--> Skip to main content

Kewirausahaan: Pengertian, Definisi, Ciri-Ciri, dan Tujuan Berwirausaha

Ada juga deskripsi definisi kewirausahaan yaitu sikap mental seseorang yang memiliki kreativitas, aktif, menciptakan kekuatan untuk membuat sesuatu yang unik dan baru dan dapat bermanfaat bagi banyak orang. Kewirausahaan memiliki proses yang dinamis untuk menciptakan sesuatu yang disertai dengan masa tenggang, modal, sumber daya dan juga risiko.

Dalam bahasa di Wikipedia, arti kewirausahaan adalah proses untuk mengembangkan, mengidentifikasi, dan mewujudkan visi dan misi dalam kehidupan. Kata "wirausaha" berasal dari kata wirausaha dan bisnis. Menurut Kamus Bahasa Indonesia, Wira berarti; seorang pejuang, berani dan anggun dalam karakter, berbudi luhur. Sedangkan kata Usaha berarti; bekerja, beramal, lakukan sesuatu.

Daftar Isi
Pengertian Kewirausahaan Adalah
Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli
1. Drs. Joko Untoro
2. Eddy Soeryanto Soegoto
3. Ahmad Sanusi
4. Soeharto Prawiro
5. Peter Drucker
6. Zimmerer
7. Siswanto Sudomo

Pengertian, Definisi, Ciri-Ciri, dan Tujuan Berwirausaha

Ciri-Ciri Orang yang Punya Jiwa Kewirausahaan
1. Mempunyai Keberanian dan Daya Kreasi yang Tinggi
2. Mempunyai Semangat Tinggi dan Kemauan Keras
3. Mempunyai Daya Analisis yang Baik
4. Berjiwa Pemimpin dan Tidak Berperilaku Konsumtif
5. Membuat Keputusan dan Melaksanakannya
6. Memiliki Pengabdian yang Besar Terhadap Bisnisnya
Tujuan Seseorang Berwirausaha

Pengertian Kewirausahaan 

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan kewirausahaan? Secara umum, pengertian kewirausahaan adalah suatu proses dalam melakukan atau menciptakan sesuatu yang baru dengan cara kreatif dan penuh inovasi yang memberikan manfaat bagi orang lain dan bernilai tambah.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa arti kewirausahaan, kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut:

1. Drs. Joko Untoro
Menurut Drs. Joko Untoro, makna kewirausahaan adalah keberanian untuk melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan seseorang, berdasarkan kemampuan memanfaatkan semua potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

2. Eddy Soeryanto Soegoto
Menurut Eddy Soeryanto Soegoto, pengertian kewirausahaan adalah upaya kreatif berbasis inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberikan manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya bermanfaat bagi orang lain.

3. Ahmad Sanusi
Menurut Ahmad Sanusi, definisi kewirausahaan adalah nilai yang dimanifestasikan dalam perilaku yang dibuat menjadi sumber daya, kekuatan pendorong, tujuan, taktik, kiat, proses, dan hasil bisnis.

4. Suharto Prawiro
Menurut Suharto Prawiro, gagasan kewirausahaan adalah nilai yang diperlukan untuk memulai bisnis dan mengembangkan bisnis.

5. Peter Drucker
Menurut Peter Drucker, pengertian kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang lain.

6. Zimmerer
Menurut Zimmerer, gagasan kewirausahaan adalah proses menerapkan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan masalah dan menemukan peluang untuk meningkatkan kehidupan bisnis

7. Siswanto Sudomo
Menurut Siswanto Sudomo, pengertian kewirausahaan adalah segalanya yang penting tentang seorang wirausahawan, yaitu mereka yang pekerja keras dan mau berkorban, memusatkan semua kekuatan dan berani mengambil risiko untuk mewujudkan ide-ide mereka.

Ciri-Ciri Orang yang Punya Jiwa Kewirausahaan

Seseorang yang ingin memulai bisnis tentu harus memiliki semangat kewirausahaan. Tanpa semangat kewirausahaan, bisa jadi bisnis yang sedang dirintis berhenti di tengah jalan karena alasan sederhana, seperti ketidakmampuan untuk mengatasi kepercayaan untuk menjalankan bisnis.

Bagaimana seorang pengusaha dikatakan memiliki jiwa wirausaha? Mengacu pada pengertian kewirausahaan, adapun beberapa karakteristik kewirausahaan adalah sebagai berikut:

1. Milikilah Keberanian dan Kreatif Tinggi
Pengusaha yang sukses adalah seseorang yang memiliki keberanian tinggi untuk menjadi kreatif. Karena memiliki kreativitas saja tidak cukup untuk mencapai kesuksesan bisnis.

Orang yang memiliki keberanian untuk memulai tidak akan takut dengan risiko kegagalan yang dapat terjadi kapan saja. Tetapi itu tidak berarti Anda harus berani tanpa pertimbangan dan perencanaan yang tepat.

Semangat wirausaha tercipta karena munculnya rasa percaya diri untuk mewujudkan impian dan keinginan untuk hidup lebih baik dan lebih besar.

2. Memiliki antusiasme dan kemauan yang tinggi
Bukan hanya kekuatan kreativitas, seorang wirausahawan yang ingin membangun bisnis harus memiliki antusiasme dan kemauan yang tinggi. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan kepercayaan bahwa apa yang akan dilakukan akan mengarah pada kesuksesan.

Adanya keinginan yang kuat membuat seseorang bertekad untuk mewujudkan apa yang diinginkannya.

3. Memiliki Kekuatan Analisis Yang Baik
Seorang wirausahawan harus memiliki kekuatan analisis tentang apa yang dia lakukan. Misalnya, dengan memperhitungkan untung rugi, persaingan, nilai jual barang atau jasa dan kemampuan analisis pasar lainnya.

Ini penting untuk dimiliki dalam seorang wirausahawan yang ada dalam bisnis, karena itu bertujuan untuk meminimalkan kerugian.

4. Kepemimpinan dan tidak berperilaku konsumtif
Pengusaha harus memiliki semangat kepemimpinan, baik untuk dirinya sendiri maupun bawahannya. Dalam arti mampu memimpin atau mengendalikan diri dan anggota mereka dalam pengambilan keputusan.

Seorang pemimpin tidak boleh memiliki perilaku konsumtif, karena pengeluaran harus lebih kecil dari pendapatan. Dengan jiwa seperti ini, bisnis yang Anda bangun akan semakin berkembang dengan terus memanfaatkan keuntungan sebagai modal untuk bisnis yang lebih besar.

5. Membuat Keputusan dan Menerapkannya
Pengusaha yang hebat adalah orang yang mampu membuat keputusan dengan cepat dan tepat untuk menghasilkan sesuatu. Seorang pengusaha yang memiliki jiwa wirausaha adalah orang yang memiliki perhitungan dalam setiap keputusannya dalam melaksanakan keputusan sesuai dengan apa yang disepakati dengan timnya. Menerapkan keputusan dengan cepat meminimalkan peluang yang hilang.

6. Memiliki Pengabdian yang Luar Biasa pada Bisnis
Semangat kewirausahaan dimiliki oleh seseorang yang dapat mengabdikan dirinya untuk pekerjaannya. Pengusaha yang memulai usahanya harus mengesampingkan kepentingan yang dapat ditunda demi pekerjaannya.

Walaupun banyak orang mengatakan bahwa bisnis tidak memiliki waktu yang mengikat, tetapi harap dicatat bahwa untuk mengejar bisnis sebenarnya membutuhkan lebih banyak waktu untuk belajar, memahami dan menjalankan bisnis dengan baik.

Tidak hanya untuk dirinya sendiri, pebisnis harus menerapkan semangat kewirausahaan mereka kepada pelanggan dan calon pelanggan. Menjadi wirausaha yang dapat dikatakan andal dan profesional jika ia melakukan hal-hal berikut:


  • Sangat akrab dan percaya diri dalam produk
  • Mampu menerima kritik dan saran yang baik dengan tidak berdebat dengan pelanggan dan calon pelanggan
  • Memiliki keterampilan komunikasi yang baik dengan anggota dan pelanggan
  • Bersikap sopan, jujur, dan berani mengambil keputusan
  • Bertanggung jawab jika terjadi sesuatu pada produk atau layanan dalam bisnis yang merugikan pelanggan.


Tujuan Seseorang Berwirausaha

Seorang wirausahawan harus memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai. Selain melakukannya untuk diri sendiri, seorang wirausahawan juga melakukan kegiatan wirausaha untuk kepentingan orang lain.

Berikut ini adalah beberapa tujuan pengusaha:


  1. Membuka pekerjaan baru untuk orang lain dan membantu mereka menjadi pengusaha mandiri.
  2. Menciptakan jaringan bisnis baru yang dapat menyerap banyak tenaga kerja di sekitarnya.
  3. Meningkatkan kesejahteraan hidupnya dan juga komunitas di sekitar bisnis yang dijalankan dengan membuka lapangan kerja.
  4. Mentransmisikan dan mengembangkan semangat kewirausahaan kepada orang lain.
  5. Membantu wirausahawan muda untuk menciptakan dan berinovasi.
  6. Membangun bisnis besar dimulai dari bisnis kecil. Bisnis tidak selalu harus dengan modal material yang besar tetapi juga disertai dengan modal moral yang tinggi.


Demikian penjelasan singkat tentang pengertian kewirausahaan, karakteristik, dan tujuan kewirausahaan di dunia bisnis bagi pemula. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin membangun bisnis.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar