Skip to main content

Pengertian Katekisasi Dan Ayat Alkitab Tentang Katekisasi

Baptisan adalah sakramen penting yang harus dilalui setiap orang Kristen. Seseorang yang telah dibaptiskan berarti dosanya telah dibersihkan dan dia sudah dilahirkan kembali. Mereka juga siap untuk mengetahui bagaimana mengkhotbahkan Injil yang didukung oleh ayat Alkitab mengenai mengkhotbahkan Injil. Tetapi seseorang tidak dapat hanya dibaptis. Dia perlu menjalani proses yang disebut katekisasi. Proses katekisasi secara luas disinggung dalam Alkitab, seperti halnya teks alkitabiah multikulturalisme, ayat Alkitab kepura-puraan, ayat Alkitab tentang bersumpah, dll. Lalu apa itu katekisasi dan apa saja ayat Alkitab tentang katekisasi? Berikut adalah penjelasan.

Pengertian Katekisasi

Waktu sebelum seorang Kristen menerima baptisan yang disebut katekisasi. Pada saat ini, orang itu akan memiliki bimbingan mendasar tentang Kekristenan oleh para pemimpin agama, bisa menjadi imam atau pendeta. Dalam Great English Dictionary, katechisation berarti  "memberikan pelajaran dalam ilmu pengetahuan Kristen". Sedangkan kata katekisasi sendiri berasal dari bahasa Yunani Κατεχειν (Catechhein) yang berarti berkhotbah, menginformasikan, mengajar dan memberikan instruksi. Pengajaran dalam Katektivitas tidak berfokus pada kecerdasan, melainkan untuk makna praktis, seperti mengajar atau membimbing seseorang, bahwa ia akan melakukan apa yang diajarkan. Katekisasi biasanya memiliki kurikulum di gereja GPIB melalui dekrit Dewan Synod XIV 1986. Ada sekitar 48 pertemuan dalam enam mata pelajaran. Lamanya seseorang melalui proses katekisasi bergantung pada peraturan Jemaat.
Pengertian Katekisasi Dan Ayat Alkitab Tentang Katekisasi


Ayat Alkitab tentang Katekisasi

Alkitab sendiri juga menyinggung soal proses katekisasi ini, meski tidak secara eksplisit. Berikut adalah beberapa contohnya.

  1. Roma 2:17 : Tetapi, jika kamu menyebut dirimu orang Yahudi dan bersandar kepada hukum Taurat, bermegah pada Allah,
  2. Roma 2:18 : Dan tahu akan kehendak-Nya, dan oleh karena diajar dalam hukum Taurat, dapat tahu mana yang baik dan mana yang tidak.
  3. Lukas 1:4 : Supaya engkau dapat mengetahui bahwa segala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar.
  4. Galatia 6:6 : Dan baiklah dia, yang menerima pengajaran dalam Firman, membagi segala sesuatu yang ada padanya dengan orang yang memberikan pengajaran itu.
  5. Efesus 4:12 : Untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus.
  6. Kisah Para Rasul 18:25 : Ia telah menerima pengajaran dalam Jalan Tuhan. Dengan bersemangat ia berbicara dan dengan teliti ia mengajar tentang Yesus, tetapi ia hanya mengetahui baptisan Yohanes.
  7. Kisah Para Rasul 21:21 : Tetapi mereka mendengar tentang engkau, bahwa engkau mengajar semua orang Yahudi yang tinggal di antara bangsa-bangsa lain utnuk melepaskan hukum Musa, sebab engkau mengatakan, supaya mereka jangan menyunatkan anak-anaknya dan jangan hidup menurut adat istiadat kita.
  8. Kisah Para Rasul 21:24 : Bawalah mereka bersama-sama dengan engkau, lakukanlah pentahiran dirimu bersama-sama dengan mereka dan tanggunglah biaya mereka, sehingga mereka dapat mencukurkan rambutnya; maka semua orang akan tahu, bahwa segala kabar yang mereka dengar tentang engkau sama sekali tidak benar, melainkan bahwa engkau tetap memelihara hukum Taurat.


Seperti penjelasan ayat Alkitab tentang katekisasi. Katekisasi sangat diperlukan bagi setiap orang Kristen karena dapat menjadi landasan Kekristenan mereka. Sebelum akhirnya menerima ilmu yang lebih tinggi TI lagi.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar