Skip to main content

Pengertian Perdagangan Internasional: Manfaat, Jenis dan Faktor Pendorongnya

Apa arti dari perdagangan internasional (perdagangan internasional) dan apa manfaatnya bagi perekonomian di suatu negara? Bagi mereka yang belajar ekonomi, mereka tentu sudah cukup akrab dengan topik ini karena cukup sering dibahas.

Hubungan ekonomi antar negara meliputi tiga bentuk hubungan, termasuk:


  • Pertukaran hasil atau keluaran dari satu negara dengan negara lain, atau seperti yang kita kenal dengan perdagangan internasional
  • Hubungan dalam bentuk piutang antar negara
  • Pertukaran atau aliran produksi atau alat produksi

Pengertian Perdagangan Internasional: Manfaat, Jenis dan Faktor Pendorongnya

Daftar Isi
Pengertian Perdagangan Internasional
Perdagangan Internasional Secara Umum
Manfaat Perdagangan Internasional

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional
1. Adanya Pasar Bebas
2. Adanya Perbedaan Kondisi Geografis
3. Peningkatan Perkembangan Teknologi dan Informasi
4. Adanya Perbedaan Teknologi
5. Menghemat Biaya

Jenis Perdagangan Internasional
1. Ekspor dan Impor
2. Barter
3. Konsinyasi
4. Package Deal
5. Border Brossing

Salah satu tujuan perdagangan internasional adalah untuk meningkatkan PDB (Produk Domestik Bruto) atau nilai total produksi barang dan jasa di suatu negara selama satu tahun. Dampak perdagangan internasional dapat dirasakan dalam hal kepentingan sosial, politik dan ekonomi untuk membantu mendorong kemajuan industrialisasi, transportasi, globalisasi dan kehadiran perusahaan multinasional.

Pengertian Perdagangan Internasional

Perdagangan Internasional adalah suatu interaksi antar negara dalam bentuk jual-beli barang maupun jasa atas dasar kesepakatan bersama. Kerjasama internasional di bidang perdagangan bukanlah hal yang baru saja dimulai, namun sudah ada sejak abad pertengahan.

Perdagangan Internasional Secara Umum


Perdagangan dapat diartikan sebagai proses pertukaran yang terjadi atas dasar kesepakatan bersama para pihak yang terlibat di dalamnya. Negara-negara di dunia belum dapat menghasilkan semua barang dan kebutuhan mereka sendiri, mereka harus menerima bantuan dari negara lain.

Proses ini kemudian menjadi kegiatan perdagangan antar negara, atau kegiatan ekspor-impor. Perdagangan antar negara disebut perdagangan internasional.

Dari penjelasan ini dapat disimpulkan bahwa pengertian perdagangan internasional adalah kegiatan jual beli yang dilakukan oleh satu negara dengan negara lain, di mana hal ini terjadi sebagai akibat dari keterbatasan sumber daya negara. Perdagangan antar negara memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan suatu negara yang tidak dapat diproduksi di negara itu, baik karena keterbatasan sumber daya alam, sumber daya manusia, modal, atau keterampilan.

Kedua pihak dapat antara individu (individu dan individu), antara individu dan pemerintah suatu negara, atau antara pemerintah masing-masing negara.

Dengan demikian perdagangan antar negara memungkinkan:


  • Membeli dan menjual atau menukar barang dan atau jasa antar negara
  • Kerjasama ekonomi antar negara di seluruh dunia
  • Pengaruhnya terhadap perkembangan ekspor dan impor serta Neraca Pembayaran / Neraca Pembayaran suatu negara
  • Pertukaran dan perluasan penggunaan teknologi sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi negara-negara yang terlibat di dalamnya
  • Pergerakan sumber daya melewati batas negara, baik sumber daya manusia, sumber daya alam, dan sumber daya modal


Manfaat Perdagangan Internasional

Setelah memahami arti perdagangan internasional, tentu saja kita juga perlu tahu apa manfaatnya. Adanya kerjasama internasional di bidang perdagangan dapat memberikan beberapa manfaat dan manfaat yang dapat diperoleh dari masing-masing negara yang melakukan kerjasama di bidang perdagangan.

Manfaat-manfaat ini termasuk:


  1. Dapat memperoleh barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi sendiri karena perbedaan sumber daya alam, kemampuan sumber daya manusia, teknologi dan lainnya.
  2. Dapat memperluas pasar dengan tujuan meningkatkan manfaat spesialisasi
  3. Memungkinkan transfer teknologi modern untuk memahami teknik produksi yang lebih efisien dan modern dalam hal manajemen.
  4. Dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi suatu negara
  5. Tambahkan devisa dari ekspor
  6. Perdagangan internasional dapat membuka pekerjaan di suatu negara
  7. Jalin persahabatan dengan negara lain
  8. Meningkatkan distribusi sumber daya alam suatu negara


Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Kerja sama internasional di bidang perdagangan terjadi karena beberapa faktor pendorong yang mengharuskan suatu negara untuk bekerja sama di sektor perdagangan. Karena setiap negara tidak dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan negaranya sendiri tanpa sumber daya dari negara lain, ia dapat berasal dari sumber daya alam, sumber daya manusia, modal, dan dalam hal teknologi.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mendorong munculnya perdagangan internasional:

1. Adanya pasar bebas
Kebebasan ekonomi atau liberalisme sudah mulai ditanamkan dalam perdagangan internasional. Siapa pun memiliki hak untuk meningkatkan dan memperluas pasarnya untuk menjual produk di berbagai negara.

Dibutuhkan pasar bebas untuk meningkatkan kerja sama antar negara yang memiliki peluang untuk meningkatkan pendapatan negara. Kebebasan ekonomi adalah pemicu bagi individu dan kelompok untuk bersaing dalam meningkatkan pasar dan meningkatkan produksi.

2. Ada perbedaan dalam kondisi geografis
Setiap negara memiliki situasi geografis yang berbeda dengan negara lain yang menyebabkan perbedaan sumber daya yang dihasilkan.

Sebagai contoh, rempah-rempah hanya ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia, sehingga Indonesia menjadi pemasok rempah-rempah terbesar di beberapa negara barat. Setiap negara tidak dapat memenuhi semua sumber daya yang dibutuhkan sehingga perlu dipertukarkan dengan negara lain.

3. Meningkatkan Pengembangan Teknologi dan Informasi
Saat ini, interaksi dengan negara lain tidak harus bertatap muka, karena semua komunikasi sekarang dapat dilakukan dengan teknologi informasi berbasis internet.

Perkembangan digitalisasi dan peralatan komunikasi telah memicu setiap negara untuk meningkatkan produksinya untuk dipasarkan oleh negara lain dengan asumsi bahwa negara tersebut tidak dapat menyediakan barang atau jasa ini.

4. Perbedaan Teknologi
Tidak hanya perbedaan dalam sumber daya alam, tetapi perbedaan dalam sumber daya manusia juga dapat menyebabkan perbedaan kemampuan dalam hal teknologi. Perbedaan teknologi ini menyebabkan suatu negara yang hanya dapat memproduksi barang mentah harus mengekspor ke negara lain untuk diproses dan diimpor kembali ke negara mereka dengan harga yang lebih mahal.

Begitu juga sebaliknya, jika suatu negara hanya maju dalam teknologi saja tanpa pasokan sumber daya alam, maka ia membutuhkan bantuan dari negara lain. Ini adalah peran dari bentuk perdagangan internasional yang saling menguntungkan

5. Hemat Biaya
Perdagangan internasional dianggap mampu menghasilkan pasar yang lebih luas dan lebih banyak pendapatan daripada jika hanya diproduksi di dalam negeri. Sehingga produksi skala besar tentu dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk produksi (biaya tetap).

Jenis Perdagangan Internasional

Ada beberapa jenis perdagangan internasional yang dilakukan antara negara dan kelompok negara. Mengacu pada definisi perdagangan internasional di atas, adapun beberapa jenis adalah sebagai berikut:

1. Ekspor dan Impor
Bentuk perdagangan internasional yang paling umum. Ada dua cara untuk melakukan ekspor, yaitu ekspor reguler (melalui ketentuan yang berlaku) dan ekspor tanpa L / C (barang dapat dikirim melalui izin dari departemen perdagangan).

2. Barter
Saat ini, barter atau pertukaran barang dengan barang masih sering dilakukan dalam perdagangan internasional. Jenis termasuk barter langsung, barter beralih, pembelian konter, dan barter bay back.

3. Konsinyasi
Konsinyasi adalah penjualan dengan mengirimkan barang ke luar negeri di mana tidak ada pembeli khusus di luar negeri. Penjualan dapat dilakukan melalui pasar bebas atau pasar perdagangan melalui lelang

4. Kesepakatan Paket
Perdagangan dilakukan melalui perjanjian perdagangan (trade agreement) dengan negara lain.

5. Border Brossing
Perdagangan timbul dari dua negara yang berdekatan untuk memudahkan penghuni melakukan transaksi satu sama lain.

Perdagangan internasional menjadi agenda penting suatu negara tidak hanya untuk keuntungan komersial, tetapi juga dalam hal kerja sama antar negara.

Kesimpulan

Di atas adalah penjelasan tentang arti perdagangan internasional, manfaat, jenis, dan faktor pendorong. Semoga artikel ini akan memperluas wawasan kita tentang manfaat kerjasama internasional dan hal-hal yang berkaitan dengan topik tersebut.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar