--> Skip to main content

25 Ayat Alkitab Tentang Mencari Jodoh Pasangan Yang Sepadan Dan Seiman

Ayat Alkitab Tentang Mencari Jodoh Sesuai Kehendak Tuhan. Setiap hari dengan pasti kita mendengar atau melihat orang berbicara tentang masalah asmara. Sebuah hal yang cukup spesifik dibahas adalah mencari pasangan hidup di masa depan. Beberapa orang ingin segera mendapatkan pertandingan dan melakukan berbagai upaya untuk mendapatkannya. Namun, beberapa orang tidak peduli terlalu banyak dan merasa pasangan masa depan akan datang dengan sendirinya.

Namun, mencari perjodohan bukanlah hal yang buruk. Yang paling penting adalah bahwa kita tidak bergantung pada diri kita sendiri dalam melakukannya sebagai orang Kristen. Proses perjodohan ini haruslah berdasarkan iman dan Firman Tuhan. Berikut adalah kumpulan ayat Alkitab untuk berkencan.

Ayat Alkitab tentang pencarian pasangan pertama mengingatkan kita untuk memulai proses pencarian kita dengan doa. Hal ini sudah dilakukan oleh perjodohan untuk Ishak. Hamba Abraham tidak sewenang-wenang menemukan pasangan untuk Ishak, tapi dia berdoa, meminta bantuan dan instruksi dari Allah pertama. Mempercayakan jiwa kita pasangan kepada Allah seperti dalam ayat-ayat Alkitab kepercayaan.


Ayat Alkitab Tentang Mencari Jodoh

Berdoalah dengan tekun dan benar, janganlah memaksakan kehendak kita, tetapi tanyakan kehendak Tuhan. Kita tidak perlu khawatir bagaimana kita akan mendapatkan belahan jiwa dan siapa pasangan jiwa kita. Selain itu, pertama-tama, kita harus memastikan bahwa pernikahan, memiliki pasangan, memang panggilan dari Allah kepada kita. Karena ada beberapa orang yang dipanggil untuk tidak menikah.

  1. Matius 7:7 “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.
  2. Matius 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.
  3. Filipi 4:6 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.
  4. Matius 19:12 Ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dijadikan demikian oleh orang lain, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri oleh karena Kerajaan Sorga. Siapa yang dapat mengerti hendaklah ia mengerti.”
  5. Kejadian 24:12-14 Lalu berkatalah ia: “TUHAN, Allah tuanku Abraham, buatlah kiranya tercapai tujuanku pada hari ini, tunjukkanlah kasih setia-Mu kepada tuanku Abraham. Di sini aku berdiri di dekat mata air, dan anak-anak perempuan penduduk kota ini datang keluar untuk menimba air. Kiranya terjadilah begini: anak gadis, kepada siapa aku berkata: Tolong miringkan buyungmu itu, supaya aku minum, dan yang menjawab: Minumlah, dan unta-untamu juga akan kuberi minum – dialah kiranya yang Kautentukan bagi hamba-Mu, Ishak; maka dengan begitu akan kuketahui, bahwa Engkau telah menunjukkan kasih setia-Mu kepada tuanku itu.”
  6. Yakobus 4:2b-3 Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa. Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.


Beberapa ayat Alkitab adalah tentang mencari pasangan jiwa yang tidak peduli seberapa keras bisnis kami, Allah telah ditentukan di muka yang jodoh kita. Orang yang dipersiapkan oleh Tuhan adalah seseorang yang dapat membantu kita dalam melakukan pekerjaan kita. Ini adalah menurut bagaimana Allah memberi Hawa penolong bagi Adam. Oleh karena itu, kita sering tidak bisa mengerti apa yang terjadi dalam proses pencarian ini.

  • Kejadian 2:18 TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.”
  • Kejadian 2:22 Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.
  • Amsal 30:18-19 Ada tiga hal yang mengherankan aku, bahkan, ada empat hal yang tidak kumengerti: jalan rajawali di udara, jalan ular di atas cadas, jalan kapal di tengah-tengah laut, dan jalan seorang laki-laki dengan seorang gadis.


Kita, manusia, diberikan kehendak bebas oleh Allah. Memang benar bahwa Tuhan sudah terlebih dahulu menentukan belahan jiwa kita. Namun, dalam perjalanan hidup kita, kita sendiri perlu menentukan dan mencarinya. Tuhan sendiri mengingatkan bahwa adalah perlu bagi kriteria pasangan yang kita cari. Sebagai contoh, Tuhan menghendaki kita menjadi pasangan yang seimbang, bukan hanya dalam iman, tetapi juga dalam banyak aspek lainnya. Lebih lanjut tentang hal ini dijelaskan dalam ayat Alkitab tentang cinta agama yang berbeda. Beberapa ayat Alkitab tentang mencari pasangan jiwa mungkin terdengar seperti pencarian yang lebih terfokus untuk seorang istri seperti dalam ayat Alkitab tentang seorang wanita bijak. Namun, hal ini tentu berlaku untuk pria dan wanita. Beberapa ayat Alkitab juga berbicara tentang persekutuan. Namun, Keluarga, termasuk kita dan pasangan kita, adalah lingkup persekutuan terkecil.

  • Roma 12:16 Hendaklah kamu sehati sepikir dalam hidupmu bersama; janganlah kamu memikirkan perkara-perkara yang tinggi, tetapi arahkanlah dirimu kepada perkara-perkara yang sederhana. Janganlah menganggap dirimu pandai!
  • Ibrani 10:24-25 Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.
  • 1 Korintus 7:16 Sebab bagaimanakah engkau mengetahui, hai isteri, apakah engkau tidak akan menyelamatkan suamimu? Atau bagaimanakah engkau mengetahui, hai suami, apakah engkau tidak akan menyelamatkan isterimu?
  • 2 Korintus 6:14 Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?
  • Ezra 10:10 Maka bangkitlah imam Ezra, lalu berkata kepada mereka: “Kamu telah melakukan perbuatan tidak setia, karena kamu memperisteri perempuan asing dan dengan demikian menambah kesalahan orang Israel.
  • Amsal 31:30 Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji.


Dari ayat Alkitab tentang mencari jodoh di atas, berikut beberapa kriteria pasangan yang perlu kita perhatikan.

  • Saling membantu dalam kasih dan dalam pekerjaan baik
  • Seimbang dalam iman maupun hal lainnya
  • Saling memperhatikan


Kita tentu tidak bermain-main dalam mencari pasangan. Tujuan dari pencarian ini adalah untuk memastikan untuk menikah, untuk hidup sampai akhir bersama-sama seperti yang tertulis dalam ayat Alkitab tentang rumah tangga. Berdasarkan Firman Allah, pasangan itu hidup bersama oleh Allah. Oleh karena itu, perceraian bukanlah sesuatu yang diperbolehkan. Tentu saja, terkadang ada masalah dan disalahpahami. Namun, ayat Alkitab tentang menemukan jiwa ini akan mengingatkan bahwa perceraian bukanlah solusi. Kita dapat memutuskan untuk memisahkan, tetapi tujuannya adalah untuk berdoa, memohon kebijaksanaan dari Tuhan. Jangan biarkan emosi, bukan Roh Kudus, menjadi kuat seperti dalam ayat Alkitab kemarahan. Selanjutnya, kita harus mengambilnya kembali. Oleh karena itu, kita harus sangat bersemangat untuk menemukan pasangan sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah. Komitmen ini hanya dapat diperoleh jika kita benar-benar memakai cinta dalam hubungan kita.

  1. 1 Korintus 7:4-5 Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demiian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya. Janganlah kamu saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu mendapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama-sama, supaya Iblis jangan menggodai kamu, karena kamu tidak tahan bertarak.
  2. Kolose 3:14 Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.
  3. Markus 10:6-9 Sebab pada awal dunia, Allah menjadikan mereka laki-laki dan perempuan, sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”
  4. Matius 19:5-6 Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”


Ada hal penting lainnya yang perlu kita pahami selain perceraian. Tuhan menciptakan hanya satu jodoh untuk setiap orang dari umatNya. Sama seperti bagaimana Tuhan hanya menciptakan Hawa untuk menjadi penolong bagi Adam. Oleh karena itu, ayat Alkitab tentang pencarian jiwa ini menegaskan bahwa poligami tidak diperbolehkan oleh orang Kristen. Alkitab, terutama Injil, tidak menjelaskan larangan poligami dalam Injil.

  • 1 Korintus 7:2 tetapi mengingat bahaya percabulan, baiklah setiap laki-laki mempunyai isterinya sendiri dan setiap perempuan mempunyai suaminya sendiri.
  • 1 Tesalonika 4:4 supaya kamu masing-masing mengambil seorang perempuan menjadi isterimu sendiri dan hidup di dalam pengudusan dan penghormatan,


Itu adalah kumpulan ayat Alkitab untuk berkencan. Sekali lagi, ingatlah untuk menyerahkan segala sesuatu kepada Allah. Dia akan memberikan yang paling cocok untuk kita. Kita hanya perlu bertanya. Tidak lupa kita perlu mempersiapkan diri untuk menjadi orang yang lebih baik sehingga memenuhi kriteria pasangan yang baik seperti yang Tuhan inginkan. Janganlah sampai ketika pasangan itu membawa Allah kepada kita, bahkan kita yang belum menjadi orang yang siap untuk memiliki pasangan. Selain itu, saatnya kita tidak lagi bermain di sekitar dalam mencari pasangan. Pertimbangkan itu matang untuk kelanjutan hidup kita sebagai pasangan.

Percayalah bahwa perjalanan kehidupan romantis kita diatur ke yang terbaik dan seindah mungkin oleh Tuhan. Tidak perlu takut tidak menikah. Tidak perlu takut dikucilkan untuk menikah lama. Tidak perlu merasa takut karena sampai usia cukup tua, masih tidak mendapatkan sepasang. Hanya Allah yang tahu kapan dan Siapakah yang terbaik bagi kita masing-masing. Semua kemuliaan bagi nama Allah. Tuhan memberkati.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar