Skip to main content

Arti Bertobat Dalam Kristen Dan Cara Bertobat Orang Kristen yang Benar

Bagaimana bertobat Allah Bapa selalu rela sehingga kita selalu berada di jalan kebenaran dan juga kudus seperti Allah Bapa. Sementara Iblis akan selalu berusaha untuk menggagalkan semua rencana Allah dalam membuat kita sempurna dengan cara yang selalu menghasut kita untuk tetap jatuh dalam dosa dan meningkat dari hari ke hari. Kita sebagai manusia pasti tidak akan lolos dari dosa, apakah itu dosa kecil atau dosa berat. Untuk itu, pertobatan adalah sangat diperlukan agar kita dapat kembali ke jalan Allah dan tidak binasa.

Dalam kehidupan di dunia dan menjalankan tujuan hidup orang Kristen, manusia diberi 2 pilihan yaitu berada di jalan kesalehan dan juga suci dan jalan yang jahat dan tercemar lainnya sebagai Allah Bapa di surga dengan segala kesempurnaan-Nya dalam kesalehan atau lebih memilih Iblis yang saya s juga sempurna dalam segala kejahatan dan dosa. Kita sebagai pengikut Kristus tentu saja ingin menjadi anak Allah sehingga nanti kita dapat memperoleh kehidupan kekal di surga. Untuk itu, kita juga harus mengerti dengan baik apa kehendak Jahweh Bapa di sorga atas hidup kita.



Cara Bertobat Yang Benar

2 Petrus 3:9,  "Allah menghendaki supaya tiada seorangpun binasa, tetapi supaya semua orang bisa berbalik dan bertobat dari dosa-dosanya. Bagian ini menyiratkan bahwa jika kita sudah jatuh ke dalam dosa, adalah pantas untuk berbalik dan segera bertobat dan menyesali segala dosa sehingga kita dapat memperoleh kehidupan kekal di surga.

1. Mengaku dosa yang dibuat
Pertobatan pertama yang dapat Anda lakukan adalah memulai dengan mengakui dosa yang telah dibuat dan dengan demikian kita akan dibenarkan.  "Aku berkata: Aku akan mengaku kepada Tuhan pelanggaran-pelanggaranku, ' dan kamu mengampuni kesalahan untuk dosa-dosamu. " oleh karena itu, Anda juga harus mengakui dosa Anda sendiri.  "Bagian dari ayat ini, maka Allah akan mengampuni kesalahan kita, karena orang yang telah mengaku dosanya sendiri akan lebih takut untuk mengulangi dosa yang sama. (Baca juga: pandangan iman Kristen pada gaya hidup modern)

2. Singkirkan kemarahan
Singkirkan perasaan sakit hati, kemarahan, kebencian dan semua perasaan buruk yang ada di dalam hati sebagai akibat dari perbuatan orang yang tidak kita kasihi atau musuh kita. Karena hanya dengan cara mengampuni kesalahan sesama kita kepada kita, dosa yang telah kita perbuat juga akan diampuni oleh Allah Bapa di surga. Sebab jika kamu mengampuni kesalahan orang lain, Bapamu yang di sorga juga akan mengampuni kesalahanmu.

3. Tinggalkan cara hidup lama
Dalam pertobatan, hal yang harus dilakukan adalah untuk meninggalkan cara hidup lama yang penuh dengan dosa dan untuk melakukan suatu cara untuk bertobat orang Kristen dengan kembali kepada Allah sambil terus menjalani kehidupan yang baik baru. Hal semacam ini biasanya akan dilakukan oleh seseorang yang baru saja berhasil melewati cobaan hidup dengan bantuan mukjizat Tuhan Yesus seperti penyembuhan dari penyakit parah dan sebagainya.

4. Mengubah perilaku
Ketika bertobat, hal yang penting untuk dilakukan adalah mengubah semua perilaku yang tidak baik yang telah kita lakukan untuk menyebabkan dosa. Itu tidak merasa sulit untuk dilakukan tetapi sangat diperlukan dan wajib dan dapat Anda lakukan jika Anda benar-benar melakukan pertobatan.

5. Memperbaiki masalah yang ditimbulkan
Pertobatan juga berarti memperbaiki masalah yang diakibatkan dari kesalahan dan perbuatan berdosa. Kita tidak boleh hanya meminta maaf, tetapi juga harus menerima konsekuensi yang harus kita terima dari perbuatan berdosa seperti mencuri. Jika dosa yang dilakukan berbohong, maka Anda harus mengatakan tentang kebenaran dan mengakui kebohongan yang telah Anda lakukan kepada orang yang bersangkutan. Lakukan semua cara yang dapat Anda lakukan agar Anda dapat menjadikan hati Allah bahagia dan tidak terluka dengan dosa yang telah kita perbuat. (Baca juga: menjadi murid Kristus)

6. Mengambil hikmah dari dosa
Semua perbuatan baik tentu hal yang kita bisa belajar dan memiliki makna sehingga untuk masa depan kita dapat meningkatkan dan menghindari perbuatan baik seperti itu. Membuat kesalahan begitu bermakna bahwa hal itu akan membantu Anda untuk menghindari dosa lainnya.

7. Hidup di jalan yang menyenangkan Allah
Pertobatan juga dapat dilakukan dengan memulai kehidupan di jalan yang dapat menyenangkan Tuhan dan menghindari semua larangan-Nya. Bertobat tidak hanya berarti kita mengakui kesalahan yang telah dibuat, tetapi juga untuk memulai kehidupan baru yang dapat menyenangkan Tuhan.

8. Bergabung dengan komunitas gereja
Jalan pertobatan juga dapat dilakukan dengan menjaga diri Anda dari berbuat dosa lagi. Hal ini dapat dicapai dengan bergabung dan berperan aktif dalam komunitas gereja. Lakukan pelayanan secara teratur dan Bicaralah kepada Jemaat mengenai jalan kesalehan yang telah Allah berikan.

9. Membaca Alkitab
Mulailah membaca kitab suci dalam Alkitab sehingga mereka dapat memperoleh terang dan juga jalan terbaik yang telah Tuhan berikan. Dengan tekun membaca Alkitab, ini dapat menjadi pengingat serta penguat agar tidak jatuh kembali ke dalam dosa dan untuk melakukan pertobatan dengan tulus dengan memperdalam dan meresangkan ayat dalam Alkitab.

10. Mengaku dosa
Dalam Katolikisme seperti di agama lain juga percaya bahwa sebelum kita mengakui semua kesalahan kita, maka dosa tidak akan diampuni. Sakramen penebusan dosa akan memberikan pengampunan, dengan mengakui semua kesalahan dan dosa yang telah dibuat kepada Allah melalui pengantara imam dan diikuti dengan rasa menyesal yang mendalam dan berjanji untuk tidak jatuh lagi dalam dosa itu.

11. Berdoa
Pertobatan juga tidak dapat lepas dari doa dan cara saleh berdoa juga harus diterapkan dengan sangat baik. Untuk melipatgandakan doa diperlukan dalam pertobatan sebagai salah satu bukti jika kita sebagai manusia berdosa akan bertobat dan lebih sering dan memperdalam apa yang Tuhan Yesus telah memerintahkan kita untuk hidup.

12. Mengubah lingkungan
Ketika perbuatan dosa dan kesalahan dibuat dari lingkungan, maka lingkungan dan orang yang membuat Anda jatuh ke dalam dosa sehingga bisa menjadi lebih baik, karena ini juga cara orang Kristen melakukan pertobatan, yang membantu orang lain yang juga jatuh dalam dosa seperti kita.
Tuhan mengajari kita agar kita dapat memperoleh keselamatan kekal sebagaimana Tuhan telah berjanji kepada kita dengan segera berbalik dan melakukan pertobatan sepanjang Tuhan juga masih memberi kita kesempatan besar untuk mengembalikan anak-anak-Nya selalu patuh kepada semua yang Dia perintahkan dan menjalankan Em.

Cara untuk bertobat orang Kristen lebih ditekankan Apakah kita sudah menerima anugerah yang diberikan Jahweh kepada kita dan memiliki ikatan dengan Tuhan Yesus sehingga bisa menanggung pengampunan dosa dan kehidupan kekal di sorga. Semoga jalan kesalehan membuka pikiran kita orang-orang percaya yang pada akhirnya juga akan menuntun kita pada pertobatan sejati kepada Yesus Kristus. Mari kita jadikan makna kebangkitan Kristus sebagai suatu sarana pertobatan yang signifikan sesegera mungkin.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar