--> Skip to main content

Alkitab tentang Bersyukur dan Persembahan – Dalam 5 Ilustrasi Cerita

Yesus sendiri mencintai mengajar murid-muridnya untuk perumpamaan. Bahkan banyak perumpamaan – perumpamaan tentang Yesus menjadi populer dan sering kali mendengarkan selalu mengingatkan kita semua untuk tetap berada di jalan. Penggunaan perumpamaan dapat membantu membuat lebih mudah bagi Yesus untuk mengajarkan apa yang Tuhan inginkan dalam hidup kita dan juga membantu kita untuk lebih memahami apa yang dimaksudkan Yesus sendiri. Itu juga dapat membantu kita untuk sedikit demi sedikit memahami apa yang Tuhan ingin kita lakukan dalam kehidupan kita mengenai apa yang benar untuk dilakukan dan yang hendaknya tidak dilakukan.

Dalam Alkitab tentu saja kita dapat menemukan banyak perumpamaan membahas hampir segala sesuatu yang pasti akan bermanfaat untuk membantu menumbuhkan iman kita kepada Tuhan. Salah satu jenis perumpamaan yang diajarkan oleh Yesus berbicara tentang rasa syukur dan persembahan. Dua hal ini saya akan membahas dalam artikel ini karena masalah rasa syukur dan persembahan dapat cukup penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut adalah beberapa ilustrasi Alkitab tentang rasa syukur dan persembahan yang dapat saya bagikan kepada Anda:

1. janda miskin

 "Sesungguhnya Aku berfirman kepadamu, janda miskin ini memberi lebih daripada semua yang menaruh uang ke dalam kotak persembahan. Karena mereka semua memberikan kelimpahan-nya, tetapi janda ini memberinya kelemahan dari semua yang dia miliki, yang semuanya  "(Markus 12:38-44). Apakah Anda masih ingat tentang ayat ini? Ayat ini adalah salah satu ayat yang sering didengar dalam pemberitaan gereja untuk mengingatkan kita untuk selalu tidak sombong hanya karena kita dapat memberikan sejumlah besar persembahan. Banyak dari kita melakukan berbagai macam persembahan atau bantuan bagi gereja hanya untuk membuat diri kita semakin dirasakan oleh orang lain, untuk dihormati, dan seterusnya.

Persembahan yang kita berikan kepada Gereja hendaknya kita berikan dengan tulus sama seperti seorang janda miskin yang telah berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada Tuhan dengan segenap hatinya. Tapi pertama, hal yang kita harus tahu adalah tentang bagaimana menghitung persepuluhan dengan benar sehingga kita dapat memberikan Tuhan sejumlah persembahan atau persepuluhan dalam jumlah yang tepat dan sesuai dengan kondisi individu kita-masing-masing. Dengan memberikan persembahan, kita sama seperti menyatakan rasa syukur kepada Tuhan atas berkat yang telah kita terima. Selain itu, uang persembahan bukan untuk Tuhan, tetapi untuk kembali lagi untuk membantu sesama manusia yang membutuhkan, untuk membantu mengembangkan gereja, untuk mendanai kegiatan spiritual, dll Di mana, Semua hal ini juga baik untuk membantu pertumbuhan iman kita.

2. orang yang dipekerjakan di kebun anggur

Ilustrasi alkitabiah tentang rasa syukur dan persembahan berikutnya diambil dari Injil Matius 20:1-16. Dalam Injil Matius 20:1-16 bercerita tentang pemilik kebun anggur yang mempekerjakan beberapa orang dengan satu perjanjian upah Dinar dalam satu hari. Pekerja yang telah bekerja sehari untuk merasa tidak adil karena upah mereka sama dengan upah pekerja yang hanya bekerja selama satu jam meskipun sudah ada kesepakatan upah di awal 1 Dinar. Injil ini, mengingatkan kita untuk tetap bersyukur atas semua peristiwa yang terjadi dalam kehidupan. Mungkin bahwa kita melihat bahwa orang lain yang baru saja memulai sebuah pengalaman menjadi lebih sukses daripada kita meskipun kita dan orang yang memulai pekerjaan pada waktu yang sama.

Kita hanya bisa melihat segala sesuatu dengan cara yang terbatas, hanya melihat orang lain dari luar dan tidak dapat mengetahui apa yang telah dilakukannya di balik layar. Adalah sepatutnya bagi kita untuk tetap bersyukur dan bekerja keras untuk kesempatan yang telah Tuhan berikan kepada kita dalam bentuk apapun untuk nanti juga akan berbuah. Bukankah itu termasuk dalam janji Tuhan bagi orang percaya bahwa semua akan menjadi indah di waktu? Tetap di jalan dan menggunakan keberhasilan orang lain sebagai pemicu untuk gairah dan motivasi diri sehingga Anda dapat menjadi seseorang yang sukses juga. Dan untuk diingat, jangan tinggi jika Anda telah mencapai keberhasilan itu, tetapi selalu bersyukur atas keberhasilan yang Anda terima dan selalu bertanggung jawab atas kepercayaan yang Anda terima.

3. perumpamaan tentang talenta

Ilustrasi alkitabiah tentang rasa syukur dan persembahan berikutnya adalah perumpamaan tentang talenta yang ada di dalam Injil Matius 25:14-25 juga dapat menjadi refleksi kita untuk tetap bersyukur. Dalam Injil Matius 25:14-25 disebutkan bahwa Tuhan memberikan talenta kepada hamba-hambaNya sesuai dengan kemampuan masing-masing. Itu sama seperti kita, Tuhan memberikan apa yang kita miliki seperti kekayaan, kecerdasan, dan bakat sesuai dengan kemampuan kita. Tentunya berkat ini akan berbeda pada satu orang dengan yang lain.

Meskipun demikian, Tuhan juga masih membuka kesempatan bagi kita dan akan terus membuka kesempatan bagi kita yang ingin mengembangkan berkat yang telah kita terima. Kita harus benar untuk memahami arti syukur dalam Alkitab sehingga kita menghindari iri hati dan kecemburuan orang lain yang dapat menghambat kita dalam mengembangkan berkat yang telah diterima dari Tuhan. Jangan hanya merasa cemburu pada keberhasilan atau kekayaan yang dimiliki orang lain karena tentu saja ketika satu memiliki lebih maka semakin besar tanggung jawab dari segala sesuatu yang telah dipercayakan kepadanya. Tetaplah berusaha dan tekun dalam doa karena itu akan menjadi manfaat yang luar biasa untuk berdoa bagi orang Kristen dalam membantu mengubah kehidupan kita menjadi lebih baik.

4. dua jenis dasar

Perumpamaan tentang dua jenis dasar ini dapat ditemukan dalam Injil Matius 7:24-27. Injil diceritakan mengenai dua orang yang membangun rumahnya pada dua landasan yang berbeda. Salah satu mendirikan rumahnya di atas batu dan satu mendirikan rumahnya di atas pasir. Ketika badai menyerang, rumah seseorang yang didasarkan pada sebuah batu tetap teguh sementara rumah orang lain dihancurkan oleh badai. Perumpamaan ini ingin mengingatkan kita bahwa ketika kita telah melakukan dan mempercayakan hidup kita kepada Tuhan, maka kita tidak perlu khawatir tentang segala sesuatu yang terjadi pada kehidupan kita.

Meskipun banyak kesulitan-kesulitan yang kita hadapi tetapi hanya percaya bahwa Allah akan cukup segala sesuatu dalam hidup kita. Dengan mengucap syukur setiap hari untuk semua belas kasihan yang telah Tuhan berikan kepada kita adalah sama seperti kita telah memercayai Allah yang memegang kendali atas kehidupan kita. Oleh karena itu, Anda seperti seorang pria yang membangun rumahnya dengan landasan batu, bukan pasir. Mendasarkan hidup Anda dengan rasa syukur dan perlu diingat bahwa Yesus adalah lebih besar dan lebih kuat daripada masalah kehidupan yang Anda hadapi hari ini.

5. seorang pria kaya yang bodoh

Sebuah ilustrasi alkitabiah tentang rasa syukur dan persembahan yang lebih lanjut bercerita tentang orang kaya yang bodoh. Dalam perumpamaan yang diuraikan dalam Injil Lukas 12:13-21 ia bercerita tentang seorang kaya yang berusaha untuk meningkatkan kekayaannya secara terus menerus. Bahkan, ketika ia tidak tahu di mana ia akan menyelamatkan kekayaannya, ia masih berusaha untuk menyelamatkan kekayaannya dan mencoba untuk menikmati kekayaannya beberapa waktu kemudian untuk dirinya sendiri. Dia disebut-orang kaya bodoh karena ia tidak mengamati keadaan sekitarnya, di mana masih ada banyak orang miskin yang membutuhkan bantuan tangan dan membantu dari dia.

Dia juga tidak melihat dan bahkan lupa bahwa ketika jiwanya diambil dari padanya maka ia tidak akan dapat menikmati kekayaan bahwa ia telah mengumpulkan itu. Marilah kita bersyukur dan jika kita sudah merasa cukup dengan keadaan yang kita miliki saat ini berusaha untuk memperhatikan keadaan orang lain di sekitar kita yang membutuhkan bantuan kita. Semoga persembahan atau praktik yang dapat kita berikan untuk membantu orang lain juga dapat menjadi simpanan harta karun kita di masa depan. Karena kehidupan di dunia hanya sementara dan kehidupan yang kita ingin pergi adalah kehidupan kekal bersamanya. Juga tahu perbedaan persepuluhan dan persembahan sehingga Anda tidak dibuat bingung dengan mereka.

Ingatlah untuk selalu bersyukur atas semua belas kasihan yang telah Anda terima sejauh ini. Dan jangan lupa untuk berbagi cinta Anda, berbagi sedikit yang Anda miliki dengan orang lain yang membutuhkan, karena ini akan membantu Anda untuk mendapatkan buah dari Roh Kudus dalam diri Anda untuk bekerja sepenuhnya dan untuk membantu pertumbuhan iman Anda. Tidak ada gunanya untuk terus mengumpulkan harta duniawi ketika kita tidak dapat menggunakan harta duniawi kita untuk mencapai harta surgawi.

Mungkin beberapa ilustrasi Alkitab tentang rasa syukur dan persembahan yang telah saya bagikan di atas dapat bermanfaat bagi Anda untuk meningkatkan wawasan Anda dan membantu meneguhkan iman Anda kepada Kristus. Barangkali Anda juga dapat membaca uraian singkat kebaktian Kristian yang kami sediakan di sini sebagai rujukan kepada bahan refleksi dan refleksi diri supaya kita dapat menjadi orang yang lebih baik. Terima kasih atas kesediaan Anda untuk membaca artikel kami, mudah-mudahan semua artikel yang kami sajikan dapat membantu Anda untuk tetap tumbuh di dalam Kristus. Tuhan Yesus memberkati kita semua.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar