--> Skip to main content

Peranan Roh Kudus Dalam Kehidupan Orang Percaya Yang ada di Alkitab

Sebagai orang yang telah menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, kita juga harus mengundang Roh Kudus untuk memasuki hidup kita. Setelah baptisan yang berarti menghapus dari segala dosa dan bangkit kepada orang baru, manusia akan mengalami baptisan kedua. Baptisan ini disebut Pembaptis Roh Kudus. Roh Kudus memiliki peranan yang berbeda dengan Yesus dan Bapa. Jika Anda ingin mengetahui peranan Roh Kudus maka bacalah artikel ini sampai selesai agar dapat mengetahui dan menerapkannya. Berikut adalah 27 Roh Kudus peran dalam kehidupan orang percaya.

  • 1. Roh Kudus adalah penghibur


 "Tetapi penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, ia akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu tentang semua yang telah kukatakan kepadaku." (Yoh. 14:26). Roh Kudus sering disebut Roh penghiburan. Roh Kudus adalah orang yang diberikan kepada umatNya setelah Yesus naik ke sorga.



  • 2. Roh Kudus adalah penolong


 "Aku akan meminta kepada Bapa, dan dia akan memberimu penolong yang lain, agar dia boleh bersamamu selama-lamanya. " (Yohanes 14:16) Roh Kudus ada di dalam kita agar Roh Kudus selalu dapat menjadi penolong ketika kita benar membutuhkannya. Suatu kali ketika kita mengalami situasi sedang ditekan, Roh Kudus ada dan memberi kita solusi terbaik. Solusi ini dapat melalui ilham, Firman Tuhan, mimpi, atau orang lain.

  • 3. Roh Kudus adalah Roh kebenaran


Orang Roh Kudus adalah pribadi yang penuh hikmat dan kebenaran. Ketika kita tidak melakukan apa-apa sesuai dengan perintah Allah, Roh Kudus yang ada di dalam kita akan mengingatkan Anda bahwa itu adalah sebuah kesalahan. Jika kita mengabaikannya maka kita akan menerima konsekuensinya di akhir hari.

  • 4. Roh Kudus adalah Roh yang lembut


"Tetapi ketika seseorang menghujat Roh Kudus, ia tidak memiliki belas kasihan selama-lamanya, tetapi ia bersalah karena melakukan dosa yang kekal." (Markus 3:9). Sebagai orang yang lembut tidak cocok untuk mendukung Roh Kudus. Roh Kudus ada di dalam hati kita jika kita mengajak dia untuk masuk dan mengambil alih hidup kita. Tetapi ketika kita tidak menginginkannya, Roh Kudus juga tidak akan memaksa.

  • 5. Roh Kudus membentuk sifat manusia


Roh Kudus ada dalam hidup kita untuk mengurangi dan perlahan-lahan mengubah sikap perbuatan kita yang tidak berkenan kepada mata Tuhan. Misalkan kita digunakan untuk menjadi orang yang malas untuk membaca Alkitab tetapi karena kita telah menerima Roh Kudus di dalam hati kita, maka setiap saat Roh Kudus akan memberikan pemahaman bahwa kita harus membaca Alkitab. Jadi dia akan berubah dan akhirnya kebiasaan malas membaca Alkitab akan menghilang.

  • 6. Roh Kudus memberikan hadiah


Setelah seseorang menerima Roh Kudus, itu akan turun karunia Tuhan. Karunia itu adalah karunia berbahasa roh, menafsirkan lidah, mimpi menjadi kenyataan, dll. Karunia ini diberikan sebagai kunci supaya kita dapat berkomunikasi dengan Roh Kudus dengan lebih dekat lagi.

  • 7. Roh Kudus memberikan kekuatan


Selain semangat penghibur, Roh Kudus ada di sana untuk memberikan kekuatan kepada semua orang. Entah bagaimana ketika kita mengalami hal yang buruk, akan ada perasaan yang membuat kita kuat dan kaku dalam menghadapi setiap badai kesulitan. Roh Kudus ada di sini untuk menolong kita dan membuat kita menjadi lebih kuat sehingga dalam masalah berikutnya kita bisa menjadi lebih kaku.

  • 8. Roh Kudus memberikan arahan


Dia yang ada di dalam kita akan terus memberi kita arahan seperti seorang pemimpin. Arahan ini dapat berbagai macam. Ini akan disesuaikan dengan apa yang kita butuhkan saat ini. Di bawah pimpinan Roh Kudus kita dapat mengetahui apa yang harus kita lakukan yang sesuai dengan kehendak Allah.

  • 9. Roh Kudus sebagai teman


Jangan kita berpikir bahwa Tuhan tidak bisa berteman. Bahkan dengan semua kekuatannya, Roh Kudus tetap akan mendengarkan semua kesalahan dan kutukan kita. Itu mungkin tidak dijawab dengan segera, tetapi seiring berjalannya waktu nada peristiwa, pengajaran, mimpi atau apa pun yang membuat kita menyadari bahwa adalah jawaban dari Roh Kudus.

  • 10.Roh Kudus adalah Roh pelindung


Roh Kudus sebagai Roh yang melindungi dari buktinya adalah bahwa Roh Kudus selalu mengingatkan kita ketika kita hampir mengalami kemalangan atau hal yang buruk. Secara mendadak, misalnya, ketika kita berjalan, Roh Kudus mengingatkan kita untuk berbelok ke kanan. Kami tidak mengerti apa artinya. Setelah kita taat kita hanya akan mengerti bahwa kita sedang dihindari dari kecelakaan.

  • 11. Roh Kudus membantu menanggung buah pertobatan


Seperti yang tertulis dalam Galatia 5:22-23 bahwa "tetapi buah Roh adalah kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum terhadapnya.   "Roh Kudus yang ada di dalam kita akan menolong kita untuk menghasilkan buah Roh seperti yang tertulis di atas. Karena kita hidup harus menunjukkan buah pertobatan kepada semua orang sehingga mereka percaya bahwa Yesus ada di dalam kita.

  • 12. Roh Kudus memupuk iman yang memercayai


Roh Kudus akan senantiasa menolong kita untuk membangkitkan atau menumbuhkan iman dalam memercayai kita dalam Yesus atau Bapa. Melalui Roh Kudus kita memiliki kepercayaan kepada Allah sebagai Allah yang dapat melakukan segala sesuatu meskipun itu mustahil dan tidak masuk akal. (Baca juga: cara masuk Kekristenan)

  • 13. Roh Kudus memberi


Setelah kita menerima Roh Kudus, hidup kita seluruhnya ada di tangan Tuhan. Peranan Roh Kudus ini diberikan agar kita tidak bisa berpikir dengan pikiran manusia, tetapi juga pikiran Jahweh. Untuk setiap keputusan kita dapat tepat dan sesuai dengan apa yang Allah inginkan.

  • 14. Roh Kudus memberikan dorongan semangat


Roh Kudus mendesak kita untuk berbuat baik dalam diri kita sendiri. Ketika kita ragu untuk memberikan kebaikan kepada orang lain, Roh Kudus akan memberi kita dorongan untuk bersedia melakukannya. Hal yang baik yang terlintas dalam pikiran dan hati kita adalah bisikan Roh Kudus sehingga kita akan segera melakukannya.

  • 15. Satu Roh Kudus memberikan keberanian


Sering kali kita merasa bahwa kita tidak bisa melakukan banyak hal. Kita merasa takut bahwa apa yang kita lakukan adalah salah atau tidak sempurna. Peranan Roh Kudus ini akan muncul untuk memberikan setiap orang dari kita keberanian dalam melakukan segala sesuatu. 

  • 16. Roh Kudus membantu berdoa


Berdoa adalah hal yang sulit jika kita tidak bersandar pada Roh Kudus yang ada dalam hidup kita. Roh Kudus akan menolong kita dalam menyusun perkataan yang digunakan ketika berdoa. Kita hanya bertanya Kapan kita berdoa memohon Roh Kudus untuk bekerja dan untuk mengumpulkan kata doa. Tentunya tanpa kita mengetahui doa kita telah berada di mulut kita.

  • 17. Roh Kudus adalah Roh guru


Roh Kudus dicurahkan oleh Jahweh setelah Jahshua naik ke sorga. Umat Roh Kudus dicurahkan untuk diberikan kepada orang yang tidak menemui Yesus secara langsung suatu ajaran tentang pekerjaan yang telah Tuhan lakukan. Penghibur berarti bahwa Roh Kudus menyediakan kedamaian, ketenangan, kesejukan sewaktu kita mengalami penderitaan dalam kehidupan kita.

  • 18. Roh Kudus membantu membangunkan manusia dari dosa


Peranan Roh Kudus ini akan menolong kita bangkit dari dosa yang telah kita perbuat. Karena ketika kita telah jatuh ke dalam dosa, untuk dapat bangkit dan meninggalkan dosa adalah sulit bagi manusia untuk melakukan. Mintalah Roh Kudus untuk menolong Anda menanggung dosa.  

  • 19. Roh Kudus memberikan pengharapan


 "Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi Anda dengan segala sukacita dan kedamaian dalam iman Anda, bahwa melalui kuasa Roh Kudus Anda berlimpah-limpah dalam pengharapan.   "(Roma 15:13) Roh Kudus memiliki peranan sebagai sumber pengharapan bagi umat manusia. Ketika ada masalah atau kita putus asa, Roh Kudus akan memberi kita harapan. Kita tidak salah untuk berharap di dalam dia.

  • 20. Roh Kudus memberikan sukacita


 "Bersukacita selalu di dalam Tuhan! Sekali lagi saya katakan: bersukacita!    "(Filipi 4:4). Tuhan memerintahkan kita untuk bersukacita. Karena sukacita hadir dari dalam hati kita dan itu sebenarnya diberikan Roh Kudus. 

  • 21. Roh Kudus menyebarkan cinta di dalam hati


 "Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah diberikan kepada kita. " (Roma 5:5). Seseorang yang sudah dipenuhi Roh Kudus akan meninggalkan segala bentuk kebencian dan mengaplikasikan kasih yang telah diberikan oleh Roh Kudus. Peranan Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya sehingga kasih yang ada di dalam hati kita akan bersinar melalui sikap kita kepada orang lain.

  • 22. Roh Kudus memberikan fakta ilahi dari Jahweh


 "Siapakah yang ada di antara orang yang mengetahui, apa yang ada pada manusia selain dari roh manusia yang ada di dalam dia? Jadi tidak ada seorangpun yang tahu apa yang ada di dalam Allah kecuali Roh Allah.  "(1 Korintus 2:11) Roh Kudus mengetahui dan mengetahui semua misteri Allah. Dengan persahabatan kita dengan Roh Kudus maka satu demi satu fakta ilahi akan dibagikan kepada kita.

  • 23. Roh Kudus membawa manusia kepada Bapa


Roh Kudus yang ada di dalam manusia adalah sebagai perantara atau jembatan kepada Bapa. Melalui doa yang kita sampaikan kepada bimbingan Roh Kudus membuat kita tumbuh lebih dekat kepada Bapa kita di surga. Tanpa Roh Kudus tidak ada yang menjadi perantara kita dengan Bapa. 

  • 24. Roh Kudus menetapkan manusia memiliki pribadi seperti Yesus


Persyaratan bahwa peran ini dapat terjadi dalam hidup kita adalah setelah menerima Roh Kudus maka kita harus melibatkan Roh Kudus dalam setiap aspek kehidupan kita. Kemudian Roh Kudus akan mengarahkan kita seperti orang Yesus.

  • 25. Roh Kudus memberikan hikmat dan Wahyu


Roh Kudus kelak akan hadir dan memberikan beberapa kebijaksanaan dari setiap kejadian yang terjadi dalam kehidupan kita. Selain itu, Roh Kudus juga memberi kita tentang pewahyuan dari segala sesuatu agar kita bisa mengerti dan dapat mendistribusikan kepada orang lain.

  • 26.Roh Kudus memberikan kemerdekaan


 "Karena Allah adalah Roh; Dan di mana ada Roh Allah, ada kebebasan.  "(2 Korintus 3:17) makna kemerdekaan adalah kebebasan dari dosa. Roh Kudus akan membebaskan kita dan membebaskan kita dari ikatan dosa. (Baca juga: Sejarah Alkitab)

  • 27. Roh Kudus menguatkan roh manusia


 "Saya berdoa agar dia dapat, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan Anda melalui Roh-Nya dalam tubuh batin Anda, " (Efesus 3:16) Roh Kudus ada di dalam diri kita untuk menguatkan jiwa kita ketika terguncang. Jadi kita cepat bangkit dan tidak berlarut-larut dalam kesedihan.

Apa sekering tentang peranan Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya? Semua peranan Roh Kudus akan terjadi dalam hidup kita ketika kita mau untuk Roh Kudus mengambil alih kehidupan kita sepenuhnya. Kemudian Roh Kudus akan bekerja secara maksimal dalam hidup kita. Cobalah dan rasakan dampaknya!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar