Skip to main content

Ajaran Alkitab Pengertian Dosa Dan Istilahnya Menurut Perjanjian Lama dan Baru

Jika berbicara tentang istilah dosa, itu akan banyak untuk melihat dalam Alkitab, baik dalam Perjanjian lama dan juga Perjanjian Baru. Oleh karena itu, dalam tinjauan ini, kita akan secara seksama meninjau gagasan dosa menurut Alkitab, silakan merujuk pada hal berikut.

Istilah dosa dalam Perjanjian lama, jika dilihat dari Perjanjian lama [Ibrani], dapat ditemukan 8 kata yang mengindikasikan istilah dalam dosa, yaitu:

  • Pasha: Memiliki arti pemberontakan atau juga bisa dikatakan pelanggaran.
  • Awon: Memiliki arti yang mencakup perbuatan salah dan rasa bersalah.
  • Shagag: Memiliki arti kesalahan atau melakukan penyimpangan.
  • Asham: Memiliki arti berhubungan dengan kesalahan yang diperbuat di Bait Allah atau Tabernakel.
  • Rasha: Memiliki arti kejahatan dan merupakan lawan kata dari kebenaran.
  • Taah: Memiliki arti tersesat atau melakukan penyimpangan yang merupakan dosa dilakukan denga sengaja.
  • Khata: Tidak mengenai sasaran atau mengenai tujuan lain.
  • Ra: Memiliki arti menghentikan atau menghancurkan.


Kata istilah dosa dalam perjanjian baru, sementara dalam Perjanjian Baru, bisa ditemukan 12 kata yang menunjukkan istilah dari dosa, yakni:

  • Hamartia: Memiliki arti luncas yakni tidak tepat sasaran.
  • Anomos: Sering diartikan dengan sikap durhaka dengan arti melanggar hukum dalam arti luas.
  • Parabetes: Memiliki arti pelaku pelanggar hukum atau orang yang berdosa.
  • Adikia: Memiliki arti tingkah laku yang tidak benar dalam artian luas.
  • Enokhos: Memiliki arti kesalahan yang umumnya menyatakan orang pelaku kejahatan dihukum mati.
  • Hipokrisis: Lebih menjurus pada munafik jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia.
  • Paraptoma: Memiliki arti pelanggaran yang diperbuat secara sengaja.
  • Planao: Memiliki arti melakukan perbuatan yang menyimpang dengan perbuatan tercela.
  • Agnoein: Berhubungan dengan ibadah yang salah dilakukan dan ditujukan untuk Allah yang lain.
  • Asebes: Memiliki arti tanpa Allah
  • Kakos: Memiliki arti tidak baik atau buruk dan terkadang juga memperlihatkan fisik buruk seperti penyakit.
  • Poneros: Memiliki arti dasar sebuah kejahatan yang umumnya menjurus ke kejahatan moral.


Pengertian Dosa Menurut Alkitab

Dengan melihat begitu banyak kata yang menunjukkan istilah dosa di dalam Perjanjian lama dan baru, maka penyusunan pengertian dosa tidak dapat dilakukan dengan mudah. Tapi dari hasil eksplorasi Alkitab, dapat ditemukan tentang beberapa rasa dosa.

  • 1. Dosa terhadap kehendak Jahweh


Karena orang Israel memiliki arti kekeliruan dari mereka yang telah menentukan pilihan jalan mereka sendiri. Dosa ini menafsirkan tindakan pemberontakan dan ini menjadi sebuah perumpamaan yang ditujukan untuk bangsa Israel. 

  • 2. Dosa adalah suatu kelangkaan


Dalam Perjanjian Baru, dosa mendefinisikan sebuah kunci atau bukan tentang tujuan atau hamartia. Hamartia sendiri memiliki arti yang cukup besar di luar kata Adikia atau kejahatan. Bahkan, kata itu tidak berarti jahat, tetapi hanya kesalahan atau efek takdir.

  • 3. Menyimpang dari jalan yang benar


Dalam kata parabasis yang memiliki arti melangkah ke samping adalah menyimpang perilaku dari jalan kebenaran dan sering diterjemahkan ke dalam pelanggaran. Kata yang berhubungan dengan ini adalah suatu anomali yang memberikan ketegasan jika moral hanya diberikan kepada penduduk surga dan moral itu sendiri tidak dapat dikurangi. Kelaan gelar tertentu menjadi perbuatan atau perbuatan yang tidak dapat ditoleransi oleh Tuhan sehingga ia juga dipanggil keAllahan.

  • 4. Dosa adalah total kerusakan


Total kerusakan yang dimaksud memberikan penjelasan jika manusia telah rusak karena semua perbuatan yang telah dilakukan, sehingga tidak ada dorongan lebih lanjut atau niat untuk mencari Allah. Namun, ini tidak berarti bahwa manusia tidak benar-benar berbuat baik tetapi hanya bisa berdosa. [Roma 2:14 – 16].

  • 5. Penyakit alami manusia


Di dalam Alkitab, Jahweh membuat perbandingan dosa dengan kusta atau Leper. Orang yang menderita kusta atau kusta akan tampak putih pada kulit yang akan menyebar lebih banyak dan kemudian membuat beberapa bagian tubuh longgar dengan sendirinya. Para penderita kusta ini juga dikatakan najis ketika mereka pulih dari penyakit itu.

Ini memberikan arti jika kulit sembuh saja tidak cukup karena akar berada di kulit. Setelah dosa perkataan dan tindakan jahat hanya merupakan gejala akar dari penyakit alami kita sebagai manusia dan Yesus adalah satu-satunya penyembuh dari semua obat. (Baca juga: pandangan Kristen tentang perceraian)

  • 6. Penyakit yang mempengaruhi kepala, jantung dan kaki


Allah juga menjelaskan dosa yang dibuat oleh umatNya seperti penyakit yang akan mempengaruhi kepala pikiran yang salah, hati adalah emosi yang salah dan kaki yang merupakan tindakan yang salah. Dosa dimulai dengan pikiran kita dengan menerima sesuatu yang salah dari penglihatan, pendengaran dan sebagainya. Ini kemudian menyebar ke hati atau perasaan dan dari perasaan bahwa itu akan menghasilkan perbuatan jahat atau perkataan yang membuat tubuh kita najis.

  • 7. Penolakan perbuatan baik dan egois


Dalam Roma 1:18-32 ada tertulis, karena murka Allah dinyatakan di sorga atas segala kefasikan dan kejahatan manusia, yang menindas kebenaran dengan kedurhakaan (18). Oleh karena itu Allah memberikan mereka kepada keinginan hati mereka untuk menjadi najis, sehingga mereka mencemarkan tubuh mereka satu sama lain. Ayat ini memberikan pengertian tentang dosa sebagai tindakan yang jahat dan juga pikiran yang jahat tidak peduli apa iman atau ketidakpercayaan orang itu dengan Allah.

  • 8. Penolakan manusia terhadap Allah


Dalam Alkitab juga memberikan penjelasan jika dosa adalah bentuk penolakan manusia kepada Allah. Dalam hal ini juga termasuk tidak percaya kepada kebenaran yang diberikan Jahweh, menolak kasih yang diberikan Jahweh dan melakukan pemberontakan kepada kuasa Jahweh. [YOH. 1:1, 4,11],  "dalam Dia adalah hidup dan hidup adalah terang manusia. Dia datang ke hartanya sendiri, tetapi orang yang dimilikinya tidak menerimanya. "

  • 9. Dosa berarti menolak kasih Allah


Allah adalah sumber kasih seperti yang tertulis dalam 1 Yohanes 2:16. Allah juga adalah sumber dari semua kasih yang benar. Hal yang menyebabkan manusia untuk menolak cinta yang Tuhan berikan adalah sifat sombong, dendam, benci, egois, Yakut dan curiga. (Baca juga: kelompok doa Kristen)

  • 10. Tidak percaya kepada kebenaran Jahweh


Dosa juga berarti tidak percaya kepada kebenaran yang diberikan Jahweh. Ketika Tuhan memberitahu kita secara langsung atau dari kata yang tertulis di dalam Alkitab, kita melakukan penolakan untuk mempercayainya. Ini berarti bahwa jika kita telah jatuh ke dalam dosa karena mereka tidak percaya dan bahkan di akhir zaman, masih ada banyak orang yang akan menolak Yesus dan mengatakan jika Injil hanyalah sebuah karangan bunga.

  • 11. Dosa adalah perbuatan meninggalkan Allah


Pengertian akan dosa sesuai dengan Alkitab dalam Alkitab juga memberikan makna meninggalkan Tuhan dan memutuskan untuk keluar dari tujuan yang ditetapkan Jahweh agar ia kehilangan kemuliaan dalam hidup. Meninggalkan Tuhan juga berarti menuju jalan yang salah karena itu tidak sesuai dengan perintah Allah, bukan sasaran justru karena tujuan hidup tidak sesuai dengan rencana Allah dan juga tidak memenuhi standar karena tidak bertanggung jawab atas semua yang GOD telah memberi kita dalam bentuk waktu, keterampilan dan juga moral.

Justru itu, kita adalah suatu Tinjauan terhadap pengertian dosa apabila dilihat dari Alkitab. Terlepas dari bentuknya dan seberapa kecil dosa itu dibuat, itu tetap hal yang tidak disukai Allah. Oleh karena itu, adalah tepat bagi kita sebagai umat untuk selalu berusaha untuk menghindari perbuatan berdosa.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar