Skip to main content

60 Ayat Alkitab Tentang Ulang Tahun yang Sesuai Dengan Ajaran Kristen

Ulang tahun adalah hari yang lama ditunggu oleh semua orang .kata-kata ucapan syukur ulang tahun kristen Pada hari itu, usia seseorang tumbuh dan menjadi semakin matang. Baik keluarga dan yang paling dekat akan memberikan ucapan selamat dan doa untuk ulang tahun. Orang yang mengulangi tahun harus bersyukur kepada Jahweh karena sampai sekarang masih diberi kesempatan hidup. Syukur juga ditemukan dalam ayat Alkitab untuk ulang tahun dan ayat Alkitab untuk pernikahan ulang tahun. Berikut ini adalah ayat Alkitab untuk ulang tahun yang dapat menjadi pengingat untuk setahun berulang.

Berdasarkan Kitab Korintus

Paulus telah dua kali mengirim surat kepada jemaat di Korintus. Surat ini menduduki kedudukan sentral dalam Alkitab perjanjian baru bersama-sama dengan Surat kepada Jemaat Roma. Di dalamnya juga tercantum ayat Alkitab untuk ulang tahun, seperti:

  1. 2 Korintus 4:16 : Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.
  2. 2 Korintus 9:15 : Syukur kepada Allah karena karunia-Nya yang tak terkatakan itu!
  3. 1 Korintus 1:5 : Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal: dalam segala macam perkataan dan segala macam pengetahuan.
  4. 1 Korintus 11:12 : Sebab sama seperti perempuan besal dari laki-laki, demikian pula laki-laki dilahirkan oleh perempuan; dan segala sesuatu berasal dari Allah.


Berdasarkan Kitab Efesus

Paulus pernah mengirimkan surat dari Tarsus untuk jemaat yang berada di Efesus. Surat ini kemudian menjadi bagian Perjanjian Baru dalam Alkitab. Di dalamnya ada ayat Alkitab tentang ulang tahun, di antaranya:

  1. Efesus 2:10 : Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.
  2. Efesus 1:14 : Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai memperoleh kita seluruhnya, yitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaannya.


Berdasarkan Kitab Zefanya

Kitab Zefanya di dalam Alkitab ditulis oleh nabi Zepiah. Buku ini adalah buku ke-9 dari 12 nabi kecil. Zefanya sendiri adalah seorang nabi yang melayani apabila pemerintahan raja Yehuda bernama Yosiah pada 640-609 BCE. Di dalamnya juga ada ayat Alkitab tentang hari lahir, yaitu:

  • Zefanya 3:17 : Tuhan Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membantu engkau dengan kasih-Nya.


Berdasarkan Kitab Amsal

Kitab Amsal milik orang Kristen alkitabiah yang isinya adalah kumpulan ucapan yang ringkas dan nasihat prilaku yang baik kepada kaum muda. Ayat Alkitab tentang hari lahir juga dapat ditemui dalam buku ini, seperti:

  1. Amsal 9:11 : Karena oleh aku (hikmat) umurmu diperpanjang, dan tahun-tahun hidupmu ditambah.
  2. Amsal 10:27 : Takut akan Tuhan memperpanjang umur, tetapi tahun-tahun orang fasik diperpendek.
  3. Amsal 11:19 : Siapa berpegang pada kebenaran yang sejati, menuju hidup, tetapi siapa mengejar kejahatan, menuju kematian.
  4. Amsal 3:6 : Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.
  5. Amsal 3:1-2 : Hai anakku, janganlah engkau melupakan ajaranku, dan biarlah haitmu memelihara perintahku, karena panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera akan ditambahkannya kepadamu.
  6. Amsal 3:16 : Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan.
  7. Amsal 4:10 : Hai anakku, dengarkanlah dan terimalah perkataanku, supaya tahun hidupmu menjadi banyak.


Tidak hanya ayat yang berkaitan dengan hari ulang tahun, dalam Surat Amsal juga tercantum ayat lain seperti ayat tentang taruhan bola menurut kekristenan, lotre di Kristen, ayat Alkitab yang memperkuat masalah, dan yang lain.

Berdasarkan Kitab Mazmur


Mazmur (Zabur) adalah salah satu kitab dalam perjanjian lama. Di dalamnya mengandung ayat Alkitab untuk ulang tahun seperti:

  1. Mazmur 62:8 : Pada Allah ada keselamatanku dan kemuliaanku; gunung batu kekuatanku, tempat perlindunganku ialah Allah.
  2. Mazmur 63:8 : Sungguh engkau telah menjadi pertolonganku, dan dalam naungan sayap-Mu aku bersorak-sorai.
  3. Mazmur 66:20 : Terpujilah Allah, yang tidak menolah doaku dan tidak menjauhkan kasih setia-Nya dari padaku.
  4. Mazmur 90:12 : Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.
  5. Mazmur 91:11 : Sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.
  6. Mazmur 91:16 : Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku.
  7. Mazmur 92:13-15 : Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon; mereka yang ditanam di bait Tuhan akan bertunas di pelataran Allah kita. Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar untuk memberitakan, bahwa Tuhan itu benar, bahwa Ia gunung batuku dan tidak ada kecurangan pada-Nya.
  8. Mazmur 133:3 : Seperti embun gunung Hermon yang turun ke atas gunung-gunung Sion. Sebab ke sanalah Tuhan memerintahkan berkat, kehidupan untuk selama-lamanya.
  9. Mazmur 145:17 : Tuhan itu adil dalam segala hal jalan-Nya, dan penuh kasih serta setia dalam segala perbuatan-Nya.
  10. Mazmur 147:11 : Tuhan senang kepada orang-orang yang takut akan Dia, kepada orang-orang yang berharap akan kasih setia-Nya.
  11. Mazmur 16:11 : Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, dan tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.
  12. Mazmur 20:4 : Kiranya diberikan-Nya kepadamu apa yang kau kehendaki dan dijadikan-Nya berhasil apa yang kau rancangkan.
  13. Mazmur 22:11 : Kepada-Mu aku diserahkan sejak aku lahir, sejak dalam kandungan ibuku Engkaulah Allahku.
  14. Mazmur 23:6 : Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah Tuhan sepanjang masa.


Selain hari ulang tahun, Kitab Mazmur juga memuat ayat Alkitab tentang patah hati, sebuah ayat Alkitab untuk memperkuat iman, sebuah ayat Alkitab tentang keluarga yang diberkati dan yang lainnya.

Berdasar Surat-Surat Lainnya

Selain surat-surat yang telah dijelaskan di atas, ayat Alkitab untuk ulang tahun juga tercantum dalam surat-surat berikut:

  1. Ratapan 3:22-23 : Tak berkesudahan kasih setia Tuhan, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!
  2. Galatia 6:9 : Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika tidak menjadi lemah.
  3. Kolose 3:15 : Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.
  4. Filipi 4:8 : Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.
  5. Roma 5:5 : Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.
  6. 2 Petrus 3:18 : Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunianya dan dalam pengenalan akan Tuhan yang juru selamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.
  7. Pengkhotbah 11:8 : Oleh sebab itu jikalau orang panjang umurnya, biarlah ia bersukacita di dalamnya.
  8. Bilangan 6:24-26 : Tuhan memberkati engkau dan melindungi engkau; Tuhan menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; Tuhan menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.
  9. Kisah Para Rasul 1:8 : Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atasmu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.
  10. Yohanes 14:26 : Tetapi penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.
  11. Yohanes 15:7 : Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.
  12. Yohanes 16:21 : Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan di dunia.
  13. Ulangan 5:33 : Segenap jalan, yang diperintahkan kepadamu oleh Tuhan, Allahmu, haruslah kamu jalani, supaya kamu hidup, dan baik keadaanmu serta lanjut umurmu.
  14. Ulangan 28:8 : Tuhan akan memerintahkan berkat ke atasmu di dalam lumbungmu dan di dalam segala urusanmu; Ia akan memberkati engkau di negeri yang diberikan kepadamu oleh Tuhan, Allahmu.
  15. Keluaran 20:12 : Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan Tuhan, Allah, kepadamu.
  16. Yeremia 17:7 : Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, yang menaruh harapannya pada Tuhan!
  17. Yeremia 29:11 : Sebab aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberi kepadamu hari depan yang penuh harapan.
  18. Ratapan 3:25 : Tuhan adalah baik bagi orang yang berharap kepada-Nya, bagi jiwa yang mencari Dia.
  19. Yakobus 1:12 : Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan meerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barang siapa yang mengasihi dia.
  20. Yakobus 1:18 : Atas kehendak-Nya sendiri ia telah menjadikan kita oleh firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung di antara semua ciptaan-Nya.
  21. Yakobus 4:8 : Mendekatlah kepada Allah, Ia akan mendekat kepadamu.
  22. Matius 6:33 : Tetapi carilah dahulu kerajaan-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.
  23. Yesaya 46:4 : Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.


Demikian, penjelasan ayat Alkitab untuk hari lahir. Jika Anda atau orang terdekat Anda telah menjadi tahun yang berulang, jangan lupa untuk selalu membaca ayat Alkitab untuk ulang tahun sehingga kita menjadi lebih bersyukur.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar