--> Skip to main content

Pengertian Komunikasi: Fungsi, Tujuan, Syarat, Macam-Macam Komunikasi

Apa itu komunikasi? Pengertian Komunikasi adalah kegiatan penyampaian informasi, baik itu pesan, gagasan, dan gagasan, dari satu pihak ke pihak lain. Biasanya kegiatan komunikasi ini dilakukan secara verbal atau verbal sehingga memudahkan kedua belah pihak untuk saling memahami.

Secara harfiah, definisi komunikasi adalah interaksi antara dua orang atau lebih untuk menyampaikan pesan atau informasi. Komunikasi secara umum bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada orang lain.

Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang dapat dipahami dan diterima oleh orang lain. Selain sarana verbal, komunikasi juga dapat dilakukan dengan bahasa tubuh atau menggunakan gerakan untuk tujuan tertentu.


Daftar isi
Pengertian Komunikasi Secara Umum
Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli
1. Everett M. Rogers
2. James A. F. Stoner
3. Prof. Drs. H. A. W. Widjaya
4. Anderson
5. Lexicographer
6. Aristoteles
7. Hoben
8. Redi Panuju
9. Murphy & Mendelson
10. Rogers dan D. Lawrence Kincaid
11. Shannon dan Weaver
12. Raymond S. Ross
13. William Albig
14. William I. Gordon
15. Djenamar SH
16. William F. Glueck

Fungsi Komunikasi Secara Umum
1. Sebagai Alat Kendali
2. Sebagai Alat Motivasi
3. Sebagai Ungkapan Emosional
4. Sebagai Alat Komunikasi

Tujuan Komunikasi Pada Umumnya
1. Agar Komunikator Dimengerti Komunikan
2. Agar Mengenal Orang Lain
3. Agar Pendapat Diterima Orang Lain
4. Menggerakkan Orang Lain

Syarat-Syarat Komunikasi
1. Sumber (Source)
2. Komunikator
3. Komunikan
4. Pesan
5. Saluran (Kanal)
6. Hasil (Effect)

Macam-Macam Komunikasi
1. Komunikasi Berdasarkan Cara Penyampaiannya
3. Komunikasi Berdasarkan Maksud
4. Komunikasi Berdasarkan Ruang Lingkup
5. Komunikasi Berdasarkan Aliran Informasi

Dalam suatu organisasi atau bisnis, komunikasi memiliki peran yang sangat penting karena merupakan bentuk koordinasi antara anggota atau tim untuk menyampaikan gagasan dan gagasan. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang memahami komunikasi dan perannya dalam bisnis.
Pengertian Komunikasi


Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa artinya komunikasi, maka kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli. Pemahaman komunikasi berikut ini telah dijelaskan oleh beberapa ahli:

1. Everett M. Rogers
Menurut Everett M. Rogers, gagasan komunikasi adalah proses mentransfer ide dari satu sumber ke satu atau lebih penerima dengan tujuan mengubah perilaku.

2. James A. F. Stoner
Menurut James A. F. Stoner, pengertian komunikasi adalah proses bagi seseorang yang mencoba memberikan pemahaman dan informasi dengan menyampaikan pesan kepada orang lain.

3. Prof. Drs. H. A. W. Widjaya
Menurut Prof. Drs. H. A. W. Widjaya, artinya Komunikasi adalah hubungan kontak antara dan antara individu dan kelompok.

4. Anderson
Menurut Anderson, gagasan Komunikasi adalah serangkaian langkah untuk penyerahan niat yang terjadi secara dinamis dan terus berubah sesuai dengan kondisi yang berlaku.

5. Lexicographer
Menurut Lexicographer, definisi komunikasi adalah upaya yang bertujuan untuk memberi dan mencapai kebersamaan. Sasaran yang ingin dicapai kedua pihak akan tercapai jika mereka berkomunikasi dan memiliki pemahaman yang harmonis tentang informasi yang ditransfer.

6. Aristoteles
Menurut Aristoteles, definisi komunikasi adalah bisnis yang berfungsi sebagai alat bagi warga negara untuk berpartisipasi dalam demokrasi.

7. Hoben
Menurut Hoben, definisi komunikasi adalah proses mentransfer pemikiran dan gagasan serta gagasan yang diungkapkan secara lisan.

8. Redi Panuju
Menurut Redi Panuju, gagasan Komunikasi adalah aliran sistem yang melekat dan kinerja di antara bagian-bagian organisasi yang mengeluarkan harmoni.

9. Murphy & Mendelson
Menurut Murphy & Mendelson, gagasan komunikasi adalah upaya yang dilakukan untuk memelihara dan membangun hubungan interpersonal.

10. Rogers dan D. Lawrence Kincaid
Menurut Rogers & D. Lawrence Kincaid, definisi komunikasi adalah tahap di mana dua orang atau lebih saling bertukar informasi, yang pada intinya akan muncul saling pengertian yang mendalam.

11. Shannon dan Weaver
Menurut Shannon dan Weaver, pengertian Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang keduanya memiliki ikatan dan pengaruh satu sama lain, baik secara sengaja atau tidak sengaja.

Komunikasi tidak hanya dalam bentuk verbal, tetapi meliputi ekspresi wajah, teknologi, dan lukisan seni.

12. Raymond S. Ross
Menurut Raymond S. Ross, gagasan Komunikasi adalah proses menyaring, memilah, dan memberikan berbagai simbol dalam bentuk yang dapat memudahkan pendengar untuk menghasilkan makna dan tanggapan dari pikiran yang sama seperti yang diinginkan komunikator.

13. William Albig
Menurut William Albig, pengertian komunikasi adalah serangkaian tahapan transfer kata yang memiliki makna yang dilakukan antar individu atau lebih.

14. William I. Gordon
Menurut William I. Gordon, gagasan komunikasi adalah pertukaran dinamis yang mencakup perasaan dan gagasan.

15. Djenamar SH
Menurut Djenamar SH, gagasan komunikasi adalah seni menyampaikan ide, informasi, yang dilakukan seseorang kepada orang lain.

16. William F. Glueck
Menurut William F. Glueck, definisi komunikasi dapat dibagi menjadi dua bentuk, termasuk:

  • Komunikasi interpersonal

Komunikasi interpersonal adalah proses pertukaran informasi dan mentransfer pemahaman antara dua atau lebih individu dalam sekelompok kecil orang.

  • Komunikasi dalam Organisasi

Komunikasi dalam Organisasi (Organisasi Komunikasi) adalah proses dimana pembicara memberikan informasi secara sistematis dan mentransfer pemahaman kepada orang-orang dalam organisasi dan juga kepada orang-orang dan lembaga di luar organisasi tetapi masih terkait dengan organisasi.

Fungsi Komunikasi Secara Umum

Sebenarnya ada banyak fungsi komunikasi yang bisa dirasakan oleh manusia, baik secara individu maupun organisasi. Berikut ini adalah beberapa fungsi komunikasi umum:

1. Sebagai Alat Kontrol
Fungsi komunikasi pertama adalah sebagai alat kontrol atau kontrol. Dalam hal ini sarana kontrol berarti bahwa dengan komunikasi perilaku individu dapat dikendalikan oleh penyampaian aturan yang harus dipatuhi.

2. Sebagai Alat Motivasi
Komunikasi yang baik dan persuasif dapat meningkatkan motivasi seseorang dalam melakukan sesuatu. Menyampaikan informasi yang dapat dicapai dalam hidup akan membangun motivasi seseorang.

3. Sebagai Ekspresi Emosional
Berbagai perasaan yang ada dalam diri seseorang dapat diungkapkan kepada orang lain dengan berkomunikasi. Emosi ini bisa berupa perasaan senang, marah, kecewa, bahagia, dan lain-lain.

4. Sebagai Alat Komunikasi
Dengan berkomunikasi, kami dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh orang atau kelompok lain sehingga dengan informasi itu, proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan baik.

Tujuan Komunikasi Pada Umumnya

Semua kegiatan komunikasi dilakukan dengan tujuan tertentu. Tujuan komunikasi umum meliputi:

1. Untuk Mengkomunikasikan Komunikator yang Dipahami
Tujuan komunikasi pertama adalah untuk memastikan informasi atau pesan dari komunikator dapat dipahami oleh orang lain (komunikan). Karena itu komunikator harus menyampaikan pesan utama sejelas mungkin kepada komunikan.

2. Untuk mengenal orang lain
Dengan interaksi dan komunikasi, setiap orang dapat saling mengenali dan memahami. Kemampuan untuk mendengar / membaca / menafsirkan pesan orang lain dengan baik adalah penting dalam kegiatan komunikasi.

3. Sehingga Pendapat Itu Diterima oleh Orang Lain
Komunikasi persuasif sering dilakukan untuk menyampaikan ide seseorang kepada orang lain. Tujuannya agar gagasan dan gagasan itu diterima.

4. Pindahkan Orang Lain
Komunikasi dengan cara persuasif dapat membangun persepsi yang sama dengan orang lain. Lebih jauh, persepsi umum ini digunakan untuk menggerakkan orang lain sesuai dengan keinginan kita.

Syarat-Syarat Komunikasi

Walaupun sepertinya mudah dimengerti, tetapi komunikasi memiliki kondisi tertentu yang harus dipenuhi untuk membentuk suatu komunikasi. Persyaratan komunikasi adalah:

1. Sumber
Sumber adalah dasar untuk penyampaian informasi / pesan yang tujuannya adalah untuk memperkuat isi pesan. Beberapa sumber komunikasi seperti buku, institusi, orang yang dianggap ahli, Google, dan sebagainya.

2. Komunikator
Komunikator adalah aktor yang menyampaikan pesan kepada pihak lain. Pelaku informasi ini dapat berupa individu (penulis, pembicara, blogger, dll.), Dapat dalam bentuk kelompok, atau organisasi komunikasi (radio, TV, surat kabar, majalah, dll.).

3. Berkomunikasi
Komunikator adalah pihak yang menerima pesan atau informasi dari komunikator. Penerima informasi ini dapat berupa individu atau organisasi.

4. Pesan
Pesan adalah semua informasi yang disampaikan oleh komunikator. Sebuah pesan memiliki tema utama sebagai sutradara dalam upaya mengubah sikap dan perilaku orang lain. Komunikasi yang baik adalah yang memiliki pesan untuk diterima oleh pihak lain yang berkepentingan.

5. Channels (Channels)
Saluran atau saluran adalah media yang digunakan oleh komunikator untuk menyampaikan pesan mereka kepada pihak lain. Saluran ini bisa formal atau informal.

6. Hasil (Efek)
Efek adalah hasil akhir dari komunikasi di mana bentuknya adalah perubahan perilaku dan sikap komunikan. Perubahan ini bisa seperti yang diharapkan atau tidak sesuai dengan harapan komunikator.

Macam-Macam Komunikasi

Ada beberapa jenis komunikasi yang bisa kita temukan setiap hari. Berikut ini adalah jenis komunikasi:

1. Komunikasi Berdasarkan Bagaimana Disampaikan
Komunikasi lisan
Pengertian komunikasi lisan adalah komunikasi yang ada secara langsung tanpa jarak yang berarti. Contoh komunikasi lisan misalnya; pertemuan dengan klien, wawancara kerja, atau dua orang yang sedang berbicara.

Komunikasi verbal juga dapat terjadi dari jarak jauh. Misalnya percakapan melalui teleconference, berbicara melalui telepon, dan panggilan video.

Komunikasi tertulis
Saat ini komunikasi tertulis biasanya dilakukan melalui aplikasi atau media teknologi. Sebagai contoh; mengirim pesan melalui email, mengobrol melalui aplikasi WhatssApp / BBM / Facebook Messenger.

3. Komunikasi Berdasarkan Niat
Komunikasi juga dapat dibedakan berdasarkan niat komunikator. Kesediaan komunikator adalah faktor utama dalam proses penyampaian pesan.

Beberapa jenis komunikasi berdasarkan niat termasuk:

Pidato
Memberikan saran atau kritik
Berikan perintah
Memberikan kuliah
Wawancara
4. Komunikasi Berdasarkan Lingkup
Selain itu, komunikasi juga dapat dibedakan berdasarkan ruang lingkupnya, termasuk:


  • Komunikasi internal

Ini adalah jenis interaksi yang berada dalam lingkup lingkup organisasi di mana interaksi hanya terjadi di antara individu-individu dalam organisasi.

Komunikasi internal ini dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu:


  • Komunikasi vertikal; perintah dari atasan, teguran, arahan, dan lainnya.


Komunikasi horisontal; diskusi atau pertukaran ide antara anggota organisasi dalam posisi yang sama.


  • Komunikasi eksternal

Ini adalah jenis komunikasi yang dilakukan organisasi kepada publik, misalnya konferensi pers, pameran dan publikasi, program TV dan Radio, layanan sosial.

5. Komunikasi Berdasarkan Aliran Informasi
Dalam komunikasi ada beberapa arah dalam pengiriman, termasuk:


  • Komunikasi satu arah; yaitu komunikasi yang berasal dari satu pihak, seperti guru dan siswa.
  • Komunikasi dua arah; itu adalah komunikasi dua arah di mana dua individu saling memberikan pesan dan umpan balik.
  • Komunikasi ke atas; yaitu komunikasi dari bawah ke atas, misalnya informasi yang disampaikan kepada bawahan kepada atasan.
  • Komunikasi menyamping; yaitu, komunikasi dibuat karena posisi bersama, atau komunikasi antara dua individu yang posisinya sama.


Demikianlah ulasan tentang pemahaman komunikasi, tujuan, fungsi, jenis, komponen komunikasi, dan peran pentingnya dalam dunia bisnis. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar