Skip to main content

Hal Penting Dalam Mengelola Blog Bisnis dengan Baik Dengan Marketing Efektif

Beberapa orang berpikir bahwa mengelola blog bisnis sebagai upaya untuk berhasil dalam pemasaran konten adalah sia-sia. Namun, bukan untuk saya. Statistik dari HubSpot pada tahun 2012 menyatakan bahwa 53% perusahaan yang memiliki blog mendapatkan pelanggan baru karena blog yang mereka kelola dikelola dengan baik.

Ironisnya, sebuah laporan yang diterbitkan oleh eMarketer pada tahun 2014 menyatakan bahwa setiap tahun persentase pembaca blog meningkat pesat dari 45,0% (2008) menjadi 60,0% (2014). Namun, jumlah penulis blog meningkat perlahan.

Dari fakta di atas, apakah Anda masih meragukan efektivitas blog bisnis dalam menjalankan pemasaran konten?

Setelah lebih dari 1 tahun saya mengelola blog bisnis untuk Sribu dan Sribulancer, hasil analisis menyatakan bahwa beberapa artikel yang saya tulis bersama berhasil mengubah pembaca menjadi klien.

Hal Penting Dalam Mengelola Blog Bisnis dengan Baik Dengan Marketing Efektif


Daftar Isi
1. Ketahui Pembaca Blog Bisnis Anda
2. Buat Daftar Ide Tulisan
3. Publish Tulisan Secara Berkala dan Konsisten
4. Ciptakan Nuansa Blog yang Tepat
5. Selalu Balas Komentar dari Pembaca
6. Pastikan Tersebar di Media Sosial
7. Gunakan Jasa Penulis Blog

Itu benar, benar-benar ada banyak artikel di blog bisnis kami. Namun, hanya artikel berkualitas yang berhasil mengonversi. Dalam kasus kami, konversi terjadi pada beberapa artikel di halaman utama blog kami.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar blog bisnis dapat menjalankan pemasaran konten yang efektif?

1. Ketahui Pembaca Blog Bisnis Anda

Selain soft selling, Anda juga bisa menyebarkan berbagai konten lain melalui blog bisnis. Anda dapat berbagi cerita tentang perjalanan bisnis Anda, atau rilis tentang bisnis Anda. Namun, yang paling penting dari semua konten yang dibuat adalah bahwa setiap konten harus memberikan manfaat kepada pembacanya.

Jadi, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui sebelumnya seperti apa target pembaca Anda. Sehingga setiap topik yang akan Anda bagikan akan relevan bagi pembaca blog bisnis Anda. Akan lebih baik jika Anda bisa menebak masalah apa yang sebenarnya dihadapi pembaca dan bagaimana cara yang tepat untuk memberikan solusi kepada mereka.

2. Buat Daftar Gagasan Menulis
Hasil konferensi Proyek Influencer menunjukkan bahwa pembaca blog bisnis sebenarnya tidak peduli dengan produk atau layanan yang ditawarkan; mereka hanya peduli pada diri mereka sendiri. Karena itu, penting bagi pemilik blog bisnis untuk menemukan topik yang dapat menghubungkan kebutuhan pembaca dengan produk yang Anda miliki. Untuk memfasilitasi penulisan artikel di blog bisnis, buat daftar ide penulisan artikel di blog bisnis Anda. Ide terbang; maka, tulislah.

Jangan lupa juga sertakan beberapa sumber yang bisa Anda jadikan referensi untuk memperkaya tulisan Anda. Ryan dan saya selalu memberikan beberapa fakta, infografis atau tip dari artikel blog yang kredibel yang relevan dengan topik dalam artikel yang akan kami terbitkan.

Pastikan setiap artikel yang diterbitkan tidak hanya menarik, tetapi bermanfaat bagi pembaca dan meningkatkan kepercayaan mereka pada bisnis Anda.

3. Publikasikan Posting secara berkala dan konsisten
Memiliki blog bisnis yang bagus bukan berarti Anda harus menerbitkan puluhan atau ratusan artikel secara membabi buta dalam satu hari. Selain tidak realistis, ini juga berpotensi merusak minat baca pembaca karena artikel yang diproduksi massal dalam waktu singkat memiliki kualitas minimal.

Karena itu, buat kalender editorial yang dipadukan dengan daftar ide penulisan. Perkirakan panjang penulisan setiap artikel, dan atur jadwal penerbitan. Setelah itu, Anda harus konsisten mengikuti semua jadwal yang ada. Jadi, pertahankan ritme membaca dari masing-masing blog bisnis Anda. Jadi mereka akan merasa kurang jika Anda belum membaca artikel dari blog bisnis Anda.

Dalam mengelola blog Sribu, Ryan dan saya memiliki kalender editorial yang berisi jadwal untuk menerbitkan artikel dan artikel referensi yang dapat memperkaya artikel kami. Selain itu, kami juga bekerja dengan 3 penulis lepas dari Sribulancer untuk menyiapkan 7 artikel setiap bulan di blog Sribu.

4. Ciptakan Blog Feel yang Tepat
Meskipun disebut blog bisnis, itu tidak berarti Anda hanya berbicara tentang produk Anda secara terus-menerus. Terutama untuk menulis dalam bahasa perusahaan yang kaku dan terlalu standar.

Buat nuansa blog bisnis yang sesuai dengan gaya bahasa yang disukai audiens target blog bisnis Anda. Jika Anda bingung, Anda dapat menggunakan teknik persona untuk membantu Anda menebak gaya membaca yang disukai audiens target Anda.

5. Selalu Balas Komentar dari Pembaca

Semua orang ingin keberadaannya dihargai oleh orang lain. Itu sama dengan komentar yang ditulis oleh pembaca blog bisnis Anda. Balas komentar pembaca sebanyak-banyaknya walaupun hanya sebatas komentar singkat, karena dengan begitu pembaca akan merasa dihargai keberadaannya.

Selanjutnya, mengomentari komentar masing-masing dapat menyebabkan topik menarik untuk digunakan sebagai ide di artikel berikutnya.

6. Pastikan itu Menyebar di Media Sosial

Ini adalah kesalahan besar jika tidak ada upaya untuk menyebarluaskan tulisan di blog bisnis Anda melalui berbagai platform media sosial. Dengan menyebarkan berita melalui platform media sosial yang tepat, Anda dapat memperluas peluang mendapatkan pembaca baru.

Biasanya, tim media sosial Sribu akan secara aktif menyebarkan konten blog yang dimilikinya melalui berbagai Grup FB dan Grup LinkedIn yang anggotanya menargetkan pembaca blog bisnis kami.

7. Gunakan Layanan Penulis Blog
Sebagai satu-satunya penulis konten di Sribu, saya tentu tidak bisa menulis lebih dari 3 artikel per minggu untuk blog Sribu. Faktanya, kita semua tahu bahwa blog bisnis adalah saluran yang baik untuk mengubah pengunjung menjadi klien. Karena sulit untuk menemukan penulis yang cocok untuk perusahaan pemula seperti kami, kami telah merekrut penulis lepas untuk menulis di blog Sribu.

Anda juga dapat menggunakan metode ini jika Anda membutuhkan jasa penulis profesional yang mampu menulis sesuai dengan arahan dan tenggat waktu Anda.

Itulah tujuh hal yang harus Anda perhatikan dalam mengelola blog bisnis. Ingat, tujuan dari blog bisnis adalah untuk mengubah pembaca menjadi klien dengan membuat artikel tentang topik yang tepat (memberikan solusi untuk masalah mereka dan memberikan ruang bagi Anda untuk melakukan soft selling secara alami). Semoga tujuh hal yang saya bagikan di atas dapat bermanfaat untuk pengembangan bisnis Anda!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar