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.

Dalam Alkitab, Iblis sering digambarkan sebagai seekor naga. Dalam ayat ini, naga yang juga menggambarkan Lucifer sebagai Iblis dibantu oleh para malaikatnya. Hal ini sering diduga memberikan kesimpulan bahwa Lucifer awalnya seorang malaikat. Namun, mereka tidak mendapatkan lagi di surga karena mereka tidak memenuhi syarat untuk surga sesuai dengan Alkitab sehingga kejatuhan.

Itu adalah kumpulan ayat Alkitab tentang kejatuhan Lucifer. Kisah tentang Lucifer ini dapat menjadi pelajaran yang baik bagi kita. Sering kali kita merasa bijaksana, merasa memiliki kebijaksanaan, dan kemudian kita berpikir bahwa kita pantas dipuji. Kami berusaha untuk menunggu diri kita sendiri. Berhati-hatilah ketika pikiran telah mulai memasuki otak kita. Jangan biarkan kita seperti Lucifer yang kemudian menderita kejatuhan karena kesombongan nya. Ingatlah bahwa kita hanyalah manusia. Allah adalah Partai tertinggi, yang kita tidak akan mampu menyaingi. Kita harus mengakui kebesaran mereka. Jika kita melakukan cara membaca ayat Alkitab secara teratur setiap hari, kita akan dengan mudah menjauhi dosa kesombongan ini. Semua kemuliaan bagi nama Allah. Tuhan memberkati.

Silahkan Bergabung di Group Facebook ROHANI KRISTEN INDONESIA

Klik https://www.facebook.com/rohanikristenindonesia/ Untuk
mendapatkan info terbaru Dari Rohani Kristen indonesia dan berbagi
Pengalaman

 PENTING :Cara Cepat dan Mudah Mencari santapan rohani Kebutuhan Anda di https://www.isplbwiki.net/ silahkan klik disini https://www.facebook.com/rohanikristenindonesia/
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar