Skip to main content

Anda Dihapus dari Pertemanan di Facebook? Ini Alasan Menghapus Pertemanan di Facebook

Di masa lalu, mungkin banyak orang berpikir bahwa banyak teman di media sosial akan memiliki banyak keberuntungan, ada juga banyak wawasan dan peluang untuk melakukan bisnis. Tapi itu ternyata berbeda dari sekarang. Perilaku pengguna media sosial telah berubah secara dramatis sejak Politik dan SARA semakin muncul di ranah media sosial Facebook.

Lihatlah, apakah pertemanan Anda di Facebook menurun secara dramatis belakangan ini? Beberapa orang pasti terkejut, tetapi kebanyakan orang berpikir ini adalah sesuatu yang sangat masuk akal.

Fenomena Unfriend / Unfollow / Block terjadi di banyak negara, termasuk di Indonesia. Banyak pengguna media sosial menghapus teman-teman mereka di Facebook karena alasan pandangan politik yang berbeda, SARA, ucapan kebencian, dan sebagainya.

Daftar Isi
Alasan Menghapus Pertemanan di Facebook
1. Pandangan Politik yang Berbeda
2. Pertengkaran dengan Teman
3. Teman Upload Foto Liburan
4. Terlalu Banyak Upload Foto Selfie
5. Terlalu Nyinyir dan Mengeluh Tentang Banyak Hal
6. Tidak Kenal di Dunia Nyata
7. Alasan yang Tidak Spesifik
8. Terlalu Sering Jualan di Facebook

Fenomena menghilangkan persahabatan di Facebook bukan hanya karena pandangan politik dan SARA. Ada beberapa hal lain yang membuat seseorang memutuskan atau menghapus pertemanan di Facebook.

Anda Dihapus dari Pertemanan di Facebook? Ini Alasannya


Alasan untuk menghapus pertemanan di Facebook

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh perusahaan perjalanan, Sunshine, ada beberapa alasan bagi pengguna Facebook untuk menghapus pertemanan mereka. Survei ini dilakukan terhadap 2.000 orang di Inggris yang sebagian besar telah menghapus persahabatan mereka dengan orang lain di Facebook dalam beberapa tahun terakhir.

1. Pandangan Politik yang Berbeda
Dari 2000 orang yang disurvei, ada sekitar 28% yang mengatakan bahwa mereka menghapus pertemanan di Facebook karena perbedaan pandangan politik dengan orang lain. Survei ini dilakukan di Inggris, tentu saja, hasilnya akan berbeda jika survei dilakukan di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, perbedaan pandangan politik juga merupakan alasan paling umum untuk menghapus pertemanan di Facebook. Ini terjadi sejak Pemilihan Presiden 2014, di mana seluruh komunitas dapat melihat kampanye SARA hitam dan bau yang sangat luas yang kami temukan di Facebook.

Selanjutnya, pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 juga menjadi catatan gelap politik di Indonesia. Kita bisa melihat dengan jelas apa bentuk kampanye hitam dan menyinggung SARA kepada salah satu kandidat untuk Gubernur. Debat sengit di kalangan pendukung setiap pasangan calon Gubernur Jakarta meluas ke media sosial, terutama Facebook. Tidak heran ada begitu banyak pengguna Facebook yang melakukan Unfriend / Unfollow / Blokir teman lama mereka di Facebook.

2. Berkelahi dengan Teman
Dari 2.000 orang Inggris yang disurvei, ada sekitar 24% mengatakan bahwa pertarungan dengan teman adalah alasan mereka menghapus pertemanan di Facebook. Tidak ada perselisihan tentang ini dalam hal apa pun, tetapi mungkin ada banyak penyebab.

Jika kita melihat Indonesia sendiri, rasanya tidak jauh berbeda dengan survei di Inggris. Biasanya orang yang bertarung cukup intens di media sosial akan berakhir dengan menghapus pertemanan mereka, atau bahkan memblokir akun teman mereka karena sudah terlalu kesal.

3. Teman Unggah Foto Liburan
Sebenarnya alasan ini cukup aneh, karena foto liburan bukanlah sesuatu yang membuat seseorang dapat menghapus pertemanan di Facebook. Namun, hasil survei di Inggris mengatakan bahwa ada sekitar 21% orang yang menghapus pertemanan di Facebook karena teman-teman mereka sering mengunggah foto liburan ke akun Facebook mereka.

Kemungkinan ini (unfriend / unfollow / block) dilakukan karena ada perasaan iri pada seseorang. Kecemburuan karena tidak bisa berlibur ke tempat impian membuatnya marah dan kesal sehingga akhirnya menghilangkan persahabatannya di Facebook.

Sepertinya orang Indonesia belum seburuk itu. Mungkin ada beberapa orang yang melakukannya. Tapi yang paling pasti tidak merasa bahwa foto liburan seorang teman bisa menjadi alasan untuk menghapus pertemanan di media sosial.

4. Terlalu Banyak Unggah Foto Selfie
Selanjutnya, alasan untuk menghapus teman di Facebook adalah teman yang mengunggah selfie terlalu banyak ke Facebook. Dari 2000 orang yang disurvei, sekitar 15% mengatakan bahwa selfie teman-teman mereka di Facebook membuatnya tidak nyaman dan akhirnya menghapus persahabatan mereka.

Ini menjelaskan mengapa Facebook telah menyediakan alat untuk menyembunyikan unggahan teman. Jadi, ketika Anda melihat seorang teman mengunggah selfie terlalu banyak, yang harus Anda lakukan adalah menyembunyikan unggahan itu. Tidak perlu menghapus pertemanan.

5. Terlalu usil dan mengeluh tentang banyak hal
Quirking di Facebook juga ternyata bisa berakibat kehilangan persahabatan di media sosial lho. Ini banyak terjadi di Indonesia. Seseorang yang selalu membuat komentar negatif tentang banyak hal tentu membuat kita tidak nyaman.

Beberapa orang sering berbicara atau mengeluh tentang kehidupan pribadi mereka dan kehidupan orang lain, ini seperti membuka rasa malu sendiri dan mempermalukan orang lain kepada publik. Mungkin tujuannya adalah mencurahkan isi hati Anda, tetapi alih-alih mendapatkan masukan yang berguna dari teman-teman Facebook, kebanyakan orang merasa tidak nyaman membacanya.

Dan yang membuatnya lebih tidak nyaman adalah ketika pengguna Facebook sering mengutip sesuatu yang berkaitan dengan politik dan SARA yang sering menghasilkan ekspresi kebencian bagi orang-orang yang memiliki pandangan berbeda. Inilah yang sering membuat seseorang melakukan Unfollow / Unfriend / Block akun Facebook temannya.

6. Tidak Tahu di Dunia Nyata
Dari hasil survei terhadap 2.000 orang di Inggris ditemukan bahwa ada 10% pengguna media sosial Facebook menghapus pertemanan karena alasan tidak tahu atau tidak tahu di dunia nyata. Alasan ini sepertinya sangat masuk akal, karena banyak orang yang hanya ingin berteman di Facebook dengan orang yang dikenal di dunia nyata.

Mungkin orang dulu suka punya banyak teman di Facebook karena banyak teman bisa terkenal atau banyak yang akan memperhatikan. Tentu saja ini berbeda dengan kondisi pengguna media sosial saat ini yang sangat memperhatikan privasi mereka.

7. Alasan yang Tidak Ditentukan
Dari hasil survei disebutkan bahwa ada hal lain yang menyebabkan seseorang menghapus teman di Facebook. Penyebab pastinya tidak disebutkan, tetapi beberapa dari mereka mengatakan bahwa mereka menghapus pertemanan dengan mantan pacar dan bos mereka.

Jika kita memperhatikan pengguna media sosial di Indonesia, kita semakin memperhatikan privasi di media sosial. Cukup sering pengguna Facebook menghapus pertemanan dengan akun yang suka memberi tag sembarangan untuk tujuan promosi. Dan banyak pengguna Facebook menghapus pertemanan dengan mantan mereka karena mantan sudah menikah atau sudah memiliki anak.

8. Menjual terlalu sering di Facebook
Sebenarnya, cukup banyak orang yang tidak keberatan teman mereka sering berjualan di Facebook, tetapi ternyata ada beberapa pengguna FB yang merasa tidak nyaman timeline mereka dipenuhi dengan status yang isinya terus terjual. Mungkin jika metode penjualan dibuat lebih menarik, misalnya mendongeng, maka status penjualan tidak dianggap mengganggu atau bahkan laris manis.

Nah, Anda sendiri sudah menghapus berapa banyak teman dan apa alasan Anda menghapus teman di Facebook?
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar