Skip to main content

30 Ayat Emas Alkitab Tentang Pengharapan yang Memberikan Keberhasilan

Ayat Emas Alkitab Tentang Keberhasilan yang Memberikan Pengharapan. Setiap manusia diciptakan dengan cara hidup yang berbeda. Orang memiliki latar belakang mereka sendiri, kisah hidup, keinginan, dan ideal yang spesifik satu sama lain. Namun, ada satu hal yang setiap orang akan ingin, yaitu, keberhasilan. Setiap orang ingin berhasil dalam mencapai mimpi. Setiap manusia memiliki rencana dan pasti ingin rencana itu berhasil dilakukan.

Ingin sukses tentu tidak salah. Namun, kita perlu mengingat bahwa keberhasilan tidak dapat menjadi tujuan utama dari kehidupan kita. Keberhasilan bukanlah sesuatu yang dapat kita capai dengan kekuatan kita sendiri. Kita membutuhkan Tuhan dalam kuasa atas segala sesuatu untuk memberikan keberhasilan. Oleh karena itu, kita perlu landasan hidup kita dalam Firman Allah termasuk dalam mencapai keberhasilan ini. Berikut adalah beberapa ayat emas Alkitab tentang keberhasilan.

Alkitab emas ayat tentang keberhasilan

Alkitab emas ayat tentang keberhasilan ini mengingatkan kita bahwa sebelum kita meminta untuk sukses, ingatlah untuk terus berterima kasih kepada Tuhan. Apa pun rintangan yang kita hadapi di masa depan, apa pun keraguan kita, apa pun hasrat kita, Syukurlah untuk apa pun yang telah dia berikan. 

Kita hendaknya selalu merasa cukup untuk apa yang telah Tuhan berikan kepada kita. Jadi, itu akan memberi kita keberhasilan yang kita inginkan. Selain mengucap syukur, kita perlu tetap hidup sesuai dengan kehendak Allah. Kita tentunya tahu dalam kehidupan ini ada banyak tantangan dan godaan yang besar dan kecil. Meskipun demikian, Tuhan akan mengingatkan kita untuk tetap setia bahkan dalam hal yang kecil. Kita harus dapat dipercaya dalam hal apapun juga.

  • Mazmur 112:1-3 Haleluya! Berbahagialah orang yang takut akan TUHAN, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya. Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati. Harta dan kekayaan ada dalam rumahnya, kebajikannya tetap untuk selamanya.
  • Lukas 16:10-11 “Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar. Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya?
  • Amsal 28:20 Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat, tetapi orang yang ingin cepat menjadi kaya, tidak akan luput dari hukuman.
  • Mazmur 37:4 dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.
  • 1 Timotius 6:7-9 Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kita pun tidak dapat membawa apa-apa ke luar. Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah.
  • 1 Raja-raja 2:3 Lakukanlah kewajibanmu dengan setia terhadap TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya, dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya, seperti yang tertulis dalam hukum Musa, supaya engkau beruntung dalam segala yang kaulakukan dan dalam segala yang kautuju,


Kita pasti bisa bersyukur jika hal yang baik, hal yang mendukung keberhasilan kita terjadi. Namun, sulit untuk bersyukur ketika kita terkena kecemasan. Kita sering merasa khawatir tentang kegagalan. Alkitab ayat emas kesuksesan mengingatkan kita bahwa tidak ada yang perlu kita khawatirkan. Jika kita memiliki hasrat, kita harus memasukkannya sebagai pokok doa kita, dan sekali lagi, dengan ucapan syukur. Tidak mendapatkan keberhasilan itu kita tidak memiliki karena kita tidak berdoa atau mungkin kita tidak berdoa dengan benar. Kita dapat melakukan doa dan penyembahan yang benar sesuai dengan Alkitab. Khawatir juga kita bisa menyingkirkan dengan membaca ayat Alkitab untuk menenangkan hati dan pikiran.

  • Yakobus 4:2b-3 Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa. Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.
  • Filipi 4:6 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.


Ayat kejayaan Alkitab yang emas mengingatkan kita bahwa sekeras apa kita berusaha, kesuksesan masih berasal dari Allah. Ketika kita merasa diri kita mampu, kekuatan kita tidak, ingatlah bahwa Tuhan melakukan segala sesuatu adalah berhasil. Oleh karena itu, dalam segala sesuatu yang kita lakukan kita perlu bersandar pada Tuhan dengan sungguh. Semua pekerjaan kita harus diserahkan dalam nama Tuhan. Dengan bersandar pada Tuhan, berharap sepenuhnya pada Allah sesuai dengan ayat Alkitab keyakinan, ia sendiri akan memberkati kita dengan sukses.

  • Ulangan 8:18 Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.
  • Amsal 16:3 Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu.
  • Filipi 4:13 Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.
  • Amsal 21:31 Kuda diperlengkapi untuk hari peperangan, tetapi kemenangan ada di tangan TUHAN.
  • Amsal 10:22 Berkat TUHANlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.
  • Yeremia 17:7 Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!


Memang benar bahwa keberhasilan berasal dari Allah. Namun, ini tidak berarti keberhasilan akan datang secara gratis. Tentu saja ada hal yang perlu kita lakukan. Ingatlah prinsip Ora et labora, berdoa dan bekerja. Tuhan sendiri di dalam ayat emas alkitabiah dari keberhasilan ini mengingatkan kita untuk dengan tekun bekerja dengan tulus. Di masa lalu, kembali memungkinkan niat kita untuk bekerja. Keberhasilan seharusnya tidak menjadi fokus utama kita, tetapi kemuliaan nama Allah hendaknya menjadi fokus utama kita pada pekerjaan. Ketika dalam pekerjaan, kita memuliakan Tuhan bahkan menjadi berkat bagi orang lain, Tuhan tidak akan ragu untuk memberkati kita.

  • Amsal 11:24-25 Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan. Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.
  • 1 Timotius 6:9 Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.
  • Amsal 13:11 Harta yang cepat diperoleh akan berkurang, tetapi siapa mengumpulkan sedikit demi sedikit, menjadi kaya.
  • Amsal 20:4 Pada musim dingin si pemalas tidak membajak; jikalau ia mencari pada musim menuai, maka ia tidak ada apa-apa.
  • Amsal 10:4 Tangan yang lamban membuat miskin, tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya.
  • Amsal 23:4-5 Jangan bersusah payah untuk menjadi kaya, tinggalkan niatmu ini. Kalau engkau mengamat-amatinya, lenyaplah ia, karena tiba-tiba ia bersayap, lalu terbang ke angkasa seperti rajawali.
  • Amsal 12:27 Orang malas tidak akan menangkap buruannya, tetapi orang rajin akan memperoleh harta yang berharga.
  • Pengkhotbah 11:6 Taburkanlah benihmu pagi-pagi hari, dan janganlah memberi istirahat kepada tanganmu pada petang hari, karena engkau tidak mengetahui apakah ini atau itu yang akan berhasil, atau kedua-duanya sama-sama baik.
  • Amsal 20:13 Janganlah menyukai tidur, supaya engkau tidak jatuh miskin, bukalah matamu dan engkau akan makan sampai kenyang.


Keberhasilan yang kita dapatkan pasti akan membutuhkan kita bertanggung jawab. Oleh karena itu, kita tidak hanya bisa bekerja untuk mencapainya, tetapi juga dalam tanggung jawabnya. Rasa tanggung jawab dalam keberhasilan ini hanya dapat diperoleh jika kita memiliki kebijaksanaan. Teks alkitabiah dari keberhasilan ini akan mengingatkan kita untuk tidak semua ketekunan untuk meminta hikmat Allah. Kebijaksanaan dan kebijaksanaan dapat kita pelajari dari berbagai ayat Alkitab mengenai kebijaksanaan. Keberhasilan kita juga harus digunakan untuk memuliakan nama Tuhan.

  • Amsal 3:9-10 Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu, maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.
  • Pengkhotbah 10:10 Jika besi menjadi tumpul dan tidak diasah, maka orang harus memperbesar tenaga, tetapi yang terpenting untuk berhasil adalah hikmat.


Itu adalah beberapa ayat emas Alkitab tentang keberhasilan. Untuk meringkas, kita perlu mengingat bahwa kita harus bekerja dan berusaha untuk mencapai keberhasilan. Namun, keberhasilan bukanlah fokus utama kita, tetapi kemuliaan nama Allah saja. Dalam semua upaya dan pekerjaan kita, kita juga harus ingat bahwa Allah memampukan dan hanya dia yang dapat memberi kita keberhasilan. Oleh karena itu, itu sepenuhnya tercerai-berai kepada Tuhan. Selain itu, dalam segala sesuatu yang terjadi, kita tidak perlu khawatir, tapi malah bersyukur. Tidak melupakan, selain bekerja dan berusaha, kita perlu berdoa. Berdoalah dengan benar, mintalah kehendak Tuhan dan dengan ungkapan terima kasih. Selain meminta untuk sukses, jangan lupa untuk meminta hikmat agar bisa menggunakan keberhasilan yang diberikan Allah kepada kemuliaan nama Allah.

Setiap orang memiliki standar kewajaran mereka sendiri. Beberapa orang menganggapnya berhasil jika menjadi kaya seperti dalam ayat Alkitab tentang keberuntungan. Beberapa orang menganggapnya berhasil jika memiliki keluarga yang sesuai dengan ayat Alkitab tentang rumah tangga. Bagi saudara kita yang sakit, mungkin dia menganggap sukses jika kesembuhan itu diperoleh menurut ayat Alkitab tentang kesembuhan orang sakit. Ada berbagai standar keberhasilan lainnya. Bagaimanapun, mereka hanya dapat dicapai apabila kita betul-benar bersandar kepada Tuhan. Semoga Alkitab emas ayat tentang keberhasilan ini memperkuat dan memberkati. Semua kemuliaan bagi nama Allah. Tuhan memberkati.



Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar