--> Skip to main content

15+ Peluang Jenis Usaha Rumahan Halal Modal Kecil untung Besar

Ketika kita ingin membangun bisnis berbasis rumah, modal biasanya merupakan salah satu faktor terpenting, baik modal material maupun modal non-material. Kebanyakan orang beranggapan bahwa kita membutuhkan modal besar agar bisnis dapat berjalan dengan baik. Namun anggapan tersebut sebenarnya tidak sepenuhnya benar.

Apakah Anda mencari peluang bisnis rumahan yang menjanjikan? Jika demikian, maka Anda perlu membaca artikel ini sampai akhir untuk memiliki deskripsi bisnis yang cocok untuk Anda.

Memang untuk beberapa model bisnis rumahan, kita membutuhkan modal material yang cukup besar untuk dapat berjalan dengan baik, tetapi ada cukup model bisnis yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Padahal, modal yang paling penting adalah modal non-material, seperti; pengetahuan tentang model bisnis, perencanaan bisnis yang cermat, keinginan dan keyakinan yang kuat, dan sikap pantang menyerah.

Peluang Jenis Usaha Rumahan Halal Modal Kecil untung Besar


Daftar Isi
1. Peluang Usaha Rumahan Berjualan Pulsa Elektrik
2. Peluang Usaha Rumahan Berjualan Makanan/ Camilan
2.a. Bisnis rumahan berjualan aneka kue
2.b. Bisnis rumahan berjualan gorengan
2.c. Bisnis rumahan buka warung makan
3. Usaha Rumahan Membuka Jasa Pengetikan Naskah
4. Menjalankan Bisnis Online dari Rumah
5. Usaha Fashion dari Rumah
6. Peluang Usaha Rumahan Bisnis Laundry Pakaian
7. Bisnis Rumahan Kerajinan Tangan

Modal uang yang besar bukan jaminan bahwa bisnis rumahan akan berhasil. Tetapi dengan kesungguhan, ketekunan, kerja keras adalah modal utama dalam menjalankan bisnis rumahan yang sukses. Jika kita sudah memiliki modal utama, maka kita dapat memanfaatkan setiap peluang bisnis berbasis rumah dengan modal kecil di sekitar kita.

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis rumahan dengan modal kecil yang bisa kita pertimbangkan:

1. Peluang Bisnis Rumah yang Menjual Kredit Listrik

Berkomunikasi dengan CellPhone telah menjadi kebutuhan utama masyarakat saat ini, apa pun profesinya. Tentu saja, pengguna ponsel akan membutuhkan kredit untuk dapat menggunakan gadget mereka. Nah, ini adalah peluang bisnis berbasis rumah yang dapat kita manfaatkan karena memiliki potensi keuntungan yang cukup besar.

Dalam menjalankan bisnis yang menjual pulsa listrik, kita tidak perlu modal besar. Yang perlu dipersiapkan untuk menjalankan bisnis ini adalah perangkat seluler untuk mengirim pulsa listrik.

Selain itu, untuk dapat menjalankan bisnis penjualan pulsa listrik ini, Anda harus mendaftarkan diri Anda dengan distributor kredit sebagai agen penjual kredit listrik. Beberapa distributor pulsa elektrik yang saya rekomendasikan antara lain Pulsa-Online.com, Centerpulsa.com, Venuspulsa.com, Istanareload.com. Biasanya setiap distributor akan menjelaskan cara kerjanya.

Tetapi jika Anda ingin menjalankan bisnis dengan membuka loket karena Anda ingin menjual ponsel juga, maka modal yang dibutuhkan tentu akan lebih besar. Selain biaya menyewa tempat, Anda juga harus mempertimbangkan biaya lain untuk menjalankan bisnis, seperti biaya listrik, membuat jendela, dan lainnya.

Jika modal Anda terbatas, saya sarankan menjalankan bisnis yang hanya menjual pulsa listrik karena modalnya jauh lebih kecil. Modal kecil bukan berarti untungnya kecil lho. Ada banyak penjual kredit listrik yang memiliki penghasilan puluhan juta rupiah hingga ratusan juta rupiah.

2. Peluang Bisnis Berbasis Rumah Menjual Makanan / Snack

Membuka usaha makanan / makanan ringan adalah bisnis yang potensial karena makanan adalah kebutuhan dasar manusia dan selalu dibutuhkan.

Namun, kita juga perlu mempelajari bisnis makanan / camilan apa yang cocok untuk dilakukan di rumah dengan modal kecil. Berikut beberapa bisnis makanan yang cocok untuk dijalankan di rumah:

2.a. Bisnis rumahan menjual berbagai kue
Rata-rata orang Indonesia suka kue camilan seperti; brownies kukus, kue bolu, kue lapis, lumpia, donat, risoles, dan kue lainnya. Jika rumah Anda berada di lokasi yang strategis, Anda dapat menjual camilan ini di depan rumah Anda dengan memasang display camilan Anda.

Jangan lupa untuk mempromosikan bisnis kue Anda ke teman, tetangga, dan keluarga. Dan manfaatkan momen penting untuk meningkatkan penjualan bisnis kue Anda, misalnya ulang tahun, Idul Fitri, Natal.

2.b. Bisnis berbasis rumah menjual gorengan
Hampir semua orang suka makanan gorengan. Hampir semua orang di masyarakat kita suka makan gorengan, seperti; pisang goreng, tahu goreng, tempe goreng, mendoan, bakwan, dan lainnya.

Jika Anda mampu membuat variasi unik dari gorengan dari gorengan biasa, peluang bagus untuk sukses dalam bisnis gorengan ini akan semakin besar.

2.c. Bisnis berbasis rumah membuka warung makan
Kemampuan Anda memasak makanan lezat bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis rumahan, tentu saja modal yang dibutuhkan juga kecil. Anda dapat mendesain ruangan di rumah Anda untuk menjadi bisnis warung makan.

Biasanya orang yang makan di warung makan lebih suka masakan rumah, dan jika Anda memiliki resep keluarga yang unik dan lezat, tentu saja ini merupakan nilai tambah yang membuat warung makan Anda unik.

3. Bisnis Berbasis Rumah Membuka Layanan Mengetik Naskah

Layanan pengetikan skrip bisnis rumah melalui Google.com
Biasanya bisnis ini akan berjalan dengan baik jika berada di dekat kampus. Ada cukup banyak orang yang tidak punya waktu untuk mengetik dan mencetak skrip yang telah mereka buat, mereka adalah pelanggan potensial Anda.

Yang perlu dipersiapkan dalam memulai bisnis ini adalah komputer, printer, dan pemindai. Tentu saja Anda juga perlu memiliki tempat, keterampilan mengetik cepat, dan cukup waktu untuk menjalankan bisnis ini.

Model bisnis ini sebenarnya cukup menguntungkan karena bisa membuat pelanggan offline atau online. Anda bisa mendapatkan pesanan dari pelanggan di dunia nyata, misalnya dari pelanggan yang datang ke bisnis layanan pengetikan Anda, dan juga bisa mendapatkan pesanan dari pengguna internet yang membutuhkan layanan Anda.

Karena itu, jika saat ini Anda menjalankan bisnis ini, sangat disarankan untuk memiliki situs web / blog juga. Ini untuk meningkatkan peluang mendapat pesanan dari pengguna internet yang membutuhkan layanan pengetikan.

4. Jalankan Bisnis Online dari Rumah

Bisnis online adalah salah satu bisnis yang sangat booming saat ini. Selain cenderung lebih mudah, lebih banyak tipe, biaya menjalankan bisnis online juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan bisnis konvensional.

Beberapa jenis bisnis online yang saat ini dijalankan oleh banyak orang Indonesia adalah bisnis dropshipping, bisnis MLM online, menjadi blogger dan penerbit, membuat toko online, layanan penjualan, bisnis afiliasi, dan banyak lagi.

Banyaknya pilihan dalam bisnis online tidak secara otomatis memudahkan kita untuk menjalankannya karena tidak semua jenis bisnis online dapat cocok untuk setiap orang. Beberapa orang mungkin lebih cocok untuk menjalankan bisnis dropshipping, tetapi yang lain lebih nyaman menjalankan bisnis MLM online. Ini tergantung pada minat dan kemampuan masing-masing orang.

Untuk dapat menjalankan bisnis online, seseorang harus belajar dan berlatih dengan serius. Memang, bisnis online ini bukan bisnis cepat kaya karena memerlukan proses untuk dapat menghasilkan uang secara konsisten dari internet. Namun, bisnis online cenderung menghasilkan lebih cepat daripada bisnis konvensional.

5. Bisnis Fashion dari Rumah

Bisnis fashion dapat dianggap sebagai bisnis potensial setelah bisnis makanan. Bagaimana tidak, perkembangan dunia mode saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat saat ini, dan mungkin akan terus terjadi di masa-masa mendatang.

Berbagai jenis mode memiliki pangsa pasar masing-masing. Mulai dari busana anak-anak, busana untuk orang dewasa, pakaian muslim, dan lainnya.

Bagi Anda yang memiliki modal minim, bisnis fashion sebenarnya bisa dijalankan walaupun modal kami sangat terbatas. Ada sejumlah pemasok pakaian yang menawarkan kolaborasi untuk memasarkan produk mereka.

Salah satu pemasok pakaian yang menawarkan kerjasama dengan modal kecil adalah DeltaGrosir.com. Dengan modal awal Rp. 3,5 juta, kita dapat langsung memulai bisnis pakaian dengan potensi keuntungan hingga Rp. 2 juta per bulan.

Selain DeltaGrosir, sebenarnya ada banyak pemasok pakaian yang dapat Anda temukan melalui internet. Yang perlu Anda lakukan adalah menentukan terlebih dahulu jenis pakaian apa yang ingin Anda jual.

Anda dapat menemukan pemasok untuk bisnis fashion yang ingin Anda jalankan dengan mengetikkan kata kunci tertentu di Google. Jika Anda ingin menjual busana Korea, busana untuk anak-anak, busana ukuran besar, pakaian anak-anak, dan jenis busana lainnya, gunakan kata kunci yang tepat. Berikut adalah contoh kata kunci untuk menemukan pemasok produk fashion di Google; Pemasok busana muslim, pemasok pakaian Korea, pemasok pakaian anak-anak, pemasok pakaian fashion ukuran besar, pemasok pakaian bermerek, dan lainnya.

6. Peluang Bisnis Rumah Bisnis Pakaian Laundry

Mirip dengan bisnis layanan mengetik naskah, bisnis pakaian binatu sangat cocok ketika dijalankan di dekat kampus dan juga asrama mahasiswa dan pekerja kantor. Biasanya mereka tidak punya cukup waktu untuk mencuci dan menyeterika pakaian mereka. Selain itu, hasil cucian dan setrika mereka sendiri sering kali berantakan sehingga mereka cenderung memilih untuk menggunakan layanan binatu.

Saat ini ada sangat banyak orang yang menggunakan layanan pakaian loundry, selain harga yang sangat terjangkau serta produk cucian dan besi yang disediakan oleh penyedia layanan loundry bisa lebih rapi daripada saat bekerja sendiri. Melihat potensi bagus bisnis ini, tentu Anda harus mempertimbangkan membuka bisnis pakaian loundry.

Jika Anda tidak ingin repot mulai dari awal, sekarang bisnis laundry sudah memiliki waralaba yang sudah Anda kenal. Anda hanya perlu memberikan modal awal dan juga tempat untuk memulai berbisnis. Namun biasanya franchise bisnis laundry ini cukup mahal. Jika Anda tidak memiliki modal yang cukup untuk membeli waralaba, Anda harus memulai bisnis binatu ini sendiri.

Jika Anda ingin membeli waralaba bisnis Binatu, pastikan untuk membeli waralaba bisnis binatu yang telah ada sejak lama dan terkenal dengan layanannya yang baik. Salah satu bisnis waralaba laundry yang saya rekomendasikan adalah Kilos Laundry.

7. Bisnis Kerajinan Rumah
Dibutuhkan seseorang yang memiliki kreativitas tinggi untuk mengubah barang bekas menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat. Salah satu contohnya adalah menggunakan kain perca atau kain bekas yang diubah menjadi tas unik atau boneka cantik. Saya sendiri belum pernah melihat proses pembuatannya secara langsung, tetapi ada banyak orang yang telah berhasil memanfaatkan bahan-bahan bekas di sekitar mereka untuk menjadi bisnis yang menguntungkan.

Saya tertarik dengan video di YouTube.com tentang cara membuat bunga-bunga indah dari kain perca. Mungkin itu bisa menginspirasi Anda untuk mengambil keuntungan dari peluang bisnis dari bahan bekas, tonton videonya :)

Kesimpulan:

Apa pun peluang bisnis berbasis rumah yang kami lakukan, baik dengan modal kecil atau dengan modal besar, kami harus fokus, rajin, dan bekerja keras dalam melaksanakannya. Ada banyak bisnis rumahan dengan modal kecil, yang awalnya dimulai dari nol, akhirnya menjadi bisnis besar. Semoga artikel ini memberikan inspirasi tentang ide bisnis rumahan di sekitar kita.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar